Tuesday, May 29, 2007

Belajar Stir Mobil: Jangan Trauma

Pagi teman-temaaaan... Sekarang jam 7.03 pagi di kantor. Sebelum duduk manis di sini, tadi gw sarapan soto mie dan sate ampela deket kantor bareng suami. Selesai makan gw kasih kode klo gw mules. Tapi dia gak sadar2. Sedangkan mo ngomong langsung kan gak enak. Soale di sekeliling gw lagi banyak orang makan. Masa' gw tiba2 bilang: "buruan, aku mo ee....". Bisa disambit sate ama bubur ayam dey gw... Huehehehe...

Untung dengan gerakan mulut, kode tangan, lirik2 mata, dan akhirnya body language usap2 perut, Mas Adi ngerti klo istrinya uda gak bisa nunggu lagi untuk dibawa ke WC terdekat. Huahahahaha!

Sekarang sih udah legaaaaa... dan bisa nulis blog dengan perasaan aman, damai, tentram. Gw emang gitu tuh. Sering mules tanpa liat tempat. Yang repot bukan gw doang, tapi orang yg di sekeliling gw jadi ikutan senewen. Hihihi.

Paan seh, gak sopan banget ya gw. Pagi2 uda ngebahas problem pribadi. Bikin nambah banyak problem orang lain aja. Huehehehe.

Tapi gw bukan mo cerita soal mules2 kok. Gw mo cerita soal pengalaman gw belajar nyetir dulu. Gara2nya Jumat malem kemaren gw liat mobil Honda Stream ditempelin tulisan "BELAJAR. MOHON JAGA JARAK" di bagian kaca belakangnya.

Hihihihi... gw jadi inget sekitar 7 taon silam. Ketika untuk pertama kalinya gw megang setir mobil dan berusaha keras untuk mengendalikannya...

Tahun 1999

Rencana untuk beli mobil sebenarnya mulai dihembuskan sejak akhir tahun 1999. Untuk itu nyak babe nyaranin gw untuk segera ambil kursus mobil.

Sebenarnya keinginan gw untuk belajar stir mobil uda ada sejak SMP, sewaktu teman2 gw berlomba2 daftar kursus stir. Tapi menurut nyak babe percuma aja gw belajar. Lha wong waktu itu mobilnya belum ada. Hehehe.

Akhirnya di tahun 1999 keinginan belajar stir mobil terwujud juga. Gw amat sangat penasaran, gimana sih caranya bawa mobil? Dan pada saat kursus nanti apakah akan diajarin teori dulu, baru praktek? Soalnya kan gw sama sekali buta!

Lhaaaa boro2 ada teori. Begitu daftar kursus, hari itu juga gw dibawa ke dalam sebuah mobil kijang. Kirain gw bakalan duduk di samping pelatih sambil perhatiin gimana cara pelatih bawa tuh mobil. Gak taunya?? Gw langsung disuruh duduk di belakang kemudi dan... "ayo, kamu bawa mobilnya"... gitu kata pelatihnya.

What?! Shock deh gw? Gimana ini coba? Mana mobil kudu mundur ke belakang utk keluar dari parkiran. Dan sewaktu mundur langsung menghadap jalan raya yg cukup rame. Alhasil, "aksi" gw ngeluarin mobil siang itu langsung sukses bikin kemacetan panjang di daerah Tanjung Duren. Huehehehehe...

Ngeluarin mobil secara mundur bagi pemula seperti gw waktu itu merupakan pekerjaan yg sangat menakjubkan stressnya. Tapi jalan lurus juga bukan hal yg lebih mudah. Abis niatnya jalan lurus, tapi kenapa nih mobil syusyaaaaaaaaaah bangeeeeet diaturnya? Meliuk2 kanan-kiri. Jangankan mobil2 yg antri di belakang gw, lha gw sendiri pusing menentukan sebenernya ni mobil mo kemana sih? Hihihihi.

Setelah 8x pertemuan yg melelahkan dan bikin stress bukan hanya gw sendiri tapi juga pelatihnya tentunya, akhirnya gw menuntaskan belajar stir mobil. Dengan hasil? Yaaah... ahli dalam hal menghidupkan dan mematikan mesin mobil doang. Huahahaha.

Tahun 2000

Waktu itu adalah tahun 2000, ketika mobil pertama yg gw beli sampai di halaman depan rumah. Dengan perasaan meluap2 gw menyambutnya sambil berlari2 riang. Bagaikan anak kecil dikasih balon, seperti itulah kira2 perasaan gw.

Mobilnya bukan mobil baru. Suzuki Amenity tahun 1989. Tapi tetep aja dia sangat spesial buat gw. Mobil itu diantar oleh om-tante ke rumah. Dan hari itu juga kami sekeluarga langsung menuju lapangan tempat belajar mobil. Letaknya di Cibubur, yg sekarang uda berubah wujud jadi mall Cibubur Junction.

Dengan bekal PD selangit, gw melaju berkeliling lapangan dg mobil. Apalagi gw liat bukan cuma gw doang yg lagi belajar. Ada beberapa orang yg muter2 dg expresi yg sama dg gw: tegak lurus tanpa berkedip. Hahahaha... Tapi gw mah yakin gw pasti lebih jago dari mereka. Lha wong UDA 8x PERTEMUAN STIR MOBIL, gitu loooh....

Eh dasar manusia sombong dikutuk Tuhan. Belom ada 10x muter lapangan, tiba2 mobil gw... nabrak gardu!! Gara2nya gw mo menghindari mobil yg lagi berhenti di sebelah kanan gw. Eh gw terlalu ke kiri, gak merhatiin jarak dg gardu yg sejak lapangan itu berdiri uda nangkring di situ. Semua orang berteriak2: AWAAAASSS... tapi gw kira mereka teriak AWAS nabrak mobil di kanan. Gak taunya.. AWAS tuh lu mo nyium gardu. Huehehehehe...

Dengan peristiwa tabrakan gardu itu, pupus sudah PD gw. Huaaaa... baru sehari mobil gw uda nyium gardu. Nyak gw shock. Babe gw cuma bisa melongo. Om-tante gw keabisan kata2. Gw? Meringis doang sambil berkata... ya maap....

Hari itu juga mobil dibawa balik om-tante. Mo dibenerin ke bengkel. Tapi nyak babe uda gak sreg aja. Mereka maunya jual tuh mobil, trus beli lagi mobil second yg lain. At least yg keliatannya masih mulus dan mesin bagus.

Setelah kira2 2 bulan pencarian, akhirnya ditemukanlah Toyota Starlet tahun 1990.

Walaupun tidak seantusias seperti ketika pertama kali menyambut Amenity, tapi gw cukup senang. Apalagi babe berkali2 bilang "jgn pernah trauma stir mobil, karena klo kamu trauma, selamanya kamu gak akan nyetir". Jadi gw pun melanjutkan belajar lagi keliling2 lapangan. Kali ini babe langsung turun tangan mengawasi gw.

Dibela2in ambil cuti di kantor selama 5 hari full biar bisa belajar stir. Jangan dikira babe ngajarin gw dengan penuh kesabaran dan kasih sayang. Huaaaa... babe itu galak. Gak sabaran. Huuuu... tambah stress aja deh gw.

Untung lama-kelamaan bisa. Tapi belum lancar sih. Dan karena mobil itu belum akan gw bawa sepenuhnya, makanya gw gak terlalu serius belajar. Hehehe.

Tahun 2004

Di tahun ini nyak babe punya rejeki. Mereka beli Toyota Vios tahun 2004. Starlet kembali ke tangan gw.

Kali ini bukan cuma diserahin mobilnya untuk diparkir. Tapi harus bawa. Padahal terakhir kali gw bawa mobil cuma keliling lapangan. Klo bawa ke jalan... Hmmm... jarang2. Gimana donks?

Supaya ingatan pulih, maka belajar stir mobil digalakkan kembali. Caranya mulai dari awal, yaitu ambil kursus stir mobil lagi.

Mungkin karena uda lebih terbiasa, kursus stir yg kedua ini agak lebih entengan. Terutama buat pelatihnya. Gw rasa dia gak se-stress pelatih gw yg dulu. Hahahaha. Klo di jalan raya gw uda mulai bisa ngontrol diri sendiri. Gak panik. Ekspresi juga uda gak setegang dulu. Selain menatap lurus ke depan, bisa juga nengok2 sambil senyum dikit ke arah pelatih.

Kendala gw cuma di bagian parkir sama tanjakan doang. Bagian ini diasah lagi sama babe. Supaya lebih ok di jalan, tiap wiken gw bawa mobil dari Depok sampe kost didampingin sama om yg masih bujangan. Babe gak mau dampingin, soalnya dia tau dia bakalan bawel di jalan dan bikin gw tambah grogi. Hihihihi.

Teman2 pun ikut andil dalam menyukseskan program stir mobil gw (Halo, Den, Nald!). Tiap wiken mereka jalan2 dg mobil gw. Mereka yg ikut dalam mobil uda bertahun2 stir mobil sendiri. Mereka ngawasin cara gw bawa mobil. Kasih komentar klo gw ada kesalahan. Pokoke klo diitung2, guru gw belajar mobil banyaaaaaaaaaaak bangeeeeeeeeet. Heboh dah ceritanya. Huahahahaha...

Sampe akhirnya gw bener2 PD bawa mobil ke kantor!

Cihuuuy.... dan... duuuh, gimana parkir nanti ya? Tanjakan? Macet? Masuk ke pintu gerbang kost? Nabrak mobil orang? Motor? Gitu deh perasaan gw. Antara senang dan cemas. Bayangin dong, masuk kerja hari Senin, tapi uda sejak 2 minggu sebelumnya gw susah tidur mikirin kecemasan2 di atas. Takuuuut... tapi penasaran. Orang2 yg pada gak skola aja bisa kok bawa mobil. Masa gw gak bisa?! Masa seumur idup mo pake supir?!

Sempet kepikiran... gimana klo mobil gw dipasangin kopling dan rem di samping kiri seperti mobil buat kursus. Trus gw didampingin dulu sama orang lain sampe gw bener2 mahir? Duh, pemikiran bodoh!!! Ayo dong, percaya diri sendiri???!!!!

Akhirnya tiba juga hari Senin yg mencemaskan itu. Untuk lebih amannya, gw ajak salah satu temen kantor yg kost deket gw utk berangkat kerja bareng. Namanya Ali.

Sepanjang perjalanan nyetir dari kost ke kantor lancaaar... lampu merah, macet sedikit, jalanan nanjak? Gak masalaaah....

Sampe pas mo masuk parkir. Pas ambil tiket nanjak tinggi bowww.... Cemas sedikit. Si Ali uda menangkap kecemasan itu. Berkali2 dia bilang: "mo gw gantiin gak, Sus?". Dengan PD yg selalu selangit gw bilang: "gak, gw bisa. lu tenang aja, donk". Sambil ngomong gitu gw sambil lirik2 mobil belakang. "Duh, Honda Civic baru. Seandainya terjadi apa2 denganmu, aku mo minta maaf sebelumnya...", bisik gw dalam hati kepada Honda Civic itu.

Giliran gw ambil tiket. Rem kaki. Tiket diambil. Sekarang rem dilepas, masuk gigi satu, injek gas. 1... 2... 3... YAK... LHHAAAAAAAAAA... bukannya majuuuuu.. dia munduuuurrr... dan GUBRAAAAAAAAAKKK... abis deh tuh Honda Civic ditimpa Starlet gw. Kapnya ancur. Lampunya pecah. Yang bawa cewek juga. Gw pucet kek mayat idup. Si Ali, temen gw? Gak kalah pucet sambil berkali2 bilang: ASTAGANAGA, YA TUHAANKUUUU!!!!

Hufff... what a day. Hari itu juga duit gw melayang sejuta utk ganti rugi. Gw tau dia asuransi mobil. Tapi perbaikannya butuh waktu lama. Dan itu mobil baru yg belum pernah tergores malah ancur sama gw. Jadi yaaah... dg ikhlas gw berikan sejumlah uang dan harapan semoga yg punya gak benci sama gw. Huaaaaaaaa...

Setelah kejadian pagi itu di tempat parkir, siangnya gw harus ke client. Ali ikut juga. Dan dia berkali2 nawarin diri utk nyetir. Tapi dg tegar gw tetap berkata: "jangan... biar gw aja...". Walaupun pada saat gw nyetir itu, kaki dan tangan gw gemetar.... Untuk sampe tempat client dg selamat. Cuma si Ali trauma. Sampe sekarang gak pernah mau nebeng gw lagi. Huahahahahaha.... Sorry, li... tapi sekarang gw uda jago kok :p

Sejak saat itu, gw mulai hati2 bawa mobil. Tapi yg namanya masih belajar, beberapa kali gw masih nabrak2 juga. Apalagi gerbang kost gw dulu sempit banget. Klo mo masuk harus pake perhitungan tepat. Duh, gak keitung deh berapa kali mobil gw jadi korban.

Sampe tahun 2005, Starlet tercinta yg mengiringi suka-duka gw selama belajar mobil tergantikan dengan Honda Jazz.

Tapi berapa kali pun gw mengalami musibah dalam stir mobil, gw berusaha utk gak trauma. Apalagi babe selalu menenangkan gw. Katanya: "mobil nabrak? kan ada asuransi. Mobil bener2 ancur? Ya beli lagi aja. Jangan kek orang susah gitu dong". Huahahaha... Sombong bener. Maksudnya sih supaya anaknya tegar dan gak gampang trauma.

Yang penting jangan sampe nabrak orang. Tetap waspada dan hati2. Klo kecelakaan2 kecil mah biasa.

Kembali lagi ke tulisan "BELAJAR. MOHON JAGA JARAK" di belakang mobil Honda Stream, hehehe... gw jadi geli sendiri ngebayangin orang yg ada di dalamnya. Sayang kaca mobilnya gelap, gw gak bisa liat expresi mukanya. Apakah tegang? Serius? Takut2? Atau malah santai dan ketawa2? Yang jelas bagaimanapun expresinya, tulisan tersebut berhasil membuat beberapa mobil lain menghindarinya. Termasuk mobil gw.

Klo gitu, kenapa dulu gw gak pernah coba hal yg sama ya? Kan enak gw jadi aman karena mobil2 lain pada menjauh. Yaaah, bukannya gak pernah ide ini gw sampein ke babe. Tapi tau gak jawabannya? Katanya gini nih: "jangan manja. Kamu lah yg harus menyesuaikan diri dg keadaan, bukannya keadaan yg menyesuaikan kamu". Gitu deh kira2.

Nah buat temen2 yg lagi belajar, atau kepikiran mo belajar, nasehat gw sih cuma 1: jangan pernah takut, tapi tetap hati2. Klo gagal, coba lagi. Prinsipnya, klo lebih dari sejuta orang di dunia ini bisa, kenapa kita gak?

Nasehat gw sungguh2 kebalikannya nasehat salah seorang cowok ketika gw mengutarakan niat belajar mobil kepadanya. Tau gak dia bilang apa? Katanya gini nih: "Sus, lu mah gak bakat stir mobil. Apalagi lu kan gak tau soal mesin."

Apa bener yg dia bilang? Gw ingin sekali ktemu dengannya dan membuktikan bahwa kalimat dia itu salah besar ;)

21 comments:

Limmy HL said...

sus,lu sama bgt sih kayak si adi.apa karna kalian sama2 cancer? hihihi (cari persamaan aza).

dia jg suka mules ga liat tempat kayak lu gitu. yg ada gue bete tiap ke mana selalu tungguin dia nongkrong di wc dulu.

Piku said...

hiks hiks... gue belom bisa2 niyy... :(( dulu belajar nabrak trotoar, trus laen waktu lg belajar, gue mepeett ke pinggir, kalo ada mobil di belakang gue panik mwakakakak

*seret susi* sini ajarain gue dah :))

.:acen147:. said...

@limmy: soal mules ini pernah gw bahas di modblog dulu, lim. pokoke gw klo mules gak liat tempat deh. klo di utan juga bisa aje kali gw nongkrong di rerumputan. hihihihi.

@epi: ayooo piii, dont give up. lama2 filingnya dapet, kok. dari dulu gw amat sangat ingin ngajarin orang stir mobil.

ke depok, pi.. gw ajarin keliling kompleks dah. tapi jgn pake mobil gw. hahahaha...

Me said...

oo.. penyakit cancer ya mules2 gitu.. pantesan. g & temen kost g yang cancer juga suka gitu.. hmmm... baru tau.. akhirnya aku tauuu..

pengen les nyetir ni.. tapi blom ada mobilna :((

nat said...

hihi gue udah 2x kursus stir mobil. Sekali di Crb, sekali di Jkt waktu kuliah.

Hasilnya?
Hmmm...kalo suruh bawa sendiri tetep gak brani ah. Kalo pulang kampung aja ditantangin bokap bawa mobil gak berani :D
Enakan disopiriiiinnnn...:D

.:acen147:. said...

@ceemot: lho, dikaw cancer juga, mot? dan dikaw mengalami hal yg serupa dg dirikuw? *tooozzz*

@nat: klo disopirin emang tiada bandingannya, nat. nikmaaaaat. hahaha...

Yulia said...

berbahagialah wahai manusia2 yg idup di Indo..belajar mobil gampangnya amit2. Coba di Londo, sampe berjuta-juta keluar kl kepercayaan sang penguji belom sreg gak bakal lulussss..dan yg udah2 hrs ulang lagi ujiannya, bayr lagi berjut-jut huhuhuhuuu..gw korban ujian kedua kali br lulus :((

Dulu pernah nyetir mobil bokap yg jeep Hard Top Land Cruiser, mampus kecebur got huahahahahahaaa..satu kampung gw panggilin bwt ngeluarin itu ban segede badak yg nangkring di got wekekekekeeekekkk :p

.:acen147:. said...

mungkin itu sebabnya di luar negri gak semacet di jkt ya. soalnya baru mo belajar aja mahal. huehehehe.

klo gak salah, di malaysia pun, utk org yg baru belajar mobil ditulis tanda "belajar" gitu, dan baru dilepas setelah beberapa waktu.

klo di sono, keluarin driving license mahal gak, yul?

mungkin harusnya lu belajar dulu di indo, di sono tinggal bawa. tapi di sono kan stir di sisi kiri ya... mo gak mo harus belajar lagi utk penyesuaian. hehehe.

anungnymous said...

Saya nyetir mobil modal nekad cuma pake E-Book dan ngeliatin bokap selama dia nyetir.. hasilnya.. not bad =)) *pamer* kekeke

.:acen147:. said...

huwwwww...

tapi emang sih biasanya cowok lebih berbakat nytir mobil. klo cewek... harus bekerja lebih giat. huehehehe...

Anonymous said...

Pengen tau, itu nama kursus setirnya apa? Bisa berikan info kontak telepon dan/atau alamat lengkapnya.

Anonymous said...

Hiks hiks.. sampe sekarang gw blom PD bawa mobil!!! benci benci... syerem sihhh..

Anonymous said...

gw juga lom berani bawa mobil sendiri tu, padahal di rumah yang bisa nyetir cuman gw doank.
alhasil kalo mo keluar manggil temen dulu bat nyetir tu mobil hiks

Keluarga Gunawan - Rani said...

Duhh menenangkan hati banget ceritanya...
jadi lega hehee karena tadi siang barusan aja gw nyrempet motor tiger mpe patah handle koplingnya...:(
sempet stress berat dan hampir kapok nyetir lagi...secara baru aja 1 bulan belajar nyetir :D
Tapi gara2 baca cerita ini, hehehe jadi bisa ketawa ketiwi...
Nasehatnya mo gw inget2 deh...:)
jangan pernah takut.., tapi tetap hati2

sama said...

akhirnya gw dapet insiden pertama dalam belajar mobil setelah satu bulan lamanya melenggang kangkung tanpa insiden :

abis pulang dari Mall, gw kan mau belok kanan udah kasih sen & klakson, eh mobil didepan maksa maju gitu mana jalanan sempit. Karena udah kekunci gerakan mobil gw, terpaksa mundur. pas mundur diteriakin sama diketok-ketok mobil gw sama pengendara motor, Kontan aja gw panik dan lupa segalanya mana gigi belum dinetralin, panik abis. udah gitu dikerumunin orang.

haduh, gemeter panas dingin gw.. udah gitu, gw ditemenin temen gw yg gantiin nyetir....

yg gw takutin bukan takut insiden itu, tapi takut ga dikasi kesempatan nyetir lagi...

Anonymous said...

jadi agak tenag gw. neh gara2 baca ceritanya....

kalo jatoh yg bediri aja lage...

gw jadi ngerti artinya itu...
tq dah

pengen banget setir mobil yg setiran nya di sebelah kiri kyk na lebih enak deh coss klo mo ganti gigi kan pke tangan kiri....

tangan kiri gw loyo2 banget... gk guna

Anonymous said...

halo,salam kenal...aku baca blog ini di saat tepat.sedang mengumpulkan nyali tuk belajar setir lagi.(dah sempet bisa sedikit,trus vakum karena jadi penumpang sejati mobil suami :p) ..berhubung suami bakal tugas lama di pulau sebrang, harus mulai belajar lagi..tq ya..sangat memberikan pencerahan tulisannya..hehe..

.:acen147:. said...

@all: hi smuaaa, ternyata banyak juga ya punya pengalaman jelek pas nyetir. seneng deh bisa berbagi cerita dan membuat kalian bangkit kembali. semangat yaaa... tapi tetep hati2 dan patuhi rambu2 lalu lintas. keep driving safely ;)

Anonymous said...

Aduh lega ada yang sependeritaan kayak gue nih :p

Btw, Cerita anda dan kalimat "jangan pernah takut, tapi tetapi hati2" benar2 memotivasi gue nih. Heheh...
Thanks :)
Gue juga pernah tuh ngalamin mundur ke belakang waktu menanjak gara2 lom kuasai kopling gas. Belakangku truk plus muka sopirnya sangar abiss....
Untungnya mobilku tiba2 berhenti pas di dpn truknya... Gx tahu napa bsa berhenti tuh mobil... Tapi yang pasti gue saat itu langsung memanjat syukur karena mobilnya berhenti dan gue lngsung melaju lagi... hehhe..

Solusi Bau Mulut said...

Herbal alami yang diciptakan untuk suami istri: membuat payudara montok berisi. Suami yang mengalami impotensi, ejakulasi dini & istri yang bermasalah dengan organ intim, ingin rapet kembali seperti ketika dulu masih gadis, mengatasi keputihan, lendir berlebih. klik http:// serbasolusi.co.cc

pengobatan alami said...

info yang sangat membantu