Monday, January 11, 2010

Suka Duka Kerja di Kantor Orang

Pagi ini gw bangun dg perasaan binun... ngantor dimana? Di kantor sendiri yg based camp-nya adalah kantor Abdul Muis, atau kantor client?

Klo ke kantor client... client yang mana? Yang lagi project sekarang atau maintenance?

Yang lagi project sekarang, binun lagi... Head Office atau cabang?

Hihihihihi...

BBM-in boss, nanya dia dimana... katanya kan dia uda sembuh dari sakit, trus Senin mo meeting dg gw. Klo beneran dia hari ini uda masuk dan punya waktu utk ktemu gw (dari serangkaian meetingnya yang amat sangat padat)... ya gw ke kantor. Tapi klo gak... hmmm... gw prefer gak ke kantor deh.

Sebenernya lebih enak di kantor sendiri. Selain deket sama apato (10 menit saja!), juga deket sama Nyunyu jadi gampang dianter-jemput. Trus, klo di kantor dapet jatah kupon buat makan gratis di kantin. Trus lagi... bisa pake fasilitas internet cepet dan telpon sampe ke luar negri (belakangan gw engage dg konsultan dari luar jadi sering komunikasi by phone... yg repot klo lagi di client, masa gw telp pake hp gw ke luar negri? rugi bandar dooonk!)

Tapi di kantor juga ada gak enak-nya. Klo lagi rame, gw bisa rebutan meja dan kursi. Lho gak punya meja dan kursi sendiri? Yah, sebagai konsultan yang nomaden... kagak punya... wkwkwkwk! Klo tiap konsultan dapet jatah tetap begitu, butuh berapa space untuk menampung kami semua yang lebih sering berada di luar kantor? Tapi denger2 sih boss punya rencana bikin ruangan terpisah utk team yang jumlahnya makin lama makin membengkak ini. Klo diliat dari denah ruangan tsb, beberapa BM bakal punya ruangan khusus... Wah klo beneran terwujud, enak tuh... gw gak perlu rebutan lagi... trus kesannya agak lebih private, hihihihi.

Gak enak ke-2, di kantor sering berasa seperti orang asing. Maklum lah, kami terlalu sering di luar, jadi jarang ktemu sama temen2 lain yang selalu stay di kantor. Gw aja baru bisa lumayan akrab sama pegawai lama setelah kira2 2 taon kerja lah, yang notabene 1.5 taon di luar, cuma 6 bulan di kantor. Hehehehe. Salah satu cara biar akrab yaitu mencoba selalu ikutan acara kantor... walaupun awalnya rada2 garink, secara gw kagak kenal sapa2... kekekeke... yah tapi klo selamanya mengasingkan diri, kapan gw bergaul? Lagian, one day gw pasti akan butuh temen2 itu utk keperluan administrasi dll... at least coba mengenal lah ;)

Faktor lain yang bikin agak gak betah di kantor adalah... sering ketemu big boss... dan tiap ktemu, yang ditanya tak lain dan tak bukan...

"Gimana project?"

or

"Kapan bisa nagih?"

or

"Kenapa tender kemaren kalah?"

Errrrrr............... mati kutu deh...

Sebelnya lagi, kesannya seperti ada aturan tak tertulis bahwa... konsultan kebanyakan di kantor = gak ada project = nganggur. Padahal, kadang gw ke kantor utk keperluan project juga, kaya con-call dg principal, miting dg boss, urusan admin, dll, dsb. Trus anak buah yang belum dikirim2 ke project juga karena alasan belum phase development. Nti klo dikirim, kudu bayar allowance... gw lagi yang disalahin... belum ada kerjaan kenapa company harus bayar allowance? Gak dikirim, disangka nganggur kebanyakan idle... salah juga... Jadi serba salah kan?

Faktor berikut yang gak bikin betah kelamaan di kantor adalah... kerjaan jadi gak fokus. Adaaa aja urusan bikin proposal lah, present lah, POC lah... pokoke orang2 gak demen kali liat gw kelamaan santai, pasti dikasih kerjaan! Yah klo gw uda jadi full BM yang tugasnya cari project sih gpp. Masalahnya skg gw juga jadi PM project berat, jadi repot juga harus multi-tasking gitu. Capek!

Berdasarkan faktor2 tsb di atas... makanya hari ini gw milih ke kantor client... hehehehehe!

At least gw bisa fokus dg project yg gw tanganin sekarang tanpa diganggu project lain... Selain itu, jam kerja bisa lebih bebas... hihihihi!

Tapiiii... gak selamanya kerja di kantor client enak... ada juga minus2nya...

Makan gak gratis, kudu bayar sendiri... dan cenderung lebih mahal, hiks! Trus gak dapet fasilitas telpon ke luar dan internet cepet. Bisa sih tetep telp keluar tanpa modal sendiri, caranya minta sambungin sama sekretaris di kantor. Tapi kadang suaranya kurang jernih, dan sekretaris juga gak selalu di tempat untuk dimintain tolong. Klo untuk internet, mau gak mau deh gw modal pake modem sendiri. Yah emang tuntutan kerjaan juga harus begitu karena gw sering "berkeliaran" dan setiap saat pasti harus online. Lagian, pake modem sendiri bisa bebas browsing apa aja! Hahahaha!

Masalah lain adalah klo bawa boil, kudu bayar parkir sendiri. Karcis parkirnya mahal pula, itungannya kaya di mall gitu... Dasar kantor juga pelit nih, harusnya yang kaya gini dibayarin kek. Klo kudu bayar sendiri mah sama aja boong dapet allowance tapi kepotong buat parkir. Dengan situasi spt ini, gw jadi ogah bawa boil. Apalagi skg perut uda buncit, gak boleh nyetir... ya naksi lah... keluar duit lagi... nilainya hampir sama dengan bawa boil, tapi gak capek! Hehehehehe!

Biasanya klo project di tempat lain, kami sebagai vendor disediakan ruangan khusus untuk bekerja. Klo kaya gitu enak deh, private, mo ketawa-ketiwi juga bebas... Tapi project kali ini beda! Kami ditempatkan di suatu lantai, yang tanpa sekat2 ruangan... dan bercampur dengan... vendor lain!!!!!

Bisa kebayang gak... team gw kebagian jatah 2 line kursi dan meja berjejer. Sementara di depan dan belakang gw adalah para vendor dan kompetitor... jadi gw bisa liat kerjaan mereka, gitu juga sebaliknya mereka bisa ngintip klo gw lagi browsing2! Hahahahaha!

Karena di ruangan ini semua benda punya mata dan telinga, kami jadi harus lebih hati2. Gak bebas diskusi, ngomong harus pelan2... jangan sampe ada info penting sampe ke telinga kompetitor. Harus bener2 jaga sikap... gak bisa lagi tuh ketawa-ketiwi atau bahkan berantem, karena gak enak diliat orang luar.

Pokoke di sini kami serasa "telanjang"!

Yang lebih lucu lagi cerita temen gw yang ditempatin di project lain. Kali ini masalah kursi.. katanya kursi yang mereka pake sekarang bukan untuk project. Akan ada budget tersendiri utk kursi project... dan selama itu belum turun, berarti kursi yang sekarang kudu ditarik! Hahahaahahahahaha! Lha trus gimana? Masa harus kerja di lantai? Wakakakakaka!

Yah mo bilang apa... protes sih bisa, tapi kan tetep aja status kami cuma vendor... tamu... mo gak mo ikutin aturan perusahaan orang...

Emang nasib ya... di kantor sendiri merasa asing, di kantor orang jelas2 orang asing... kekekekeke!




No comments: