Friday, January 04, 2008

Pendidikan Semakin Mahal

Harusnya gw ngerjain cerita Saras yg tertunda nih. Tapi topik pendidikan ini cukup menarik utk diulas. Jadi yaaah, maap yaa... saya nulis yg ini dulu. Hihihihi *lirik2 lim*.

Kemaren gw ngobrol2 sama temen kantor gw, Maria. Dia tinggal di Bogor dan uda punya anak. Kebetulan suaminya dulu sekolah di SMA Regina Pacis Bogor, almamater gw. Jadi yah, klo ngomongin nostalgia jaman sekolah dulu rada2 nyambung.

Orangtua jaman sekarang rasanya emang lebih dipusingin daripada jaman dulu. Abis segala macem biaya yg menyangkut anak harganya naik berkali2 lipat. Termasuk di dalamnya yg amat sangat penting adalah biaya pendidikan.

Jamannya gw aja uda dirasa mahal. Apalagi sekarang. Bahkan utk bisa menanggung biaya pendidikan tsb, banyak orangtua yg mulai mempersiapkan diri jauh2 hari. Ada yg ikutan asuransi pendidikan, ada yg wajib nabung dari anaknya masih bayi. Klo diliat dari perjuangan para orangtua ini, patut diacungi jempol, sekaligus merasa ngeri, apa iya pendidikan nanti segitu mahalnya sampe2 uangnya pun disediain dari anak masih orok?

Gw jadi inget waktu gw sekolah dulu. Ketika pertama kali mo masuk TK, babe uda wanti2 klo anaknya harus masuk TK Katolik. Emang sih babe dulunya beragama Katolik. Tapi yg menjadi landasan pemilihan sekolah bukan hanya soal agama aja. Babe sangat mementingkan kualitas. Dan dulu sekolah2 Katolik emang dikenal dg kedisiplinannya.

Setelah cari2 info sana-sini (dulu kan Depok ndeso banget, boro2 deh dapet sekolah berkualitas oke, ada sekolah aja uda bagus, hehehe), akhirnya gw dimasukin TK Santo Yoseph.

Waktu mo lulus TK, ortu gw minta info guru2 TK mengenai SD yg berkualitas di Depok. Lagi2 harus SD Katolik. Akhirnya berdasarkan rekomendasi mereka, gw ditempatkan di SD Mardi Yuana Depok.

Berapa biaya TK dan SD waktu itu? Gw gak ngerti, yg jelas lumayan lah. Nyak babe dulu bukan orang kaya, tapi buat pendidikan mereka usahakan yg nomor 1. Jadi walaupun berat, gw tetep lancar bayar uang sekolah tanpa kendala apa pun.

Sekitar kelas 5 SD, gw didaftarin sekolah utk ikut lomba Siswa Teladan se-kotamadya. Sebelumnya sekolah gw selalu berpartisipasi, tapi gak pernah menang. Eh pas gw ikut, bisa menang, trus naik ke tingkat kabupaten yg lombanya diadain di Bogor. Menang lagi mengalahkan sekolah2 Bogor. Akhirnya gw bisa naek sampe tingkat propinsi dan dikirim ke Bandung. Di sana gw kalah. Hehehe.

Tapi meskipun demikian, prestasi tadi membuat nama sekolah gw harum dan tambah terkenal di kota Bogor. Padahal selama ini gaungnya cuma sampe Depok doang. Pas gw lomba di Bogor, ditanya sama orang: dari SD mana? Gw jawab: SD Mardi Yuana Depok. Eh ditanya balik: emang ada ya? Grrrrr!

Guru pembimbing gw sampe kesel dan berpesan sama ortu gw: klo nanti masuk SMP, masuk yg terkenal aja, biar klo ikut lomba lagi orang2 langsung pada "melek mata".

Huehehehehehe.

Nah nyak gw nanya: emang SMP apa yg bagus di Bogor?
Dijawab: SMP Regina Pacis Bogor.

Ooooo...

Sejak itu gw dipersiapkan utk masuk ke sana. Dari seluruh siswa di sekolah gw, cuma gw doang yg mental ke Bogor. Kekekekeke.

Sekolah di Bogor butuh perjuangan juga. Gak ada fasilitas anter jemput, dan juga gak punya mobil pribadi. Jadi gw harus ngeteng naek bus atau kereta. Berdiri pinggir pintu bus atau umpel2an di kereta ekonomi mah uda biasaaaaaaaaa... Hehehehe.

Dan emang bener sih klo SMP Regina Pacis Bogor uda terkenal, soalnya beberapa kali gw diutus utk mewakili sekolah sebagai Siswa Teladan atau lomba P4, tanpa harus bertanya: sekolah dimana?, dari badge-nya "SMP Regina Pacis" aja uda bikin merinding sekolah2 lain. Bangga deh gw. Hehehehe.

Kelar SMP, gw nerusin SMA di gedung sebelahnya, alias SMA Regina Pacis Bogor. Urusan administrasi lancar, abis cuma pindah gedung doang. Hehehe. Yang agak bikin kepala ortu gw cenut2 ya pas bayar uang gedung.

Dulu bayar uang gedung di sekolah gw dibagi jadi 3 session: mahal banget (bagi orang2 kaya dan NEM anaknya agak mepet2), sedang (orang biasa dan NEM anaknya melebihi standard), murah (orang yg kurang mampu dan NEM anaknya melebihi standard).

Ortu gw kebagian session "sedang". Itu pun masih bikin hati mereka ketar-ketir, takut gak sanggup bayar. Gw masih inget pas mereka "nego", pihak sekolah cuma bilang: Bu, seharusnya range uang gedungnya sekian sampai sekian, tapi karena anak ibu nilainya bagus, kami turunin dari range.

Akhirnya ortu gw nyerah nego, deh... langsung nyemplungin anaknya ke SMA Regina Pacis Bogor hehehehe....

Lulus SMA cita2nya sih masuk PTN. Targetnya ITB atau UI. Uda dibela2in ikut bimbel di Bandung selama sebulan, yah namanya belom jodoh kali ya, tetep aja gw gagal ujian UMPTN. Gak mo buang2 waktu dg ikut UMPTN ke-2, babe langsung cari alternatif PTS. Dan karena babe dulu almamater BiNus (dulu namanya masih ATK - Akademi Teknik Komputer), langsung didaftarin ke situ.

Padahal gw tau tuh, nyak babe cuma punya duit pas2an utk kuliah gw di PTN. Apalagi klo PTS ya? Bisa gak tuh? Tapi mereka sih meyakini gw klo mereka sanggup biayain gw sampe lulus. Kewajiban gw cuma belajar.

Jadilah gw belajar mati2an biar bisa tembus Grade A dan uang gedungnya murah. Syukur Alhamdulilah, Puji Tuhan, usaha dan doa gw didenger Tuhan. Gw bukan cuma lolos dg Grade A, tapi dapet rangking 1 sehingga bebas uang gedung. Waaaa, nyak babe sampe terharuuuu banget, meluk anaknya yg semata wayang ini. Hehehehe.

Selama kuliah pun, nyak babe cuma 2 semester bayar uang kuliah gw, sisanya gw dapet beasiswa dari kampus. Jadi lumayan lah, bisa meringankan beban ortu ;). Bisa dibilang biaya kuliah gw gak sebesar yg pertama kali dibayangkan oleh ortu.

Gitu deh sekilas pendidikan gw. Sayang nyak babe dulu belum sanggup biayain gw sekolah S2. Tapi bisa lulus S1 aja gw uda bersyukur banget. Lagian gw lebih tertarik utk langsung kerja, jadi pendidikan gw berhenti sampe S1. Nantilah klo ada waktu, rejeki dan masih berminat, gw lanjutin. Atau klo pun gak bisa, niatnya diterusin aja ke anak. Semoga aja gw n Mas Adi bisa biayai dia sekolah setinggi2nya. Amin :)

Balik lagi obrolan dg Maria kemaren...

"Sekarang RP (Regina Pacis) uda mahal, Sus. Gak tau deh klo nanti Vito (anaknya) masuk TK, berapa ya biayanya?"

"Waduh, dari jamanku dulu aja, uang sekolah TK RP tuh justru yg paling mahal loh. Apalagi nanti ya?"

"Klo kakak2 iparku ada yg sekolahin anaknya ke International School, aku mah gak sanggup deh."

"Iya, International School emang mahal banget. Klo aku punya anak nanti, rencananya sih masukin sekolah biasa aja, tapi yg bagus. Mending duitnya ditabung buat kuliah, klo bisa ke luar negri, minimal ke Singapore deh."

"Bener. Daripada uangnya habis buat International School, kita kan gak tau rejeki kita gimana ya, Sus. Klo gak sanggup nerusin n putus di tengah jalan, gimana? Kesian anak kita. Mending nabung dulu."

"Temenku si Limmy tuh uda nabung dari Dhika umur setaon, sebulan wajib setor sekian juta. Selain itu uda ikut asuransi pendidikan juga. Gila ya, apa segitu mahalnya nanti biaya pendidikan?"

"Wah, bener tuh si Limmy. Aku juga gitu, tiap ada komisi langsung masuk tabungan utk Vito. Klo gak gitu, takutnya gak sanggup biayain kuliah nanti. Pastinya mahal, Sus. Bisa M-an, kali. Orang sepupuku aja ada yg baru masuk kuliah kedokteran, uang gedung 100jt, sks-nya 300rb-an. Di Jakarta, loh. Gila gak tuh?"

"Haaaaaaaaaa? Yang benerrrrrrrr? Gila, sanggup gak ya aku nanti biayain anakku?"

"Aku juga jadi khawatir ngebayanginnya, Sus."

"Ya udah, mulai nabung deh utk biaya kuliah. Sekarang mikirin TK-nya dulu. Jadi nanti Vito mo di TK mana?"

"Yah yg lokal tapi bagus aja deh. TK RP. SD, SMP, SMA juga di RP."

"Aku juga. Klo anakku cowok, SMA-nya mo aku masukin Kanisius. Soalnya yg lolos beasiswa kuliah ke LN kebanyakan dari sana. Dari RP juga ada sih. Tapi klo anakku cewek, aku masukin RP aja, soalnya Kanisius kan gak nerima murid cewek."

"Tapi klo anakmu ke LN, kamu cuma berdua suami donk di rumah?"

"Hmmm... iya ya. Klo gitu anaknya jgn cuma 1, 2 deh. Biar klo yg satu di LN, 1 lagi nemenin aku. Hihihihi."

"Betul-betul... Tapi, Sus... errr... kita kok mikirnya jauh banget ya? Vito kan baru 1.5 taon?"

"Waaaks! Beneeer! Lha kamu mending uda ada Vito. Nah aku?
*sambil nunjuk2 perut yg buncit bukan karena hamil, kekekekeke*
Punya anak aja belon. Mikirnya uda 2, lagi?!"

"Hahahahhaa"
*ketawa bareng*

Yah itu lah orangtua dan calon orangtua. Demi masa depan anak, apa pun rela berkorban :)

16 comments:

L'a Sugar said...

jadi inget masa2 gue sekolah ke bogor juga sus.. dari cibinong bgn subuh2 biar kebagian angkot. soalnya angkot2 kan rese pd ga mo ngangkut anak sekolahan tuh..

SD gue juga di MY sus tapi yg di cibinong..heuheue..eh udah ada SMA nya loh skrg.

klo RP emang sekolah swasta no.1 di bogor ya.. gue demen sama seragam nya yg kotak2 itu :)

Unknown said...

pas baca sampe pertengahan,gue geli sendiri kepikiran nih susy blm punya anak aza udah pusingin soal biaya sekolah anak.
ternyata di ujung cerita dia sadar juga hahaha =D

.:acen147:. said...

@angel: ngel, gw punya banyak temen loh dari SD MY Cibinong. tapi mereka nerusin SMP di RP. lu kenal yg namanya Siska Komala? yg super jenius itu? dia sobat gw. pas SMP-SMA di RP juara umum mulu tuh anak. hehehehe.

@lim: hihihi, obsesi: kuliahin anak setinggi mungkin. fakta: anaknya aja blom nongol. kekekeke...

Anonymous said...

doh! ternyata tar kl da punya anak mikirnya kek gto toh... ckckck ga bisa bebas shopping dung... kl gt ga bole cepet2 merit or punya anak nih mwkakakakakaa

*liyik2* ga kokkkkkk g kaga liyik kok... plgan pelototin sarasnya wekekeke

Anonymous said...

*nelen ludah*

*glek*

*ngelus2 perut*

smoga anak gue bawa rejeki banyak...amin....

*mendadak pusing pala mikirin postingan elu sus* :))

Anonymous said...

sangking tadi gue napsu pengen nulis 'amin', sampe nickname gue tulis amin....

kekeke, itu td diatas gue sus..

*nat*

.:acen147:. said...

@lim: klo merit n punya anak sih, mengalir aja bagai air, lim. soalnya klo nungguin cukup duitnya mah kagak cukup2. kekeke.

@nat: dari dulu jamannya kita, gaung "pendidikan mahal" juga uda kedengeran, nat. tapi buktinya ortu kita masih sanggup biayain. ya kita patut bersyukur krn masih dapet kesempatan sekolah tinggi :).

klo buat anak kita nanti, kita yakinin aja, nat. asal ada plan, usaha, dan doa... pasti ada jalan :)

Anonymous said...

Klo diitung2.. koq kayanya makin cepet merid.. lebih hemat nih :D

.:acen147:. said...

emang, nung. jd kapan?

Unknown said...

hfff,...kalo anakna berbakti sih orang tua masih terhibur ya, sus,...cuba itu gimana perasaan ortu nyang anakna terlibat narkoba segala,....

sekolah internasional berapaan yah??

SinceYen said...

Uang gedung 100jt??? Oalah... Trus hasilnya kayak apa tuh?
Dulu jaman aku sekolah sih emang udah mahal. Tapi untung aku dapet sekolah negri yg bagus punya(kebetulan sekolah yg bagus di Ambon dulu tuh justru yg negri), kuliah juga masih murah lah.

Arman said...

iya tuh betul. pendidikan tambah lama tambah parah mahalnya ya. jadi emang kita kudu nabung banget nih...

masalahnya baru nabung dikit eh keluar lagi, nabugn dikit keluar lagi... duhhh jadi sedih.. :(

.:acen147:. said...

@bebek: klo yg gw denger2 sih (sorry klo salah nih), uang gedung SD plus pernak-perniknya bisa 50jt deh. ponakan gw (anaknya kakak Mas Adi) kan ada yg di Global, dan kira2 segitu deh.

duh, klo sampe dapet anak bandel gitu emang makan ati banget ya, bek. jgn sampe deh :(

@since: iya tuh, since... gw aja sampe kaget dengernya. kuliah kedokteran pulak, kan lama ya? trus abis lulus klo gak cepet praktek gimana tuh? :(

@arman: waaaa, sama donk kite... niatnya nabung tapi adaaa aja pengeluaran. hehehe. yg penting niatnya nabung jgn padam, man. kekekeke.

Anonymous said...

Iya Sus, kemaren waktu Tim mau masup playgroup aja harganya sampe bikin geleng2 kepala tanda tak mampu! Cuman nitipin anak2 buat maen2 sehari 3 jam-an aja, bisa 2jt lebih sebulan ...

Dah gitu uang pangkalnya ngalah2in uang pangkal gue dari SD sampe Kuliah!!

Hmm, diliat2, elu orangnya planningnya dan management keuangannya bagus banget yaa??

.:acen147:. said...

@olla: gubraaaaaaaaaksss... 2 juta buat nitipin anak doank?! o mai gaaat... ngelebihin harga transport sebulan gw. huaaa!

jadi takut pengen punya anak, la :((

waduh, sebenernya gw lebih cocok dibilang "pelit" kali ya... abis apa2 pake diitung2 dulu. hihihi... uda kebiasaan dari kecil sih, la... pecinta duit. wakakakaka!

Anonymous said...

I’m Coming STAN