Wednesday, March 12, 2008

Suka Duka Jadi Consultant

Sekarang taon 2008 yak?

Duileee, saking ribetnya sama kerjaan, sampe lupa sama taon? Wakakakakak!

Klo diitung2, uda hampir 9 taon gw kerja kantoran nih. Dan dari awal sampe sekarang, gw masih setia dg pekerjaan gw, yaitu IT Consultant. Mo jadi junior programmer, kek... system analyst, kek... Project Manager, kek... tetep aja di kartu nama ditulisnya: Consultant.

Padahal, jadi Consultant itu gak selamanya menyenangkan. Malah banyak susahnya. Hehehehehe.

Nih, gw jabarin satu per satu suka duka jadi Consultant. Biar agak mendramatisir, gw mulai dg DUKA dulu kali yeee. Hihihihihi.

DUKAKU

a. Harus lebih pinter dari client

Ini agak repot nih. Klo ke client, ekspektasi client tuh harusnya Consultant lebih pinter, lebih pengalaman. Makanya mereka bayar Consultant, utk dapet jasa konsultasi-nya. Tapi plis deh, Consultant kan juga manusia. Karena gak pernah fokus di satu pekerjaan aja, jadi ya gak sampe tau detil dalam segala hal.

Dulu, waktu gw masih lugu dan lucu (dilarang protes, hihihihi)... sering banget gw dateng ke client, disuruh meeting, tapi bengong, kagak ngatri apaaaa yg lagi diomongin sama mereka. Abis gw pan lulusan Teknologi Informatika, lha kok disuruh buat aplikasi ERP utk pabrik. Mulai dari front end sampe back end. Mampus gak tuh?

Akhirnya lama-kelamaan sih nyambung sama omongan mereka. Dari satu project gw belajar sesuatu. Tapi trus dicemplungin lagi ke project lain yg 180 derajat berbeda dg sebelumnya. Alhasil gw terbengong2 lagi... harus belajar lagi deh dari awal...

Trus ya, client itu suka kejam2 lho. Klo ketauan kitanya plangak-plongok, dg ringan hati dan enteng mulut dia bakalan berkomentar: ini gimana sih, konsultan-nya kok gak pengalaman ya?

Uggggh!@#$%^&

Lebih sadis lagi yg pernah dialamin temen gw. Dia tuh sebenernya programmer pinter. Biasanya kerja di komputer PC. Suatu hari disuruhlah dia ke client... di sana dikasih laptop. Cuma gara2 gak terbiasa pake laptop yg gak ada mouse-nya, client itu langsung laporan ke boss gw, katanya: programmer kamu bisa kerja gak sih? masa pake laptop aja kagok2 gitu?!

PLIS deeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeh!

b. Client is always right

Klo di dunia bisnis, mungkin dikenal kalimat: Pelanggan adalah Raja, maka di dunia ku yg kejam ini dikenal istilah: Client is always right because you are always wrong!

Dengan konsep tiran seperti itu, maka bukan hal yg aneh klo pas nunjukin laporan2 sebagai hasil output dari system, eh tiba2 itu report dilempar karena angkanya gak sesuai dg manual si client!

Padahal, setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata MANUAL DIA YG SALAH!

Mo marah gak seeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeh?!

Makanya, bagi gw sih, diomelin client, di-komplen ini-itu, berantem dalam miting, adalah hal yg biasa. Cara paling ampuh utk mengatasinya adalah... masuk kuping kiri, keluar kuping kiri lagi. Hehehehe.

c. Client gak commit

Ini juga makan ati banget. Dalam project, biasanya client yg awalnya ngejar2 supaya cepat selesai. Biasanya gw buat schedule yg relatif aman, tapi trus dikompress lagi karena menurut client terlalu lama.

Akhirnya supaya jadi lebih cepet, banyak kerjaan yg harusnya sekuensial jadi dibuat paralel. Anggota team pun ditambah. Contohnya dalam project gw kali ini, tadinya utk 2 fase gw buat schedule 9 bulan. Tapi, client minta 6 bulan. Akhirnya 2 fase jalan paralel. Supaya bisa paralel, tentu nambah personel. Makanya total jadi 11 orang.

Tapi apa yg terjadi, sodara2... ternyata pihak client sendiri yg gak commit (dan biasanya gitu). Ada meeting, pada gak bisa dateng. Harus sediain data, gak bisa kasih cepet. Padahal waktu berjalan terus. Dan klo telat, sapa yg disalahin? Consultant-nya dooooooooonk!!!! Horeeeee....! Emang enak ngitemin kambing (maksudnya jadi kambing item)? Hihihihi.

d. Stress

Consultant itu klo lagi gak ada project, santai, maaaaaaaaan. Seharian browsing, imel2an, blogging. Liat aja tuh blog gw, rame bener kaaan? Hihihihi.

Tapppiiiii, giliran ada project... amit-amiiiiiiiiiiiit... sampe pernah gw mo pipis aja ditahan2. Kekekekek.

Trus tipikal kerjaannya tuh yg bener2 meres otak. Klo lagi ada problem yg belum solved, biasanya suka sampe kebawa2 mimpi. Klo dalam kasus gw, karena gw bertanggungjawab utk lead project, design solution, dan juga technical supervisor, jadi stress-nya sampe 3x lipet.

Untuk urusan project management, gw stress tiap mo PMO or BOD meeting. Harus nyiapin slide presentasi. Harus nyiapin hati klo dibantai dalam meeting. Harus nyiapin space dalam otak utk mikir klo dikasih pertanyaan yg aneh. Uggggh!

Untuk urusan design solution, gw stress karena harus menuangkan semua requirement client ke dalam design. Dan seringnya tuh requirement mereka gak masuk di akal. Contoh terakhir yg bikin dada gw sesak adalah... mereka compare sistem Business Intelligence dengan... Microsoft Excel. Dan kata2 "sakti" mereka (yg juga sering banget gw denger dan paling sering bikin makan atiiii): klo di Excel bisa, kenapa di solution Anda gak bisa?

Gubraks!

Untuk urusan technical supervisor, gw stress klo para konsultan mentok sama tools yg mereka pake. Jadinya gw harus berhenti dulu dg kerjaan gw, bantu mereka dulu nemuin solusi. Karena klo gak ktemu, gw sendiri bakalan gak bisa tidur nyenyak malemnya! Huaaaa!

Blum lagi klo ktemu boss...

"Sus, gw maunya lu buat solution yg lebih dari user requirement di sini, supaya kita bisa jual di tempat lain..."

atau...

"Sus, kira2 bulan Mei gw mo adain workshop semacam seminar gitu. Jadi kita undang bank2 skala menengah, trus kita tunjukin solution yg lu buat... Lu siap2 ya..."

Ya Tuhankuuuuuh, yg sekarang aja sayah udah menggaph-menggaph... kok mo ditambahin lagiiiihhhhhh.... dosa apaaaaaah?!

e. Jam kerja gila2an

Jam kerja Consultant gak menentu. Ini ada enak-gak enaknya sih. Enaknya tentu pas lagi gak project. Mo masuk jam berapa juga gak ada yg peduli. Absen sekedar formalitas. Gak absen gak bakalan ada yg marah. Telat dateng juga gak dipotong apa2. Gak masuk juga cingcay laaah.

Tappppiiii, klo lagi project... grrrrr... pulang malem terus. Sabtu-Minggu juga gw kerja. Huaaaaaaa!

Klo diliat2 kok berat ya jadi Consultant? Lalu kenapa sampai sekarang gw masih jadi Consultant?

Jawabannya ada di bawah...

SUKAKU

a. Banyak belajar

Mungkin karena gw tipe orang yg gak bisa diem, gw gak akan betah kerja sebagai end user, yg tiap hari kerjanya hanya itu2 aja. Gw selalu butuh tantangan dan haus belajar.

Tiap project baru, berarti belajar lagi. Rasanya otak gak pernah dikasih kesempatan untuk idle dan menjadi tumpul. Di client yg berbeda, gw tau business process yg berbeda pula.

Dulu gw nyemplung di pabrik, gw jadi tau sistem pabrik. Nyemplung lagi di logistik, tau sistem logistik. Nyemplung lagi di asuransi, distributor, rumah sakit, sekolah... terakhir di bank. Jadinya tau banyak. Seneng sih, apalagi klo uda nyemplung gitu bisa tau "borok2"nya client. Dan klo kita bisa nyelesein masalah mereka, jadi ada kepuasan tersendiri. Karena selain ngebantuin orang lain, rasanya kok otak jadi tambah pinter. Kekekekekek.

b. Mengenal karakteristik orang

Gw termasuk orang yg sensitif dalam menilai orang. Dalam sekali pandang, biasanya gw bisa tau gimana karakteristik orang tersebut. Dan biasanya gw jarang salah.

Mungkin kelebihan gw itu didapat karena selama kerja gw banyak berhubungan dg orang yg berbeda2. Dan dalam pekerjaan gw dituntut utk memahami kemauan client, sehingga juga secara tidak langsung mempelajari wataknya agar gw bisa "masuk" dalam omongannya.

Lama-kelamaan sifat itu kebawa2 di dunia di luar pekerjaan. Makanya gak heran pada saat gw interview orang, biasanya gw tau, yg mana yg emang bisa diandalkan, yg mana cuma omong besar. Hehehe.

c. Belajar lebih sabar dan tangguh

Jadi Consultant itu harus sabaaaaaaaaaaar banget. Gak boleh marah, walaupun diomelin client. Harus menekan harga diri, gak boleh meledak-ledak. Klo pun client yg salah, cara menyampaikan juga harus pelan2, jgn sampe nyinggung perasaan client.

Klo sampe terbawa emosi, wah... bisa runyam urusannya. Emang sih, kadang gak bisa juga bertahan terus. Paling klo uda mo meledak, 1 hal yg selalu gw ingat adalah: dimana2 sama, dan gw pernah melewatinya, maka kali ini gw pun harus bisa!

Selain jadi lebih sabar, dg kerja sistem begini, membuat gw jadi lebih tangguh. Gak bakalan gw mundur hanya karena dibantai dalam meeting. Mundur = melarikan diri dari masalah. Masalahnya sendiri gak akan lari, dia akan terus ada dimana pun kita kerja.

Makanya waktu gw kena problem cukup berat kemaren (soal kista), gw rasa yg membuat gw jadi cukup tangguh adalah karena pekerjaan yg gw geluti selama ini. Hehehehe.

d. Masa depan menjanjikan

Yah, walaupun berat, masa depan jadi Consultant menjanjikan sih. Gw cukup puas dg pendapatan yg gw peroleh tiap bulannya. Apalagi klo ada project, masih ada tambahan dan bonus ini-itu.

Satu hal lagi, jadi Consultant gak perlu khawatir cari kerja. Dimana aja pasti "laku", huehehehehe. Asal tetep perform, tentunya.

Beberapa kali gw ditawarin kerjaan sama mantan client atau principal gw. Yang terakhir baru aja nawarin beberapa hari yg lalu.

Tapi... gw belum berminat pindah. Ada 1 tantangan yg belum selesai gw kerjakan di kantor sekarang. Gak akan puas hati ini sampai gw mendapatkan "kemenangan" dalam hati gw sendiri.

Walaupun demikian, rasanya seneng banget klo gw ditawarin kerjaan sama mantan client. Bukan apa2, itu tandanya mereka cukup puas dg performance gw selama gw jadi Consultant mereka. Yah, itung2 pembuktian diri lah... walaupun diomel2in, ternyata cukup diakui... Kekekekek.

Yaaaaaaaah... itu lah kira-kira suka duka jadi Consultant...

Mayan, bisa nge-blog di sela2 jam kerja. Satu hiburan tersendiri tuh. Hihihihihihi.

9 comments:

Anonymous said...

BETULLL Sekali!!! jadi consultant itu emang nyenengin tapi nyesekin jg. hahaha...

nasib kita ga beda jauh juga ternyata, tp gua di bidang network.

ah... "consultant world", dibenci tapi dicari.... :D

Anonymous said...

blogwalking...
hahahaha saya fresh graduate nih, temen saya beberapa jg ada yg merintis karir jadi consultant, ternyata memang seberat yang dibayangkan ya... hahahaha...

btw jadi consultant di mana nih? consultant memang gajinya mayan sih ya...

Regards,
Xander™

Anonymous said...

SIP! :)
cuman 1 kata buat loe sus... SALUT! gw aja mungkin ga sesabar dan serajin loe.. kudu banyak belajar dari loe :)
sukses yaaakk :)

Anonymous said...

hix.. anung juga pengen jadi konsultann.. :(..

tapi demi mama, kuliah dulu dahh.. :p

Arman said...

been that, done that... betul banget tuh sus! hehe :)

Anonymous said...

hiksss dukanya sering tuhhhh g ngalamin.. semua poin kecuali jam kerja =)) mwkakakakaka.. tp sayah bukan consultant T______T sayah hny programmer biasa buhuhuhuhuhuhuhh.. *nangis* klo berurusan ma client emg nyesekin T_______T *timpuQ para client*

apalagi yg disni alamak... keknya mereka pengennya tuh program tinggal tunjuk ehhh semuanya bisa jalan hoaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa *pingsan*

-mandayandalove2T- said...

susi emang heiiiibaatttt....hehhehehe
keep up your good work ya sussss

Anonymous said...

bener banget iniiiiii...
tapi yang masalah gaji di tempat aku nggak kayak yang mbak tulis, aku sudah capek2 mikir, jam kerja gak teratur, tp gajinya menurutku gak sebanding.
mau keluar tapi belum dapet kerjaan yang cocok :(

Anonymous said...

Nice Info

Jadi lebih tau sekarang, karena awal2nya merasa aneh sendiri dengan system kerja di Consultant,tapi ternyata emang seperti itu.

Thanks ka buat tulisannya hehe