Tuesday, September 21, 2010

Ketika Mbak Mudik

Akhirnyaaa... minggu ini normal kembali... Abay (Ayah Bayu) n BunBay (Bunda Bayu) masuk kerja dengan tenang, Bayu sendiri sudah lebih anteng dan ceria...

Coba bandingin dengan 2 minggu lalu...

HUAAA!!!

Suster dan pembantu pulang selama 10 hari, padahal gw libur Lebaran cuma 4 hari... mo cuti... baru juga cuti 3 bulan, masa cuti lagi? Bisa dipelototin boss, wkwkwkwk!

Uda gitu nyak gw mah sok sibuk banget deh...

"Ma, gantian cuti yuk buat jagain Bayu pas Lebaran nanti... soale Susy kan uda kelamaan cuti, gak enak sama boss klo minta cuti lagi..."

"Yaaa... gak bisaaaaa... kerjaan mama di kantor banyaaaaaaaaaaaak!!!"


Nyak gw tuh umurnya uda 55 taon, pekerjaan pegawai negri. Mungkin bayangan orang2, umur segitu harusnya mulai santai menikmati hidup... Ngurus anak uda gede, ya tinggal ngurus cucu... Tapi siapa bilang? Nyak gw mah wanita karir sejati dari sejak gw bayi. Jadi gw uda biasa ditinggal kerja sama pembantu. Malah sekarang lebih sibuk lagi, ngalahin gw di usia yang jauh lebih produktif darinya.

Sebagai gambaran betapa workaholic-nya nyak gw, dalam setaon gak pernah ambil masa cuti. Libur cuma tanggal merah. Pas sakit thypus, uda disuruh bedrest di rumah, doi malah tetep ngantor. Alhasil sakitnya baru sembuh setelah sebulan, wkwkwkwkwk!

Dasarnya seneng kerja, dalam beberapa tahun ke depan kan nyak masuk masa pensiun. Tapi dari sekarang uda ribuuuuuuuut ajaaa, katanya... nanti mama mo ngapain yaaa... masa bengong aja di rumah? Ada tawaran kerjaan nih ngurusin perusahaan temen... mama ambil aja ya???

Lhaaaa???!!! Gak nyadar kali ya uda jadi nenek2... Nenek2 trendi dah... wkwkwkwk!

Ok back to topic...

Karena dari jauh2 hari gw uda tau watak nyak yang demen ngantor, maka mau gak mau gw ambil suster infal deh. Mayan mahal, abis mo gimana lagi donk? Bukannya buat gaya2an, tapi gak ada pilihan lain, wkwkwkwk!

Itupun teuteuuup, gw gak bisa percaya gitu aja sama suster infal. Walaupun ngambil atas referensi dari temen (bukan yayasan), tapi rasanya gimanaaa gitu! Jadi, gw paksa nyak dg berbagai alasan untuk ambil cuti. Sayang cucu gak? Klo sayang, cuti dooonk! *ngancem-dot-com, hahahaha!

Gw sendiri juga cuti, tapi cuma sehari sih... buat training suster baru, soale kan dia belum kenal anak gw.

Akhirnya tibalah saat2 yang tidak dinantikan itu... saat2 suster lama gw pulang ke kampung. Suster infal uda dateng. Tapi gw yakin seyakin-yakinnya... klo anak gw pasti gak bisa langsung lengket sama suster baru. Ditambah lagi, anak gw sekarang gak demen digendong tiduran. Kudu duduk atau berdiri. Soale dia lagi belajar jelalatan *sapa tuh yg ngajarin jelalatan yak, wkwkwk... dengan matanya yang super bulet itu, hihihihi!

Bener seperti dugaan gw, Bayu langsung nangis tuh digendong suster infal. Mana si mbak badannya kuruuuuuuuus amat. Kebanting sama badan Bayu yang bulet montok. Gw sampe terpikir jangan2 si mbak ambruk nih begitu ngangkat Bayu, mwahahahaha!

Awal2nya gw biarin dia gendong Bayu... nangis2 deh... namanya juga proses adaptasi. Tapi lama2 pengeng juga nih kuping dengerin Bayu yang makin kejer jejeritan. Selain itu kesian amat ekspresinya Bayu kaya lagi disiksa, huehehehe!

Bayu bisa diem cuma klo digendong sama gw.

Dan ternyata dia seneng digendong!

WALAH!

Yang ada SEHARIAN gw gendooooooooooooooooooooooooooooongggggggg

Tak gendong... kemana-mana... tak gendong... kemana-mana...

Gemporrrrrrrrrrrrrrrrrrr!!!

Trus Bayu nih manja banget deh, apa keenakan kali ya gw gendong... soale uda lebih dari sehari masih juga ngambek klo digendong sama si mbak. Maunya digendong gw atau eyangnya (nyak)...

Sampe2 kita semua ngomong sama si mbak yang kurus dan terlihat stress itu (stress ngadepin anak gw, mwahahahaha!): Mbak, si Bayu nangis karena keras kali ya digendong Mbak... abis Mbak isinya tulang doank! Klo Bunda sama Eyang kan empug2 kaya di sopa...

Mwakakakakakakaka!

Saking kebanyakannya nggendong, gw jadi kurus *ngimpi ini mah, hahaha!... ralat, maksute jadi loyoooo! Badan meriang, pegel, mo rontok rasanya. Malem minta pijet ma dikerok Ayah deh, hahahaha!

Trus gw mikir... ini si Bayu rasanya bukan sekedar manja sama Bunda deh... Ini pasti gara2 kebanyakan digendong sama suster lama, jadinya KEBIASAAN! Klo gitu, HARUS dirubah nih polanya... Lagian kebanyakan gendong juga gak baik. Bayu kan sekarang lagi seneng2nya tengkurep n gulang-guling di kasur. Klo digendong terus, nti dia gak leluasa bergerak donk?!

Akhirnya, pelan2 gw ubah pola mengasuh Bayu. Gw ajak dia main2. Klo dia mulai bosen, pasti merengek, ujung2nya harus digendong. Kali ini gak... dia bosen, ganti arena bermain atau mainannya cari yang seru2. Bosen lagi... ganti orang yang ajak main. Adalah skali2 gendong, tapi dibatesin cuma 5-10 menit aja.

Susah sih dan capek abis mulut harus pinter2 ngeluarin bunyi2 lucu, trus expresi muka harus berganti2. Membuat Bayu lupa digendong adalah suatu tantangan tersendiri, hahahahaha!

Lama2 ada hasilnya tuh. Bayu digendong klo uda capek main dan waktunya bobo aja. Malah kadang gak perlu digendong, cukup disusuin, langsung merem.

Supaya usaha gw ini terus berhasil setelah gw kerja nanti, gw ajarin nyak juga hal yang sama. Karena ternyata selama ini suster lama sering gendong karena nyak yang gak mau liat Bayu nangis dikit. Oeeek-gendong-oeeek-gendong... ya lama2 kebanyakan digendongnya deh... Huuuuu!!!!

Nyak gw awalnya ngeyel nih dibilangin. Uda dipesen2 supaya gendong maks 5 menit aja, eh malah gw dibilang emak sadis, masa anak nangis kagak boleh digendong, wkwkwkwk! Tapi tetep ah gw lebih ngeyel lagi... kan buat kebaikan Bayu juga. Di depan gw sih nyak berusaha ngertiin... Prakteknya mah tetep aja kecolongan, jadilah nyak gendong sampe 1.5 jam. Tidur sih di gendongan, tapi begitu ditaro matanya Bayu langsung bulet-let trus lidahnya nglewek2... Seolah2 ngeledek: sapa bilang Bayu mo bobo, eyaaang? Hahahaha!

Mungkin namanya eyang2 yaaa... gitu deeeeh... apalagi cucu pertama... kesayangan... lebih sayang sama cucu daripada anak *skarang mah anak uda dibuang ke laut sonoooo, ckakakaka!

Gak terasa 10 hari hampir berlalu. Suster lama dan pembantu baru balik lagi. Rencana gw yang cuma minta ijin 1 hari jadinya bablas deh. Abis Bayu gak bisa ditinggal sama suster infal. Walaupun uda gak banyak gendong, tetep aja rewel klo mo bobo, maunya sama Bunda... Ah jadi terharu ada yang manja sama dirikuw, hihihihi!

Begitu suster lama balik lagi ke rumah, langsung deh gw DOKTRIN! AWAS YAAA, gak boleh banyak gendong. Sama nih suster gw juga ngeyel kaya nyak. Katanya klo gak digendong bobonya gak nyenyek. Daripada eyel2an, gw tunjukin aja ke dia langsung gimana cara gw ngasuh Bayu selama dia gak ada. Terbukti, gw gak perlu banyak gendong, Bayu juga gak rewel kok! Malah klo siang banyak main (tetep ada tidur siang sih), malemnya tidur lebih pules.

Sekarang, suster gw mulai bisa membiasakan diri dengan pola asuh yang gw terapkan.

Jadi sebenernya ada hikmahnya juga suster pulang ke kampung. Gw jadi lebih deket sama Bayu. Ayah juga ikut berpartisipasi mengasuh Bayu, selain juga mijetin emaknya yang mayaaaan gempooor, hihihihi!

Klo gw FTM, mungkin gw bisa 100% mengasuh Bayu sesuai dengan keinginan gw. Tapi kenyataannya gw adalah working mom. Dan dari pengalaman selama bekerja, gw belajar 1 hal: DELEGASI kan pekerjaan kepada orang yang bisa kita percaya.

Emang sih, Bayu bukan pekerjaan, jadi gak bisa disamain gitu aja. Tapi gw pikir ada baiknya juga buat Bayu untuk diasuh oleh orang lain, selama masih dalam pengawasan dan cukup mendapat limpahan kasih sayang orangtuanya. Yang jelas dia akan lebih mandiri... karena memiliki ibu seorang wanita karir... Seperti yang gw alami sendiri sejak gw masih bayi.

6 comments:

Vin said...

Iya Sus, gw setuju sama lo, kalo kebanyakan di gendong, perkembangan baby jadi terhambat... ditambah mak atau sus nya pasti gempor hehehe...

Sus, kyknya lo bakalan kayak mak lo deh, sibuk dan berkarir sampe tua, hehehhe...

Foto Bayu manaa Suss?? :D

.:acen147:. said...

Iyaaaa... Dulu Maddy sempet jd anak gendongan g, vin?
Klo Bayu awalnya krn eyangnya yg g tahan liat dia nangis, jd dikit2 gendong :p
Gitulah cucu pertama hehehe

Kayanya sih emang bakalan berkarir terus, Vin... Nurunin nyak kali yak wkwkwkw

Poto Bayu btebaran d FB hahahaha!

.:acen147:. said...
This comment has been removed by the author.
Yuliana-Fun said...

hahahahhaha masak si Bayu nangis karena susternya kurus, tulang semua? ehehe ada2 aja nih sus.. :)

BabyBeluga said...

Memang anak suka kebiasaan. Disini kita gga ada babysitter, swkt Jake masih bayi krn aku kerja jd tiap hari dia diasuh mertua. Yg seringnya ditaruh di playpen atau taruh di ayunan, or genjot2an. kalau di rumah yah dibiar keliaran atau taruh di ayunan juga. Adiknya Jake, Matt, yah sama juga

.:acen147:. said...

@fun: abiis, begitu gw yg gendong langsung CEP... diem, gitu... hehehe!

@baby: tadinya juga gak mo pake suster. tapi gak ada yg bisa bantu jaga, terpaksa deh, hehehe! emang tuuuh harusnya anak dibiarkan bergerak bebas. tapi gendong skali2 boleh laaah, biar merasa nyaman n disayang *taelaaah!