Friday, May 29, 2009

Tips Supaya Jadi Direktur

Kyaaaa... I'm baaaack sodara-sodaraaaaaaaaaaah... hahahaha!

Saking lamanya gw gak mampir sini, waktu login tadi gw memerlukan beberapa detik untuk mengingat username dan password gw, mwakakakakaka!

Gw liat postingan terakhir bulan July 2008?! Gubraaag, klo ini adalah sebuah rumah, mungkin uda ketutupan rumput2 ilalang dan puun2 liar yang tumbuh sampai atap genting, hihihihihi...

Kemane aje lu, Suuus? Yaaah, alasan klise... sepanjang taon 2008 kemaren gw bener2 "dikerjain" sama project. Sebenernya gak setiap hari gw sibuk, terutama menjelang akhir, gw uda mayan santai. Tapi berhubung gw punya kegiatan lain yang gak kalah mengasyikan, yaitu fitness di pagi hari dilanjut sauna dengan lulur stroberi trus mandi air hangat-dingin... ahhhh sungguh nikmaaaat... Demi itulah, gw jadi rela menukar jam pagi yang biasanya diisi dengan blogging menjadi "paket lengkap memanjakan diri" tadi.

Trus ngantornya? Teuteuuup donk. Kan gw sampe FF jam 6, bisa leha2, tiduran dulu, jam 6.30 baru mulai nge-gym... selesai jam 8...

Lha trus ngantornya? Yaaa teuteuuuup... abis fitness sempetin sauna, mandi, dandan...

Pertanyaan terakhir neeeh... trus ngantornyaaaaa?

Mwakakakakaka, iya deeeh ngaku, klo lagi santai gitu, gw baru jalan ke kantor jam 9.30, sampe kantor sekitar jam 10... hi hi hi :p

Enak yaaaa, kerja kok kaya maen2 gitu, santai amaaat?

Eits, tunggu dulu, klo lagi santai emang gw bisa ngalahin yang punya company deh, tapi klo lagi sibuk... jangan ditanya... pasti gak ada yang mau tukeran gantiin jadwal kerja gw :))

Pagi ini kebetulan gw harus ngantor dan siangnya mungkin ke client. Daripada ribet, TERPAKSA gw korbankan kegiatan menyenangkan tadi. Gak mo keilangan fun, gw ganti dengan melakukan kegiatan lain yang gak kalah seru. Apalagi klo bukaaaan... blogging...

Sebenernya gw kan punya 2 rumah ya? Satu dimari, satu lagi di Wordpress... Secara pribadi sih gw lebih suka dimari, soale lebih tertata, postingannya juga lebih banyak (dulu ampir tiap ari ngeblog, huahahaah)... poto2 lengkap dari kurus-gendut-kurus lagi, hihihi... Wordpress itu terpaksa doank sih, karena di tempat client akses kemari di-block, dan waktu itu gak punya modem sendiri, jadi terpaksa pindah rumah deeey.

Skarang mumpung di kantor, lagi santai, gak fitness... ya mariii kita mampir :)

Kebetulan nih, gw punya topik menarik yang gw rasa perlu dishare buat temen2, sapa tau nti bermanfaat dikemudian hari ;)

Tawaran jadi Manager

Yang diatas tadi tuh preambule (set dah, preambule aja panjang beneeer, hihihihi), skarang baru masuk ke cerita inti...

Beberapa waktu yang lalu, gw dipanggil meeting oleh salah seorang direksi. Gw pikir mo ditanyain status project, eh lebih tepatnya, KAPAN BISA NAGIH pembayaran terakhir ke client? Wkwkwkwkw...

Eh ternyataaaa... gw ditawarin suatu posisi menarik, yaitu jadi Manager Business Unit (MBU). Apa sih bedanya dengan posisi Project Manager (PM) yang sekarang gw pegang?

Project Manager lebih kepada mengatur implementasi project, termasuk di dalamnya, koordinator team, komunikasi dengan client dan principal, menjaga budget dan scope of work, dan monitor project supaya keep on track. Tugas PM menjadi berat tergantung dari besar kecilnya project, budget, anggota team, dll... Tapi yah scope-nya cuma di project yang sedang ditangani. Kalau dalam team terdapat management yang baik, bukan tidak mungkin seorang PM bisa menangani beberapa project sekaligus secara paralel. Tapi itu juga masih tergantung jumlah resource. Kebanyakan yang terjadi seorang PM gak bisa paralel karena merangkap juga jadi System Analyst, Technical Analyst, malah klo perlu terjun jadi Programmer... (yang terjadi sama gw tuh, hiks2... lho jadi curcol... huehehehe).

Tugas berat? Pasti... but somehow I really enjoy it ;)

Klo MBU, scope-nya lebih luas lagi, tapi tidak sedetail PM, karena tidak terlibat langsung dalam project secara teknis. Meskipun demikian, seorang MBU yang baik tidak hanya create new project, tapi juga bertanggungjawab terhadap deliverynya.

Tugas utama dari MBU pastilah membawahi beberapa PM... dan yang paling penting adalah mencari project. Arahnya lebih ke presales yang punya banyak link ke macem2 industry sekaligus tau banyak product untuk ditawarkan. Tau productnya gak sampe detail, cukup kulit2nya, yang penting product itu klop sama requirement customer.

So, klo gw ditawarin posisi tadi, sounds very2 new for me... Klo cuma mikirin naek posisi, yang otomatis gaji juga naek... pasti tertarik donk?!

Tapi apa gw siap?

Soal siap secara teknis, mempelajari banyak product baru, dengan sejuta ke-PD-an, gw yakin gw siap... hahahahaha! Orang berani mati geneeee :))

Tapi dari segi bisnis neeeeh... gw harus cari project sendiri, klo gak dapet project ya gak makan, hihihihi... trus tiap taon dapet target quota sekian, yang klo gak achieve, raport merah, bakalan disidang di setiap meeting management...

Kyaaa... once again... am I ready?

Let's see my experience since I started my career... Dari seorang Junior Programmer, naek jadi Senior Programmer, naek jadi System Analyst, naek jadi Team Leader, naek jadi Project Manager... Teknis-teknis-teknis-teknis-dan teknis... Walaupun jadi PM uda mulai blended antara teknis dan business, but I've never been a sales! Bantuin presales sering. Suruh buat proposal, present, dsb sih bisa... tapi ngedapetin project sendiri? Totally ZERO... wkwkwkwkw!

Blum lagi klo gw liat tekanan yang dihadapi boss gw skg (yang notabene adalah seorang MBU), yg selain harus cari project, tugas berat lainnya adalah... backup team, tapi kadang gak dibackup management. Jadi bemper di depan client, juga harus meet deadline and quota dari management. Blum lagi ngadepin office politic... bukan gosip baru lagi klo ada persaingan justru diantara Business Unit sendiri, padahal masih 1 company... Hueeeeee...?!?!?!

Apalagi persaingan internal dimari uda mulai menjurus pada keadaan yang gak sehat. Jangan2 nanti gw dijadiin MBU hanya untuk dijadiin boneka demi memenangkan ego seseorang? Hmmmm...

Setelah diskusi sama suami, orangtua, dan sobat2... gw semakin yakin, belum saatnya gw terima posisi itu. Bener juga kata Neng Tia, dimari bukan tempat yang tepat utk pursue career... Apalah arti seorang MBU klo gak punya authority? Malah mandek dan gak berkembang... Mungkin dari segi jabatan dan gaji keliatannya mentereng dan berkilau... Tapi bagi gw... jabatan dan gaji bukan segalanya... hehehehe...

Tips Supaya Jadi Direktur

Lhaa... trus apa donk tips2nya untuk jadi Direktur. Mo jadi Manager aja batal, gimana mo lanjut jadi Direktur? Mwakakakaka!

Awalnya sih gak kebayang deh gw jadi Direktur? Hahahahaha... but chatting with my ex-boss last nite changed my mind.

Jadi gw curhat juga nih soal tawaran tadi ke ex-boss... beliau nih dulu Direktur Marketing di company lama gw. Company kecil, tapi suasananya kekeluargaan. Bukannya SARA nih, disana kebanyakan temen2 gw dari etnis Tionghoa, tapi kami semua serasa family. Boss yang juga etnis Tionghoa gak pernah ngebeda2in, malah tetep akrab sampe sekarang, makanya masih suka chatting bahkan semalem berbagi tips ;)

Kata beliau, jadi Manager adalah jalan menuju Direktur. Tapi posisi paling berat adalah posisi Manager, pasti suffer. Jadi klo emang belum merasa siap, sebaiknya jangan...

Tapi gak ada salahnya kita menyiapkan career path yang akan menunjang sampai ke arah sana. Untuk itu... sebagai PM sekarang, gw harus memanfaatkan posisi gw untuk menjalin hubungan dengan client2 di perusahaan besar. Pelajari peta management politik di tempat client, karena bisa jadi orang2 yang masih di level staff atau manager sekarang, next time bisa naik jadi decision maker.

Jalin pertemanan dengan semua orang tanpa pandang bulu. Jangan cuma deketin orang2 atas, tapi semua mulai dari satpam, OB, staff, dll... karena walaupun sekarang mereka gak megang posisi apa2, who knows in the future? Ajak ngobrol, lunch bareng, becanda, chatting, add di fesbuk, dll... tapi dalam kapasitas sebagai temen, bukan untuk pamrih karena mo dapet project atau apa pun... Di dalam meeting atau kerjaan kita harus profesional, tapi di luar itu kita jalin persahabatan dengan banyak pihak. Dari sini secara tidak langsung kita akan membangun networking atau link.

Gw bilang, gw deket kok sama semua user2 gw di tempat client. Tapi karena terlalu deket malah gw kewalahan, soale klo ada apa2 pasti minta tolongnya sama gw... Nah kata si boss, itu deket karena kerjaan... Setelah project selesai, trus selesai juga donk sosialisasinya? Ya jangan gitu, jadiin deket sebagai temen, yang bisa ngomongin hal2 lain selain kerjaan di luar jam kerja, semisal ajak lunch bareng... atau hangout bareng... pokoke anggep aja sebagai temen deh.

Pertemanan atau link itu investasi kita dimasa depan. Sapa tau, misal, seandainya, hihihi... beneran gw diangkat jadi Direktur -wakwaaaawwww, kepikiran pun kagak sekarang ini, hahahaha-... disaat yang sama temen2 yang gw bangun link tadi juga diangkat dg posisi yang strategis... pasti secara tidak langsung akan membantu gw dapetin project donk, jadi mo dapet quota berapa pun juga akan enteng ajaaaah...

Tapi ingeeeeeet, pertemanan tadi harus tulus, tanpa pamrih. Karena tujuannya bukan untuk dapet project... melainkan untuk... ya berteman... memperluas networking :)

Hmmmm... bener juga. Tips yang simple tapi benar2 mengena. Selama ini gw pikir gw cukup "gaul" di kalangan client2 gw... tapi ya gak pernah menganggap mereka sebagai bener2 temen. Malah seringnya gw menghindar, soale ya itu, deket sama client = dimintain tolong ini itu. Hihihihihihi... Ternyata cara pandang gw kurang tepat nih. Gw harus menganggap mereka sebagai temen, sebener2nya seorang temen, yang artinya menghilangkan gap "Saya konsultan-Anda customer".

Boleh dicoba. Mulai saat ini, gw akan lebih banyak membuka hati untuk para client gw. Walaupun pastinya mereka bakalan "tambah lengket" neh sama gw, yang artinya...

"Suuuuuuuuuuusss, gw mo buat report ini-itu-anu-entu... tolongiiiiiiiiin doooooooonkkkkkkkkkk..."

Kyaaaaaaaaa...

12 comments:

Pitshu said...

lho! bunda udah pulang kerumah~
akhirnya Bunda aku pulang juga, setelah sekian lama meninggalkan rumah na.

Udah jadi direktur yah Bunda :D
miss u~

.:acen147:. said...

pitshuuuuuu... iyaaah, iseng pit, tengokin rumah...

hahaha, direktur rumah tangga yaaa... merangkap mentri keuangan... merangkap tukang masak juga :))

Arman said...

waduh ibu susi.. kemana aje... :P
kirain lu udah jadi direktur jadi udah gak level lagi main blog... hahaha.

good tips tuh sus. gua nih orangnya paling gak pinter maintain network dah. abis suka bingung mau ngobrol apa ya... :P padahal gak boleh gitu ya... ntar gua coba lagi dah...

btw gimana kalo mau masukin blog lu ini ke google reader ya? kok gak bisa??

JESUS said...

Hi, salam kenal & wellcome back.

Nice blog, penuh pembelajaran
sy dp banyak ilmu di blog ini :)

Thank's ya sdh mau berbagi.

Lina said...

Senangnya akhirnya lu aktif lagi di blog. thanks for sharing.

Unknown said...

alo sus,...lu banyakan fb seh,..jadi gag sempet ngeblog :P

Anonymous said...

bagi ya mau knl andy kirim e_maol nya andy.amin75@yahoo.co.id email ini buat tante2.

Anonymous said...

bagi ya mau knl andy kirim e_maol nya andy.amin75@yahoo.co.id email ini buat tante2.

.:acen147:. said...

@all: haiiii... waduuuh, gw gak nyangka ternyata blog gw masih ada peminatnya :))... jadi terharu nih liat ada yg komen... wakakakak, gak lucu banget :p

@arman: gw bukannya uda jadi direktur, tapi gw sering dateng telat jadi gak enak mo ngeblog... hahaha...

mungkin lu mirip2 gw kali yaa, kita orang teknis gak terlalu luwes bergaul?!?! bener gak, ato emang cuma gw doank? hihihi

nambahin ke google reader yaaak? hahahaha, gak tau, Man... gw uda mulai gaptek di dunia per-blog-an :p

@jesus: hai, salam kenal juga... makasih ya uda mampir sini... seneng klo tips saya bisa membantu ;)

@lina: sama2, lin... sori nih gw masih on-off di blog. jangan bosen mampir ya ;)

@andy: waw... iklan terselubung neh kayanya :D

Arman said...

btw ternyata bisa nih masuk ke google reader. jadi gua gak ketinggalan lagi kalo lu ada posting baru. :)

Anonymous said...

Well... that's very interessting but actually i have a hard time understanding it... wonder what others have to say..

Anonymous said...

Selamat malam ibu Susi.
Saya mau bertanya mengenai hal-hal seputar pre-sales engineering.

Pre-sales engineering itu job descriptionnya seperti apa ya bu?

Dan nanti perkembangan jenjang karirnya ke arah mana ya?

Karena saya lulusan S-1 Teknik Informatika dan kebetulan saat ini mendapat tawaran untuk menjadi pre-sales di salah satu perusahaan IT - Consultant.

Kemudian yg ingin saya tanyakan bagaimana gambaran lingkungan kerja di IT-Consultant?

Terima kasih.