Saturday, December 12, 2009

Client Genit

Lagi di tengah2 miting serius, tiba2...

"Bu Susy keliatan tambah gemuk ya?"

Heh? Gw melongo menatap si empunya pertanyaan, sebut aja Bapak X.

Dan ternyata bukan gw aja yang melongo, peserta miting yang lain pun (semua bapak2), ikutan menoleh, sebentar ke Bapak X, sebentar ke gw. Sepersekian detik kemudian suasana menjadi riuh-rendah, seolah2 lupa bahwa sebenarnya kami sedang berada dalam diskusi penting...

Mendapat serangan mendadak tanpa diduga seperti itu, alhasil muka gw langsung memerah...

"Err... saya lagi hamil, pak... 4 bulan... uda naik 8kg.."

Yang lain langsung meledek, bukan membahas berat badan gw, soale mereka uda tau kok gw lagi hamil, jadi lumrah aja klo keliatan gemukan. Yang bikin heboh kok si bapak segitunya perhatian sama gw sampe2 nanya soal "pribadi" (buat perempuan hal seperti itu pribadi toh?). Apalagi sebelumnya beberapa kali Bapak X melontarkan statement2 atau pertanyaan2 usil, yang entah maksudnya serius ato cuma mo godain gw?

Seperti tempo hari, di kala meeting yang seharusnya suasananya agak tegang... karena kami membahas suatu dokumen yang belum juga menemukan kata sepakat. Deadline makin gak jelas karena peserta lain harus mengikuti raker, yang membuat pekerjaan semakin tertunda. Entah ide darimana, tiba2 si Bapak X berujar...

"Masa saya harus ngerjain berdua aja sama Bu Susy? Nti jadi kasus Antasari... gawat dooonk?!"

Huaaaaaaaaaaaaaaaaa!!! Ancuuuuurrrr!!! Spontan lah semua pada langsung ketawaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!

Sedangkan gw? Binun serba salah tingkah. Mo nunjukin muka be-te, gak mungkin karena beliau salah satu petinggi yang biasanya angker. Mo nunjukin muka seneng, kenyataannya gw sebel. Ya udah, pasrah!

Gw bener2 gak ngerti deh dengan Bapak yang satu itu. Walaupun di awal2 project, beberapa temen uda nangkep gelagat klo Bapak X sepertinya menaruh "perhatian" khusus terhadap gw. Karena pernah sekali waktu team miting tanpa kehadiran gw (gw harus kebut proposal dan POC di kantor), dan pada saat miting... habis tuh pada dibantai sama si Bapak X... katanya...

"Meeting ini harusnya ada kehadiran PM, jadi sebaiknya di-reschedule aja lagi... make sure Bu Susy hadir!"

Padahal itu meeting cemen, yang gw yakin bisa dihandle sama team. Kenyataannya, urusan malah jadi panjang. Kata temen2, Bapak X jadi recok dan bikin suasana miting tambah tegang.

"Sus, Bapak X itu lumernya cuma sama lu doaaank. Lu ikut deh tiap miting sama dia. Gw yakin nih, sikapnya berubah"

Ah pada lebay nih. Mungkin kesalahan gw juga, gak boleh langsung ngelepasin team gitu aja. Yah siap2 deh di miting berikutnya gw bakalan dikomplen karena dianggep gak profesional.

Ternyata?

Bener prediksi temen2 gw... miting berikut jadi lumeeeeeeeeeeeeerrrrr!!! Malah gw gak perlu argumentasi macem2, wong dalem miting isinya cuma ketawa-ketiwi...

Temen2 gw jadi makin yakin deh klo si Bapak kemaren marah2 cuma mo cari2 alesan aja, biar mitingnya diulang dan ktemu sama gw. Haesh!

Dalam suatu project ada client genit?

Itu biasa.

Dari sejak gw masih single, gw udah amat sangat sering menghadapi client iseng. Ada yang single, ada yang uda merit bahkan punya anak segede gw kaleee... Gw heran loh, padahal gw selalu bersikap profesional. Gak pernah sekalipun gw bergenit2 ria. NEVER! Dalam berpenampilan juga gw cenderung biasa2 aja. Gak pernah tuh terlihat girly, pake rok mini atau dandan super heboh. Malah klo kelamaan di project, tampilan gw makin kusyuuuut semrawut, hahahahaha!

Tapi kenapa selalu aja ada yang godain. Pasti deh setiap project selalu ada 1-2 orang seperti itu. Malah pernah ada yang terang2an bilang, seandainya gw ktemu dia 25 tahun sebelumnya, udah pasti dia akan melamar gw.

Halah!!

Mungkin ini lah resiko kerja di dunia yang didominasi laki2. Uda umum bagi gw hadir dalam miting 15-20 orang, dan gw satu2nya perempuan. Mungkin bagi client, belum terlalu lumrah mendapati seorang vendor IT wanita, yang kerja layaknya seperti laki2. Pulang larut malam, berdebat dan mempertahankan argumen dalam meeting, berkutat dengan server, wajah berkerut2 di depan monitor. Selama project gw gak pernah sekalipun menunjukkan sisi feminin gw. Malah sebaliknya, kerja sama laki2, ya berpikir dan bertindak seperti laki2. Lembek dikit atau klemar-klemer mah siap2 aja ditendang. Jadi harusnya gw sama seperti mereka, cuma wujud gw aja yang berbeda.

Karena itu, mereka menganggap gw unik kali ya? Wkwkwkwkwk... cewek tapi tampilannya gak kaya cewek kebanyakan. Cewek tapi macho. Hahahaha!

Sedangkan boss gw punya pendapat lain, kenapa dia memilih gw sebagai PM. Bukan hanya soal skill... ada faktor X yang menjadi kekuatan seorang perempuan dibanding laki2. Menurutnya, kehadiran perempuan dalam meeting yang didominasi laki2, otomatis melumerkan suasana. Client mo marah2 juga mungkin jadi agak sungkan liat tampang "sok innocent" gw (kadang gw bisa pasang tampang memelas klo uda jelas2 salah... dan taktik itu selalu berhasil, hahahahaha!). Perempuan juga bisa lebih luwes dalam bernegosiasi dan melobi client. Dan satu hal lagi... ya itu, mungkin belum begitu banyak perempuan berpenampilan macho seperti gw... ibaratnya, mereka kaya nemuin mainan baru kali ya... Hahahaha!

Oke lah, klo gw masih single, gw bisa menikmati "masa2 jaya" dalam hal "menaklukan" client2 yang angker, huehehehehe. Setelah merit, berhubung gw belum hamil, banyak yang menyangka gw masih single dan "gak rela" begitu tau gw uda merit. Malah ada yang nyaranin gw jangan buru2 punya anak, soalnya jadi gak keren lagi. Mwakakakakaka! Apa coba tuh maksudnya?

Sekarang setelah hamil, dengan perut mlendung dan tampilan serba membulat, otomatis pada tau semua klo gw bukan perawan ting-ting... Gw pikir uda bener2 tamat tuh "pesona" gw, hahahahahaha!!!

Eh ternyataaaa... masih laku ajah, wakakakakakaakaka!

"Bu Susy, ati2 loooh... nanti jatuh", lagi2 Bapak X sok perhatian gak jelas...

Os-tos-mas-tis deh gerrrrrrrrrrrr semuanya... ditambah salah satu client ikutan nyeletuk...

"Waduuuh, Bapak X nih, kenapa dari sekian banyak konsultan Berca, yang diperhatiin cuma Bu Susy aja? Kangen ya pak uda lama gak ktemu?"

Waks!!! Kabur dah gw, sementara di belakang gw dengar tawa berderai2 tak berkesudahan... Hahahahaha!

*Genit dikit asal gak macem2, boleh deh paaak... yang penting jangan galak2 ya sama team saya, hihihihi...

2 comments:

d3s said...

waduh sus... moga2 si bp. x ga baca loh... ha3x...

.:acen147:. said...

@dessy: ckakakakaka... baca juga gpp, sekalian biar dia ngerasa klo dia ganjen :p