Monday, May 28, 2007

Wisata Kuliner di Rumah

Memang sudah kodratnya bumi berputar pada rotasi. Bulan mengelilingi bumi. Dan bumi mengelilingi matahari. Waktu memang terus berlari tanpa pernah berhenti. Yang tadinya Sabtu dinanti, kini Senin kembali.

Huahahahaha… pada heran yaaa, kok pagi2 gini gw berubah jadi puitis. Hehehe. Tenang, gw masih Susy yg dulu kok. Si Anak Centil alias Acen yg narcis bin pecicilan. Waktu ngetik2 di atas entah kenapa tiba2 kata2 tersebut melintas di pikiran. Tapi gw bukan mo nulis hal2 romantis selama wiken kemaren. Gw mo nulis tentang… makanaaaaaaaaaaaaan….

Yeah, wiken kemaren emang gak sepanjang wiken sebelumnya. Klo sebelumnya kenyang libur 4 hari, kemaren sih wiken standard lah. Libur 2 hari. Jadi gak salah donk klo aktivitas juga standard. Apalagi buat yg uda merit kaya’ gw. Paling banter masak-memasak deh. Bikin suami terbegah2 dengan banyaknya makanan di rumah. Hahahaha.

Abis mo ngapain lagi coba? Ke mall? Duh, belum gajian (hari ini gajian, horeeee). Duit aja diirit2 buat beli bensin tadi pagi. Olahraga? Uda dilakukan rutin seminggu 3x pada hari Senin, Rabu, Jumat. Nonton? Gw n Mas Adi biasanya nonton di hari kerja. Soalnya klo wiken males nonton di Jakarta. Jauh, bow. Sedangkan film2 di bioskop Depok rada2 kadaluarsa. Terakhir nonton hari Kamis lalu di Pelangi. Pirates The Caribbean: At The World’s End.

Sedikit intermezzo soal ni pilem… menurut gw alurnya agak bercabang. Klo dibandingin serial 1 dan 2 yang lebih fokus, yg ini seperti agak bikin bingung. Apa gw yg uda mulai karatan ya otaknya, kurang bisa nerima yg ribet2 dikit? Huehehehe. Tyus, dari segi kelucuan… lebih lucu yg versi ke 2. Yang ini… hmmm… gak bisa dibilang lucu banget. Buktinya, gw sempet ketiduran, hayoooo…. Hihihihi….

Balik lagi ke soal kegiatan wiken. Karena gak terlalu banyak pilihan, maka kegiatan wiken kemaren ya ampir2 mirip sama wiken2 sebelumnya: nyetrika baju 2 bakul sampe 2 jam sambil ngomel2 “Schaat, baju kamu banyak banget sih? Aku aja irit2 pake baju, kamu malah boros”. Hehehehe. Tyus masak, deh.

Khusus untuk masak, kali ini agak berbeda nihhh… Apanya yang beda?

Selain masak nasi, sayur, dan lauk-pauk, gw juga masak kueeeeeeee…. Kue apa, tebak? Well, coba ditebak2 dulu dalem ati masing2 sementara gw bercerita soal sayur dan lauk-pauknya.

Sayur Bayem



Sayuran yg paling gampang dibuat sedunia, yaitu… Sayur Bayem.

Karena selain di blog sendiri, di blog Nat, dan di imel, gw sering dikritik sama sahabat tercinta, Limmy, yg katanya cuma mejeng masakan tanpa pernah bagi2 resep… Hehehehe. Okelah, kali ini gw kasih resepnya.

Oh ya, alesan gak pernah nulis resep sebenernya sangat simple, yaitu: MALES ngira2 bumbu secara pasti. Soale gw klo masak gak pernah pake takeran khusus. Kebanyakan pake feeling. Pake takeran itu waktu gw pertama kali belajar masak. Lama-kelamaan ya “suka-suka gw dah”. Huehehehe. Makanya jangan heran klo liat resep gw nanti kebanyakan pake takeran ajaib, seperti: secukupnya, seujung sendok, secuil, seiprit, serasa enak deh… Hihihihihi…

Tyus klo sekarang tiba2 gw mo nulis resep, bukan karena gw tiba2 rajin or berubah jadi baik hati, tapi karena ni sayur AMAT SANGAT SUPER GAMPANG. Sambil merem nih nulisnya saking gampangnya. Huehehehehe…

Suuuusss…. Gile lo, mo nulis resep Sayur Bayem aja ceramahnya banyak amat. Mulai aja napah? Huehehehehe…

Bumbu:
1. Bawang merah 5
2. Bawang putih 3
3. Kencur 1 ruas kelingking
4. Daun Salam 1
5. Sereh 1
6. Garam secukupnya
7. Gula 1 sdm
8. Terasi secuil

Bahan:
1. Sayur bayem dipotong2. Ambil daun dan batangnya. Akarnya jangan ya…
2. Jagung manis. Bisa dipotong2 atau disisir.

Cara memasak:
1. Iris2 bumbu di atas, kecuali daun salam dan sereh
2. Rebus air. Setelah mendidih masukkan jagung dan semua bumbu.
3. Setelah jagung matang, masukkan sayur bayem.
4. Jangan terlalu lama, setelah air bergolak kembali, angkat dari kompor. Sayur bayem yg sip itu yg KRIUK. Hehehe.

Tips:
1. Selama masak, gw selalu pake komposisi bawang merah-putih = 5-3. Tapi sekedar diketahui, bawang merah membuat gorengan menjadi berwarna lebih hitam, maka untuk bumbu bahan2 yg akan digoreng gw meniadakan si bawang merah ini. Gantinya bawang putih.
2. Setiap masak, gw selalu mulai dengan garam sekitar 1 sdt. Klo uda mo mateng, gw icip2. Klo kurang ya gw tambahin sampe rasanya pas. Hindari memasukkan garam berlebihan. Klo keasinan, yg repot sapa cobaaaaaa? Hihihihi.
3. Gw selalu tambahin terasi secuiiiiiiiiil alias sedikiiiiiiiit pada sayur bayem. Rasanya? Lebih eksotis. Coba deh.


Balado Ikan Tenggiri



Bumbu:
1. Cabe merah panjang 10 (tergantung suka pedes gak, klo ya, tambahin aja)
2. Cabe rawit merah 5
3. Bawang merah 5
4. Bawang putih 3
5. Tomat ½
6. Sereh 1
7. Daun Salam 1
8. Lengkoas 1 ruas kelingking
9. Gula 1 sdm
10. Garam secukupnya
11. Terasi secuil

Bahan:
1. Ikan Tenggiri direndam dalam air garam dan asam jawa secukupnya selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, goreng ikan.

Cara membuat:
1. Uleg semua bumbu, kecuali daun salam dan sereh. Peprek lengkoas.
2. Tumis bumbu dengan minyak goreng secukupnya.
3. Setelah bumbu matang, masukkan ikan tenggiri. Aduk2 dalam bumbu.
4. Hidangkan.

Tips:
1. Ikan tenggiri bisa diganti dengan ikan tuna, ikan tongkol, atau ikan kembung. Yang terpenting adalah ikan harus dibumbui dan digoreng dulu biar gurih, kering dan gak bau amis.
2. Selain ikan, bahan bisa juga diganti dengan tahu atau telor. Khusus untuk tahu, rendam dulu dengan air garam kurang lebih 30 menit. Sedangkan telor bisa telor rebus atau telur ceplok. Caranya siapkan telur yg sudah direbus atau telur mentah. Lalu telur rebus (yg sudah dikuliti) atau telur mentah itu digoreng, sebelum akhirnya dicampur bumbu balado.
3. Biar lebih sip sih sebenernya tambahin petai. Tapi karena Mas Adi gak doyan petai, jadiiiii… gak pake deh. Untung rasanya gak kalah sip ;)


Tahu Terik



Berhubung gw punya suami si Maniak Tahu, maka kudu pinter2 mengolah makanan dengan bahan dasar tahu. Klo Mas Adi mah kagak bakalan bosen walo seumur idupnya cuma disuguhin tahu goreng. Variasi masakan ini lebih diperuntukan buat diri gw sendiri biar gak mati berdiri liat tahu wara-wiri tiap ari. Hihihihi.

“Tahu Terik”. Nama ini pertama kali gw denger dari Mas Adi. Katanya mami di Jogja suka buat. Setelah tanya bocoran ke mami, ternyata yg dimaksud adalah tahu dikasih kuah santen dan tetelan. Dengan resep dasar dari mami dan sedikit bumbu variasi a la gw, maka jadilah ramuan “Tahu Terik” yg bisa mengobati kerinduan Mas Adi akan masakan ibunda tercinta di Jogja ;)

Nah… gw mulai kumat nih males nulis resepnya. Hihihihi… Maap sodara2, soalnya bumbunya banyak. Masaknya ribet. Huehehehhehehehehe… Jadi gimana donks… Gini deh, klo ada yg tertarik dengan masakan ini, maen ke rumah gw aja, nti gw masakin. Lebih praktis daripada ngingetin bumbu “suka-suka gw dah”. Huahahahahaha. Yang jelas, soal rasa… boleh deh minta Mas Adi kasih testimonial ;)

Itu dia menu utk makan siang dan malam yg gw buat Minggu kemaren. Gw mulai masak jam 7 pagi, kelar jam 10 pagi. Dari yg awalnya dirusuhin Mas Adi: aku lapaaar, aku lapaaar…. Sampe akhirnya dia kelekeran di lantai gak bisa begerak saking kekenyangan. Huehehehe. Duh, sayang… gak heran perut kita sama2 buncit. Lha wong makan muluuuw… Hihihihi…

Sekitar jam 12-an, gw kepikiran… besok bawa bekel sarapan roti lagi. Ugh… gw bosan. Gw pengen bikin sesuatu sebagai pengganti bekel roti. Apa yaaa? Kenapa gak bikin cake sendiri? Terlintas cake andalan: Black Forrest dan Cheese Cake. Yang mana yaaa?

Berhubung di rumah gw minus peralatan timbangan, mixer dan loyang, maka buat kue kudu di tempat Nyak. Klo gitu, cek dulu, di rumah Nyak bahan2 apa yg tersedia? Klo bahan Black Forrest keliatannya gak ada. Yang 90% ada pasti bahan untuk Cheese Cake.

Ma, di rumah ada terigu, telor, tepung maizena, keju, susu?

Keju n susu gak ada. Kamu mo buat kue ya? (Nyak uda apal banget klo gw nanya bahan2 ini artinya apa)

Iya, nti Susy mampir ya… keju n susu-nya Susy beli dulu di Alfamart.

Oke deh…

Jangan lupa siapin timbangan, mixer n loyang, ya…

Iyaaaaaaa….


Setelah telpon itu, buru2 deh seret Mas Adi yg lagi asyik maen PS.

Schaat, anterin aku ke tempat mama.

Heh, emang mo ngapain sih?

Buat kue!!


Maka, berpindah lah dapur dari rumah Pesona ke rumah Nyak. Enaknya masak di rumah nyak adalah pake bahan2 seenak jidat tanpa perlu mikirin cucinya. Hihihihi.

So, tanpa banyak ngomong, langsung gw timbang bahan2 yg diperlukan. Klo buat kue, emang harus pake takeran yg tepat, soalnya klo meleset hasilnya bisa fatal! Gw tau banget hal ini.

Timbang, kocok, panggang, oles, taburi parutan keju, potong2…. Walllaaa… jadilah Cheese Cake a la Susy. Sayang gak beli chocolate chips. Klo ada, lebih sip nih, Cheese Cake bertabur serpihan coklat. Nyam. Buat yg gak suka keju, bisa ganti parutan keju dengan meises atau coklat parut.



Ngomong2 soal kue, dapet resepnya setelah kira2 50x berexperimen sama Nyak dulu. Dimulai dari sejak gw SMP!

Jadi ceritanya kami berdua senang berexperimen dengan kue. Pertama kali buat kue pake cara instan, beli tepung kue yg uda jadi, tinggal diadon, panggang, jadi deeeh… Lama-kelamaan penasaran, apa sih kandungan yg terdapat dalam adonan instan ini? Masa sih gak bisa buat sendiri?

Maka dimulailah petualangan antara ibu dan anak. Berjibaku di dapur bersama. Coba dengan berbagai komposisi dan teknik. Gak keitung deh berapa kali gagal. Kue bantet, gosong, seret, kurang pulen… pokoke berbagai judul yg ancur2. Klo uda gagal, gak bisa dimakan, yaaaaa…. dibuang. Seringnya sih dikasih ke ayam tetangga. Huahahaha. Tuh ayam bergizi banget pasti. Hihihihi.

Tapi kami gak pernah putus asa. Minggu ini gagal, coba lagi minggu depan. Klo bosan, break dulu, coba lagi 2 minggu – 1 bulan kemudian. Lama-kelamaan akhirnya dapet komposisi yg pas untuk bahan dasar. Tinggal variasi deh. So far yg paling favorite adalah Black Forrest dan Cheese Cake. Untuk kue2 kering paling kue lebaran, yaitu Castengel, Nastaart n Putri Salju.

Gitu deh cerita masak-memasak wiken kemaren. Hari ini gw bawa Cheese Cake ke kantor dan dalam itungan detik langsung ludes. Kapan2, gw jualin aja kali yeee. Huehehehehe.

Btw, untuk wiken ini gw juga uda siapin 1 menu andalan. Masih seputar tahu sebagai bahan dasar. Tapi variasi donk, jadi tahu telor. Temennya tahu telor apa yaa? Kepikiran rawon nih. Tahu telor n rawon. Masakan Jawa Timur-an donk namanya? Yah, let’s see… kadang mud gw berubah. Niat masak ini, eh jadinya itu.

Dan karena minggu ini bakalan long wiken, keliatannya gw bakalan ber-experimen lagi dengan kue2. Sekarang sih gw sudah menggenggam 1 resep: Strawberry Cheese Cake. So, liat aja… kira2 berhasil gak gw mewujudkannya? ;)

17 comments:

Piku said...

sus.. keju nya scary... banyak bangedddddddddd -_-" serasa ngeliat ropang nya ibu iis

.:acen147:. said...

hahahaha... mungkin karena belon dipotong2, ya piii... pdhl klo uda dipotong, jadinya gak sebanyak itu kok.

btw, ropang apaan sih?

Me said...

mauuu dong cheese cake na.. i love cheese :D =P~

Anonymous said...

mau masak masakan jatim ya? gimana kalo minggu depan gue ke rumah u hihihi... secara suami gue orang jatim n dia paling hobi masakan jatim. sayangnya dapet istri orang betawi yang ga bisa masak hihihi...

sus, bagi resep masakan jatim dong... buat unjuk gigi di depan mertua pas mudik nanti...

.:acen147:. said...

maen mot ke rumah. pasti deh gw buatin ;)

.:acen147:. said...

@renzia:
oh, laki lu asli mana? surabaya ya? nti deh gw kasih tau resep rawon, ya. klo tahu telor, kudu experimen dulu nih. klo berhasil gw kasih tau deh ;)

Unknown said...

susyyyyyyyyyyyyy mau dong kuenya. ngiler gue liatnya.

nah gini dong pajang foto masakan beserta resepnya.

.:acen147:. said...

hehehe.. dulu kan lu sering banget nyobain kue hasil eksperimen gw, ya lim...

nti gw mo coba strawberry cheese cake. klo berhasil, pas dhika ultah gw bawain deh ;)

Anonymous said...

laki gue asli tulungagung sus. mau dong resep rawonnya... ditunggu ya... sekalian rawonnya huahahaha...

sus, tukeran link yu...

.:acen147:. said...

lu mudik kapan, des?

juni besok ya? pdhl gw baru mo masaknya juga juni. kapan gw kasih ke lu resepnya ya?

gw kirim liwat imel deh. imel lu apa? imel gw acen147@yahoo.com.

atau besok gw post di blog resepnya. tapi tanpa gambar :D

Anonymous said...

gue mudik agustus sus. masih lama. masih ada waktu buat elu bereksperimen hehehe... sip... kirim ke email renzia@centrin.net.id. atau post di blog aja ya :) thx lho...

.:acen147:. said...

oh klo gitu gw coba dulu deh wiken ini. nti gw post di blog. doain aja sukses hasilnya. huehehehe.

Anonymous said...

hueee.. si susi food presentation neh skrg.. tahu telor.. tx mengingatkan gua.. ntar gua bikin tahu telor aja disinih.. :)

Anonymous said...

salah besar ke siniiiiii... laperrrr

Anonymous said...

Andai bisa cobainn :P

Yulia said...

yaoloooo..resep tahu teriknya kagak di kasih..dasar susyyyyyy..gw pan mau coba, mosok hrs beli tiket pp Holland-Depok siy..kejam loo..kejaaammm.. :p

.:acen147:. said...

@willy: lu doyan tahu telor juga, wil? bumbu kacangnya cari dimana di jepang? klo berhasil, pejeng di blog yak... ;)

@anung: huehehehe... pokoke tiap senin kemungkina besar gw mejeng hasil experimen gw, nung :p

@hatjhie: bisa koook, makanya siniiii :p

@yulia: emang orang londo doyan tahu terik, yul? nti maik protes, dia bilang: what is this, honey? tahu and milk? are you crazy?

hahahaha