Monday, June 11, 2007

Waroeng Iboe Soesy

Wiken kemaren gak ada yg spesial. Karena mobil harus dibawa ke bengkel lagi utk proses pengecatan, otomatis kami jadi gak bisa kemana2.

Di rumah aja bukan berarti tanpa kreatifitas. Seperti wiken2 sebelumnya, wiken kali ini pun menjadi ajang gw utk berexperimen masakan2 baru. Hitung2 latian pemanasan sampe akhirnya gw bisa buka usaha di bidang makanan sendiri. Well, who knows ;)

Experimen kali ini adalah Sayur Lodeh Istimewa. Kenapa istimewa? Karena bumbunya gak diiris, melainkan diuleg. Selain itu ada bumbu rahasia di dalamnya yg membuat rasanya lain daripada yg lain. Sebagai penambah aroma seharusnya lebih sedap lagi klo ditambah petai. Tapi yaah, karena Mas Adi gak doyan… lupakan petai. Toh Sayur Lodeh buatan gw kali ini gak kalah istimewanya ;)



Selain Sayur Lodeh Istimewa, masakan berikutnya gak terlalu istimewa. Hanya sebagai lauk pendamping. Ada Tahu-Tempe Goreng, Daging Empal, Ampela Goreng, Ikan Asin, Sambel Terasi. Keliatannya sangat simple. Tapi sekalinya lidah mencicipi… hmmm… dijamin makan dengan lahap sampai keringatan ;). Yupe, makanan rumahan, khususnya masakan Ibu Susy, gak kalah donk dg makanan di resto2. Hehehe.



Tengok kulkas… gw inget masih ada sisa buah Stroberi. Seperti diketahui, wiken kemaren gw gagal buat Strawberry Cheese Cake karena Cheese Cake-nya bantet. Itu cake uda jadi penghuni tong sampah soale ditaro aja di kulkas tanpa ada yg berminat nyolek, apalagi nyicipin. Lha gw aja yg buat gak minat. Hihihi. Tiap liat tu kue ada perasaan bersalah, sambil dalem ati bisik2: I’ll eat you tomorrow. “Tomorrow”-nya uda dari kapan tauuu… tuw kue masih aja betah sendirian di kulkas. Lama2 dia jablai kaleeee, abis jarang dibelai… eh dicolek… huehehehe… Ya sutra lah, gw buang aja. Toh gak dibuang sekarang juga bakalan dibuang nanti2… Hehehe…

Klo minggu kemaren sisa buah Stroberi gw jadiin Smoothies Strawberry, kali ini rasanya agak2 bosen klo dibuat hal yg sama. Lagian batuk-pilek gara2 Smoothies kemaren belom sembuh. Apalagi pas liat Stroberi-nya uda banyak yg bonyok. Klo dibuat jus or Smoothies kurang bahan dasarnya nih. Hmmm… buat apa ya….?!

Setelah mikir2… hmmm.. kenapa juga gak dibuat pudding Strawberry? Tapi tetep aja bahan dasarnya kurang… Klo gitu pudding-nya dicampur susu? Hmmm… kurang oke ah… gimana klo dicampur santan, jadi rasanya asem2 gurih asin? Fla-nya baru pake susu like usual? Hmmm… aneh gak ya rasanya? Harusnya sih gak… So… let’s try ;)

Maka di sore hari mulai lah gw ber-experimen. Blender-campur ini itu-didihkan-icip2.. ada yg kurang gula, tambahin dikit. Tambahin garem biar gak terlalu manis…

Kira-kira 30 menit berkutat di dalam dapur… walaaa.. jadilah Puding Strawberry Santan.

Mas Adi yg liat istrinya sibuk di dapur, bolak-balik nanya: kamu masak apa sih?

Setelah tau gw masak pudding, dia bolak-balik nanya lagi: uda bisa dimakan belum pas aku nonton F1 nanti?

F1 jam berapa, Sayang?

Jam 12 malem.

Oooh… tenang aja. Jam segitu mah pudding lagi enak2nya dimakan…. Uda dingin… Nyam-nyam deh pokoke…


Dan tanpa harus menunggu lebih lama, jam 8 malem sang pudding siap dihidangkan. Rasanya? Tepat seperti yg gw duga sebelumnya… ENAK…



Ketika dikunyah tekstur pudding sangat lembut yg menandakan campuran ager2 dan air sangat pas. Gak keras, gak lembek. Lembut. Belum lagi ketika dikunyah, ada butiran halus buah stroberi. Ketika dicium, wangi buah stroberi kek lotion yg biasa gw pake. Huehehehe. Cuma yg ini rasanya asem-gurih-asin-manis. Sangat tepat keputusan gw utk memilih santan daripada susu. Karena buah stroberi yg asam akan diminimalisir dg rasa gurih santan. Klo susu cenderung kurang gurih… bahkan agak manis. Klo santan, lebih asin. Jadinya kombinasi yg pas!

Pudding dicampur dg fla dg manis yg pas. Fla-nya juga memiliki tekstur yg lembut. Gak terlalu encer, gak terlalu kental. Berarti komposisi semua bahannya tepat. Rasa asin-gurih pada pudding bertambah nikmat ketika dikunyah bersama lembut-manisnya cairan fla. Sempurna! Hihihi…. Gw berhasiiillll!!!

Rahasia membuat pudding dg fla agar komposisinya tepat adalah… buat pudding dg rasa manis-manis jambu. Jadi manisnya hanya sampai di ambang batas “akan manis”. Sehingga ketika dimakan bersama fla yg biasanya manis, kombinasi rasa jadi pas. Terutama buat orang yg gak suka rasa terlalu manis, seperti Mas Adi, masih akan dapat menikmati pudding (tanpa fla) yg rasanya gak hambar, tapi juga gak terlalu manis.

Sebenarnya pudding tertentu akan terasa lebih sip klo ditambah rhum. Tapi karena pudding yg gw buat kali ini bercampur santan, jadinya sebagai penambah aroma cukup dimasukkan vanilla. Klo buat pudding dg berbahan dasar susu, rhum bisa dijadikan pilihan. Sayang, Mas Adi gak doyan rhum. Klo gitu, rhum jgn dicampurkan ke dalam pudding, tapi ke dalam fla. Kan Mas Adi juga gak doyan fla, jadi dia pasti hanya akan makan puddingnya aja. Sip. Minggu depan deh gw buat Pudding Rhum Coklat.

O iya, komentar Mas Adi setelah makan pudding: Schaat, kaya’nya aku belum pernah tuh ngerasain pudding kaya’ tadi. Ada rasa asem-gurih-asin. Enak. Kamu dapet resep darimana?

Hmmm… hasil experimen sendiri donk….

Masukin hasil experimen hari ini ke dalam buku kumpulan resep sendiri.

One day, Waroeng Iboe Soesy will need this book desperately ;)

30 comments:

Unknown said...

slurrrrrrrrrrrrp
pagi2 udah liat foto2 masakan lu di blog. lapeeeeeeeeeeeerrrr

sus,mau dong resep sayur lodeh dan pudingnya. japri di email ya? :)

.:acen147:. said...

sip... sip...

btw, buat dhika gw bawain puding aja ya? mo coklat or stroberi or karamel or mangga?

stroberi aja ya.. sekalian lu cobain hasil experimen gw kali ini ;)

Me said...

wahh.. g klo makan sayur lodeh harus ada ikan goreng dan sambel terasi :D

emang ditambah apa Sus di sayur lodehnya.. boleh dong bagi2 :D jadi g ntar bisa cobain juga :D ehehe..

Anonymous said...

duh,jadi ngiler baca postingan ini... :p~
susi ajarilah daku masak hehe :D

btw...setelah dibuat kuweh yg gagal, smootiez 2 gelas gede, masi aja stoberinya ada stock buat dibikin puding, sebenernya beli berapa kilo sus waktu itu? :p

Anonymous said...

wuuaaahhh susiiii... mauuuuu...
bagi resep sayur lodeh-nya...

btw, thx ya kemarin uda ngajarin gue masak rawon :)

.:acen147:. said...

@cimot: bener. gw biasanya makan pake ikan goreng kembung. tapi mas adi gak doyan. daripada nti jadi kerjaan gw sendiri, yaitu ngabisin ikan kembung, ya udah, gw ambil ikan asin deh yg disukai mas adi juga ;)

@cimot n dessy:
waaa... jadi gak bumbu rahasia lagi donk namanya? huehehehe...
ya sut, demi kalian, niy dey gw bagi2...
bumbunya:
1. bwg merah 5
2. bwg putih 2
3. cabe merah panjang 5
4. terasi seujung sdt
5. kemiri 3 buah
6. lengkoas 1 ruas kelingking dipeprek
7. daon salam
8. sereh
9. garam secukupnya
10. gula 1 sdm

bahan:
1. sayur lodeh
2. santan kental (600ml)

cara membuat:
1. uleg semua bumbu (kecuali lengkoas, daon salam, sereh).
2. didihkan santan kental. setelah mendidih, masukkan bumbu tadi.
3. masukkan sayur lodeh (yg keras dulu, setelah yg keras melunak, baru masukin yg lembek)
4. hidangkan.

biar tambah sip, tambahin pete.

@acia: yuks, ke rumah gw. nti gw ajarin deh masak memasak. hehe. stroberinya sebenernya uda beli di giant 1 pack. tapi pas ke client, di pasar senggolnya ada yg jual 10rb 4 pack. karena murah banget, jadi gw beli lagi. jadinya yaah.. banyak banget kan? hehehe.

Anonymous said...

Pelajaran hari ini:
jangan ke blog tante acen hari senen sebelom jem makan sian :D

Yulia said...

@Anung, bener Nung..pagi2 hr senen buka blog dia mah di jamin isinya makanan mulu hihihihii..

Susy, bikin laper org ih lo :p
Lodehnya pake trasi ya? huehuehueee..

Jeng cek email lo ya, barusan gw kirim ;)

Me said...

hoo.. pake kemiri, lengkuas, sereh ya.. g biasa klo masak yang bumbunya diiris, ga pake 3 hal di atas :D

blom pernah nyoba masak yang diulek si.. pasti berat d nguleg kemiri :((

eh.. jadi bumbu rahasianya terasi nya ya Sus :D heheh..

.:acen147:. said...

@anung: huahahaha... so dikaw bacanya sesudah makan siang donks (murid yg pandai... hihihi)

@yulia: iya, gw uda terima imel lu. kok namanya agustin sih? ampir aja gw pikir spam. mo langsung gw delete. huehehe... tengz ya, jeuung... next time klo mobil gw bermasalah lagi, gw coba ah contact ex lu ini. sapa tau harganya lebih kompetitif ;)

@yulia n cimot: yak, sayur lodeh gw pake terasi dikit. jadi berasa udang2 gitu (klo doyan udang banget bisa ditambah udang rebon). bumbu rahasianya ada di kemiri n terasi itu. dan caranya harus diuleg. kemiri bikin gurih. mo lebih sip pake petai dan airnya kaldu daging. tapi gw gak pake itu kemaren. soale ada yg gak doyan petai. n klo pake kaldu daging jadi berlemak2 gitu klo uda dingin.

mot, jgn lupa kemirinya disangrai dulu sebelum diuleg ya. biar lebih keluar minyaknya. dan bebas kutu ;). btw, uleg kemiri masa berat sih? hihihi...

Anonymous said...

sus... sorry ga ngerti. itu bahan sayurnya: sayur lodeh. maksudnya? hihihi... sayur lodeh mateng? lodeh itu = labu? hahahaha... maklum ya...

eh, gue kemarin bikin rawon ga ngulek, tapi ngeblender. ada pengaruh ga?

.:acen147:. said...

@dessy: wakakakak... barusan gw ngetawain cia yg binun bedain lengkoas ma jahe. skg lu nanya sayur lodeh. hehehe..

klo ke pasar tradisional, sebut "sayur lodeh" langsung dibungkusin 1 paket sayur2an. ada melinjo, jagung, terong, wortel, nangka, kacang panjang, daun melinjo, kol, labu.

nah... di rumah lu pilah2in deh sayuran yg keras2 (jagung, wortel, melinjo, nangka) dg sisanya.

pas masak nanti, rebus dulu yg keras2.. klo uda empuk (tusuk wortel pake garpu), baru masukin yg lembek ;)

Unknown said...

sus, gue mo tanya, apa bedanya santan kental sama santan encer ya?

Gue kalo masak pake bahan masakan yang pake santen, gue pakenya santen kara yang pak, yang dijual di supermarket, itu termasuk santen kental atau santen encer?

satelite said...

dooh, bener tuh sayur lodehna menggiurkan....
untung bebek gak buka katering di jekate,..kalo nggak bisa kalah saingan ma susi dehhhh

.:acen147:. said...

@nat: santen kentel adalah santen yg pertama kali kita peres. o iya, meres santen sebaiknya pake aer anget, soalnya minyaknya bisa keluar. santen encer adalah santen yg dibuat setelah santen kentel. jadi uda yg kedua dst, gitu... hasilnya uda gak sekentel yg pertama. klo kara... waaah.. itu mah kentel banget. kenapa? pertama bisa jadi karena jumlah parutan kelapa banyak, sedangkan aernya dikit. kedua, denger2 nih.. but maybe salah juga... aernya dicampur sama rendeman aer beras? hehee... gossip kali yaa..

@bebek: waah. justru gw baru mo tanya gimana caranya situ memulai katering, bek ;)

Unknown said...

oh gitu ya...tp gue gak pernah meres santen sendiri. Males aja beli klapaparut nya. Mending yang simple, udah terima beres :D. Andalan gue ya Kara itu.
Elo mah enak bisa nitip nyokap beli bahan2 ke pasar, lah gue nitip sapa huhuhu...

Lagian gue gak tlalu suka masakan pake santen, lebih suka yang bening2, jadi kalo tpaksa banget pake santen baru deh pake Kara.

tengs penjelasannya..

Anonymous said...

wadowww sus... mbok ya jangan diketawain hihihi...
kemarin gue sms nat nanya kemiri sangrai itu diapain? wakakakaka... katro banget...

.:acen147:. said...

@nat: emang sih, kara juga sip. cuma kadang terlalu kentel. kek misal bikin sayur lodeh, santen kara terlalu kentel. tapi masih ada solusi, yaitu dicampur aja lagi sama aer biasa ;). klo gw biasanya pake santen kara utk bahan kue. soalnya santennya wangi bangeeet... emang sih, untung juga bisa nitip nyak di pasar tradisional. lebih murah juga jatohnya ;)

@dessy: uupppsss... wakakakakak.. gak maksud ngeledekin lu, dess... sorrryyyy... abis lucu aja pertanyaannya. pdhl dulu waktu pertama belajar juga gw banyak nanya ini itu :p

anyway, gw seneng banget karena dari blog gw (juga dari blog nat), banyak yg jadi minat masak. karena masak itu sebenernya gampang kok ;)

.:acen147:. said...

@dessy lagi:
o iya, gw lupa... bumbu diblender sama diuleg ya... ada bedanya... rasanya pasti lebih sip diuleg. karena sari patinya gak bener2 ancur jadi aer. jadi masih ada "rasa inti". tapi sekarang denger2 ada juga blender khusus utk bumbu (gw tau dari nyak n lagi mikir2 pengen beli). cuma gw gak tau deh, hasilnya apa jadi alus banget or agak kasar. gw prefer yg agak kasar krn alesan di atas.

trus ada mitos lagi nih... klo bumbu diuleg sm tangan sendiri, rasanya lebih... ngena. karena ibaratnya perasaan si pembuatnya langsung turun dari hati ke bumbu melalui tangan yg nguleg ini.

baaah... nguleg bumbu aja ada filosofinya. huahahahaha...

Me said...

berat Sus, kan keras :D hehehe..

.:acen147:. said...

@cimot: mungkin caranya lu ancurin kecil2 dulu. jgn langsung diuleg bulet2. jgn lupa sebelumnya disangrai. klo uda kecil2, pasti agak entengan kok ngulegnya.

gitu juga utk nguleg yg lain, misal bawang, cabe... buat pemula biasanya nguleg gituan berat n bikin nangis tuh. biar agak ringan, potong2 dulu si bawang n si cabe.

o ya, nguleg bawang dan cabe bareng garem bisa bikin lebih cepet ancur. karena ada butiran garemnya kali yaa... tapi ati2 jgn sampe garemnya kebanyakan tyus keasinan deh, hehe.

trus biar bawang gak bikin nangis? klo dulu baru belajar, gw mah kadang pake kacamata utk menghindari kontak mata langsung dg bawang. tp klo diiris dulu sih biasanya gak terlalu perihin mata kok ;)

Anonymous said...

sus, kalo soal ngiris bawang biar gak nangis, gue punya tipsnya nih, baca dari majalah

Caranya adalah :
Tancepkan sebutir bawang diujung pisau (iya ujung mata pisau yang runcing itu), lalu gunakan pisau spt biasa buat iris bawang.
Jadi sebutir bawang diujung pisau itu biarin aja...
Dijamin tak setetes pun air mata yg keluar!

Gue juga tadinya ga caya, dimana logikanya sih? Tp pas gue praktek, eeh bener looh, mengiris bawang jadi menyenangkan! Hahaha...

Anonymous said...

Bujug dah.. jadi ajang konsultasi ibu ibu =))

gmana klo semua yang uda dipelajarin, dipraktekin. biar saya jadi jurinya :D

Yulia said...

mmmahahahahahhah..Anung gendeng..:p gw jg td mo blg gitu tuh, jd di pake bwt konsultasi dapur ni blog wakakakakakakk..

@Susy n Nat n dll: bikin blog dunk bwt konsultasi gini2an :), trus kali aja bs di jadiin buku, kl gramedia ikutan baca :))

Gw ikutan deh tp bagian tanya2 doang :p

Me said...

@Susi : hooo.. begitu ya nguleg kemiri nya. g pikir diuleg gede2 gitu.. klo nguleg cabe iya biasa g potong2 and tertolong ma garem jadi cepet ancur.. tapi tetep aja.. capeee.. klo ga demi karena pengen makan sambel terasi mah.. ga mau g :((

@cc Nat : wahh. dapet tips memotong bawang.. ntar praktek ah.. klo dulu pernah baca katanya suru taro batang korek api di mulut.. tapi ga pernah cobain si..

@Susi & Nat : thanks buat tips2nyaa...

Anonymous said...

@anung : sadar ga lo? coba liat di postingan ini, lo jadi anak perjaka di sarang ibu2 dan calon ibu. hahaha

@acen + nat : sarannya yulia okeh banget.. ayo donk.. bikin satu blog, colaborate.. keke.. tiap hari senen pasti blog penuh makanan enak, kalo ga review restoran.. jadi bikin ngiler.
tips kalian jg canggih banget, hahaha.. emang kalo kata pepatah.. kalo mau jadi orang kaya, hrs deket2 ama org kaya dan cara pola pikir org kaya.
Nah kalo mao pinter masak, harus sering2 baca tips2 dan how to cook nya sus and nat. xixixixix

.:acen147:. said...

@nat: hah? beneran tuh? tapi maksutnya gimana? 1 bawang ditancepin di ujung piso runcing. trus iris bawang yg lain pake piso yg lain? gitu nat? apa gw salah?

@anung & yulia: mwahahahaha.. emang tuh, yul.. si anung gak sadar apa ya klo dia cowok sendiri di sini... so gimana klo kita.... SERBUUUUUUUUUUUU

*resep berikut: anung guling apa anung black pepper steak?* hihihi

@cimot: sami-sami

@willy: waaah... belum PD dah masuk gramedia. belum master. nti diketawain. bahasnya di lingkup RT blog kita ini ajah. hihihi

Anonymous said...

make piso yang sama sus. JAdi ujungnya doang ditancep bawang, kan bagian tengah pisonya tetep bisa dipake buat ngiris gitu hehe..
cobain deh

.:acen147:. said...

@nat: oooohhh... ic ic... waaah.. cara ajaib tapi ampuh. patut dicoba. hihihi

satelite said...

sus,..awalna bebek mulai katering gini nih :
http://santolita.blogspot.com/2007/05/perjalanan-pengantar-nasi.html
asli deh,.. modalna cuma pede :)
susi sih dah pasti bisa tuh kalo buka katering,...mulai dari temen2 kantor ajah dulu say,...
bikin makanan setengah jadi,...nanti mereka tinggal gampangnya nerusin buat makan malem.
temen bebek di jkt ada yg bebek suruh mulai dari jual bihun goreng buat sarapan :P