Wednesday, October 10, 2007

Kenapa Jadi Gendut Setelah Merit?

Gak bisa dipungkiri, gak usah ngelak, gak usah cari-cari alesan... bagi yang uda lama gak pernah ketemu gw, dan klo nanti ketemu, pastinya kaget deh liat postur tubuh gw... MBULET banget!

Gw uda kenyang deh sama komentar2 macem:

"Lagi hamil ya? Kok gendutan?"

Yang ini biasanya dari orang2 yg gak gw kenal tapi merasa sok kenal sama gw. Cukup gw jawab, "Doain semoga yaaa", dengan senyum kecut tentunya.

"Jangan bikin dia stress, Pak... soalnya Cuci klo kuyus ndak lutu lagiii..."

Klo ini mah dari Neng Tia. Biasanya cuma bisa gw balas dg tatapan SUPER SINIS dan KEJAM, seolah-olah ingin menelannya saat itu juga. Hihihihi.

"Kamu kok abis ngelahirin gak kirim2 berita?"

Di antara 2 komentar di atas, baru kali ini yg bener2 keterlaluan. Komentar salah satu manager HRD. Yang bikin gw ternganga2... apa coba maksutnyah komentar ginian?!?! Jelas2 hamil aja belon sukses, ini uda "dituduh" ngelahirin? Ampyun deh... Atas komentar ini, gw hanya bisa mengelus dada tanda prihatin akan 2 hal: satu... HRD kurang perhatian sama karyawan, dua... BUSETTT... SEGITU BULETNYA KAH GW?

Aaarrrggggh! Au ah gelap, hihihihi.

Waktu gw kemaren ke PI, pas Neng Tia nyobain sendal gunung di salah satu counter sepatu sport, gw ngeliat celana sport yg lumayan trendi n bisa dipake buat ngantor juga. Kebetulan nih, kemaren2 gw uda misuh2 aja karena celana gw uda pada sempit. Sapa tau nih celana muat.

Berhubung kagak PD, gw minta cariin ukuran XL dah. Soale gw inget salah satu posting Jeung Nat yg minta ukuran M malah ditawarin L. Kekekeke. Nah, daripada gw malu ati, mending menyodorkan diri dg ukuran XL duluan. Hihihihihi.

Setelah dicari2... ktemu tuh ukuran. Kesian deh mbaknya, sampe kudu nyari ke gudang. Jarang2 kali yak orang sporty yg rajin olahraga nyari ukuran XL. Huehehehe.

Pas gw liat celananya, eh kok gede banget. Akhirnya gw bawa 2 ukuran ke fitting room, L n XL. Nah pas nyobain yg L... lha muat niiiy... Duuuuuuh bahagianyaaa... Walopun dulu mah waktu langsing celana gw M semua, tapi setidaknya sekarang L pun masih muat? Lumpat2 kegirangan kek nemuin harta benda apaan tau deh. Hoahahaha.

Liat label harganya... ih mahal yak... ratusan ribu. Minta ijin hubby dulu sebagai "Direktur Keuangan Rumah Tangga". Hihihi. Untung di-approve. Aciiik.

Tapi gw, sebagai "Manajer Keuangan Rumah Tangga" jadi mikir2 lagi niy. Apa gak kemahalan yak? Cuma nih celana uda membawa kebahagiaan tersendiri bagi gw. Jadi gpp dey, gw beli ajah. Lagian klo nyari2 tempat laen, blon tentu dapet yg pas kek gini. Hihihihihi. Jadi deh bungkuuuussss!

Kejadian di atas baru merupakan salah satu contoh yg membuktikan betapa berubah drastisnya ukuran badan gw setelah merit. Bukan cuma gw aja loh yg jadi gendut. Hubby lebih2. Semua temen2 yg uda lama gak ktemu dia, trus liat dia sekarang, pasti kaget deh. Cuma enaknya, komentar mereka positif semua. Ada yg bilang "hidup enak ya sekarang?", "disayang n diperhatiin istri niiiy", "keliatannya tambah makmur dan bahagia deh".

Huuu... coba bandingin sama komentar yg gw terima? Kok kesannya lebih menyenangkan komentar yg diterima hubby sih? Itu tuh salah satu diskriminasi gender. Klo cowok gendut itu wajar, gak masalah. Klo cewek...? Mpfffhhh... Tau sendiri dah jawabannya.

Kenapa kami berdua jadi gendut? Itu salah satu pertanyaan menarik. Mari dijawab satu per satu.

Klo gw niy... Kenapa gw jadi gendut? Pertama karena gw emang uda bakat gendut. Kedua, gw hobby masak n abis masak hobby pulak nyobain. Hihihihi. Ketiga n yg paling signifikan membuat gw jadi gendut adalah... lagi usaha hamil.

Cari kambing item nih, bawa2 soal usaha hamil? Hihihihi... Gak kok, emang kenyataannya gitu.

Nih ya... gara2 usaha hamil, gw gak boleh terlalu capek. Yang biasanya gw cuek aja nyetir di tengah kemacetan, sekarang harus dikurangin. Hubby milih jemput di tempat terdekat, so gw nyetirnya gak jauh2.

Belum lagi, olahraga harus diminimalisir, terutama yg high impact. Paling cuma bisa jalan2 doank. Yah klo itu mah kagak efek buat gw. Jalan mah di mall sambil belanja juga bisa. Kekeke. Padahal tadinya uda mo sepedaan, aerobik, berenang rutin. Tapi yaah... skip dulu deh.

Truuusss... gak boleh diet ketat. Makan teratur, walaupun porsi dikurangin. Tapi makan teratur ini jadi rada rancu nih. Apalagi klo pas gw lagi telat dateng bulan. Pada saat itu pan kondisinya antara hamil dan tidak. Untuk jaga2 klo beneran hamil, semua orang di sekitar nganjurin supaya gw makan yg cukup. Jangan sampe kelaperan. Komposisi makanan harus 4 sehat 5 sempurna. Jadi ada nasi, daging, sayuran, buah, dan... hayuuuu deh minum susu... kegemaran berat gw.

Perhatian2... udah dilarang minum susu aja gw masih nyolong2 minum. Lha ini malah disuruh, kebeneran bangets! Wakakakaka! Malah pas akhirnya ketauan kagak hamil, uda terlanjur keenakan, jadi susah brentinya. Hihihihihi.

Akhirnyaaaaa... sodara2... gara2 "bumil wanna be" yg belom kesampean2 juga ituwww... gini dey... hamilnya belon, tapi peyutna uda kek orang hamil 3 bulan. Wakakaka! Tyus tanpa melihat proses tadi, semua orang mengeluarkan komentar2 kejam seperti yg gw sebut barusan. Emang dasar naseb wanitaaaah!!!! Hiks...

Sekarang giliran hubby. Kenapa dia jadi gendut? Klo dia mah, emang pengen gendut. Susah dey disuruh ngerem makan juga. Uda berat 80kg aja - btw, berat lu brapa Sus? RAHASIA, huehehehe -, dia masih terobsesi nambah lagi. Buset... Gw rada protes siy, soalnya dia jadi berat. Emang lu yg gendongin dia selama ini? Ah, mo tau aja. Hihihi...

Tapi setelah dipikir2, biarin aja dey. Sekalian ngimbangin gw yg lagi gendut. Klo dia kurus, gw-nya gendut pan BAHAYA itu. Nti disangka gw sering nyiksa suami. Kekeke.

Nah Mas Adi ini setelah merit makannya jadi teratur sekaleee... Klo di rumah gak pernah ngeluh lapar lah. Soalnya persediaan makanan selalu ada. Walopun minimal cuma telor goreng, yg penting pasti ada sesuatu buat dimakan!

Klo dulu2 waktu mbujang, dia kerja sebagai auditor yg kudu keliling2 endonesah. Boro2 ada yg merhatiin makanannya kale. Gw liat poto2na, idih... kurus, dekil, kumel. Hihihihi. Coba bandingkan sekarang... uda gak perlu lagi keliling2, walopun masih sering kerja lembur, tapi semua uda diurusin, terutama makanan.

Sarapan disediain. Kadang cuma bawa roti-selai kacang-keju. Kadang sarapan nasi di rumah sebelum berangkat. Trus untuk lunch gw bawain bekel nasi. Nanti masih cemil2 di kantor, terutama pas meeting. Pulangnya uda pasti gw sediain makan malem. Enak kan?

Makanya pas gw tanya, "Kamu bahagia gak merit sama aku?"

Jawabnya dg cepat, "Bahagia..."

Tanya lagi, "Kenapa?"

Jawab lagi, "Ada yg masakin..."

Hihihihi... maksute bahagia krn punya koki pribadi kali yak? Huehehehe.

Cuma kadang gw suka heran sama dia. Uda dibawain bekel makan siang kumplit, niy... eh masiiiih aja suka jajan di luar pas lunch time.

Lha, bekel yg gw bawain kemana? Ooo, ternyata uda abis dimakan pas jam 9 pagi...

Lha tapi kan di rumah uda nyarap? Ooo, ternyata dia LUPA uda sarapan. Abis laper lagi.

Ampyun deh... laki gw!!! Gak heran perutnya makin maju ajah. Wakakaka!

19 comments:

Pitshu said...

Pitshu mau donk married sama Jeng Susi, Ehhmmm... maksudnya do`a in saya biar cepet married biar isa ikutan ndut ^^

L'a Sugar said...

hahaha..sama bgt sih sus kasus loe ma gue. Skrg gue agak2 trauma klo liat timbangan. Baru liat doank loh, klo disuruh nginjek gw mah ogah, bisa2 mimpi buruk 7 hr 7 mlm..wakaka

eh masih mending lo naik satu level size nya, klo gue 2 level bokk >.< dr size apa ke apa rahasia ahhh :p

LitZ said...

Gw rada protes siy, soalnya dia jadi berat. Emang lu yg gendongin dia selama ini? Ah, mo tau aja. Hihihi...


Mwakakaka.. g tau nehh yang ini...
*kabur ahhh*

*balik lagi*
kok postingan kita pagi ini sama yaa.. seputar gendut.. Huahaha..
*kabur lagi*

.:acen147:. said...

@pitshu: diangkat anak aja, mau? pasti gendut deh. huehehe.
klo merit, pitshu yg pegang kendali apakah bisa bikin diri sendiri n hubby gendut or sebaliknya. huehehe.

@angel: hahaha, gw belom sebut ya, klo gw juga sama trauma bangets liat timbangan.

tapi niiy, anak2 blog sini pada suka ngaku2 gendut, padahal maaah masih langsing. klo gw mah kebalikan, maunya ngaku2 langsing, tapi kok gak bisa disembunyiin klo benernya gendut. wakakaka.

@elita: wakakaka, barusan mampir blog eluh. hihihii... tapi klo diliat dari poto, lu mah gak gendut, lit... montok ajah kale *kaburrrrr, hihihi*

Anonymous said...

ayo tante suss.. semoga tambah ndut dan buncit *karena isi*

lanjutkan usaha anda!! =))

anung bantu doa ajah

*ya iyalah.. masa bantu ngadon juga =))*

Anonymous said...

*ngakak baca komen anung*

Susss, gue juga gak mau nginjek timbangan.
Palinngggg sberani-braninya gue injek timbangan, itu kalo gue abis pup, dgn harapan angkanya gak terlalu mengejutkan..hahaha...tapi ternyata tetap mengenaskan...:|

Anonymous said...

hehe temen kantor gua pernah bilang, kalo cowok abis married trus jadi gemuk itu berarti bahagia perkawinannya dan begitu sebaliknya.

tapi gua udah 2,5 th married dan berat gua cukup stabil... tapi gua bahagia kok.. hehehehe. entah kenapa, gua takut sekali ama perut membuncit... (mana sekarnag udah mulai pula).. jadinya begitu berat badan naik dikit, gua langsung kurangin makan dah... :P

yang kasian ya istri gua. karena sampe sekarnag anak gua masih ASI kaerna dia gak mau minum susu yang lain, jadinya istri gua gak boleh diet sampe sekarang. dan jadinya kalo ketemu orang juga suka disangkain lagi hamil lagi. sewot banget dah istri gua kalo udah begitu. hehehe.. tapi ya demi anak yaaa... :D

7ustm3 said...

hohoho... beginilah curhat seputar wanita :p Ga jauh jauh dari seputar ndut²an hahaha....

Jangan² itu celana dibeli karena memiliki kebanggaan tersendiri lagi wekekek...

Abis dari elit, ke sini...
Sptnya hal ini ga hanya berlaku untuk yang setelah merit yak wekeke...
Kalo Elit mirip Hazel.... apakah jeng sus mirip elit ;;)

.:acen147:. said...

@anung: wakakaka, maunya tuuh bantu ngadon. hihihi.

nung, tadi pagi gw sahur pake oatmeal, langsung inget lu dey. tapi gw mah pake susu donk *teuteup*. uda gitu krn takut kelaperan krn makan oatmeal doank, jadinya gw makan indomie juga dey. wakakaka!

@nat: hahaha, ternyata kita sama, nat. waktu ke dokter disuruh nimbang, gw ogah. eh ditungguin sama susternya, terpaksa deh nimbang juga trus malu liat hasilnya. hihihi.

btw, lu maaaaah kagak genduuuuuuuut kaleeeeee... iiih... bikin sirik ajeh klo liat kaki lu kurus getoooo :p

@arman: bini lu masih mending man, setidaknya uda ada "hasil"... alias uda brojolin anak. lha gw, belon hamil kok "dituduh" abis ngelahirin. apa gak kurang kejam tuh dunia? kekekeke.

klo cowok maah, cingcay lhaaa... pan solidaritas n setia kawan ma bini juga. wkwkwkw.

@tata: emank alesan gw beli tuh celana utk membuktikan klo ukuran L masih muat. huehehe.

elita kaya'nya sih lebih kurus dey. trus dia lebih tinggi. cuma klo lebih manis, eike tetep pemenangnya. hoahahaha.

Pitshu said...

Wah jadi anak ? mao mao! kapan pindahannya ? tenang Jeng aku pulangnya 2-3 hari sekali, yg penting nanti pakaian di cuciin aja, trus jangan lupa kiriman makan setiap hari kekantor yah!

Klo gitu manggilnya bukan Jeng Susi lagi donk! Manggilnya Mom atau Bunda :)

.:acen147:. said...

@pitshu:
wah, salah nih tawarannya. tapi klo angkat pitshu jadi anak, mungkin gw bisa jadi kurus yak? hahahaha!

Anonymous said...

"Cuma kadang gw suka heran sama dia. Uda dibawain bekel makan siang kumplit, niy... eh masiiiih aja suka jajan di luar pas lunch time.

Lha, bekel yg gw bawain kemana? Ooo, ternyata uda abis dimakan pas jam 9 pagi...

Lha tapi kan di rumah uda nyarap? Ooo, ternyata dia LUPA uda sarapan. Abis laper lagi.

Ampyun deh... laki gw!!! Gak heran perutnya makin maju ajah. Wakakaka!"

=))
keliatan mas Adi sudah diasuhan tangan yg tepat *halaah*

.:acen147:. said...

@acia: klo gw berarti diasuh di tangan yg tidak tepat donk, cia... huehehe.

LitZ said...

manis?? huahaha.. gpp dehh. kasii kasiii... LOL

btw.. g kaga tinggi.. ga nyampe 160 kok :D

.:acen147:. said...

@elita: hihihi... ngalah aja deh sama master narcis di siniy. huehehe.

sama donk. tinggi gw juga cuma 156-an dey. tapi berats? errr... errr.... :p

Anonymous said...

Jeng2 sekalian ... jangan kuatir, soal 'berat', ada pemenangnya disini :p

Sus, jawaban Masmu bikin akyu terharu loooh ... kesannya bahagiaaaaa banget dah dapet bini kayak dirimu, dah maniez, pintar masak, perhatian, rajin berbenah pulak ... Lebaran pulang kampung ga mbak? nanti bawa temennya dari kampung yaa, saya butuh satu ...

**eeeh,.... kabuuuur sebelom die sadar ;p**

LitZ said...

hah? 156? padahal g liat foto2nya.. bayanginnya itu tinggi lhooo.. (hihih.. sebenernya 156 tuh ga pendek2 banget, cuma karena tdnya kirain jauh melebihi itu..jd kaget aja)

hmm.. ngalah nih.. karena ini "rumah"nya jeung cuci.. klo di "rumah" sendiri mah adu sampe titik keyboard penghabisan dehh.. hahaha

Unknown said...

sus,...ada obat sinshe buat nyang mo hamil,...dan itu malah bikin beol-beol,...tapi kata sinshe,...juga kata temen bebek,...makin beol malah makin bagun???

.:acen147:. said...

@olla: ahahaha... gemuk tanda bahagia, ya gak, la ;)

haduh, eike jadi malu nih. soale pas hubby bilang bahagia karena ada yg masakin itu, gw rada2 ngambek. abis definisi bahagianya cetek banget. hahaha.

halah, gw juga lagi cari pembantu nih, la

@elita: percaya lah, foto kadang menipu... tapi klo tampang manis emang dari sononya. mwahahaha.

@bebek: maksutlo pay wung fai itu bukan? salah gak yaaa namanya. hihihihi.... gw rada2 takut klo pake obat2 tradisional, bek. lu uda coba blom?