Friday, June 27, 2008

Sepulang dari Medan Perang

Hari ini lemeesssszzzz...

Gara2 selama 2 hari kemaren gw "dikerjain" sama demo.

Kan gw uda cerita ya, klo kantor gw ikut berpartisipasi dalam tender yang diadain oleh salah satu BPD di sebrang pulau. Dari awal sebenernya gw uda ogah2an dengan berbagai alasan yang pernah gw kemukakan di postingan sebelumnya. Tapi apa mau dikata, klo boss uda memberikan titah, apa sih yang bisa dilakukan seorang anak buah macam dirikuw ini selain menurutinya? Hiks!

Jadi, setelah Sabtu-Minggu-Senin kemaren dibuat heboh dengan pengumpulan proposal dengan tebal 500 halaman, selang sehari kemudian datanglah email yang memberitahukan agar gw siap2 untuk demo. Pemberitahuannya hari Selasa siang, demonya hari Kamis. Gw cuma punya waktu untuk prepare selama 1 hari, yaitu hari Rabu. Huaaaaaaaa... mampus ajeeee!!!!

Emang sih keliatannya simple, cuma mindahin data dan repository yang kami lakukan selama ini ke mesin lain. Tapi kenyataanyaaa.... hiks... hiks... speechlesssssss...

Rabu pagi gw dateng ke kantor duluan, sementara anak buah nurunin data di tempat client. Untuk upload-nya bakalan problem nih, karena environment di server client menggunakan Unix AIX, sedangkan di server demo pake Windows Server 2003. Yang artinya proses restore database gak bisa langsung dilakukan dari engine database karena perbedaan versi tsb. Gw juga gak mau melakukan proses ETL karena di situ ada banyak mapping dan coding, yang merupakan intelectual property team gw, yang gw gak mau sampe bocor ke tangan orang lain. Jadi satu2nya cara harus download dari sumber dalam bentuk text file, baru kemudian di-upload.

Nah, proses download datanya aja makan waktu 1/2 hari karena datanya yang gede banget (1 hari = 3 juta record). Gw uda super panik, karena 1/2 harian itu gak bisa ngapa2in selain pasrah nungguin data. Padahal proses selanjutnya masih panjang, yaitu kami harus mengubah informasi yang menampilkan profil nasabah. Trus baru deh di-upload ke server demo. Setelah semua data masuk, langkah selanjutnya adalah megecek semua report dan dashboard.

Kira2 jam 1 siang, data berhasil diturunkan dalam bentuk text file. Data tersebut harus di-upload, tapi sebelumnya segala info yang penting harus dikacaukan dulu, soalnya kan yang namanya data nasabah itu bener2 confidential. Sampe dengan jam 3 sore, kami baru berhasil upload data dimension dan lookup yang notabene berukuran kecil. Data transaksi yang totalnya sampe 3 GB belum tersentuh!

Big boss bolak-balik nyamperin meja gw dan bertanya "udah belum?"

Gw cuma bisa memberikan tatapan pasrah...

Waktu menunjukkan pukul 6 sore, proses upload data masih berjalan. Dan setelah dikalkulasi, data transaksi akan menghabiskan waktu sekitar... 6 jam kemudian, yang berarti baru kelar sekitar jam 12 malem! Gubraks, masa gw harus nginep?!

Haaa! Ogah dah, mending gw pulang, besokannya dateng pagi2. Semua anak buah yang berjumlah 9 orang yang gw kasih tanggungjawab untuk nyiapin demo ini, gw minta dateng jam 7 pagi.

Hari Rabu pulang jam 9 malem dengan perasaan gelisah. Sampe rumah pun gak bisa langsung tidur, soalnya mikirin nasib data. Klo gagal gimana? Klo mati listrik trus prosesnya brenti gimana? Klo report gak tampil gimana? Klo... klo... klo... arrrrgh!

Kamis jam 6 pagi, gw uda standby di kantor. Iya, jam 6 pagi, sampe disangka kuntilanak kesiangan kali yeee, soale gw dateng dg penampilan awud2an, rambut blom disisir, mata bengkak karena kurang tidur, kekekekek.

Yang pertama gw lakukan adalah... cek data... masuk gak? Gw query... select count (*) from... execute... hasilnya... 0

HAH? PANIK! KOK 0? Berarti semalem ada yang gagal? Huaaaaaaaaa!

Langsung telpon salah satu anak buah. Pas dia telpon itu kayanya baru bangun deh, dan gak bisa bantu sama sekali... errrghhhh...

Sembari nelpon sembari mikir, kok bisa 0 sih? Klo diliat dari log process, gak ada yang salah... mikir... mikir... jangan2... gw ketik lagi perintah query... commit... execute... baru query berikutnya... select count(*) from... execute... hasilnya... 1.8 juta record...

PFIUuuuuuuuuuuuhhhh... ternyata query gw ada yang kurang... pingsan aja dah gw klo datanya gagal masuk! Wakakakakakak!

Okeh, semua data masuk. Langkah selanjutnya, naekin server datawarehouse, trus periksa report n dashboard.

Setelah server up, login, buka 1 report... jalan... asyiiik... 2 report... jalan... alhamdulileeeh... 3 report... hang... 1 menit, 2 menit, 5 menit... aduh... biasanya ini report muncul dalam waktu 5 detik, ini 5 menit masih running gak jelas... mulai keringet dingin...

Uda jam 7, satu per satu anak buah dateng. Ngeliat muka gw kusut, mereka tau ada yang gak beres. Gw minta mereka cek report yang lain... semuanya hang! Sedangkan demo dimulai jam 8.30! Mamaaaaaaaaaaaa!

Restart server, jangan2 ini mesinnya yang lemot, maklum spec-nya cuma 1/2 dari yang seharusnya. Tapi ini juga cuma data 1 hari, kok sampe gak muncul. Hu hu huuu...

Setelah di-restart, cek lagi reportnya satu per satu. Sama, masih pada hang? Huaaa... kenapaaaaaaaah setiap sayah mo demo selalu ada aja masalahhhhhhhh!!!

Bener2 pucet, gw lapor ke big boss klo sepertinya gw gak mungkin demo, karena banyak report yang hang. Big boss trus bilang, gak usah semua, yang simpel2 aja. Tapi menurut gw, klo gak semua, report jadi gak meaningful. Karena yang gak muncul malah report analisa, yang paling menarik untuk ditunjukkan ke client. Klo cuma report2 pendukung mah buat apaaaa?

Kecewa, gw kecewaaa... huaaaaaaaaaaaaa!!!!!

Jam 8.30, para tamu undangan yang berjumlah 15 orang mulai datang. Ugggh, Ngapain sih pada dateng tepat waktuuu? Kan katanya orang endonesah terkenal dg budaya ngaretnya? Kok yang ini malah pada rajin banget?!

Report gw masih hang. Server uda di-restart sampe 4 kali, tapi gak menyelesaikan masalah. Gak tau lagi deh mo ngapain. Pasrah. Big boss pasrah, anak buah pasrah... semua pasrah... gw mo nangis. Beneran mo nangis.

Dengan perasaan sedih, gw mulai mencatat report2 yang simple yang nantinya muncul. Masih terngiang2 percakapan dengan boss semalem...

"Sus, besok lu demo berapa lama?"

"5 menit deh, Pak"

"Gile, lama amat, biasanya lu cuma 2 menit?"

"Hahahahahahaha!!!! Dasar lu, Pak. Yaaa, palingan 30 menit lah"

"Hehehehe. Klo bisa lamain dikit jadi 45 menit ya. Lu ngomongnya jangan cepet2"

"Sip dah!"

"Pokoknya gw sangat berharap dg demo lu loh, Sus. Klo lu gagal, ya udah, kita gak usah banyak berharap..."

"Siap boss!"


Sekarang kembali lagi pada kenyataan... report gw kagak ada yang muncul... hiks... hiks... gw bisa bayangin wajah kekecewaan semua orang. Semua yang berharap dari demo ini. Walaupun sebenernya gw emang kagak niat ikutan tender ini, tapi kan gw mo menunjukkan hasil yang telah team gw kerjakan pada team lain. Biar team gw ikutan terangkat prestasinya. Tapi klo begini... hiks... hiks...

Presentasi uda dimulai oleh boss gw. Sementara gw masih berkutat di depan server. Terakhir boss bilang akan coba mengulur waktu sampai gw siap. Siap? Klo kaya gini, apanya yang siap?

Tanpa terasa air mata mulai menggenang. Gw masih sempat berbisik dalam hati... "God, please help me..."

Tiba-tiba...

"Sus, ada masalah?"

Gw liat si A nyamperin gw... eh kok ternyata dia dateng? Bukannya katanya dia gak dijadwalin untuk ikut demo?

"Eh A, iya nih, servernya lemot, report gw gak mo keluar semua..."

"Coba deh gw liat, mungkin ada yang kurang di settingan Sybase IQ-nya"

"Nih, duduk aja di sini...",
gw lalu berdiri dan mempersilahkan A untuk mengecek database.

Si A langsung menatap serius ke depan layar monitor. Dia emang pakarnya Sybase IQ. Sebenernya dia uda dateng dari tadi pagi tapi gak tau harus kumpul dimana. Bagi gw ini mukjizat, secara gw pikir dia di tempat client, eh kok tiba2 nongol di sini... Duh, gw berharap banget semoga A bisa bantu. Pokoke klo report gw keluar, nti gw traktir dah! Hihihihi.

"Oh, pantesan! Ternyata settingan temporary table-nya belum diubah. Liat deh, masa cuma 1 MB? Gw ganti jadi 1 GB deh. Sekarang coba lu jalanin report2 lu..."

Gw buka report paling simple... jalan... report berikut... jalan... lainnya... jalan... semua... jalan!!!! Huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!! Bener2 anugerah!!!!

Di saat yang bersamaan gw di-sms boss, dia nanya kesiapan gw, soale dia uda ngoceh2 sampe berbusa2, rasanya gak mungkin lagi mengulur waktu lebih lama.

Dengan ceria, gw bales sms-nya, "READY!"

Gw langsung menyusul ke ruangan presentasi. Salah satu temen gw lagi giliran maju. Giliran berikutnya adalah gw. Gw liat tatapan mata client kaya'nya uda mulai boring, soalnya kata2 diperpanjang sampe 2 jam buat present doank. Demonya mana? Wakakakakakak!

Akhirnya karena kelamaan dan takut client pada boring, presentasi temen gw itu di-cut. Trus gw dipanggil.

Dengan penuh percaya diri, gw melangkahkan kaki ke depan, dada dibusungkan, senyum dikembangkan... Lalu gw siapkan laptop, colok ke proyektor... login... buka dashboard... tadaaaaaa... keluar dooonk... Gw sapa para tamu yang langsung berdecak kagum dengan tampilan dashboard di depan layar... Lalu dengan lancar gw jalaskan satu-per satu report.

Para tamu terlihat sangat antusias. Berbeda dari presentasi sebelumnya yang sepi dari pertanyaan, demo yang gw tunjukkan banyak diselingi interupsi. Suasana berubah menjadi hangat. Boss tersenyum, big boss ceria, semua bahagiaaaa!!!

Setelah demo berakhir, presentasi ditutup dengan acara ramah-tamah. Lalu para tamu pamit pulang dan kami semua saling bersalaman. Akhirnya... tugas gw selesai!

Gw gak nyangka... klo flash back beberapa menit sebelumnya, betapa kacau balau dan putus asanya gw... eeeh sekarang berbalik 180 derajat!

Perasaan setiap mau demo selalu aja ada masalah, tapi entah kenapa ketika kepasrahan mulai menjalar, tiba2 Tuhan memberikan petunjuk dan mengubah keadaan selanjutnya.

Benar2 mukjizat. Thanks God!

Hari ini, gw kembali ke client, menjalankan tugas yang sempat tertunda. Tapi rasanya badan gw uda lemes. Otak gw uda kering. Bener2 kaya prajurit yang baru pulang dari medan perang... Fiuuuuh....!!!

"Pak, saya tertarik dengan solusi ALM yang tadi Bapak katakan, kapan bisa diperlihatkan pada kami", kata salah satu client.

"Begini, Pak... melihat keterbatasan waktu kita sekarang, dan juga hal itu tidak termasuk dalam scope project yang kami terima dari Bapak, maka saat ini kami tidak menyediakan demo untuk itu. Tapi kami punya experience di salah satu project kami sebelumnya. Kalau Bapak benar2 berminat, nanti bisa kami siapkan. Saya akan kirim Susy ke tempat Bapak untuk melakukan demo...", boss berkata dengan entengnya.

... boss lalu melirik gw... bukannya tersenyum, gw malah membalasnya dengan tatapan tajam... apa maksutnyaaaaaah dengan kata2 "kirim Susy"?????

Amppppuuuuuuuuunnnnn..... Perang lagiiii???? Mati gw... !!!!!!

2 comments:

-mandayandalove2T- said...

Alhamdulillah........
wah lega dehhh......

ikutan seneng dgn kerja keras, teamwork n loyalitas jeng susi niy.
emang kalo kepasrahan pada TUHAN udah kita curahkan dgn ikhlas, ALLAH suka kasi kita jalan keluar di menit2 terakhir....

semoga sukses buat yg lain2 Sus....

Anonymous said...

aduh bacanya aja ampe ngos ngosan ne tante.. :D.. bener2 petualangan yang seru.. hehehe.. congrats2..

si jagoan sybase itu musi dapet traktiran tuh =))