Tuesday, April 01, 2008

Pembuktian

2 tahun yang lalu

"Datawarehouse itu seharusnya dibedakan dg MIS. Banyak orang masih salah ngerti, mentang2 Datawarehouse, semua data dimasukin, yang ujung2nya dipakai utk report MIS. Harusnya kan Datawarehouse itu utk keperluan analisa, bukan report MIS yg remeh-temeh. Jadi jangan semua data dibebanin ke Datawarehouse."

Kira2 gitu deh ceramah senior gw di tengah2 meeting bersama client.

Reaksi gw? Cengo. Takut. Stress. Langsung berasa salah join company (waktu itu masih anak baru, belom ada 3 bulan).

Abis gimana gak, karena pada kenyataannya, client, mulai dari jajaran komisaris sampe staff, uda punya mindset bahwa dg project Datawarehouse, mereka bisa menampung semua data. Istilah awamnya, gw uda bayar mahal nih, harusnya gw bisa ngapain aja sesuka hati gw donk.

Tapi setelah kata2 di atas keluar dari mulut senior tadi... gimana reaksi mereka? Ada yang kaget. Ada yang protes. Ada yang marah. Yang jelas, gak ada yang senyum.

6 bulan kemudian

Project selesai. Principal balik ke India. Sang senior gak pernah lagi menampakkan batang hidungnya ke client. Tinggal lah gw seorang diri.

PM dari pihak client resign. Keliatannya dia merasa masa depan project ini akan kacau balau, jadi sebelum "bom waktu" meledak, dia melarikan diri.

Pengganti PM dari client adalah Bu R, kadiv langsung. Duh, mampus pertama... secara usia, experience, jabatan, segala2nya dia kan lebih tinggi dari gw, tapi gw harus berhadapan dg dia tiap hari, jadi rasanya tiap hari kaya' uji nyali.

Untuk wakil PM dari client direkrut orang baru. Ini mampus kedua, karena orang baru gak ngerti apa2, terpaksa harus mulai dari awal pelan2. Padahal masalah muncul terus...

Tiap hari error. Tiap hari gak balance. Tiap hari server down. Gak ada bala bantuan. Klo pun ada, nun jauh di India sana. Gw cuma "dimodalin" koneksi internet utk bisa komunikasi dg principal. Tapi biasanya principal juga gak nolong banyak. Seringnya muncul masalah gw yg solve sendiri. Dan karena solutionnya itu terdiri dari banyak tools, utk tiap masalah, gw harus contact principal dari tools yg berbeda2. Belum lagi terjadi "lempar2an" tanggungjawab. Principal A bilang itu salah principal B. Principal B balik bilang itu salah A.

Huaaaaaaaa... mo nangiiiiiiiissss... Rasanya kaya' dicemplungin mulut singa!

Klo minta solusi dari senior yang tadi, dia cuma bilang, "Gw bilang juga apaaa... dari awal kan bla-bla-bla... ini belom data 1 taon bla-bla-bla... apalagi klo uda 3 taon ke depan?... bla-bla-bla..."

Hufff... ini mah bukan solusi namanya, malah bikin tambah pusing!

Setahun kemudian

Tanpa terasa data harian berhasil di-upload selama setahun. Walaupun dg berdarah2. At least uda gak ada issue besar2 lagi.

Eh tiba2... storage penuh. Performance lambat. Server stuck!

Gw dipanggil client. Pontang-panting lagi, backup data, restore, tambah storage, re-format, re-install, naikin server. Pulang jam 10 malem tiap hari. Cewek sendirian. Hiks...

Dua tahun kemudian

Setelah 2 tahun sepi dari panggilan client, suatu hari client nelpon...

"Sus, sekarang kerja dimana? bla-bla-bla... mau gak join dg kita?"

Hah?

Dua hari kemudian, gw dapet kabar dari Maria

"Sus, gw ketemu Ibu R (kepala divisi client), dia bilang tools Datawarehouse-nya bagus, uda stabil. Dia mo expansi divisi. Dia butuh orang, dan dia maunya kamu... kamu mau gak?"

Nyessss... rasanya adem di dada.

Bukaaaan, bukan tawaran itu yg gw pikirin. Walaupun gw berterimakasih banget uda dikasih kesempatan, sebenernya yg bikin gw hepi banget adalah... ternyata kerja keras gw 2 tahun yg lalu telah membuahkan hasil. Terharuuuuuuuuuuu!!!

Hari ini

"Gw ngobrol2 sama Pak X (salah satu manager client), menurut dia, banyak orang salah mengerti mengenai konsep Datawarehouse. Banyak yang menyangka Datawarehouse harus sama seperti MIS. Sebenernya gw juga uda bilang itu ke lu (maksudnya gw)... tapi lu-nya gak mau denger..."

Senior yang sama berkata hal yang sama pula. Gw dengerin aja...

"Harusnya tuh lu design bla-bla-bla... klo di Product A, bisa loh. Klo kemaren Product A ikut tender, mental deh lu..."

Hmmmm... rasanya yg dia bilangin kok sama ya seperti 2 tahun lalu. Dan semua saran dia supaya gw design bla-bla-bla itu uda gw lakukan kok sekarang...

Mo marah, kesel... kenapa tiap project dia selalu membawa "aura pesimis"? Tapi... gw tau protes gw akan percuma. Lebih baik diam dan kita buktikan aja hasilnya nanti.

SETUJU? ;)

5 comments:

-mandayandalove2T- said...

orang-orang tua yang punya jabatan dan gaji lebih emang udah di posisi comfort area, jadinya males mikir, yang ada bukannya kasi solusi malah kasi excuse.... duduududuud.......sabar aja ya jeng sus, kesabaranmu akhirnya berbuah manissss.....taelahhhh

Anonymous said...

Adem bener deh baca ni postingan wkkwkw... tante cuss... mau dong belajar di perguruan silat project tante cus :D

.:acen147:. said...

@manda: senior gw itu emang lebih tua, tapi gak jauh lebih tua juga sih. paling beda 4-5 taon sama gw. mungkin saran dia ada benernya. tapi tiap project kan ada problem. kenapa gak mikir gimana caranya solve problem? malah ngomong sesuatu yg bikin mental orang agak down? curhat deh. hehehehe.

@anung: di project itu seru, nung. kaya pengalaman. bukan cuma skill, tapi jadi bisa mengenal watak orang. ayo gabung ;)

@adam brown: iki sopo tho yo... iso ngomong endonesah ora? hihihihi.

hi adam, nice to meet you too. i have visited your site. very interesting n tempted bcos it seemed very easy to get money. but i like what im doing now. thanks for the offer anyway ;)

Anonymous said...

Jeng Susy ... nambah lagi deh point kekagumankuh padamuh :) ck ck ck ...
udah manis, langsing, pintar, giat dan pantang menyerah pulak ...
jadiiii, kapan gue ditraktiiiiir????

**loooh, ujungnya teteeeeup!!**

Pitshu said...

SETUJUUUUUU!!!!!