Tuesday, June 23, 2009

Suka Duka Naek Busway

Sejak gw balik lagi ke basecamp a.k.a kantor, gw jadi sering ber-busway-ria.

Kok gak bawa boil? Hmmm, ada banyak alesannya, diantaranya...

1. Jakarta makin hari makin macet paraaaaaaaaah... Gile yeee, klo gw kesiangan 5 menit aja keluar dari Plangi (abis fitness), maka efeknya bisa telat 15 menit sampe kantor. Klo mo gak kena macet, harus dateng siaaaaaaaang... tapi mo siang sampe jam berapa? Masa lunch time baru dateng? Errr, walo pernah sih beberapa kali begitu, tapi gak sering2 laaaahh... :))

2. Menghindari 3 in 1. Klo bawa boil dan gak mo kena macet, berarti harus lewat Thamrin, yang pastinya kena jalur 3 in 1. Klo gak mo kena 3 in 1, harus cabut sebelum jam 4.30... Sebenernya sih cuek aja, toh jam kerja gw fleksibel. Tapi agak gak enak juga klo terus2an pulcep, apalagi gw baru dateng jam 10 :)). Klo mo tetep pulang jam 5 dan lewat Thamrin berarti harus bayar joki yang seorang aja 20rb, krn gw cuma sendiri berarti perlu 2 orang joki, berarti 40rb... Gile bayar joki lebih mahal dari duit makan gw sendiri :)) Belum menghitung segi keamanan... Mo aman dan bebas 3 in 1, ya lewat jalur belakang, Tanah Abang - Casablanca, tapi dijamin capek... ya capek fisik, juga capek ati, karena harus ngadepin maceeeeeeeeet!

3. Sempitnya lahan parkir. Gedung kantor gw cuma punya lahan parkir di basement, klo mo kedapetan parkir harus dateng pagi, klo kesiangan terpaksa parkir di jalan... yang resikonya ditabrak lari orang - ini pernah kejadian sama mobil Jazz gw yg lama, penyok sepenyok2nya tanpa ada yang bisa diminta pertanggungjawabannya:((

Berhubung gw belum rela bercapek2 ria karena macet, buang2 duit untuk joki, atau dateng pagi cuma karena bela2in dapet parkir, maka... dengan senang dan riang hati gw beralih ke busway ;)

Kenapa gak naik taxi? Kadang2 gw naik taxi, tapi gak selalu laaah... soale berat di ongkos :)). Bayangin, sekali jalan dari Plangi - Kantor ongkosnya 25rb. Itu klo kondisi lancar. Klo pulangnya pasti lebih mahal karena macet. Minimal bolak-balik 50rb... Lha mending gw bawa boil sendiri trus bayar joki :))

Trus boilnya dimana? Secara laki gw kerjanya di daerah Senayan, gw di Abdul Muis, maka kami sering janjian di Plangi. Boil dibawa Mas Adi ke kantor, gw didrop atau dijemput di Plangi... dari atau menuju rumah. Dengan cara itu rasanya jadi lebih efisien ;)

Setelah beberapa kali naek busway, ternyataaaaaaaaa... banyak kesan dan suka dukanya lhooo... qi-qi-qi...

Awalnya sih rasanya beraaaaaaaaaat banget mo naek busway. Soale bawaan gw agak banyak, ya ada tas kecil diselempangin plus tas ransel di punggung. Blum lagi jarak yang harus ditempuh menuju halte busway. Selain mayan jauh (kurang lebih 5 menit), juga penuh "tantangan", soale kudu naek tangga, trus trotoarnya gak mulus... kadang ada lobang, kadang becek, klo sore2 harus berbagi tempat sama para pedagang emperan... Belum lagi, udara di Jakarta tuh selain panaaas, juga plus-plus... plus debu ma polusi. Duh, klo ada bus umum lewaaaat, semburan asap knalpotnya itu looooh, weeeeewwww... srasa item langsung muka gw :))

Trus yaaa, fasilitas jembatan busway juga rada2 kurang nyaman nih, terutama di bagian lantainya yang kadang2 suka bolong2 atau kurang kokoh. Rasanya ngeri klo tiba2 ambles trus gw jatoh donk ke bawah? (lha iya lah, mana ada jatoh ke atas, hahahaha). Uda gitu diatas jembatan tadi masih harus berbagi dengan para pedagang yang ngemper. Bukan cuma bikin tambah sempit, tapi juga bikin "lalu lintas" pejalan kaki terhambat. Gimana gak, lha wong yang harusnya pada cepet2 jalan malah jadi pada liat2 alias window shopping getooooo... :))

Uda sampe di halte busway, rasanya ketabahan masih harus diuji... soale klo waktunya pas jam berangkat atau pulang kantor, bisa dipastikan antrian yang panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaangggggggg banget, dimulai dari beli tiket, trus masuk, trus nunggu busnya dateng. Mending klo datengnya cepet, ini kadang suka lamaaaaaaaaa, yang bikin antrian jadi tambah panjang. Eh begitu busnya dateng, yang boleh masuk cuma 2-3 orang, soale busnya juga puenuuuuuuuuuuuuuuuuh bangetttttt!!! Grrrr!!!

Melihat perjuangan diatas, kadang gw mikir, kayanya percuma neh gw dandan keren2 ke kantor. Pake kemeja, celana panjang, sepatu boot, parfum, dandan cantik... eeehhhh sampe kantor bubar jalan semua :)). Apalagi klo busway lagi penuh, kadang adaaaa aja penumpang yang bau badannya "ajaib". Uuugggh... mo menghindar susah, wong uda kaya ikan sarden aja di dalem. Gak menghindar, percuma donk tadi uda mandi parfum??? Wakakakaka...

Tadinya untuk meringankan "perjuangan", gw terpikir utk pake kaos n sendal jepit aja. Sampe kantor baru ganti. Tapiiii dipikir2... ih gak keren ah... Kan biarpun naek busway, tampilan kudu tetep Te O Pe... jadi gpp lah, lecek dikit, yang penting GAYA... Klo jadi bau, ya semprot lagi parfum, klo perlu sampe sebotol... mwakakakakaka!

Meskipun kedengarannya naek busway seperti "penyiksaan", somehow gw masih enjoy kok ;)

Hal2 yang bikin gw masih betah aja nge-busway, diantaranya yang paling utama adalah... no macet. Plangi-Abdul Muis bisa ditempuh 15 menit, uda termasuk sama jalan kakinya. Biar gak antri panjang, gw memilih jam2 yang gak sibuk. Ya beruntung sih jam kerja gw fleksibel, jadi berangkat agak siang atau pulang 15 menit sebelum waktunya masih oke laaah... Klo bawa boil sendiri? SEJAM!!! Gubrag! Mending waktu sejam itu utk leha2 di sauna sambil luluran stroberi ;)

Trus naek busway tuh irit-rit-rit. Bayangin, cuma 3500 perak, bisa sepuasnya "hinggap" dari 1 halte ke halte lainnya (sapa tau lagi kurang kerjaan, mwakakakaka). Dibandingkan bawa boil sendiri? Bayar parkir, joki, bensin? Atau naek taxi? Beda jauh kan?

Banyak pemandangan unik. Naek busway kan berarti berbagi fasilitas umum dengan orang banyak. Klo lagi iseng, gw suka merhatiin penampilan penumpang busway yang beragam. Ada yang wangi, keren dan gaya (yaaa, seperti gw, mwakakakakaka)... atau ada juga anak sekolah, emak2, orang tua, bule, india... muacemmmmmmmmm-muacem lah bentuknya, kekekekekek... Jadi hiburan sendiri loh merhatiin mereka. Apalagi klo sambil merhatiin, sambil dianalisa juga. Misalnya, gw liat ibu2 dengan perhiasan bling2, rambut disasak, make-up tebel, pake oversize sun-glasses pulak... kok naek busway. Langsung deh gw ngebayangin, pastinya ini ibu2 pejabat yang mungkin supirnya lagi mogok kerja lantaran gajinya kagak dinaek2in?!, hihihi. Atau beneran dia pengen naek busway, untuk nunjukin bahwa meskipun dia ibu2 pejabat, tapi bisa merakyat... wkwkwkwkw... Atau mo pamer perhiasan bling2nya kaleee? Kan busway aman dari pencopet? Katanyaaaaa... Hahahaha.

Senengnya lagi naek busway, karena harus jalan kaki, jadinya malah sehat. Walaupun total cuma 10 menit bolak-balik, tapi karena kontur dari jalan, trotoar, dan jembatan yang gak rata dan mulus, jadi harus sering2 bermanuver, malah bikin extra pembakaran kalori loh... sekalian pembentukan otot kaki... Hahahahah, namanya juga gw, klo urusan bakar2 kalori dan bentuk otot, hayuuu ajaaah, jadi makin semangat ;)

Terakhir, yang paling gw suka juga adalah... Gak pusing parkir, gak pusing 3 in 1, kapan gw mo dateng, kapan gw mo pulang, busway selalu ada.

Nah, itulah sekelumit (halah, sekelumit?!?!?!) cerita mengenai suka duka soal busway. Gw sih naek busway gak sampe mikir tujuan mulia seperti ngurangin polusi, kemacetan, dsb... Bagi gw, yang bisa bikin enjoy, itu dia yang gw pilih ;)

**tapi moga2 tulisan ini akan tambah memotivasi Pemrov DKI untuk meningkatkan pelayanan busway-nya ;)**

8 comments:

Pitshu said...

huahhh welcome back Bunda, pantesan nge-blog lagi di rumah lama hahaha.

Arman said...

joki sekarang 20rb? mahal amat ya...
dulu jaman kuliah cuma seribu. huahahaha...

Anonymous said...

ihhh seruu ya Sus...
secara gw blm pernah naik busway..
gak ada sih di Bogor..


Shelly

Anonymous said...

ihhh seruu ya Sus...
secara gw blm pernah naik busway..
gak ada sih di Bogor..


Shelly

Limmy Mama Radhika dan Rania said...

busway mah makanan gue tiap hari sus. welcome to the club deh :)

.:acen147:. said...

@all: bales basi nih saking kelamaan, hahaha!

@pitshu: iyaaa, on-off nih, piiit :)

@armand: klo dari Thamrin, mintanya minimal 15 rebonk!

@shelly: awalnya gw juga takut2 naek busway, Shel... skg ketagihan ;)

@limmy: enak ya, lim... bebas macet... cuma suka desek2an sih :(

Anonymous said...

Genial post and this enter helped me alot in my college assignement. Gratefulness you as your information.

.:acen147:. said...

@anonymous: hi, nice to know that my post can give contribution to ur assignment :)... gud luck ;)