Monday, October 31, 2011

Week 37-38: Last Day Working!

Last Day Working!!!

Mulai besok sampe 3.5 bulan ke depan (tambahan 12 hari dari extra on leave karena tlah mengabdi pada company 5 taon lamanya, hehehe) gw akan puas2in menghabiskan waktu bersama CUMUUUUNNNNGGG (BayuNdud) dan CIMIIIIINGGGG (KieraNdud)

Skalian pengumuman-pengumuman, setelah dihitung2 pake rumusan primbon Jawa, hari baik untuk lahiran adl tgl 5 Nov 2011, hari Sabtu Pahing. Menurut mami sih tgl ini akan bawa rejeki, keharmonisan dan keselamatan bagi keluarga. Yah percaya gak percaya, semua hari memang baik, tapi mumpung sesar tho bisa pilih yang terbaik dari yang sudah baik. Mohon doanya ya, teman2... Amiiiin!!!

Sampe terakhir di-USG kemaren, anak gw masih berkelamin cewek. Namanya uda disiapken, yaitu: Kiera Kirani Ayu Pramasty. Artinya?

Kiera: diambil dari kata KI + ERA = sang waktu
Kirani: bersinar
Ayu: cantik
Pramasty: singkatan PRASETYO (nama hubby) dan SETIOWATY (nama gw)

Jadi arti keseluruhan: yang bersinar dan cantik sepanjang waktu milik Prasetyo dan Setiowaty

heheheheheehe...

Keliatannya bobot Kiera lahir nanti bakalan lebih gede dari BayuNdud. Soale minggu lalu dicek aje dokter bilang uda 3.2kg... Gw disuruh stop makan manis2. Padahal kayanya gak makan manis2 deh, cuma emang sih minggu lalu pas celebrate ayah ultah, tuw makan fruit cake dari Harvest 2 potong, trus makan2 (sok) romantis, qiqiqiqiqi. Di minggu yg sama juga celebrate farewell dg team (nodong boss suruh bayarin, wakakakaakakaka). Blum lagi tiap malem makan super seihat di rumah nyak. Gak heiran lah klo Kiera langsung naek 2 ons dari minggu sebelumnya, kyaaaaaa...

"Buuu, udah nih... anaknya uda gedeee... bisa 3.5kg!"

"HAH? Masa???"

"Iya, dengan ari2 3.5kg, tanpa ari2 skitar 3.2kg. Ibu makan apa, kok bisa gede gini anaknya?"

"Gak kok, dooook..." *boong

"Tapi pasti deh makan manis2 ya? Ato banyak minum es manis2 kaya sirop?"

"Eeeehhh... kayanya gaaaaagggg!" *sambil liat langit2

"Ini uda cukup, bu... jangan kegedean banget ya. Stop makan manis2"

*ngangguk2... >> tapi barusan gw abis makan es krim Magnum, hahahahahha!

Gw liat catetan dokter, diameter kepala anak gw 9.9cm. Compare dg minggu lalu yang baru 9.2cm. Compare dg catatan BayuNdud yang pada minggu ke-38 cuma 9.6cm. Lha kayanya Kiera emang gede deh... makanya bunda sebut dirimu KieraNdud aja ya, naaak... hihihihihi!

Memasuki gerbang liburan panjang, gw uda bikin ancang2 apa yg akan gw lakukan selama di rumah. Berikut ini list-nya:

1. Spending quality time with my kids
Ini uda pasti, terutama untuk si Cumung BayuNdud, gw mo fokus ajarin ngomong. Karena dia uda lincah jalan, giginya uda ada 12, makan uda mulai pinter... cuma ngomong aja agak telat kayanya. Salah satu cara adalah sering2 ajak ngobrol. Pan otak anak itu kaya sponge yang cepat menyerap segala hal. Walau sepertinya dia belum bisa merespond, sebenernya dia uda ngerti. Cuma ya itu ngomongnya masih beye-beye (bukan Pak BeYe, lho... wakakaka)-cublek-cublak-suweng gitu dah, wakakaka!

Salah satu yg menunjukkan bahwa dia uda ngerti tuh, klo nonton tv/CD yang dia gak suka, dia akan ambil remote, trus ditunjuk2 ke tv biar diganti. Ato nyeret orang yg ada di sekitar, dibawa ke tempat remote/tv buat bantuin ganti acara.

Gw juga mo ajarin toilet training. Tapi si BayuNdud ini emang pinter. Klo tidur siang ato di mobil saat gak pake pampers, dia bisa lho gak pipis. Nti pas bangun tidur, dia bakalan minta cepet2 diturunin... tyuz pipis deh, hehehe. Cuma susahnya klo pupup. Padahal uda keliatan expresinya klo pup pasti jongkok tyuz ngeden2 dg muka memerah. Begitu mo ditatur ke we-ce, ngamuk2 daaaah... batal pup nya hahahaha!

Jadi kmrn dibeliin ayah toilet lucu biar dia mau nongkrong di situ. Tapi saking lucunya jadi kaya bukan toilet, abis ada musiknya, ada gambar2 gajah warna-warni, tempat pupupnya aja bisa di-unplug. Akhirnya kursinya dipake buat duduk aja sambil nonton tv, sedangkan tempat pupupnya dibongkar-pasang ato dilempar, hahahaha!

Lebih ngawasin suster n maid kali yaaaa... Sambil ajarin mereka masak makanan anak yg bener. Soale selama ini yg masak nyak tuh. Dengan berbagai kreasi ciptaannya, BayuNdud jadi lebih lahap dan gak bosen lagi. Mulai dari Soto Salmon, Pindang Kakap, Semur Ceker Ayam n Tahu, Sayur Nangka Daging Cincang, Sop Iga Daging Cincang, Sop Sosis Bakso Telor Puyuh (perlu ditulis gak neh resepnya? hehehe). Trus karena BayuNdud sekarang lebih tertarik dg makanan dewasa, gw uda mulai berani kasih variasi makan pagi seperti Nasi Goreng, Nasi Uduk, Mie Goreng. Daripada bubur havermut pisang mulu... Bayu langsung mlengos belagu, wekekekek!

Tyuzzz BayuNdud sekarang uda ngerti film2 kartun, reaksinya klo seneng juga lucu. Ketawa cekikikan dengan senyum lebaaar, tangan dikepak2an kaya mo terbang, kaki loncat2 kek kodok. Ekspresif banged dah anak gw itu, hahaahaha! Bener2 kaya punya mainan ya klo anak uda umur segitu :)

Satu lagi PR berat gw adalah, mengajak Bayu bersosialisasi. Belakangan dia suka takut dibawa ke tempat baru yang rame. Ini ada hubungannya dengan kelakuan suster lama. Gw males bahas dimari. Yang berlalu biarlah berlalu. Tuhan akan membalas. Yang penting gw fokus utk mengembalikan keceriaan anak gw. Itu aja!

Eh selain BayuNdud, yang bakalan menyita perhatian adalah KieraNdud. Yang ini walaupun belum bisa apa2 tapi justru bener2 butuh extra tenaga utk menjaganya. Uda mulai kebayang seh begadang tiap hari. Klo dulu pas BayuNdud, cuma perhatiin dia aja uda teler. Lha sekarang ada 2 bocil kudu dilayanin... gubrak aja dah gw :))

Moga2 sih dengan adanya 2 suster utk 2 anak plus maid utk urusan beberes akan ngebantu banged. Asal jangan keulang lagi kasus suster yg dulu... hadoooh, gw bom aja atu2 kale yaaa ato skalian gw export ke Arab biar diseksa di sono daripada ngerepotin dimari, wakakakaka!

2. ASI is A MUST!
Ini nih yang rada2 mencemaskan. Walaupun waktu jaman BayuNdud ASI gw mengalir sampai luber2. Gw gag tau deh nantinya gimana. Apa jadi pinter ato masih bego aje? Trus apakah problem puting datar sudah teratasi sehingga Kiera mau nenen langsung? Ato sama kaya Bayu yang disodorin nenen malah njeriiiiiiiiiiiiit, wakakakaakka!

Oh well, apapun itu gw akan berusaha memberikan yang terbaik sih. Makanya mulai sekarang gw uda rajin banget makan bayem-katuk-sayuran-buah biar lancaaarrrrr!! Tyuz inget2 lagi kegiatan PPT (Pencet Pencet T*k*t), hahahaha! Soal Kiera mo nenen ato gag, gw gag mo maksa lah. Klo mau, syukuuur... Klo gag mau yo weis gw peres taro botol lagi. Yang penting kontennya masih sama: ASI, walaupun packaging-nya beda. Gag mo sedih melow2 gag jelas kek jaman Bayu dulu. Nti malah mampet ASI gw kagak mo keluar karena kena baby-blues, huuuuu!

Soal bonding anak jadi lebih deket krn nenen langsung, itu mah boong aja. Buktinya skg Bayu deket banged sama gw pdhl gag pernah gw nenenin langsung, dan pdhl juga gw kerja. Itu, skali lagi, tergantung bagaimana kita mendampingi anak di saat ada waktu. Patokannya gampang aja, kasih sayang yang tulus akan membekas dalam ingatan anak.

3. Perawatan Badan
Moga2 gw ada waktu ya. Karena berdasarkan pengalaman, niat selalu ada, tapi waktu dan tenaga terperas abis ngurusin anak, hahaahahah! Maunya sih, setelah lahiran gw akan tetep rajin jalan pagi/sore, selain utk kesehatan juga utk pemulihan pasca operasi. Truz nyempetin ke salon utk urus muka n rambut, biar tampilan gak kuyuuuu. Klo bisa malah panggil tukang pijet ke rumah buat ngelemesin otot2. Waaah... harapan setinggi langit nih... lets see aja nanti prakteknya lah, hahahaha! :)

4. Jangan lupa: KB!!
Hahahahhahahaa, ini nih penting bangeeeeeeeeeeeed!!! Pokoke 40 hari stelah masa nifas gw akan ke dokter utk langsung pasang spiral. Napa spiral pilihannya? Berdasarkan pengalaman nyak dan tante yang sukses ber-spiral selama puluhan taon, hasilnya: nyak dg gw sebagai anak semata wayangnya, tante dengan 2 anaknya. Selain gak ribed, gak ada efek2 hormon, terbukti ampuh... jadi gw mo spiral aja. Wajib KB dah, karena setelah anak kedua ini, gw baru disadarkan, bahwa gw... SUBUR! Wakakakakaka!

Udah ah, panjang banged nih tulisan. Gara2 uda last day jadi santeiiii...

Kerja dulu yak... Byeeee!

No comments: