Thursday, September 24, 2009

Petualangan Mencari Tempat Singgah (3)

Ck-ck-ck... ini petualangan kok gak berakhir2... Bentar lagi ngalahin Petualangan Sherina niy, hihihihihi...

Sebenernya, waktu nyari2 apartemen, gw uda serrrr sama 1 lokasi. Tapi adaaaa aja "penentangnya". Pertama adalah soal budget. Budget kami terbatas, karena tadinya mo buat lunasin rumah. Tapi karena ada kebutuhan mendesak... Ehm... yaaaa... gw ngaku deh, bukan cuma soal project siiiy... Sebenernya gw mulai lagi program hamil - belum hamil lho yaaa, baru program, cateeet :p-, trus kata dokter gak boleh capek2... makanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa... klo gak sih, gak bakalan gw kepikir utk beli apartemen, sayang duiiiiiiiiiiit, wkwkwkw... Kedua, masalah developernya... katanya pernah ada kasus di salah satu rusunami. Ketiga, soal serah terimanya... yang ini gw ceritain belakangan deh, abis seru banget! Skalian biar pada penasaran, wkwkwkw!

Tapi semua kondisi diatas tidak membuat kami patah semangat. Mumpung liburan, gw jalan terus hunting2. Padahal katanya kudu bed-rest yak, tapi kapan lagi? Klo uda kerja cuma bisa pas wiken.

Apartemen pertama yang gw kunjungi ada di daerah Kuningan, belakang gedung WTC Sudirman. Sebenernya uda merasa cocok. Tapi gara2 SD view, gw sampe gak bisa tidur mikirin... gimanaaaa klo gw lagi bugil trus ada anak SD ngeliat? Apa gak gw ikut menyumbangkan pemikiran pornografi pada anak2 usia belia itu? Hihihihihi... Walopun klo dipikir2, berapa sih presentasi gw bugil di pagi hari, disaat anak2 SD itu ada di skola? Kebanyakan kan malem... UPS! Wakakakakaka!

Setelah "insiden" SD view, berlanjut dengan petualangan2 seru lainnya macem lokasi yg masih deket rumah (kata salah satu ex boss bilang, buat apa beli apartemen klo deket rumah, ya sekalian ke rumah aja... iya juga, wakakaka!), atau pengembang yang gak jelas (malah menurut koran online katanya itu pengembang gurem yang baru coba2 masuk ke dunia properti apartemen... syerem gak siiy??), atau apartemen tanpa kolam (klo mo berenang disuruh ke hotel X, karena masih 1 group... what?!), atau ada juga ktemu sales baru belajar (waktu gw telpon pertama bilangnya harganya X, eh pas didatengin Nyunyu naek hampir 50jt???)...

Tapi karena masih penasaran, kami lanjut tuh cari2 yang lain. Kali ini biar lebih mantep nyarinya, gw ajak nyak. Kan beliau jago tuh disuruh menilai sesuatu ;)

Gak jauh dari kantor, samping sebuah hotel, ada apartemen 1 tower. Nyak n Nyunyu langsung tertarik. Klo gw? Mungkin karena nih apartemen kurang ngetop, trus lokasi kok deket pasar yaaa... rada2 kurang sreg gitu. Tapi oke laaah, kita masuk.

Sampe disana ditemuin sama bagian marketing. Katanya ada unit tersisa, kami bisa langsung melihatnya. Waktu gw masuk ke dalam unitnya... gw uda liat... tembok pada retak. Padahal bangunan baru... Ini mungkin karena efek gempa. Karena beberapa apartemen yang gw datengin juga kena efek serupa. Masih oke lah. Balkonnya kokoh dan keren, bukan cuma sekedar pager besi biasa. Gaya bangunannya agak2 Eropa klasik gitu... bagi gw rada aneh ya, secara ini di lingkungan deket pasar kok gaya Eropa, wkwkwkw... Trus pas gw liat view-nya... duh yaaa pasar maning-pasar maning. Sama SD View aja gw sampe gak bisa tidur mikirin terus, ini Pasar View? :((

Gw mah emang dasarnya uda gak sreg ya... mo dipromosiin dapet tambahan 2 AC (merk China) plus water heater pun... hati gw gak tergerak. Cuma nyak n nyunyu yang kliatan semangat (ato pura2 kali, karena gak enak, wakakaka!)... Lebih parah lagi, pas gw tanya fasilitasnya... Dibawa lah kami ke suatu lantai yang ada kolamnya... Kolamnya... emang ada siiiihhh (masih mending daripada yang gak ada sama sekali n nyuruh gw berenang di hotel?!)... tapiiii... itu kolem apa bak mandi yak... kok keciiil... Waduh, gw bisa dituntut gak ya klo ada yang ngerasa pemilik apartemen ini... Yaaa abis gitu kenyataannya :p... Tyus aernya kok rada butek, hihihihi... Padahal kan bayar maintenance-nya mahal, harusnya kan fasilitas ini terjaga dengan apik... airnya jangan sampe butek... tapi ini koook...???

Ato mungkin perasaan gw kali ya bilang itu kolam gak ... hmmm... apa ya istilahnya? Gak "hidup", kali? Mungkin karena sepi, gak ada yang berenang sama sekali, jadinya gak kaya di kolam renang deh... ya bener kaya yg gw bilang tadi... kaya... bak mandi? Wkwkwkwkwkwkw...

Padahal harganya menarik loh, malah dari harga di price list, masih bisa dibantu turun mayan banyak. Tapi, udah lah... gw uda ilfil sama kolamnya... Nyak n Nyunyu mah langsung tau deh reaksi gw klo gak minat, ya gak keluar kata2 sama sekali. Paling cuma senyum basa-basi... Maap, gak dulu kali, yaaaa??

Abis dari situuu, ke apartemen daerah Sudirman... yang mayan terkenal. Waktu masuk rada2 minder... Bukan apa, gw kan uda pernah searching di internet. Ini apartemen mahal. Harganya bisa 2x budget kami. Yakin deh gak sanggup. Tapi karena uda masuk, gak ada salahnya dicoba. Apalagi nyak masih gak percaya tuh klo mahal... Sampe diliatin price listnya... baru deh percaya, wkwkwkwkw... Mana uda gak ada lagi unit yang terkecil, dan yang terkecil aja diluar budget. Hihihi, bener2 bikin minder deh!

Uda gitu yaaa, marketingnya agak2 1/2 mengejek deh. Mungkin dia bisa mencium hawa2 "kere" kami yaaa, wkwkwkw... apalagi si Nyunyu bolak-balik bilang mahal mulu... Eh dia sampe nunjukin looh, invoice salah satu customer yang berani bayar CASH untuk 1 unit apartemen 2x budget kami. Trus si marketing itu bilang, "Yaa... bisa juga klo mau KPA..." ASEM! Hihihihi.

Tapi untuk sekedar menghibur diri, kami tetep masuk ke show unit-nya yang 2 dan 3 BR. Gileeee... MEWAH deh! Udah-udah... cukup deh liat2nya, bikin tambah sakit atiiii... Hahahahaha!

Selesai di apartemen itu, kami "hinggap" di kompleks yang lain. Masih di bilangan Sudirman, tapi kali ini yang kelas menengah. Ini apartemen uda mayan lama jadi, so semua uda sold-out. Klo mau paling yang secondary. Beneran aja, sampe sana uda gak ada lagi bagian marketingnya. Ada juga owner langsung yang jualan. Dan dibawalah kami ke unit salah satu owner. Uda full furnish... BAGUS... katanya... Let's see...

Baru mo naek ke atas, eh ktemu cewek dg dandanan ajaib. Celana super pendek, baju super tipis kaya daster. Tapi bukan mo tidur, soale bawa2 blanjaan, kaya abis shopping. Trus gw liat ke atas... walah... pameran jemuran... Duh, kombinasi cewek seronok dan jemuran... rasanya kok rada2... gimana gituuu? Kotor? Ato mesum? :p :p Apa karena kebanyakan penghuni? Karena pas gw tanya, ada ribuan lho penghuninya? Wakwaawwww!

Begitu liat unit yang dimaksud, yang katanya BAGUS ituuuu... Errr... ilfil lagi... Apalagi sebelumnya baru masuk ke show unit yang MEWAH dan ELEGANT... Begitu liat yang ini... Err... merah sih emang warna favorite gw... tapi klo merah mendominasi semua warna furniture? Hi hi hi... nyengir aja deeeh!

Yang lebih takjub waktu gw tanya harga berapa? Lebih mahal dari apartemen baru sekelasnya. Padahal luasnya gak seberapa... Trus gw liat semut2 keluar dari lubang2 di lantai kayu (itu lantai aslinya keramik, tp uda berlapis kayu... skali lagi point minus dari yang katanya BAGUS tadi)... Belum lagi Pager di balkon mulai karatan...

Yaaa...hhh... kayanya lewat niiiih... :p

AGAIIIN???

PUTUS ASA???

BELUUUUUUMMM!!!

Kali ini kami menjelajah daerah Kemang. Katanya sih disana juga ada apartemen kelas menengah. Lokasi mayan laaah bergengsi, kan banyak expat. Tapi pas dijalanin... kok jauh yaaa... gak sampe2 nih... Mulai ilfil lagi... Trus pas uda sampe... Tambah kecewa soale selain kecil, harganya mahal... Forget it! Wkwkwkwkw!

Buseeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttt!!! Itu namanya hunting apartemen, sampe mo copooot rasanya seluruh persendian. Susah amat siiih???

Ya sutra deeeeh, coba balik lagi ke pilihan awal. Itu pun, setelah konsultasi panjang lebar sama Om Cliff dan Dessy, wkwkwkw... Bodo deh gw dibilang bawel, daripada gw salah jalan?

Yang mana sih yang dimaksud? Itu tuuuh... apartemen di bilangan Thamrin, tepatnya di belakang Bunderan HI. Waktu gw search di internet, semua unit uda serah terima, otomatis uda sold out. Klo mo beli, ya dapet yg secondary, yang harganya uda naek banyak. Sebenernya lagi dibangun kompleks baru, tapi serah terima taon 2011. Klo gitu percuma donk, kan gw beli apartemen tujuannya biar gak capek? Trus selama 2 taon itu gw mo ngapain?

Tapi karena pilihan semakin terbatas, uda usaha cari sana-sini gak ada yang bikin gw serrrrrrr, gw pikir sudahlah... dicoba aja... gak ada salahnya kan? Sapa tau ada yang cucok?

Waktu dateng kesana (kali ini cuma bareng Nyunyu), disambut hangat oleh bagian marketing. Trus ditunjukin maket apartemen yang uda jadi. Menarik... yah dari awal emang gw tau ini bagus, tapi harga?

Dikeluarin lah brosur2, daftar unit tersisa beserta harganya...

Gw liat... waaaw, uda banyak yang sold out. Gw gak yakin deh, ini beneran uda sold out ato blon? Secara serah terima baru 2011, tapi kok uda hampir 90% terjual? Ato jangan2 ini cuma strategi marketing untuk menjual unit2 "buangan". Sapa tau ada yang bener2 pengen punya apartemen, ya beli aja... Padahal mah sebenernya unit2 bagus masih ada, tapi disimpen untuk stok nanti... Emang tuh kurang ajarrrr! Tapi begitulah kenyataan. Makanya harus bener2 jeli, jangan sampe kejeblos!

Gw liat sih ada 1 unit studio tersisa. Ada juga beberapa unit 1 dan 2 BR. Tapi karena mampunya beli studio, jadi ya langsung fokus sama itu aja, hahaha! Luas nett sekitar 28m2, lantai 18, ngadep Barat. Sedangkan unit yang 1 dan 2 BR ada di lantai 6, ngadep Timur.

Soal urusan ngadep2 ini juga problem. Gw baru tau dari Om Cliff klo beli apartemen jangan ngadep Barat soale bakalan panas... Tapi kan sanggupnya cuma itu... ya mo apalagi, gak bisa milih... kaya' kebanyakan duit aja, hihihihi... Soal panas bisa diakalin laaah... sapa tau kacanya dilapisin V-kool ato gak pasang gorden kali biar ademan :p :p...

Yang lebih penting dari urusan ngadep mana, sebenernya urusan lantai... Karena ini langsung berurusan sama nyak-babe. Mereka paling concern banget sama ketinggian lantai. Pokoke gw gak boleh beli apartemen yang lantai di atas 10. Katanya klo gempa ato lift mati, nti susah turunnya. Apalagi klo gw lagi hamil... Duuuh, dasar nih pikirannya masih kolot deh. Tapi ikutin aja deeeh, daripada gw cari masalah, uda bagus babe gw mulai kasih lampu ijo :p... Walaupun gw juga mikir, yang paling gw sanggup beli tuh cuma yang studio, dan lantai paling rendah ya di 18. Sisanya lantai 37 dan 40, makin gak mungkin aja kan disetujui?

Ugggh, pusing deh gw... Klo gw mo ambil KPA sih mungkin bisa ya ambil yang 1 BR. Tapi gw gak mo ngutang bank lagi. NO WAY! Cukup deh urusan sama bank mah untuk rumah aja, gak mo nambah2 beban. Ini aja uda diomelin karena duitnya kepake buat apartemen, apalagi klo masih nambah utang, wkwkwkw!

Waktu gw pulang, gw coba jelasin ke ortu gw, kondisi kami berdua saat ini... kemampuan yang kami miliki... klo cuma soal ngadep mana or lantai berapa... itu maaah, gpp deeeh... lagian kan gak bener2 18 lantai, uda kepotong sama lantai 4, 13, 14... jadi sebenernya 15 lantai. Itu pun apartemen, jadi kan gak tinggi2 amat jarak antar lantai dan plafond (emang rumah?!)

Ternyata... namanya ortu tuh sayang banget sama anak yaaaa... Setelah kami pulang ke rumah, mereka masih diskusi berdua. Mikir2 anaknya kesian kali klo di lantai tinggi... Akhirnyaaaaa... tau gaaaak??? Mereka mau loooh bantuuuu nambahin sisa biar dapet 2 BR di lantai 6 (harganya kebetulan sama dg 1 BR krn clearance sale, sisa 3 unit). Huaaaa!!! Terharuuuu!!!

Tapi bantunya bukan gratiiisss... Teteeeep gw kudu nyicil ke mereka. Cuma kan beda ya, klo gw ambil KPA kena bunga bank... Ini tanpa bunga... Terharuuuuuuuuuuuu!!!

Tau gak, waktu babe gw bilang mo bantu ituuu... gw cuma bisa nyengirrr, lebaaaaar bangeeeet! Eh babe gw malah bilang...

"Napa kamu, kok nyengir2? Itu kan utang, bukan hadiah! Jadi kalian berdua harus cicil tiap bulan. Harus ada perjanjian hitam di atas putih. Dan kalian harus commit!"

Walopun dengan tampangnya yang masih galak, gw mah gak berasa diomelin dah. Gw cuma bisa angguk2 aja, dan tanpa terasa air mata mengalir di pipi. Padahal mah, 2 hari sebelumnya baru aja ribut gak setuju, eh kali ini malah mo bantu. HUAAAAAA!!!!

Dengan penuh semangat, gw kontek lagi tuh bagian marketing, siap2 mo kasih DP. Tapi entah kenapa yaaa, pada saat hampiiir aja mo transfer tanda jadi... tau2 babe gw telp lagi (feeling tuh dia, wkwkwkw).

Dia tanya...

"Kenapa ya kok harga 2 BR beda dikit dengan harga 1 BR?"

"Kan karena clearance sale, paaa... Yang ini launching lebih dulu daripada yg satunya. Sisa cuma 3 unit..."

"Oooo gitu, launch lebh dulu berarti serah terima lebih cepet?"

"Iyaaa, yang ini Juni, sedangkan satunya Desember..."

"Juni 2010 ya... hmmm lama juga... sih!"

Wat? Babe kok ngeh-nya 2010? Pan gw uda SMS bilang itu 2011? Jangan2 dia gak baca bagian itu?

"Errr, paaa... itu 2011, bukan 2010..." *nada takut2...

"APAAAA?! DUA RIBU S E B E L A A A aaaaaaa SSSS?" *sumpah ini ngomongnya sampe tereak

"Ya iya, paaa... Klo mo yang uda ready, harganya uda pada naek..."

"SUSY... APA ALASAN KAMU MAU BELI APARTEMEN??" *duuuh... mulai deeeh!

"Biar gak capek..." *nadanya pelaaaan banget :p

"TRUS APA ARTINYA KLO BARU DITEMPATIN 2011? KAMU MO NGAPAIN SELAMA 2 TAON?"

"Ugggh... kost... yang murmer di belakang kantor" *stupiiiiiiiiittttt answeeer, Suuus!!!!! abis panik, gak tau mo jawab apa n yang kepikiran cuma itu, hahaha!

"APAAAAAAA????" *anggep ini pake font ukuran 30 saking babe gw tereak kenceng, wkwkwkwkwkw

Selanjutnya bisa ditebak... "peperangan" yang tadinya uda mereda, jadi dimulai lagi. Gebleknya gw, dinasehatin ortu, bukannya nurut kek gitu, malah ngelawan. Soale gw yakin klo unit yang uda jadi pasti mahal. Klo mahal, makin gak sanggup. Ini aja uda dibantu, mo sampe berapa dibantuin? Gw gak mau ngebebanin ortu gw T_T

Percakapan di telpon berakhir dengan nada menggantung serba gak enak. Babe marah, gw juga ngotot. Yah, anak tunggal, bintangnya sama pulak... bisa ditebak kan? :p

Abis ribut di telpon, gw jadi gak bisa tidur... Ada sedikit perasaan menyesal. Kenapa sih gw gak ngalah aja, cari2 dulu kek... Sapa tau harganya gak seperti yang gw bayangkan? Okelah... Tengah malem itu juga gw cari lagi di internet. Kali ini gw cari yang bener2 uda ready to stay. Yang secondary juga gpp deh. Tapi klo bisa yang masih bangunan baru. Masih di daerah Thamrin juga donk. Masih satu kompleks, cuma yang ini uda lebih dulu serah terima sekitar awal2 2009.

Ternyataaa, Tuhan Maha Adil, Maha Penyayang, Maha segalanya deh... Setelah gw search di internet, ada beberapa unit secondary yang dijual oleh agent. Dan klo dihitung2, uang kami plus bantuan nyak-babe, masih cukup... Malah lebih murah dari yang 2011 itu. Walaupun cuma 1 BR, tapi cukup lah... Gak cari yang gede2 amat kok, yang penting nyaman, lokasi strategis, harga terjangkau (plus lantai rendah, jangan juga ngadep Barat... halah banyak syarat, hahaha!).

Akhirnya malem itu jadi malem yang panjaaaang banget buat gw. Gw gak bisa tidur sampe jam 3 pagi, mikirin... betapa gw anak yang durhaka. Ortu gw uda sayang banget sama gw, eh kok gw malah ngelunjak. Gak tau diri... Gw menyesaaaal banget... Kebayang wajah babe gw, yang walopun galak, tp sebenernya amat sangat menyayangi gw. Kebayang wajah nyak, yang uda bela2in ngedukung gw walau awalnya ditentang babe, sampe akhirnya babe mau support... Pasti mereka kecewa sama gw... Ugh-ugh-uggghhh... So STUPIIIIIIIIIIITTTT!!!

Gak bisa tidur, jam 6 pagi gw terbangun. Hal pertama yang gw lakukan adalah, menemui mereka. Minta maaf... Untuuung, masih dimaafin... Kata nyak gw, babe gw juga sama, gak bisa tidur, kepikiran terus semaleman... Duh, coba deh... klo sampe babe gw sakit karena mikirin gw yang sok tau, sok pinter, sok punya duit pdhl masih kurang juga, wkwkwkwkw... betapa berdosanya gw... Huaaaaa!!!!

Yaaah, setelah kejadian itu, akhirnya kami bisa juga memantapkan pilihan mo beli apartemen yang mana. Sekarang tinggal cari agent or orang yang mo jual unitnya. Pesen wanti2 dari Om Cliff, jangan buru2. Cari unit yang bagus, berani tawar harga...

Is that easy?

Yaaaah... kita liat aja nanti... karena petualangan ini masih jauh dari kata "THE END"... ;)

2 comments:

Me said...

eh.. cerita serah terima tu yang 2011 itu ? g pikir ada masalah sama agent nya gitu Sus hahaha.. sampe g cari2 mana ne cerita serah terimanya, da abis ko lom ada :p

.:acen147:. said...

Haahahhaa, iya maksutnya yg ituuu :p