Wednesday, January 02, 2008

Lintas Jawa - Shopping & Wisata (Part 2)

Candi Mendut (Magelang)

Gak jauh dari lokasi Candi Borobudur, ada 1 candi yg gak kalah nilai historisnya, yaitu candi Mendut. Dalam Candi Mendut terdapat patung Budha dan hingga sekarang candi tsb masih digunakan oleh umat Budha utk memanjatkan doa.



Berpose di depan pintu gerbang Candi Mendut.


Candi Mendut yg menyimpan sejuta misteri dan nilai historis.


Patung Budha yg ada di dalam Candi Mendut.


Candi-candi kecil yg masih 1 kompleks dg Candi Mendut.


Pahatan pada dinding Candi Mendut.


Candi Prambanan (Jogja)

Masih tentang candi, kali ini yg gw kunjungi adalah Candi Prambanan. Terletak di Jogja, dalam perjalanan menuju Solo. Tidak seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan mengalami kerusakan yg cukup parah akibat gempa. Waktu gw ke sana, pengerjaan renovasi sedang dilakukang, sehingga para pengunjung dilarang masuk ke areal candi. Kami hanya diperbolehkan berkeliling.






Kehancuran akibat gempa dan salah satu candi yg lagi direnov.







Candi Prambanan menjadi saksi bisu kenarcisan model kita. Wakakakaka!



Macem2 gaya di lorong. Mulai dari yg normal, manis, mati gaya sampe gaya bango mo terbang. Wekekekekek!


Siapakah yg cantik di balik tangga? Hihihihi...


Jalan menuju keluar yg dikelilingi pohon. Ditambah lagi model kita yg keliatannya gayanya gak abis2, membuat suasana jadi bertambah asri dan sejuk. Wakakakakaka, dilarang protes!!!


Setelah jalan seperti digambarkan di atas, akan ditemui pedagang yg berjejer menawarkan pernak-pernik khas Candi Prambanan. Psst, the red one is not sold! Hihihi!


Haduh, uda mo pulang juga masih sempet2nya mejeng dg latar kereta. Wekekekek. Kereta ini akan membawa penumpangnya menuju pintu keluar yg jaraknya emang bikin kaki pegel.


Solo

Jogja – Solo hanya memakan waktu 1 jam. Buat gw n Mas Adi yg terbiasa pp Depok – Jakarta, jarak ini hanya masalah kecil. Jadi, pergi ke Solo adalah agenda wajib!

Sebenernya kami uda pergi ke Solo pada tgl 25 dan membawa Tarin ikut serta. Rencananya di Solo 2 hari dan malamnya nginep di tempat Mas Aji, temen Mas Adi semasa SMA. Sayang, Tarin rewel, jadi kami harus pulang ke Jogja pagi hari dan melewatkan banyak rencana di sana.

Gak mau kehilangan moment, pada tgl 28 kami kembali ke sana. Kali ini menemui Mas Sonny dan Mbak Novi, temen Mas Adi semasa SMA juga. Di sana kami menghabiskan waktu ½ hari utk reuni sekaligus bersenang2.

Klo mo beli oleh2 makanan khas Solo, Pasar Gede tempatnya. Selain murah, rasanya juga mak nyuuuussss! Di sana gw beli keripik usus, ceker, rempeyek kacang, ampyang, emping manis, keripik talas n keripik tahu. Nyaaam!



Mas Adi sempet bernostalgia dg SMA-nya semasa di Solo dulu, yaitu SMAN 1 (Smansa). Pada gambar atas, kami berpose dg guru Kimia Smansa, namanya Ibu Marfuah.


Tadinya sih pengen poto2 di Kraton Surakarta dan Museum. Tapi sayang, waktunya gak cukup, kami harus cepet2 balik ke Jogja. Meskipun demikian, patung kuda di tengah kota cukup oke dijadikan objek poto. Hehehehe.


Sragi

Sewaktu kami pulang ke Jakarta, kami menemukan banyak tempat2 yg sangat indah. Ada pantai, pegunungan, sawah2, bukit... pokoknya bikin mata adem deh.

Salah satu tempat yg indah dan memiliki banyak memory bagi Mas Adi dan keluarganya adalah Sragi. Di kota ini dulu papi-mami dan anak2nya tinggal selama 25 tahun. Papi bekerja sebagai Kepala Bagian Tekhnologi di pabrik gula nasional PTP XV-XVI.

Lalu papi ditugaskan di Solo, makanya Mas Adi sempet mengecap pendidikan di SMAN 1 Solo. Setelah 10 tahun di Solo, akhirnya papi sekeluarga pindah ke Jogja dan menghabiskan masa pensiun di sana.



Pemandangan indah di Sragi. Dengan latar gunung dan sawah serta udara yg sejuk, sungguh menentramkan hati.



Mas Adi sekolah di SDN 03 Sragi dari kelas 1-5. Katanya dulu sekolah ini keren, asri. Sekarang jadi gak keurus akibat krisis moneter.


Rumah dinas yg ditempati papi sekeluarga selama 25 tahun di Sragi. Mas Adi dan kakak2nya menghabiskan masa kecilnya di sini.


Gerbang pabrik gula, tempat papi dulu bekerja.




13 comments:

Pitshu said...

waduh itu candi prambanan sampai hancur kek begitu ?! berkeping - keping booo~

Pasti karena di duduk-in Jeung Susi ck ck ck ...


*kaboerrr...

Anonymous said...

*speechless gue ngeliatin gaya lu susss...ampun dah tuh candi kalo bisa ngomong uda teriak2 kali ngeliat lu gaya sana sini* kakakakak....

Unknown said...

Siapakah yg cantik di balik tangga? Hihihihi...

masaoloooh,...sus,...urat malu dah putus yak?? ckakakak.....mesti belajar dari u niy guwe

SinceYen said...

Hahaha... disuguhi kayak gini mah udah kenyang duluan sebelum nyicip :D
Rame bener acara jalan-jalannya. Tapi... 'gak tereak tuh timbangan?? ;D

.:acen147:. said...

@pitshu: wakakakakaka! klo gitu Prambanan kalah kuat dibanding Borobudur. soale baru didudukin aja uda ancur, sedangkan Borobudur uda sampe gw loncat2in, masih kokoh aje. wekekekeke!

@nat: entah candi-nya yg tereak2 atawa blogspot yg semaput nampung poto gw sebanyak ini, nat. wakakakaka!

@bebek: hahahaha. iya nih si bebek harus ditatar sama gw. sini2 yg perlu urat narcis dari gw, gw bagi2in gratis. hihihihi.

@since: kenyangnya pasti karena puas ngeliat gw kan? hoahahahaha! timbangan justru stabil, since. soalnya makannya cuma icip2, tapi jalan2nya yg banyak. hehehe.

Anonymous said...

mwakakakaka.. lebih seru liatin poto tante cus nyaaaa daripada poto candinya :))

kayanya tante cus musi masuk 7 keajaiban dunia nih :))

Anonymous said...

wuiihh..!!! pernah tinggal di SRAGI-Pekalongan toh, Om. salam kenal yaa..aku juga orang SRAGI niieehh..
by:pepeng

yunanto said...

BTW Mas Adi kalo boleh tau putranya pak siapa ya? bapak dulu juga pernah di PG Sragi th 1977-1984, bapak dulu di bagian pabrikasi

yunanto said...

BTW Mas Adi kalo boleh tau putranya pak siapa ya? bapak dulu juga pernah di PG Sragi th 1977-1984, bapak dulu di bagian pabrikasi, kepala pabrikasinya waktu itu Bp. Suyanto

.:acen147:. said...

@yunanto: iya, Mas Adi itu putra ragil dari Bp. Suyanto :)

intan kartikaningrum (intul) said...
This comment has been removed by the author.
intan kartikaningrum (intul) said...

Eyangku lama di Sragi dan juga bekerja di PG Sragi logistik, dulu eyang tinggal di rumah PG no.5. Apakah mas Adi keponakan Ir. Subantiyo dari tegal panggung jogja? Salam dari keluarga Bagindo Syafei, Jakarta Cah Sragi lhoo..
Bapakku panggilannya yoni. kenal gak mas? Boleh minta kontaknya sms aja ke nomor bapakku (021) 93612847 nostalgia hehe :)

BU, IJIN BERTANYA. ADAKAH CONTOH SURAT PERMOHONAN PENJAMIN UNTUK PASANGAN WNA. said...

Aku baru nampak tilas ke tk sragi msh sama tp sd 03 dah berubah sedih tp pas liat foto bp adi di dpn g sd jd seneng krn inget kembali. Dulu aku suka ngambil buah kayak belimbing dalemnya yg mesti dikupas satu persatu di rmh dinas pg sragi apa ya namanya warnanya hijau bulat 2.