Wednesday, January 13, 2010

Jatuh Bangun Belajar Bisnis

Hari ini kira2 tepat sebulan deh gw n Nyunyu menjalankan bisnis sendiri.

Ternyata berat ya... hihihi...

Awalnya kami cuma punya 1 karyawan sebagai marketing. Operasional kami lakukan sendiri secara remote. Hasilnya? Berantakan, hahahahaha! Sementara meeting dan urusin kerjaan kantor, kami masih harus urusin komplen2, contact supplier... belum lagi klo ada kendala teknis yang harus ditangani langsung tanpa melalui remote.

Wah, kacau balau deh!

Akhirnya kami tambah 1 karyawan... masih baru gak bisa apa2. Diajarin pelan2... sekarang lumayan bisa handle. Kami bisa tinggalin kerja, bahkan nginep di apato tanpa harus khawatir keadaan bisnis di rumah.

Untungnya bisnis ini masih keciiil sekali. Bahkan orang lain yang beli produk gw bisa untung 100x lipet daripada gw sendiri. Strategy-nya gw harus memperbanyak langganan. Untuk bisa seperti itu berarti harus menambah SDM dan ekspansi dg buka di lokasi strategis.

Saat ini gw uda nambah lagi 2 karyawan dan mendapatkan lokasi yang cocok. Semua sudah di-setup. Tinggal launching, yang rencananya sih minggu kemaren. Tapi karena ada kendala teknis, dimundurin lagi jadi minggu depan. Moga2 kali ini bisa berjalan sesuai plan.

Uda untung berapa?

Kecil banget! SUMPAH! Saking kecilnya, untuk gaji karyawan pertama, masih pake duit sendiri, hahahaha! Tapi mudah2an, gaji 3 karyawan berikut uda mulai bisa ambil dari keuntungan bisnis.

Tapi gpp, yang bikin semangat, harga gw masuk pasaran, langganan gw banyak. Untuk menggenjot marketing, gw kasih iming2 bonus bagi yang bisa rekrut langganan. Klo nti uda maju, akan gw tambah bonus lagi dari tiap transaksi penjualan.

Yang lucu nih, kami pernah "tertipu" sama laporan rugi-laba. Jadi, berdasarkan laporan tsb, kami uda untung banyak. Wah, klo seperti ini artinya gak perlu buru2 ekspansi bisnis juga gpp. Apalagi klo ekspansi nanti, hasilnya bakalan bener2 menggiurkan. Sempet kepikiran, klo kaya gini mah, pensiun dini aja dah dari kerjaan sekarang, hahaahaha!!!

Eeeeh gak taunyaaa... kami salah masukin data harga. Jadi itungan laporannya juga salah. Yang bener, kami belum untung sebanyak itu... malah dikurangin biaya operasional, hasil akhirnya masih minus! Waakakakakakakaaaa!!

Abis itu stress dah... Yang tadinya mo mandi, tidur sore biar nyenyak... malah jadi kepikiran... gak mandi... dan gak bisa tidur sampe pagi! HAHAHAHAHA!!!

Trus kami jadi sedih sendiri... kok ni bisnis kagak maju2 ya... mo untung sehari sekian perak aja susah bangeeet... padahal kendala teknisnya banyaaaaaak! Jadi pingin mundur aja, mungkin kami emang gak cocok di dunia bisnis. Kerja aja, kumpulin duit sampe tua... kekekeke!

Tapi setelah agak tenang (besok paginya bangun dg kepala puyeng), kami mencoba bangkit. Bisnis ini kan baru seumur jagung. Kayanya "tega" bener uda judge seperti itu. Lagian mana ada bisnis langsung laku? Harusnya jangan pantang menyerah, diperjuangkan dulu.

Jadilah kami coba bangkit lagi... dan sekarang pelaaaaaaaaan tapi pasti mulai menunjukkan kemajuannya...

Yah moga2 aja deh... anggep aja ini proses belajar. Hasil akhirnya nanti bagaimana, itu yg harus diperjuangkan :)

Wish us luck ;)

5 comments:

Gal said...

bisnis apa?

.:acen147:. said...

@gal: masih rahasia... nti ya klo uda launching... :D... bisnis kecil2an kok ;)

Arman said...

bisnis voucher hp ya....

Yenny - Fidel said...

smoga bisnisnya...pelan tapi pasti...maju trus :)

Sapa tahu byk yg termotivasi buat ikut bisnis juga :)

.:acen147:. said...

@arman: hahahaha... nti deh suatu saat gw kasih tau ;)

@yenny: amiiiin... makasih buat doanya ya ;)