Friday, November 13, 2009

Emang Enak Jadi Leader? :p

Tau deh mo nulis apaan. Bentar lagi juga uda kudu berangkat nih ke kantor trus miting. Tadinya siy buka2 laptop krn mo cari dokumen utk persiapan miting. Tapi dokumennya gak nemu, malah nemu poto Iting yang co cuiiiit. Ih jadi kangeeeen.... :)

Tapi ada sedikit yang mo gw critain... soal ribetnya project yang sedang gw tanganin sekarang. Sebenernya project ini ada 2, dimana gw ditunjuk sebagai PM utk salah satunya. Sedangkan project yang 1 lagi kerjasama dg vendor luar. Dari awal siy gw uda tegesin klo gw GAK MAU jadi PM utk 2 project. Gila kali. Karena gw bersikukuh, akhirnya boss rekrut 1 orang lagi, yang dianggep cukup senior utk jadi leader. Trus, supaya gw gak "kesangkut" di project itu, gw berusaha sekuat tenaga utk tidak melibatkan diri sedikitpun. Karena klo sekali aja gw involve, bisa panjang critanya *pengalaman yang udah2 begitu siy, jadi kapok, huehehehe!

Leader yang baru direkrut, sebut aja namanya X, diambil dari end-user yang memang punya pengalaman secara bisnis. In my humble opinion yaaa... orang yang cocok sebagai leader dalam project adalah yang pernah punya pengalaman di project. Terserah mo dari end-user atau vendor, orang bisnis atau teknis... yang penting uda pernah nyemplung di project. Karena klo uda di lapangan, ceritanya uda lain deh. Gak berlaku tuh teori2, semua pake strategi, yang hanya bisa dipahami setelah berkali2 terjun dalam project langsung.

Gw sendiri nih, uda berpuluh2 project gw handle, tapi masih aja banyak kekurangan. Gw masih belajar dan terus belajar, dari senior2 juga dari client. Terjun dalam project itu bener2 uji nyali. Dan semakin besar nilai project, semakin besar juga resiko yang dihadapi.

Walaupun gw cewek, harus tetep berani maju ke depan. Klo dalam meeting, isinya 15 orang, gw satu2nya cewek yang membuka dan memimpin. Dibantai ya dibantai aja. Sampe panas-merah kuping rasanya. Ya hayuk aja lah... MAJU TEROOOOSSSS!!!!

Nah, klo gw liat gelagat X ini, sepertinya dia belum pengalaman dibanting2 di project, huehehehehe. Yah mungkin masih terbawa2 suasana sebagai end-user, kali yaaa... yang biasanya digali infonya oleh vendor. Sedangkan vendor harus punya taktik bisa menggali info dari end-user. Bisa simpulin sendiri kan? :p

Yang kelimpungan anak buahnya. Karena garda depannya kurang aktif, yang belakang jadi gak kebagian info apa2. Padahal yang belakang ini bagian teknis yang nantinya bakal ngebangun solusi mulai dari pondasi sampe atapnya (rumah, kali, huehehehe). Klo dari pondasi aja uda binun, gimana selanjutnya?

Gw sebenernya uda mulai mendengar keluhan2 ini dari awal. Dan gw uda pernah sekali lapor ke boss (tapi netral kok laporannya). Cuma si X emang pinter sih ngedeketin boss, jadinya boss lebih memihak dia daripada anak buahnya yang lain, huehehehe.

Yo weis lah, lagian komitmen gw, gw gak mo ikut campur sedikit pun, karena takut lama2 "basah". Gw stay cool aja deh. Pura2 gak tau :d

Eh tadi malem... tiba2 gw dapet sms dari si X, yang isinya sih sedikit curhat klo dia seperti kurang dihargai oleh team yang lain... Dan berharap gw gak terpengaruh oleh cerita2 yang beredar belakangan :p :p

Gak lama kemudian, gw dapet sms lagi dari anak buah X, isinya curhat juga... kebalikan dari isi sms si X, yang bilang katanya dia kelimpungan karena selama ini X kurang pro-aktif, kerjanya gak jelas, dll, dsb...

Hueeee... binun deh gw... Gw mah netral aja aaaah.... Gak mo ikut... Cuci tangan...

Yah, gw sendiri juga bukan leader yang sempurna... Tapi gw tau, kerjaan jadi leader itu susah. Allowance-nya emang lebih tinggi dikiiiiit dari yang lain, cuma tanggungjawabnya itu berlipat2 ganda, gak sebanding dg harganya tadi, wkwkwkwkw.

Jadiii... gw berusaha mengademkan suasana dg meminta mereka utk sama2 saling menghormati. Klo ada yang gak berkenan, coba dibicarakan dari hati ke hati. Project masih lama, gak enak klo musuhan. Apalagi klo ketauan sama client, jadi keliatan gak profesional... Saling introspeksi lah...

Well, gesekan itu pasti ada. Namanya manusia beda isi kepala, ditumplek-blek dalam project dg segala permasalahannya. Ada tekanan, bikin stress. Klo gak kompak mah bubar aja...

Makanya... susah kan jadi leader? Baru team 3 orang uda pada berantem. Team gw 15 orang, isinya ada yang senior, junior, pada galak semua lage... Kudu pinter2 bawa diri lah. Tapi juga harus tegas, jangan mau disetir anak buah... emang enak ngatur orang sebanyak ituuu??? Hahahahahaha!

3 comments:

Anung said...

jadi PM ga enak... datang kudu paling pagi.. pulang kudu paling malem.. jadi mandor.. tapi gaji kuli T___T

.:acen147:. said...

@anung: ada strategy nya kok nuuung. Jd PM hrs bs manage, biar g semua dkerjain sendiri. Kadang teori susah dpraktekin, tp g ada salahnya dcoba hehehe ;)

.:acen147:. said...

@anung: ada strategy nya kok nuuung. Jd PM hrs bs manage, biar g semua dkerjain sendiri. Kadang teori susah dpraktekin, tp g ada salahnya dcoba hehehe ;)