Tuesday, January 05, 2010

Curcol...

Hari ini gw sebel sama kerjaan...

Gara2nya uda sejak sebelum liburan, client gw ada problem... gw uda kirim anak buah ke sana, tapi belum solved2. Bukannya gw gak mo bantu, tapi gw mau mereka coba dulu sampe mentok, baru gw turun. Soalnya klo gak gitu, kapan mereka mo belajar? Dan lagi, uda amat sangat sering sekali terjadi, setiap ada problem, berhari2 gak solved... trus waktu gw turun tangan... solved dalam sehari. Klo semua masalah gw selesaikan sendiri... kapan donk gw bisa lengser dari kerjaan trouble shooting?

Gw tuh binun sama job desc gw...

Mulai dari pre-sales, PM, system analyst, technical, dan sekarang support???

Klo gw tanya priority-nya apa... pertama adalah project yg belum didapet, jadi klo ada opportunity, harus diutamain. Mulai dari presentasi, bikin proposal, POC. Rata2 deadline utk urusan beginian mepet2 semua, jadi pasti LEMBUR.

Priority kedua adalah project yang sedang berjalan. Dan karena posisi gw sebagai PM, jadi urusan schedule, resource, meeting2 dg client, discuss dengan principal... sometimes hal2 sepele seperti ngitungin allowance, adalah kerjaan gw. Tapi sebagai PM, gw juga ngerangkep jadi system analyst yang harus nge-design. Klo sekarang mendingan, gw uda punya anak buah... cuma ya itu, dia masih harus dibimbing, karena experience selama ini bukan di project BI dan banking. So, gw masih belum bisa full hand-over, bisa dibilang 70% urusan design adalah tanggung jawab gw (lagi).

Priority terakhir adalah project yang sudah live. Urusan support ini mah. Karena client uda bayar annual maintenance, jadi merasa berhak "semena2" setiap ada problem. Harusnya ini bagian siapa? Apakah masih bagian gw? Keterlaluan banget gak sih? Gw harus handle mulai dari lini atas sampe bawah gitu? Masa gw masih harus turun coding juga?? Emang sih yang ngerti sistemnya itu gw, karena gw yang buat, gw yang design. Dan kebetulan gw masih inget coding. Tapi apa iya karena alesan itu, artinya bebannya gw juga? Trus buat apa gw punya anak buah???

Karena itu lah, klo ada masalah, gw gak mo langsung turun tangan... karena gw gak mau semuaaaaaaaaaaaa harus gw yang handle. Klo dari semua tugas tadi minta dikerjain barengan, yang mana yang duluan??

Contohnya baru aja kejadian. Client lama ada problem, sementara client sekarang mau kick-off, trus ada opportunity yang minta proposal dalam seminggu. YANG MANA DULUAN YANG HARUS GW KERJAIIIIIIIiiiiiiiiiiiiiiiiiiin??!!!!!!!

Kasus pertama, gw sengaja gak mau turun tangan. Apalagi, Senin kemaren semua anak buah gw belum pada masuk. Malah gw yang uda masuk. Trus boss minta gw handle problem itu. Gw gak mau. Enak banget. Klo gw dateng, trus gw ke sana ngapain? Nyelesein masalah itu? Pasti solved sih... tapi trus tanggung jawab anak buah gw kemana? Enak donk mereka masih pada libur sementara gw pontang-panting?

Gw prefer ngerjain tugas kedua. Karena posisi gw kan sekarang PM, tugas kedua lah yang paling pas buat gw. Gw juga punya target, jadi gw bukan lagi ongkang2 kaki lhoooo! Gw harus kejar consultant yg skg ada di India untuk prepare beberapa dokumen, karena mau kick-off. Bolak-balik con-call, email... bukan email iseng2, tapi harus nyiapin data yang diminta sama consultant sana... kan butuh waktu juga. Itu masih gw cicil dg nyiapin script utk kasus pertama, maksudnya biar pas anak buah gw masuk, mereka gak mulai dari scratch... uda ada bayangan harus ngapain. Gw juga mikir kali, setega2nya gw ngelepas anak buah, masih gw bimbing kok!

Belum kelar masalah tadi, hari ini juga, gw diminta ke tempat client yang berbeda, karena katanya ada opportunity project datawarehouse. Gw diminta jelasin experience selama ini... bla-bla-bla... dan akhirnya dalam seminggu harus submit proposal. Gw bilang aja... gw gak sanggup. Tserah sapa yang mo kerjain, yang jelas bukan gw!

Boss kayanya kesel sama gw. Sejak dari kemaren gw gak mo jalanin apa yg dia minta. Boss bilang ke temen gw, klo gw gak ngerti priority. Harusnya yang mana yang sedang mendesak, itu yang gw kerjakan lebih dulu. Bukannya mbuleeeet bersikukuh gak mo jalan... Itu kata boss... gw sih nguping aja di samping...

BODO AMAT!

Tserah gw mo dibilang apa pun juga. Gw gak akan marah, gak akan melaksanakan juga yang dia minta. Klo dia mo mikir... sebenernya manajemen yang baik tuh seperti apa??

Katanya gw kan mo dijadiin Business Manager? Apa ada sih Business Manager masih ngurusin stored procedure dan syntax2nya? Klo semua harus gw pegang, dimana gw bisa fokus? Bukannya harusnya ada team support, team implementasi, team project monitoring, dan team marketing?

Yang lain bisa kok tenang ngerjain tugasnya tanpa dicampur2 seperti gw. Kenapa gw selalu direcokin sih? Dan selalu disalahin katanya gw gak ngerti priority...

Klo uda kejadian kaya gini... 1 hal dalam pikiran gw... RESIGN!

Gw bukannya lari dari masalah ya... tapi hanya dengan cara seperti itu kali... seseorang akan menghargai keberadaan dan jerih payah kita selama ini...

Temen gw sih tadi anjurin gw utk dateng besok ke client yang lagi ada masalah. Biar urusan cepet kelar. Gw juga gak ngerti deh kenapa anak buah gw gak bisa solved2 problem... padahal uda gw buatin script-nya, dsb-dsb... CAPEEEEEEEEEKkkk!!! Liat aja besok klo gw dateng... pasti sehari kelar. Whats wrong with you, guuuuuyyysss!!! Arrrghhhh!!!!!

Belajar dari pengalaman diatas, sekarang gw gak mo involved terlalu banyak soal teknikal. Gak tergiur dengan iming2 training dan sertifikasi di luar negri. Karena pada akhirnya akan jadi bumerang buat gw. Jadi yang paling ngerti itu malah beban. Mending gw pura2 bloon aja deh... biar gak dibebanin sama banyak hal.

Huuuuuuufffttt... kali ini gw posting SAMPAH! Yah, gw cuma bisa curhat di sini... Gak usah dibaca juga gak pa-pa kok... gw cuma numpang numpahin uneg2...

Hope tomorrow will be better...

2 comments:

luvly7 said...

Cusss ... sabaar!! Tarik napas panjaaang, jangan lupa dilepasin lagi :p

hmm, bisa jadi salah satu alesan kenapa mereka semua dikit2 lari ke elu adalah karena elu jarang (or bahkan gag pernah??) nolak keluhan mereka. Mungkin elu kudu belajar buat cuek, cuman bantuin mereka disaat mereka bener2 butuuuh bantuan seorang expert kyk elu yaa??
Cuman mikir aja, besok2 kalo elu cuti lahiran 3 bulan, mereka pada kebakaran jenggot semua dong yaa kalo ada masalah dikit2??

.:acen147:. said...

@olla: la, gak nyangka ada yang baca postingan ngedumel gw, ha3!

sebenernya gw uda keseringan nolak. akhirnya malah berantem sama boss dan ujung2nya ttp aja harus dikerjain, wkwkwkwk! cuma yg kali ini sih, gw bersikukuh gak mo turun langsung biar anak buah gw aja yg selesein. toh masih gw bimbing kok dari jauh. biar mereka belajar ;)

soal cuti gw nanti... yah uda kebayang... kayanya pada mo cuti juga kali, ha3!