Sunday, September 27, 2009

Tips Belanja Apartemen

Eh iya, ini ada tips blanja apartemen dari orang awam seperti gw yang "cuma" survey 10 apartemen ("cuma" tapi teuteup aja bikin gempor, wkwkwkwkw)... klo ada masukan, boleh deh ditambahin ;)

- usahakan lantai rendah... strategi marketing, biasanya lantai rendah di-keep dg alesan uda sold-out. sebenernya tujuan mereka biar lantai2 atas kejual dulu, soale paling susah jual lantai atas... klo mo beli, jangan langsung nunjukin minat... harus agak keukeuh mau yang mana, pokoke minta supaya dicariin... kecuali emang bagi yang seneng lantai atas, ya gak ada masalah :) *tips ini omongan langsung dari bbrp marketing n broker yang gw temui, wkwkwkwkw

- serendah2nya lantai, klo bisa minimal lantai 6... soale dibawah lantai itu, kecoa masih bisa naek... klo lantai 1-2 mungkin malah ada nyamuk? selain itu, menghindari banjir deh... secara Jakarta, gitu loooh!

- klo bisa jangan ngadep Barat, soale panas. gw uda compare, emang agak beda sih rasanya... klo di Barat berasa agak gerah... mungkin bisa sih diakalin dg pelapis kaca macem v-kool atau pake gorden biar agak ademan. tapi klo bisa milih... better Utara or Selatan *ini tips dari Om Cliff

- klo bisa lagi cari yang WC-nya jangan samping2an sama WC tetangga *tips lagi dari Om Cliff, tp klo rada susah nih, wkwkwkw!

- cari info sebanyak2nya, terutama soal developer apakah cukup qualified, ato tahap pemula? yang uda pengalaman aja masih suka kesandung kasus lhooo! so ati2 deh :)

- cek surat2, nomor IMB, AJB, dsb... terutama ati2 bagi yang bangunannya belum jadi... takutnya ada krisis, mandek... duit uda keburu ilang... wah...

- dateng ke lokasi... liat kualitas bangunan, kokoh gak... fasilitas2 apakah terjaga dengan baik... compare dg biaya maintenance worth it gak dg praktek di lapangan?

- cek harga pasar... soal harga tentu tidak lepas dari faktor lokasi, luas, fasilitas... cari yang paling make-sense. kadang harga terlalu rendah terlihat menggiurkan, tapi pas dicek, ternyata yaaa... ada aja yang kurang... pepatah yang mengatakan "ada harga ada rupa", itu benar adanya. tapi ati2 juga dg harga mahal, sesuai gak dg yg dijanjikan. pokoke kudu cek n ricek!

- sama tipe, tapi bisa beda2 dikit luasnya... cari yang lebih besar, walau cuma beda nol koma sekian... soale ngaruh ke harga jual, wkwkwkw...

- bagi yang mo buat invest, apartemen studio or 1 BR lebih gampang dijual/sewa, daripada yang besar2. Malah harga sewa 1 BR dan 2 BR cuma selisih 1 juta, padahal harga belinya selisih 200jt, wwkwkwkw.

- klo minat dg apartemen secondary, biasanya uda gak dijual sama marketing developer... walaupun ada juga developer yang punya divisi khusus Leasing and Secondary... nah tips-nya adalah, cari info sebanyak2nya. biasanya sih harga dari owner/broker di luar lebih murah daripada divisi khusus tadi. tapi bisa aja sama, klo jago nawar... makanya, yang paling penting sebelum belanja adalah... cek harga pasar ;)

Well, itu aja kali ya... klo kurang lengkap/salah mohon dikoreksi... moga2 tips ini membantu...

Hepi shopping!

1 comment:

infoGue said...

Hai, salam kenal, artikel anda ada di

sini

ayo gabung bersama kami dan promosikan artikel anda ke semua pembaca. Terimakasih ^_^