Sunday, December 20, 2009

Resolusi 2010

Buseeeet, hari ini puanaaaaaasnyaaaa minta ampyuuun. Padahal seluruh jendela dan pintu uda dibuka. Kipas angin nyala puoool (gak pake AC soale mo irit listrik, wkwkwkwk)... tidak membuat keringat berhenti mengalir setetes demi setetes...

Namun di tengah panasnya udara, suasana sore terasa damai, semilir angin sepoy2... mengiringi lagu2 David Foster yang mengudara lewat DVD player... lagu2-nya yang romantis bikin ati tentrem... hmmm...

Mungkin ini lah saatnya untuk sedikit merenung mengenai rencana masa depan. Apalagi sekarang uda hampir di penghujung tahun. Tepat banget mikirin resolusi jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek dulu aja deh, yang paling gampang diraih. Jangka panjang mengikuti hasil dari jangka pendek itu.

Klo taon kemaren mungkin gw gak nulis apa ya resolusi 2009? Seinget gw sih gak... karena gw terlalu hectic dengan project, dan merasa gak punya target apa2, wkwkwkwk... Taon depan... boleh lah... ada sesuatu yang sedang dilakukan dan menjadi target untuk dikembangkan taon depan...

Apa aja?

Ini dia...

1. Jadi mommy funkeh

Artinya? Gak mau ngoyo jadi ibu yang terbaik, tapi lebih ngejalanin prosesnya aja. Mulai dari hamil, gw gak pernah jadiin hamil adalah resolusi, karena selain usaha, dibutuhkan faktor X yang justru lebih dominan. Faktor X yang dimaksud seperti keberuntungan, kuasa Tuhan, timing yang tepat, dsb. Jadi hamil menurut gw adalah rejeki, bukan resolusi. Walaupun usaha gak pernah putus... dan gw rasa dengan sikap santai seperti itu, gw malah lebih survive. Klo gagal, gak terpuruk, klo berhasil sangat bersyukur.

Sekarang uda hamil, trus melahirkan, trus besarin dede... Gw juga mo tetep funkeh. Gak mo terlalu terobsesi sama anak sampe seolah2 gak punya kehidupan sendiri. Gw punya karir, teman2, suami, orangtua... semua sudah ada sebelum ada dede. Walaupun prioritas tentulah buat dede, bukan berarti yang lain harus ditinggalin. Gw mau semua tetap jalan normal. Gimana gw bisa handle, justru disitu lah tantangannya.

Nanti dede kurang perhatian? Pengalaman gw nih, dibesarin sama nyak yang wanita karir sampe uda mo jadi oma2 sekarang... apa gw tumbuh dengan kekurangan dibanding anak2 yang dibesarin oleh full time mother? Gak juga kan? Pola pikir nyak gw, cara dia memandang masalah, mengatur kehidupan agar balance antara karir dan rumah tangga, tanpa menelantarkan anak dan suami... bener2 hebat... dan hal itu yang ingin gw tiru, wanita kuat, mandiri, sekaligus penyayang keluarga ;)

Itulah makna mommy funkeh bagi gw :)

2. Sukses dalam karir

Dari ngobrol2 sama boss sih, sepertinya akan ada perombakan struktur organisasi dan beberapa orang akan dapet promosi. Salah satunya gw... klo soal gaji, pasti naik, tapi yang paling penting adalah tanggungjawab. Plus sedikit perbedaan, karena gw akan ikut cari project dan dikasih quota.

Suatu hal yang baru bagi gw... Menantang... sekaligus berat... Apakah gw bisa? Harus yakin pasti bisa, kapan lagi kesempatan datang? Lagian sampai kapan mo jadi PM yang hanya terima project? Sudah saatnya gw ikut terlibat dalam mencari, dengan demikian juga akan memperluas network gw. Pasti menyenangkan. Membayangkannya aja uda bikin gw bergairah, apalagi nanti ngejalaninnya ;)

3. Ekspansi bisnis

Wakakakaka, jadi geli sendiri waktu ngetik kata "bisnis". Kayanya terlalu berat klo pake kata itu... Yaaaah, gw lagi mulai usaha kecil2an lah... belum jadi bisnis. Setelah muter2 mikir, mo usaha apaaaaaa??? Resto, butuh sumber daya yang banyak, dijagain full time, modal juga mayan besar. Bengkel, modal lebih gede lagi, cari teknisi juga susah, dan gak ada yang ahli dalam hal kutak-kutik mesin. Franchise apa kek? Ah, ribet kerjasama dg orang. Mending klo dibimbing sampe berhasil... klo ditinggalin gitu aja, dan pontang-panting sendiri? Uda gitu untungnya kudu disetor sebagian? Haesh!

Akhirnya... nemu sih... "bisnis"... eh usaha itu... wkwkwkwk... blum bisa crita banyak lah. Saat ini operasional masih di rumah, kontrolnya bisa dilakukan walau gw dari kantor. Karena modal belum seberapa, sumber daya manusia baru ada 2, marketing dan operasional... selain itu ditambah 2 orang lagi, yaitu gw dan Mas Adi yang terjun langsung dan masih ngerangkep2, jadi marketing, operasional, finance, HRD... bener2 menguras tenaga. Pulang kantor, bukannya berleha2 malah berkutat di layar komputer, ngawasin operasional sekaligus nyatet setiap pengeluaran. Besok paginya uda harus berangkat kantor lagi subuh2.

Tapi kami punya planning untuk tahun depan. Tenaga baru mulai direkrut. Strategi mulai dijalankan... kami akan pindah ke... suatu tempat... wkwkwkwk, nti aja deh ceritanya. Masih belum berani ngomong macem2... klo gagal malah malu... Yang penting gw dan Mas Adi uda mulai sesuatu... emang dari dulu kami berdua satu pemikiran, kerja adalah kerja, selain itu harus ada suatu pegangan untuk masa depan.
Trus juga harus ditunjang management yang bagus. Tau sendiri donk gw klo urusan duit??? Sampe seratus perak juga gw catet, mwahahahahaha! Kami berdua sama2 mikirin gimana caranya usaha ini supaya berkembang. Klo beneran bisa terwujud, bukan hanya keuntungan bagi diri sendiri, tapi juga bisa bantu buka lapangan kerja bagi orang lain.

Uda untung gede dooonk?

Wakakakakakaka! Boro-boroooooooooo... usaha ini ibarat si dede, masih keciiiiiiiil bangeeeeeeet... belom untung, malah rugi... namanya invest belum balik modal. Tapi klo dipupuk, dipelihara, ditunjang dengan manajemen dan strategis yang baik... gw yakin bisa! BISA!!!!!

Moga2... amiiiin!

Udah, 3 hal itu aja deh resolusi gw... Kebanyakan resolusi malah keberatan sendiri. Sekali lagi, gak mo terlalu ngoyo, tapi usaha jalan terus.

Perlahan tapi pasti ;)

2 comments:

Pitshu said...

huah... udah ada postingan resolusi 2010 aja hahaha :), cia yooo~

d3s said...

duh... gua kok males ya bikin resolusi tahun depan. :)