Sunday, September 20, 2009

Petualangan Mencari Tempat Singgah (1)

Awalnya cuma berdasarkan pemikiran bahwa sebentar lagi project akan dimulai...

Project mulai = lembur tiap hari...

Semua orang yg kenal gw tau klo gw tinggal di Depok. Sebenernya tempat itu gak sejauh yang dibayangkan oleh banyak orang. Jakarta itu luas. Ada yang bilang tinggal di Tanjung Duren deket kemana2... tapi kenyataannya, klo kerja di daerah Mampang, jadinya sama aja jauh. Malah dengan tingkat kemacetan yang parah, pulang ke Tanjung Duren bisa lebih malem daripada pulang ke Depok... I'm not talking bullshit, cos that's the fact!

Karena gw n Mas Adi share kendaraan pulang-pergi ke kantor -dg pertimbangan efektifitas dan efisiensi-, maka urusan pulang lembur ini jadi problem juga. Masalahnya adalah, klo gw lembur sampe jam... let's say 9 malem, maka Mas Adi harus nunggu gw selama 4 jam di kantornya. Sebaliknya klo Mas Adi harus lembur karena ada pameran... bisa sampe jam 10, berarti gw harus nunggu dia 5 jam!

Kenapa gak bawa mobil aja masing, jadi gak saling tunggu? Bisa aja siiih, tp selain gak irit bensin, juga buang2 tenaga. Gw, yang mulai be-te ngadepin kemacetan Jakarta..., aja bisa mikir sejuta kali untuk bawa kendaraan dengan jarak Plangi - kantor (Abdul Muis), dan pada akhirnya prefer busway (like written in the previous post)... apalagi klo harus dari Depok?!

Melihat situasi diatas, maka terbersit sekelumit pemikiran, yaitu... KOST!

Maka mulai lah kami berdua searching and hunting kost di seputaran jantung kota. Awalnya dengan penuh percaya diri, kami menyusuri daerah... MENTENG!

Cihuuuy, Menteng, euuuy... uda elit, tenang, deket kantor, bebas banjir, pokoke tempat yang paling tepat buat pasutri yang bekerja sekaligus ingin ketenangan. Kebetulan Neng Tia kost di daerah sana. Gw pernah mampir ke tempat kostnya. Kamar mayan besar, lingkungan asri, tanpa AC, kamar mandi sharing, harganya... agak bikin mata mendelik. Apalagi dibandingkan dengan harga kost gw dulu waktu gw belom merit. Hampir 4 kali lipetnya, hahahahaha!

Tapi gpp deh, mungkin klo utk single berasa berat, tapi kan kali ini gw berdua suami, harusnya berasa ringan (HARUSNYA... hahaha!)

Kenyataannya? Gak cuma bikin mata mendelik, tapi perut juga mules... Wakakakakaka! Bayangin donk, untuk kamar secupet (mungkin 3x4), dengan AC dan kamar mandi dalem, harganya? 3.5 juta boooooooooooooowwww!!!

Gw sih gak akan merasa terlalu gimanaaa gitu klo kamarnya gedeeee... ini asli sempiiiiiiiiiiiiittttttttttttt banget. Yang cuma muat ranjang, lemari, n meja tipi seadanya doank. Beneran kaya kamar kost gw dulu di daerah Kampus Kijang BiNus, bedanya yang ini puluhan kali lipet harga sewanya. Wakakakakak!

Asli, ngenes gw liat kost-an itu. Heirannya, kok laku yaaaa???? Gw yang miskin ato... bener2 orang Jakarta uedaaaan?! Wkwkwkwkw!

Akhirnya Menteng dicoret dari list!

Agak mundur, kami beralih ke kawasan SCBD. Pertimbangannya karena gw bakalan project deket2 situ. Enak kan bisa bangun siang dan ke tempat client jalan kaki, hmmmm...

Hunting2 internet. Kali ini harganya masih agak bikin napas lega dikit, berkisar 2-3jt. Walaupun masih berat siiiiiiiiih, karena jujur budget gw paling cuma 1-2jt. Gpp lah, diliat2 aja dulu.

Kira2 selama 2 wiken kami puter2 daerah SCBD. Ada yang keliatannya lumayan di poto, tapi pas didatengin, amburadul, letaknya di belakang, dan yaaah... gitu deh *speechless, wkwkwkwkw...

Ada juga yang keliatannya homey, tapi ternyata cuma buat cewek. Saking desperado-nya, gw bilang sama Mas Adi, gw aja deh yang kost, dia bangun tenda di luar, wakakakakakaka!

Susahnyaaaa... cari kost nyaman dan murah buat pasutri... fiuuuuh! Dan 1 hal lagi yang menyebalkan, setiap kami tanya "ada kost buat pasutri?", orang yang ditanya pasti langsung memandang gw dg tatapan aneh (GW loh yang ditatap, bukan Mas Adi!). Kaya kesannya... "istri simpenan ya?"... atau "pasangan kumpul kebo??"... Dan gw yakin itu bukan cuma perasaan doank, karena sejak pertama cari2 kost buat pasutri di Menteng, langsung ditembak, "ini beneran uda merit?"... Ya olooooooh!... Besok2 klo gw cari kost pasutri, gw tunjukin aja deh ktp, KK dan surat kawin sekalian T_T

SCBD mentok, gw mulai tanya2 temen yg masih single dan tinggal di kost-an. Katanya, di daerah gang Tiong, Kuningan, banyak banget kost-an dg harga 1 jutaan, tp fasilitas lumayan. Waaaa, semangat lagi niiih!!!

Minggu berikutnya, kami pun meluncur ke lokasi, tentu sebelumnya setelah liat GoogleMap utk mengetahui dimana persisnya si Gang Tiong. Gang Tiong ternyata agak sempit (ya iya laaah, namanya juga GANG, wkwkwkw). Begitu sampe, suasana kost2an langsung memenuhi udara. Gw jadi inget daerah BiNus. Dan sebenernya gw menghindari yang seperti BiNus, karena gw anggep uda terlalu crowded buat tinggal, selain itu macet, sama aja boong gw kost klo masih kena macet...

Back to Gang Tiong... baru beberapa meter mobil kami masuk, entah kenapa... kami merasa... gak terlalu sreg. Mungkin karena suasan kost2an itu yaaa... Soalnya basically, kami mau yang suasananya homey, bukan komersil banget buat kost. Pengen seperti suasana Depok yang dipindahin ke Jakarta... and we couldn't find it in Gang Tiong. So, tanpa mampir ke salah 1 kost-an pun, kami langsung cabut. Dan bener aja, begitu keluar dari gang, langsung kena macet di Ambassador... huuuufffftttt!

Putus asa cari kost-an???

Beluuuummmm, hahahahaha!

Kali ini mundur lagiiiiiiiiii... Pokoke target kami jelas, kost buat pasutri dg fasilitas AC, kamar mandi dalem, agak luas (at least manusiawi laaaah!), cuci-setrika, deket pusat bisnis, dan harganya make sense (below 2.5juta)!

Dapet 2... 1 daerah Cipete, harga 2jt persis... 1 lagi di SCBD, harga 2.5jt...

Yang di Cipete lebih homey, lebih luas, letaknya di pojokan, tenang... induk semangnya sepasang suami-istri dg 1 anak remaja. Walaupun setelah diliat aslinya, perabotannya tidak sebaru seperti di poto, tapi begitu pertama kali liat... gw merasa cocok. Sedikit kendala adalah, masih lumayan jauh dari tempat client, apalagi dari kantor kami. Tapi masih terjangkau lah, semacet2nya paling 30 menit.

Yang di SCBD, ada beberapa kamar, dan suasananya agak "dingin". Mungkin ini karena bener2 kost-an, jadi orang2nya juga individualis banget. Agak lebih mahal, tapi ini deket banget sama lokasi project. Jalan kaki juga bisa!

Kepada pemilik kost, kami katakan butuh waktu untuk berpikir dan akan memberi kabar setelah Lebaran...

Apakah kami bener2 akan kembali jadi anak kost-an seperti waktu kami single dulu?

Hmmm... Let's see... :D

No comments: