Tuesday, October 09, 2007

Lebaran Tanpa Kue Kering

Gw lagi sedih niiiiy....

Abisan uda mo Lebaran tapi kok gak punya persediaan makanan. Gak usah ngarep baju baru deh. Untung gw uda gede, jadi kudu tau malu klo mo gaok2 minta beliin baju. Hihihihi.

Yang bikin sedih itu, taon ini bakalan jadi taon pertama dalam sejarah keluarga gw dimana Lebaran bakalan tanpa kue-kue kering! Huaaaa!!!

Biasanya, sebagai tradisi yang sudah menahun sejak gw masih kecil banget, yg namanya kue kering itu WAJIB dibuat menjelang Lebaran. Jadi, seinget gw, gak pernah tuh BELI. Pasti BUAT.

Klo jaman dulu gw masih kecil, gak ngerti bikin kue, nyak dibantuin sama pembantu yg cewek. Setelah itu pembantu hengkang, dan gw uda gedean dikit, gw yg bantuin. Lama-kelamaan, posisinya dibalik, gw yg buat kue, nyak yg bantuin. Pokoke kami berdua saling bahu-membahu deh buat kue. Bisa sih buat sendiri, tapi porsinya harus dikurangi. Klo gak, gempor deh... seharian gak cukup waktu utk buat 1 macem. Kekekeke.

Emang kue apa aja sih yg biasanya gw buat?

Aaah, gak macem2 kok. Cuma Nastaart, Kastengel n Putri Salju.

Tapi walaupun cuma 3, tiap orang punya kesan tersendiri terhadap kue2 tersebut. Gak maksud nyombong niiiy, kata mereka siiiy... kue gw enak. Bagi yg suka manis, pasti senengnya Nastaart. Bagi yg suka asin, pasti milihnya Kastengel. Bagi yg suka gurih-manis, gak bisa lepas dari gigitan Putri Salju. Pokoke dijamin yummy deh.

Salah satu pecinta kue kering gw adalah Limmy, Mas Adi, kakak2 ipar n babe. Mereka seneng banget sama Kastengel. Bener gak, Lim? Klo mami-papi n tante2 sukanya sama Nastaart. Gw sendiri demeeeen banget sama lumernya gula halus bercampur dg gurihnya kacang yg ada pada Putri Salju.

Sayang taon ini gw gak buat sama sekali. Kenapa? Pasti uda pada tau jawabannya... nyak lagi sakit. Jadi boro2 buat kue, untuk masak ketupat aja, cuma ngandelin 1 tenaga nih... yaitu gw seorang. Padahal gw sendiri lagi gak boleh kecapekan. Tapi namanya mo Lebaran, masa gak ada masakan sama sekali? Yah, paling nanti dibantu pembantu untuk urusan uleg-menguleg.

Tapi demi tidak menghilangkan tradisi kue kering sama sekali, gw upayakan kehadiran mereka tetap ada di atas meja. Salah satu upaya tsb adalah mesen dg temen kantor, Maria. Kebetulan mertuanya pinter masak n hobi buat kue. Dari sebelum diminta cobain testernya, gw tau pasti rasanya enak. Ternyata bener. Harganya agak lebih mahal, tapi sesuai lah dg rasanya. Sayang gw cuma pesen 3 macem, karena pada saat itu gw masih berpikir akan buat sendiri.

Sekarang setelah uda pasti gak akan bisa buat, nyesel deh belinya kurang. Tapi jangan putus asa. Ayo deh cari2 di tempat lain.

Nah, kebetulan Neng Tia kemaren mo ke Plaza Indonesia. Ikut ah. Mengingat nama mall-nya yg rada elite, sapa tau di sana ada kue2 kering yg lezat2. Soale kue2 kering yg uda dibeli di G*IANT or CAREF*** rasanya... bleeeh... :p

Sesampainya di PI, setelah belanja celana buat gw n sendal gunung buat Neng Tia, kami berdua menuju Food Hall. Di sana gw diajak liat2 toko kue2 kering.

Liat-liat tampangnya... Hmmm... kemasannya sih menarik. Di toples ada pita. Tapi emang tuh pita bisa dimakan. Tampilan gak penting laaah, yg penting RASA. Cuma repot nih, gimana mo cobain rasanya, wong lagi pada puasa. Mengandalkan nama besar PI seperti yg gw bilang tadi. Bisa aja siy...

Tanya dulu ah harganya...

"Berapa?"

"xx ribu..."


Glek... mahal pisaaaaan... Perasaan niy, klo buat sendiri, dg harga yg tadi uda jadi 1 toples gede deh. Bukan toples seiprit gini. Hiks...

"Errr... liat-liat dulu deh yaaa!"

Pindah ke toko yg lain. Tanya2 harga... agak murah, lebih murah dari yg dijual Maria. Tapi klo punya Maria emang enak. Klo ini? Hmmm... ragu2... beli gak ya... Klo beli, maunya sih beli masing2 3 toples untuk 3 macem. Total 9 toples. Harganya jadi... Ihhhhh... mahal jugaaaa.... Dan belum tau enak apa kagak... Huhuhuhu.

"Saya liat-liat dulu ya. Klo jadi beli nanti balik lagi ke sini."

Kasih janji surga dikit. Abis itu... Ngaciiirrr.... Hihihihi.

Akhirnya masuk ke supermarket. Di sana ada beberapa toples kue kering. Ada yg merknya Sinclair. Setau gw itu merk coklat dey. Apa iya kue berbentuk Nastaart tapi dalemnya coklat? Hihihihi. Cek harga dulu... ah... gak ada label harganya.

Di sampingnya ada kue Kastengel. Coba ah liat yg ini, bentuknya lucu. Haish... bentuk gak bisa dimakan. Ayo fokus ke RASA dan HARGA. Liat harganya... ALAMAK!!! Ngejengkang deh gw... Mahal sekaleeeee!!! Langsung lupa sama soal RASA. No, no... lupakan "benda mahal" yg satu ini.

Buset... liat label harga kue kering serasa liat label harga emas. Wakakaka!

Dulu pas gw kuliah n punya tenaga extra untuk bikin kue dalam jumlah banyak, gw pernah lho terima order dari istri boss nyak. Dan perasaan, harga yg dikasih nyak gw... MURAH. Lebih murah dari harga di 2 hypermarket yg rasanya "bleeeh" tadi ituuuwww...

Emang siy itu harga lama banget. Tapi dicompare sama harga pasaran pada masa itu aja uda lebih murah. Lagian, menurut perhitungan gw sampe dg taon kemaren niy, walaupun ada kenaikan, harga yg gw patok tetep aja masih lebih murah. Uda termasuk harga kemasan. Gak tau deh harga bahan2 taon ini, mungkin lebih mahal?

Tapi... gw yakin... kue kering dg harga yg ditempel di toples kecil yg ada mall2 itu, isi dalemnya harusnya jadi lebih banyak klo ngikutin harga gw. Atau dg kata lain, volume toplesnya harusnya lebih besar. Atau dg kata lain lagi klo pun isi dan volumenya sama, label harganya yg harus diganti. Halah, ribet amat ngomongnya... yang simple2 yaitu... dg kata lain... HARUSNYA SIH LEBIH MURAAAAH!!! Wakakaka!

Kesimpulan dari kata lain tadi: Jualan kue bisa kaya tuh klo ngikutin harga di mall.

Hihihihi.

Seandainya gak gempor dan gak ikut ngerayain Lebaran, mending gw jualan kue kering aja kaleee....

Abis ternyata, selain bisa bikin kaya, BELI kue kering lebih memusingkan daripada BUAT sendiri. Kekekekekeke.

25 comments:

Anonymous said...

iya ya harga kue kering itu ternyata mahal2 banget yaaa... gua juga sampe kaget.
gua sih bukan penggemar berat kue kering, tapi istri gua suka banget ama kastengel. pas kemaren ini nyari2 kok mahal2 amat ya... hahahaha

Anonymous said...

Yaah, gak bilang gue...

Mertua gue jualan kue kering juga tuh hahaha...
kalo lebaran, natal ama imlek sibuknya ampun2an..

Kue2nya antara lain bisa ditemukan di toko bakpao A1 atau toko kue 'Rejeki' Hayam Wuruk..
*numpang promosiii* Hhaahaha

.:acen147:. said...

@arman: emang tuh, khusus kastengel biasanya lebih mahal dari kue kering lainnya. penyebabnya apa lagi klo bukan keju. hehehe.

@nat: yaaah, abis lu gak pernah posting soal mertua lu yg suka bikin kue kering sih nat. hihihi. di plangi ada toko bakpao A1 gak ya? soale klo ke hayam wuruk uda gak mungkin ke sono dey.

harga n rasa gimana, nat? salah tanya nih... berhubung lagi promosi pasti jawabnya: okeeee.... hihihihi.

Unknown said...

sus,gue daftar pembeli pertama kue kering lu kalo lu jadi bisnis kue kering ya.

semua jenis kue kering yg lu bikin gue mau deh. soalnya udah terbukti dan terjamin enak. hihi :)
ga perlu tester. soalnya udah ngetes saban taon bukan? :)

Pitshu said...

Klo beli, yang mahal biasanya lebih enak dari pada yang murah. Tapi lebih enak lagi buatan sendiri dan harganya murah hahaha :)

Bakpao A1 yang g tau cuma di Pluit dan Kelapa Gading ^^

Unknown said...

gak boleh kecapean
lu udah isi yah sus?

.:acen147:. said...

@limmy:
lim, dg ini gw angkat lu sebagai MANAJER bagian promosi KUE KERING IBOE SOESY. wakakakaka!

pengen cium2 lu deh pas baca hasil promosi lu di sini. hihihihihihi...

doain deh taon depan gw bisa buat lagi.

@pitshu: kue buatan gw sih gak murah2 amat juga, pit. tapi gak mahal sampe bikin shock n ngacir dari toko. kekekeke. pokoke PAS. halah, promosi lageee..

yaaa, masa cuma di 2 tempat itu? gw mana bisa ke sana?

gimana nih, nat... terima delivery gak ke abdul muis?

@bebek: oi.. oi... lagi bahas kue kering, iniiiy... kok jadi nyasar ke situw? hihiihihi.

belum ..... kok, bek. tapi katanya gak boleh capek2 klo mau .....

hihihihi...

Anonymous said...

untung gue ga doyan kue kering sus... tapi kalo kue kering bikinan elu... boleh juga neh...

bakpao a1 yang di duta mas bukan seh? di komp. rumah gue dulu itu ada bakpao kalo ga salah bakpao a1 deh. kalo bener... berarti gue pernah nyobain kue kering mertua lu nat...

.:acen147:. said...

@dessy: sayang taon ini gw kagak buat, des. jadi gak bisa deh icip2.

apa yg lu beli di situ emang bener kuenya mertua nat?

harga n rasa gimana, des?

@nat: naaaat, pada nanyain tuh kue mertua luuuuwww...

Anonymous said...

wakakaak, betul kata pitshu, bakpao a1 cuman ada di pluit sama gading setau gue tuh...

enak dong pasti bikinan mertua gue, pakenya mentega wisjman melulu abisan...*hahahah, ntar gue minta komisi ah ke dia*

bisa diliveri tapi gue gak tau minimal pembelian brp sus..

btw, emang tuh kue kering yg beli di carefour gak enak T_T, gue duluuu waktu blon kawin, sangking ngidam pengen makan putri salju, tpaksa beli di kerfur dah (abisan pan ga enak masa minta camer bikinin, jaim critanya), eeh gak taunya cuman bisa masuk 2 biji doang udah gitu dibiarkan dikulkas sampe bulukan, abisan aneh bangett rasanyaa....

LitZ said...

g dari tadi baca cuman nangkep satu kalimat ini:

... Padahal gw sendiri lagi gak boleh kecapekan. ...

hehhe.. ternyata udah dikomentarin juga.. :D :D :D

Unknown said...

hahaha gue mo dicium. eh ntar siang kalo gue jadi ketemu mas adi, ciumnya bisa diwakilin ke mas adi ga? hahaha becanda sus.

tp sus,kalo lu ..., berarti taon depan lu udah ada ..., mana sempat lu bikin kue?

.:acen147:. said...

@nat: nat, gw mau donk cobain beli punya mertua lu. tapi delivery. brapa harganya, dan klo delivery minimal beli berapa? gw uda sms lu, bales yak ;)

@elita: SKIIIIIIIIIIppppp... kekekeke.

@limmy: keknya mas adi uda feeling gak enak deh. makanya dia ngacir n titip barangnya ke resepsionis. jadi lu cium aja tuh resepsionisnya. wakakakakaka.

taon depan... hmmm... lets see. klo gak bisa bikin kue karena alesan itu... aku relaaa... hihihihi.

Unknown said...

kastengel 55rb, nastar juga 55rb sus. Tp barusan gue telp mertua, dia bilang gak sempet deliperi, gak ada yg bisa disuruh abisan, dianya lagi gak bisa lepas dr oven kekkeeke...

bisanya deliperi seputar cengkareng sama seputar tanjung duren kali ya, tempat gue :))

.:acen147:. said...

@nat: seperti yg lu bilang, nat. mungkin klo gw pesen 1 kontener, jangankan abdul muis, DEPOK juga pasti mertua mo deliperi, yak. huehehehe.

pdhl harga masih masup budget. hiks... emang blon rejeki :(

Unknown said...

haha iya blon jodoh sus :))

Anonymous said...

@nat: tanjung duren sama cengkareng termasuk area gue...

@susi: sus... gue anterin dah ke kantor elu... tapi kena provisi ya... hahahaha... paling ga... u beli 5 toples dah... 3 buat elu, 2 buat gue :))

23 said...

@nat: kalo gitu deliperi ke unit gw ajaaa.. :b

@sus: eskrim? :D :D

.:acen147:. said...

@dessy: halah... perasaan kudunya niiih... gw dapet parcel kue deh. jadi lu yg beliin gw gitu, des. kekekke.

.:acen147:. said...

@si om: MANAH JANJIH SITUH MOH ANTERINH ESH KRIMH KEH TEMPATH SAYAAAAAAHHHH!!!

huuuwww... janji paslu :p

Anonymous said...

Untung masi ga usa beli :D

.:acen147:. said...

@anung: masi apa nung? masi ada ya maksutnya? bagi2 dooonk :)

SinceYen said...

Kalo dipikir-pikir, diitung-itung, waktu yang terbuang buat nyari kue keringnya itu udah bisa ngasilin brapa toples tuh kalo bikin sendiri?
Biar 'gak ikutan lebaran, aku jadi kangen suasana lebaran di Indonesia deh.

Yulia said...

hoahahaooahaoahahahahahhh..kasian banget si Susss..udah samperin aja rumah mertuanya Nat ;) *tuh Nat gw ikutan promosi hueheheheh*

Gile lo ye, kl lg itu gak boleh kecapeka..lah ini muter2 di PI nyariin kue kering..buset banget deh lo sus ahahahahahhh..

Nyokap gw jg dulu trm pesenan kue yg dr taart, nastar, kaasstengel, putih salju, lapis surabaya, sampe spekuk bo hihihihihii..mau pesen juga di mami gw skrg?? nyampenya bulan depan huehehehehehhh..

Gmn nyokap? kasian man udah mo lebaran masih sakit yak. Moga cepet2 sembuh deh ya, biar enak gitu lebanrannya.

.:acen147:. said...

@since: wah, klo bikin sendiri, paling makan waktu 3 hari, since. sehari buat beli bahan, sehari buat bikin nastaart, sehari lagi buat bikin kastengel ma putri salju. klo beli? uda seminggu kagak dapet2. wkwkwkw...

@yulia: akhirnya gw beli dari temen kantor. ada yg jual murmer. katanya sih mayan enak. gw gak bisa cobain, abis puasa. jadi langsung beli tus bdoa semoga beneran enak. huehehehe.

gubraks... sebulan lage? bisa tambah bonus donk. bonus jamur. wakakakaka... gw rasa kue kering gituan di sono rasanya lebih yahud kali yeee... soale pan emang aslinya dari sono. uda gitu keju belanda gitu lhooo...

nyak gw pas cek kemaren uda mayan sehat. tapi belom sembuh total. masih bandel aja die, kadang ke kantor walo cuma numpang tidur. kekeke. yah... prihatin nih emang lebaran kali ini... tapi dinikmatin aja.

thx ya, yul ;)