Monday, May 21, 2007

Aku dan Keluarga - Day 1 & 2

Huaaaa… uda hari Senin lagi? Ngantor lagi? Gak berasa yah long wiken 4 hari cepet banget berlalu. Baru juga menikmati suasana santai, eh hari ini uda dikejar deadline lagi. Hmppfhhh….

Ngomong2 soal long wiken kemaren, kalian pada ngapain aja niy? Jalan2 ke luar kota atau muter2 Jakarta atau malah istirahat aja di rumah?

Klo gw sendiri gak kemana2 alias di rumah aja. Tapi gak berarti diem aja berhari2. Banyak banget yg dilakukan deh. Yang jelas, tanpa harus jalan2 pun, kegiatan di rumah juga gak kalah seru kok. Mo tau? Niiih dia ceritanya….

Hari Rabu sore pas gw nyetir menuju Pelangi, tiba2 sebuah sms masuk ke hp. Isinya: Dek, liburan kemana aja? Aku sekeluarga mo main ke Depok, repotin adek ndak? Pengirim: Mbak Lina.

Waawww… Mbak Lina sekeluarga mo main ke rumah? Apa si ndut Tarin dan si imut Indri dibawa serta? Sekedar mampir or nginep? Klo nginep, berapa hari? Duh, mo masakin apa yaaa?

Setelah beberapa kali berbalas sms, jawaban berikut didapat: Mbak Lina n Mas Duto akan datang membawa Tarin n Indri. Nginep semalem doank. Masakin soto daging plus ayam goreng keliatannya oke juga tuh.

Aduh, bakalan seru banget nih. Gw harus siapin bahan2 untuk masak2, sedangkan Mas Adi harus beberes rumah. Untuk urusan bahan makanan, gw buru2 nelponin nyak, tolong minta pembantu di rumah ke pasar pagi2 karena sekitar jam 11 siang mereka akan tiba dan pastinya laper berat!

Hari Rabu malem gw sampe di rumah. Tapi demi penyambutan tamu jauh yg sukses, walaupun capek, gw n Mas Adi mempersiapkan segala sesuatunya malem itu juga. Mas Adi segera ambil sapu n pel. Gw sendiri langsung ke dapur, kupas bawang n nyiapin bumbu2 yg diperlukan. Niatnya sih besok jam 5 pagi mo ngulek2. Jam 8 pagi Mas Adi akan ke rumah nyak ambil bahan2nya. Jam 9 eksekusi masakan dan jam 11 semuanya mateng.

Itu cuma niat.

Karenaaaaaaa.... esok paginya, tepatnya hari Kamis, gw telat bangun! Sebenernya sih gw uda dibangunin Mas Adi yg uda melek duluan jam 5 pagi. Tapi bukannya seneng, gw malah ngomel2. Abis masih ngantuk! Hihiihiihi...

Untung akhirnya jam 7 gw bangun juga. Dengan ½ lompat dari tempat tidur, gw langsung lari menuju dapur. Alamak.... baru sadar, banyak banget bumbu yg harus diulek. Huaaaa....

Menu hari itu adalah: soto daging, ayam goreng. Tadinya mo masak perkedel kentang juga. Tapi karena sepertinya gak keburu (kentang harus dikupas n digoreng dulu), jadi perkedel kentang diganti perkedel kornet. Selain itu juga ada tempe goreng, tahu goreng, cumi dan ikan tenggiri goreng tepung.

Huaaaaa… gw masak uda kek orgil. Semua peralatan dapur turun. Saking concern dengan bumbu2, gw kelupaan minta Mas Adi untuk ambil bahan2nya. Nasi juga belum dibuat. O mai gat… keburu gak yah?

Setiap 30 menit sekali, gw minta Mas Adi ngecek keberadaan mereka. Huff, benar2 saat yg menegangkan. Sementara gw sibuk di dapur, Mas Adi sibuk beberes. Demi kenyamanan bersama, Mas Adi mampir ke Giant untuk beli kasur busa yg akan digelar di tengah ruangan. Kan enak tuh buat rebah2an anak2.

Gak lupa, gw juga ingetin Mas Adi untuk menyingkirkan barang2 yg ‘berbahaya’ bagi anak kecil. Misalnya… CD bokep. Wakakakakakak…. Kan gak lucu klo si kecil mo liat2 CD kartun, eh nemunya malah CD ‘unyil’. Huahahahahhaa….

Jam 10.45 semua masakan hampir beres. Cuma yg punya rumah belom pada mandi. Oalaaa... gak lucu kan klo mereka dateng liat tantenya masih dikuncir2 dan ber-obat jerawat. Hahahaha... Jadi buru2 lah kami mandi. N guess what... tepat jam 11, mereka dataaaaaaaangggg....

Tante Cuciiiiiiiiii.... mana Tanteeee Cuci, Ooommm?

Terdengar teriakan si centil Tarin yg mencari2 gw.

Hufff, untung gw uda kelar mandi.... maka keluar lah gw dari kamar dan menyambut mereka.... Tarin agak kurusan. Indri tambah tinggi n uda bisa mulai ngomong walau masih gak jelas. Lucunya keponakan2 gw ini... Hehehehe...

Kegiatan berikutnya bisa ditebak. Apalagi klo bukan? Makaaaaaaaaaaan.... Ngeliat banyak makanan uda tersedia, Mas Duto agak2 gak percaya klo gw yg buat sendiri. Soalnya dia bilang gini nih...

Pasti anak dua ini biasanya gak pernah masak. Beli kan?

Jawabannya didapat langsung dari Mas Adi...

Lha, ini semua apa coba? Kan masak sendiri, Mas...

Keliatannya Mas Duto masih gak percaya. Sampai dia cicipi sendiri masakannya...

Ini semua Dek Susy yg masak? Beneran nih?

Jawab Mas Adi…

Iya, gimana rasanya?

Lanjut Mas Duto…

Hmmm… enaak… Klo gini Dedy (Mas Adi) dan Dek Susy diajak arisan AU aja, Ma (Mbak Lina)…

Hahahaha…. Ada2 aja Mas Duto ini. Tepatnya bukan arisan, kali... tapi buka restoran. Hahahaha.....

Senangnya semua makan dengan lahap. Gak sia2 deh kalang kabut di pagi hari karena kali itu juga semua makanan ludes. Tinggal mikir... malem nanti masak apa yaaa... Gak nyangka juga makanan siang itu langsung disikat abis. Hahahaha.

Setelah kekenyangan makan siang, kami semua istirahat. Selonjoran di tengah tivi. Indri sibuk sendiri main. Yaitu duduk di atas guling, trus didorong2 sendiri sambil pegang sendok di tangan kanan-kiri-nya. Yah dia lagi berimajinasi naik perahu. Hihihihi….

Klo Tarin yg super duper bawel gak berhenti ngoceh seperti biasanya. Beberapa kali bapaknya sampe complain: Tariiiin, mbok ya klo ngomong jangan bengak-bengok (teriak2) gitu. Papa ini uda tua, bisa sakit jantung klo dengerin kamu. Hihihihihi….

Selain ngobrol2, kami juga poto2 bersama. Maklum lah, tante sama keponakan narcis, jadi banyak banget aksinya berdua.

Pokoknya, kehadiran mereka membuat suasana rumah Pesona yg biasanya sepi, adem-ayem, aman-tentrem, jadi…. ruameeeeeeeeeeeeeeeeee pisan…. Seru banget. Hihihihi…

Ketika sore tiba, langit agak mendung. Kami semua memutuskan untuk bobo siang dulu sebelum jalan2 sore. Tarin dari awal uda booking tempat: Aku mau bobo sama Tante Cuci di kamarnya Tante Cuciii… Ya ya ya… Om-nya otomatis kegusur. Hihihihi…

Tapi acara bobo siang gak berlangsung lama. Terutama Indri yg masih asik dengan ‘perahu’-nya dan Tarin yg entah kenapa keliatannya gak bisa bobo. Maka sekitar jam 4 sore kami semua terbangun.

Abis bobo sebentar, kok rasanya perut lapar banget yaaa? Duh, mo masak apalagi nih? Untung masih ada persediaan bakso, sosis, dan tahu. Jadilah gw masak bakso-tahu-sosis dicampur sayur toge dan sawi. Seger2 di sore hari. Lauknya ada tempe goreng, tahu sumedang, cumi-ikan tenggiri tepung, perkedel kornet. Lebih dari cukup klo hanya sekedar makanan selingan di sore hari mah ;)

Setelah makan, semuanya mandi sore. Trus kami memutuskan untuk jalan2. Mas Duto yg jatuh cinta dengan ketentraman suasana di sekitar kompleks, minta dianterin utk liat2 kompleks perumahan lain di Depok. Karena rumah kami berada di kompleks Pesona Khayangan 6, maka kami mengajaknya untuk melihat para ’pendahulunya’, yaitu Pesona Khayangan 1-5.

Menurut Mas Duto, Depok nyaman dipilih sebagai tempat tinggal. Lokasi di tengah2 Jakarta – Bogor. Suasana sejuk, gak pake AC pun masih adem. Air jernih dan deras. Bebas banjir. Lingkungan gak semrawut. Fasilitas lengkap. Mulai dari mall, apartemen, rumah sakit, sekolah, universitas, sampe show room mobil ada. Akhirnya dia memutuskan untuk berinvestasi rumah di Depok dan menempatinya setelah pensiun dari TNI AU nanti.

Depok emang keliatannya jauh dari Jakarta. Untuk lalu lintas normal memakan waktu 1-1.5 jam menuju Jakarta. Tapi pembangunan jalan tol sedang dilaksanakan. Klo uda jadi, lewat tol bisa memangkas banyak waktu. Mungkin hanya perlu 45 menit – 1 jam menuju Jakarta. Pintu gerbangnya akan tepat berada di depan kompleks. Karena itu sampai dengan saat ini penjualan rumah di kompleks ditahan sama developer. Sepertinya dia menunggu sampai jalan tol benar2 jadi, maka harganya akan naik berkali2 lipat.

Hehehe... itu intermezzo sekilas tentang Depok. Buat yg menyangka Depok jauh dari Jakarta... tunggu deh sebentar lagi mungkin bisa berubah pikiran ;)

Sebelum balik ke rumah, gak lupa beli martabak. Ada martabak telor n martabak manis, campuran coklat-kacang-keju. Emang nih keluarga ’besar’. Selain besar2 badannya, besar juga napsu makannya. Hahahaha. Tapi gak pa pa sih. Mengingat seluruh persediaan makanan di rumah uda ludes, rasanya perlu ’peluru’ tambahan.

Sampe di rumah, capek... Istirahat. Sekitar jam 7 malem, bokap mampir. Ngobrol2 sama Mas Adi n Mas Duto di teras. Gw sendiri gosip2 sama Mbak Lina di ruang tengah.

Sekitar jam 9, gw uda berasa ngantuk. Trus ngajak Tarin bobo. Sebelum bobo, sempet2nya dipotret dulu sama Mas Adi. Hahahaha....

Menjelang jam 12 malem, gw terbangun. Ternyata dari tadi Tarin gak bisa bobo. Bolak-balik badan sana-sini. Nguap2. Duuh, ni anak kenapa sih? Akhirnya dia beneran bangun. Dia bilang mo bobo sama papanya di ruang tamu. Katanya mimpi serem. Banyak hantu-hantu. Hah? Masa sih rumah gw berhantu? Lha wong adeknya aja bobo dengan amat sangat nyenyak di kamar tidur tamu...

Jumat pagi, jawaban itu gw dapat dari mamanya. Ternyata bukan mimpi hantu... Tarin lupa bawa kasur kesayangan, yaitu kasur busa seperti yg digelar di ruang tamu. Pantes aja dia gak bisa bobo di kasur gw dan langsung pules setelah bergabung dengan bapaknya yg tidur di kasur busa di ruang tengah. Kata mamanya, papanya emang sengaja gak bawa kasur itu, soalnya lagi melatih Tarin dari ketergantungan dengan sang kasur. Hahahaha....

Btw, kok waktu liburan ke Jogja dia bisa tidur pules ya? Inget2, waktu itu kasur saktinya dibawa. Untung deh, klo gak, sepanjang liburan di sana gw gak bisa tidur karena dia gak bisa diem. Hahahahaha....

Ternyata selain berkunjung ke Depok, jadwal mereka berikutnya adalah ke Bekasi, tempat kakaknya Mas Duto. Jadi hari kedua mereka gak bisa lama. Setelah sarapan seadanya, mereka pamit pulang deh. Yah.... kok sebentar banget yaaa... Baruuu aja berasa rame2 di rumah. Sekarang uda sepi lagiiiiiiiii....

Sebelum mereka pergi, sempet tengok2 kulkas... waks... persediaan makanan ludes. Klo gitu gak boleh lama2 di rumah nih. Setelah didatengin keluarga, sekarang gantian kami yg bertandang ke rumah keluarga lain. Apalagi klo bukan ke rumah nyak babe...

Nyak... babe... kami dataaaang... Jangan lupa masak-masak ya, soalnya kami lapaaaaaaaaar..... Hahahahaha....

4 comments:

Piku said...

tante cuciiiiiiiiiiiii kalo aku jg kesana, disediain makanan jg taaakk :D

.:acen147:. said...

disediain pastiiiiiiiii.. yuk kapan dateng? gw masakin yg enak2 yg bikin epi gendut deh. hehehe.

anungnymous said...

eh makan2?

*kucuk kucuk kucuk*

hi tante.. :D

.:acen147:. said...

hayu klo mau getring tempat gw, pasti gw masakin yg enak2. program penggendutan badan deh. hehehhee...