Tuesday, January 05, 2010

Week 18 - Caesar or Normal?

Tepat hari ini adalah minggu ke-18 kehamilan gw. Perut uda makin buncit aja. Trus perasaan nih, telapak kaki gw mulai agak ngilu2 deh klo dibuat jalan. Sepatu juga jadi agak ngepres. Tapi klo gw liat, kaki gw gak bengkak kok... Apa cuma melebar ya? Hihihihi...

Sabtu kemaren gw ke dokter Med. Setelah sebelumnya, gw NYARIS gak ke sana karena gw pikir dokternya libur panjang Natal dan Tahun Baru. Jadi rencana gw ke dokter tuh Sabtu ini aja. Untungnya, gw tanya2 temen gw yang sekarang lagi program hamil juga sama dokter Med. Dia bilang, justru Sabtu kemaren dokter buka... liburnya malah jadi Sabtu ini. Halah... Padahal gw uda banyak banget rencana yg mo dilakuin yang berhubungan dengan bisnis. Terpaksa dimajuin jadi lebih pagi supaya siangnya bisa ke dokter. Habis dari dokter, lanjut lagi urusin tetek-bengek. Alhasil gw sampe rumah tepar...

Waktu cek ke dokter, gw sih uda feeling... pasti dokter bakalan komen soal BB gw, wakakakakaka! Apalagi pas nimbang, uda naek 3 kilo aja dari terakhir kontrol :p... perasaan gw uda ngerem2 ngemil deh... PERASAAaaaaaaan... hi-hi-hi...

Bener aja kan... waktu gw masuk ruangannya... yang pertama kali dikomentarin (sambil agak 1/2 tereak dosq)

"Naeknya banyak amaaaaaaaaaaat!!!! Ini uda over, ibu harusnya sebulan sekilo aja... ini kok tiap bulan 3kg..."

"Abis susaaah doook, saya laper muluuuu!"

"Klo malem gak boleh makan. Batas akhir makan jam 6 sore."

"Yah, nti tengah malem laper, dok?!"

"Klo laper, dibawa tidur ajaaaa..." *ih si dokter mah gampang amat kasih solusi... prakteknya susaaaaaaahhhhhhh lhooooo!!!!

"Dok, justru saya gak bisa tidur karena laper. Tengah malem kebangun, guling-guling perut krucukan... Baru bisa tidur klo uda diganjel makanan..." *dengan nada menghiba belas kasihan, hihihihi...

"Ya udaaah, klo gitu makan cah sayur aja yaaa..."

"Weeew, mana nendang itu maaah... yang ada nti makan nasi juga, wkwkwkwkwk!"

"Kurangin ngemil deeeeh!"

"Errr... iya deh... atau dokter punya obat diet kali?"

"Ngawur, orang hamil mana minum obat diet??" *hihihihihi... namanya juga usaha, dok :p

Syusyah juga ya... gw sih niatnya emang gak pingin makan banyak... Uda sadar kok klo gw tambah bulet. Tapi gak bisa ngerem... sumpah... karena ya itu, klo gw gak makan cukup, tengah malem gak bisa tidur. Yang ada malah kaya' masuk angin gitu... Yah terpaksa disumpel something... Klo sumpelnya cuma pake "cah sayur" seperti anjuran dokter tadi, sama ajaaa boong... semenit lagi juga uda krucukan. Mwkwkwkwkwkwk... Bubar semua teori dan pengalaman diet gw dulu. Kali ini amat sangat tidak berlaku!!! Bener-bener nih si dede seneng amat ngerjain mamanya... Kamu doyan makan ya, dek? Kekekekekeke!

"Hayuk deh diperiksa", lanjut dokter Med membuyarkan lamunan gw... saaah... lamunan... ngelamunin apaan coba? Makanan? Dan betapa gw harus kerja keras untuk menahan napsu makan? Wekekekekekek!

Gw pun berbaring... Ih klo ngeliat USG si dokter, kayanya mah gak bakalan keliatan nih jenis kelamin dede. Lagian dokter lebih mentingin ngeliat detak jantung, panjang dan berat dede. Semua normal, panjangnya lupa, berat klo gak salah 440 gram... buset, naik 2x lipet dari berat terakhir. Yah, inilah hasil 3kg emaknya, mayan juga hasilnya buat dede, hahahaha!

Waktu meriksa2 itu, dokter bilang...

"Lha ini tali pusernya masih di bawah aja. Harusnya sih bisa naik... makanya ibu gak boleh gemuk2" *ih itu lagi disebut, kekekeke... "Kistanya uda gak ada... ibu bisa lahiran normal nih...", lanjut dokter.

"Normal, dok? Katanya waktu itu caesar?"

"Iya, karena sekalian mo angkat kista. Tapi tadi saya liat kista uda gak ada. Kendalanya sekarang cuma di tali puser. Awalnya kenapa dia bisa di bawah, karena pada saat terjadi pembuahan, kebetulan letaknya pertemuan sel telur dan sperma di bawah rahim, maka janinnya tertanam di situ. Seharusnya, masih bisa naik ke atas. Tapi ini gak, mungkin karena ibu kelebihan berat badan. Coba direm, sebulan sekilo aja ya...", jelas dokter panjang lebar.

"Itu bahaya gak sih dok?", tanya Mas Adi

"Bahaya sih gak, asal jangan kecapekan, jangan angkat berat2..." *jadi inget sering nenteng laptop... "Keuntungan letak di bawah, nanti ibu akan lebih mudah merasakan gerak janin, klo di atas agak susah. Tapi kerugiannya, lahiran gak bisa normal dan harus puasa berhubungan, sampe tali pusernya naek!" *wakakakakakaka, yang puasa masih disebut2 ajaaa... uda berapa abad yaaa gw puasa yang itu? Sampe lupa, rasanya... hihihihihi!

Setelah itu gw dikasih resep. Kali ini uda gak dikasih obat penguat kandungan lagi. Sebagai gantinya... jadi tambah banyak T_T... ada kalsium, vitamin otak dan hati untuk bayi, suplemen dan tambah darah utk ibu hamil, terakhir obat kontraksi utk jaga2 klo perut tiba2 sakit atau kenceng... Weeeeew!!! Dokter Med ini emang agak beda dengan dokter2 lain temen2 gw. Mereka gak dikasih banyak vitamin. Klo gw banyaaak banget... Dan menurut dokter, vitamin yang diberikan itu lebih dari cukup untuk perkembangan bayi dan kesehatan ibunya... jadi gak usah ditambah macem2 lagi di luaran, termasuk susu ibu hamil juga gak mutlak. Yang lebih dianjurkan malah yang agak tradisional seperti susu kedelai. Oke deeeh...

Perbincangan selanjutnya adalah soal Rumah Sakit gw melahirkan nanti. Karena di Tangerang dokter praktek di 2 RS, maka gw tanyakan mana yang lebih bagus. Dan apakah bisa booking tempat? Kata dokter sih, yang satu lebih bagus... soal tempat, jangan khawatir, pasti ada... apalagi klo ambil kelas 1... kelas VIP malah disambut sama direktur, kekekeke!


Trus gw juga nanya berapa biaya caesar dan normal klo mo ambil kelas VIP. Pertimbangan ambil VIP bukan buat gaya2an sih. Karena jarak rumah dan RS jauh, jadi butuh tempat utk keluarga bisa nginep. Daripada nginep di hotel, mending di RS, yang bisa diganti kantor dan asuransi. Setelah dijelaskan oleh dokter rincian biayanya... yaaah... mudah2an pas... moga2 deh... klo gak gw binun mo cari hotel dimana di daerah situ? :p

Setelah dari dokter, pikiran gw menerawang... *tadi ngelamun, sekarang nerawang2... hihihihi...

Normal?

Yaah, secara sebelumnya gw uda "didoktrin" bakalan caesar, jadi mental gw siap utk caesar. Apalagi gw denger2 dokter Med ini canggih soal operasi caesar, cepet, gak bakalan sakit lama dan jaitannya halus... Gw jadi lebih tenang...

Lha sekarang tiba2 dibilang bisa normal? Ugggggggggghhhh!!! Gimanaaa yaaah?? Berarti kudu senam hamil, latian ngeden... belum lagi ngebayangin robek bagian ituuuuhh??? Kyaaaaa...

Klo takut... jutaan ibu di dunia ini melahirkan normal. Bahkan di pelosok sana, tanpa bantuan dokter dan mereka survive, tuh! Klo gitu berani? Weeew, this is my first experience... Ternyata macho di segala hal, bisa juga ciut dalam hal ini. Hahahahaha!

Weeeelllll... let's see lah. I have done everything to finally feel this miracle. I have passed all the pain, ignored all that seemed impossible... So... one little step should not stop me...

Lagian, masih ada 1 hal yang gw rasa lebih berat yang harus gw lakukan... yaituuu... KURANGIN MAKAAAAAAANNNNN!!!! Haaaaaaaaa!

12 comments:

Anonymous said...

salam kenal dulu deh.. gw pembaca setia blog acen147 lho.. ;).
kalo menurut gw, selama masih bisa normal mendingan sih normal aja. rasanya pasti lebih puasssss.. hehehe...

Selvi said...

dulu gua lahir normal dan nga sesakit dan seseram cerita orang-orang kok.

tapi kaluapun harus caesar, nga apa-apa. yang terpenting ibu dan bayi selamat dan sehat.

Yenny - Fidel said...

Hi Sus, lam kenal yah, samaan neh lg hamil juga, nemu 1 lagi Moms yg lagi hamil, smoga kehamilannya lancar yah ampe lahiran nanti. Blognya boleh gua link?

kalo bisa normal sih mendingan normal yah, caesar juga ada sakitnya loh

.:acen147:. said...

@curhat *binun nih mo manggil apa, hahahaaa: makasih ya uda jadi loyal reader blog ini ;)... emang siy katanya klo normal lebih ada ikatan bathin antara ibu dan anak. dan banyak orang mati2an pingin normal daripada caesar... sooo... :D

@selvi: abis gw pernah diceritain klo normal "itu" kita disobek pake gunting... "kres-kres"... trus klo salah ngeden lah... gak boleh angkat pantat lah... wadoooh!

@yenny: salam kenal juga, yen... hamil anak ke-2 ya? silahkan blog gw di-link :)

lu sendiri pernah lahiran normal/caesar? emang sih caesar juga sakit... tp ngebayangin "itu" robek... kyaaaa!!!!

Anonymous said...

hi lagi Sus, panggil 'mommy' aja :).
Gue udah 2 kali melahirkan normal, emang sih 'itu' nya di sobek tp kayaknya gak pake gunting tp pisau kecil gitu. Berasa bunyinya 'sret..sret..' gitu, but udah gak kerasa lagi sakitnya, kalah sama sakit perutnya. Bukannya mau nakut2in, pengalaman gue melahirkan dua2nya emang rada susah and lama, malahan yg kedua lebih lama pdhl kan kata orang2 kalo anak kedua lebih cepet ya. Tapi banyak jg temen2 gue yg melahirkannya gampang banget, kontraksi dikit, tau2 udah bukaan 3, nunggu bentar lagi udah bukaan lengkap, trus keluar deh baby nya. Pokoknya jangan takut deh.. Dikau kan jagoan, hehehe.. :)
Good luck.

Flora said...

Sus,lahiran normal ga seseram yg dibayangkan kok.Apalagi lu orgnya aktif pasti gampang lahirinnya.Pemulihan normal lbh cepat lho dari caesar.Ayooo lu pasti bisa :)

Yenny - Fidel said...

Sus, gua dulu anak pertama caesar, sakit juga gua bilang, pas hari kedua tuh sakit banget, mungkin obat anti sakitnya dah habis kali ...mana pemulihannya yg lama.
trus kalo ketawa apa bersin terlalu kenceng jg perut berasa senut2, gua 2 mgan baru berasa agak mendingan.

Kalo normal, pemulihannya kan cepet. Jadi jangan takut buat normal

.:acen147:. said...

@mommy: wadoooh, itu dia... klo digunting/dipisau aja sampe gak berasa krn kalah sama sakit perut... gak kebayang dong sakit perutnya sampe kaya apaaa :((... amiin deh, moga2 gw kuat ;)

@flora: waaaa... amiiin, makasih ya buat dorongan semangatnya ;)

@yenny: owww, gitu ya? katanya skg uda canggih jadi pemulihan caesar uda lebih cepet? trus rencana nanti mo lahiran normal aja donk?

Selvi said...

dulu gua sempat diinduksi 3 jam. pas induksi sakit banget. pas digunting malah nga berasa lagi.

total perjuangan d kamar bersalin 4jam deh. termasuk lama juga, dibanding saudara yang 1.5 jam udah lahiran.

karena gua udah normal, anak kedua mau lahir normal juga. orang bilang : kalau sudah buka pintu, ngapain buka jendela. hahaha. ngerti nga?

.:acen147:. said...

@selvi: yaaay... 4 jam bener2 perjuangan berat... hahaha, cukup 1 jendela... biar gak banyak angin masuk yak :))

luvly7 said...

Walopun Tim Nick lahir lewat caesar, gue koq lebih rekomen elu buat normal ya Cus ... jangan takut sakit, untuk beberapa org yang beruntung, lahiran normal malah gag ada rasanya dan cepet ...

tapi buat org2 alergi kyk gue, benang jait bekas belekan caesar aja bisa bikin luka operasi gue gag kering2 sampe bulan ke-3

Vote for normal yaa hun ... lagian, soal robek-merobek, Tuhan sudah sangat canggih mendesign bagian itu untuk jalan lahir kooq ... berdoa aja moga2 elu punya elastis, jadi, kalopun robek, cuman robek dikit ...

hehehehhee

can't wait to see your junior :D

.:acen147:. said...

@olla: waaduuuh, 3 bulan? kebayang betapa menderitanya lu waktu itu...

nah itu dia yg gw gak tau... seberapa elastisnya punya gw,wkwkwkw... tapi emang bener kata lu n temen2 semua... lahir normal emang patut diperjuangkan ;)