Thursday, January 28, 2010

Sekilas Mengenai HEPITRONIK

Gw lagi nongkrong nih di FF...

Biar kata uda tinggal di apato, yang cuma 10-15 menit doank menuju kantor atau tempat client, tapi gw tetep berangkat pagi. Sebenernya bisa aja berangkat siang klo mo naek taxi, tp sayang duit ah! Mau gak mau bareng Mas Adi yang jam kantornya pake model absen gitu, dari jam 8 sampe jam 5 sore... yang klo telat gak dapet uang transport ato apa lah... Klo berangkat pagi jam 7 uda start dari apato, sampe tempat client jam 7.15... blum ada yg bukain pintu... OB-nya aja masih kucek2 mata kaleee... T_T. Ya udah, gw "transit" dulu di FF, nti nyambung taxi. Lha sama aja pake taxi?! Tapi kan lebih murah, kekekekeke!

Belakangan gw jadi pelit nih (ah bukannya dari dulu?, hihihi). Bulan ini bayar kartu kredit gila2an dah. Moga2 awal bulan depan semua kembali normal. Bisnis mulai lancar. Sejak pindah ke ruko, rejeki mah ada aja datengnya, walaupun dalam jumlah sedikit, yang penting ada peningkatan ;)

O iya, gw blum bilang ya bisnis apa sih? Kekekeke!

Malu sih sebenernya. Ini belum bisa dikatakan bisnis, karena masih kecil banget. Yang bikin dia masih tetap berjalan adalah semangat. Bukan juga semangat mo cari untung gede, tapi semangat mo belajar ;)

Seperti yang ditebak sama Arman, gw bisnis pulsa :). Masih skala kecil, yaitu sub-server. Jadi gw punya server sendiri, trus beli pulsa dari main server... trus gw jualin ke agen2 dengan margin yang keciiiiiiiiiiiiiiil banget. Dari yang kecil2 itu, dikumpulin lama2 bisa jadi lumayan (blum bisa dibilang gede, kekekekekeeeee!). Klo mo maen agak gedean sebenernya jadi main server. Tapi kami belum dapet channel, lagipula modal yang dibutuhkan juga agak besar. Karena belum pengalaman banyak, kami gak berani ambil resiko. Nanti lah klo cash flow sudah mulai membaik, baru ditingkatin lagi :)

Awalnya operasional masih di rumah dan monitoring dilakukan secara remote dari kantor. Ternyata semakin banyak agent, hal tsb gak bisa lagi dilakukan. Akhirnya kami rekrut pegawai yg masih sodara sendiri untuk bantu2 jadi operator. Untuk menarik konsumen, kami menggunakan sistem marketing keliling yang jemput bola. Harga cukup masuk di pasaran, sistem jemput bola memberikan servis tambahan... dalam waktu kurang dari sebulan, terkumpul agent dalam jumlah lumayan. Awalnya belanja cuma sekian, lama2 meningkat... ternyata para agent ini juga kreatif, mereka menjaring downline dg menaikkan harga sedikit dari harga yang gw berikan. Mereka dapet untung tambahan, gw juga dapet banyak agent tanpa repot2 nyari... jadi win-win solution deh ;)

Setelah kurang lebih 1.5 bulan lamanya, kami melihat prospek bisnis ini lumayan. Soalnya pulsa sekarang itu uda jadi barang consumable. Anak kecil aja pada beli pulsa. Klo cuma jual ke agent, dapet margin yang kecil banget. Apalagi agent tuh klo dapet harga yang lebih miring, walau cuma selisih 25 perak aja, langsung deh pindah. Padahal beban yang ditanggung server seperti kami banyak lho. Internet, telpon, listrik, gaji karyawan, uang transport, promosi... Halah! Klo diitung2 mah belum nutup lah, gak minus aja uda bersyukur, kekekeke!

Untuk menyelamatkan cash flow, maka kami memberanikan diri utk ekspansi dg membuka juga counter... alias jadi agent juga :))... Agent itu untungnya minimal bisa 100x lipet dibanding jadi server lho! Cuma ya saingannya juga banyak. Liat aja counter pulsa ada dimana2, uda bukan barang langka lagi ;)

Supaya dagangan laris, kami pilih tempat yang strategis. Letaknya ada di jalan menuju stasiun. Dari pagi sampe malem, tempat itu rame dilalui pejalan kaki. Tadinya sih lokasi itu mo dibuat jualan makanan. Tapi jualan makanan lebih ribet dari jualan pulsa. Untungnya pasti lebih gede, tapi kerjaannya juga banyak! Harus ada yang belanja ke pasar, masak, ngelayanin pembeli... blum klo dagangan gak laku, nti pada basi... trus dibuang deh. Berhubung kami sekeluarga masih pada kerja kantoran semua, rasanya belum siap buka usaha resto.

Maka per tgl 16 Jan yang lalu, kami resmi memindahkan usaha kami ke sana. Ex-banner, spanduk, etalase, brosur, stempel, jaringan telpon, internet, alat2 kantor, meja, kursi semua sudah disiapkan. Wah, ribet deh. Kami pindahan mulai dari jam 6 pagi, nggotong2 server sendiri, masang2 kabel sendiri, setup segala sesuatunya sendiri ;)

Udah gitu, pas semua disangka uda beres, eh ada aja kendala teknis. Seperti jaringan internet bermasalah, operator baru yang masih gugup, server sendiri bermasalah, server pusat juga kadang bermasalah... wes kumplit! Pokoke selama seminggu pertama itu, kami berdua sibuk pontang-panting dan kurang tidur! Hahaahahaha! SERU!

Jangan dikira juga gw lagi hamil bisa bersantai2 dan dibebasin dari urusan tetek-bengek. Pada hari dan jam kerja, gw dihadapi dengan banyak masalah dalam project. Pulang kerja, masih sibuk monitor bisnis. Pernah sampe jam 12 malem gw masih assisst operator dan akhirnya gak bisa tidur sampe jam 3 pagi... dimana jam 9 keesokan harinya gw harus langsung meluncur ke lokasi untuk troubleshoot masalah! GUBRAG!

Minggu berikutnya, masalah teknis berangsur2 teratasi. Itu juga besar lho dampaknya. Agent2 yang tadinya uda mulai berani belanja gede2an, langsung menyusut... malah ada yang ngilang :((

Duh, bener2 cobaan deh. Klo bukan karena semangat, seperti di awal posting ini gw sebutkan, mungkin kami uda nyerah aja. Bayangin, untung juga gak seberapa, tapi perjuangannya berat juga plus sering kena omel orang. Wkwkwkwkwk!

Perlahan tapi pasti, sejak pindah ke ruko, agent2 baru mah ada aja yang daftar. Trus jual ngecer juga ada aja rejekinya. Gw taro 1 pegawai perempuan, untuk "memikat" pembeli. Hahahaahaha! Eh manjur lho, buktinya dia uda punya langganan tukang bakso sebrang yang selalu isi pulsa klo dia jaga, hahahahaha!

Sekarang yang dihadapi paling kendala non-teknis lah. Seperti agent yang bandel sukanya ngutang. Uda deposit gak seberapa, ngutang pula. Anehnya, dia pas ngelunasin utang sebelumnya, langsung ngutang lagi! Malah pernah dia deposit baru, tapi utang yang lama ditunda pembayarannya. Duh pusing dah gw... dikata gw badan amal kale? Untung dikit aje masih diutangin T_T

Akhirnya management negasin aja deh. Gak terima utang jumlah berapa pun. Termasuk karyawan sendiri, klo mo jualan di luar (mereka gw kasih kesempatan utk jadi agent juga buat nambah2 uang saku), gak ada sistem utang!

Emang bener kata boss gw, management itu gak boleh demokrasi... harus tegas!

Kendala non-teknis lainnya ya paling soal persaingan harga. Udah nyaman nih dg harga sekarang, eh tiba2 supplier naikin harga dg alasan yg bermacam2. Padahal ibaratnya dari merangkak baru aja mo mulai berdiri trus jalan... eh kesandung batu, jatuh lagi deh :(... Terpikir mo langsung aja jadi main-server, tapi cash flow belum stabil... Ah!! Ya sudahlah dijalanin aja sambil mulai ngelirik2 harga supplier lain. Anehnya supplier gw kok masih tetep lebih murah ya? Gak semua produk sih murah, kombinasi lah... murah di sini, mahal di sana... klo mo bener2 diikutin jadi puyeng sendiri :p

Jumlah pegawai sekarang total ada 4, 1 marketing keliling, 1 jaga toko + operator shift pagi, 1 jaga toko + operator shift malem, 1 bantu2 urus admin n accounting... Mereka semua direkrut berdasarkan sistem kepercayaan. Gw gak butuh pegawai pinter tapi belagu. Gw butuh orang yang ulet, tekun, jujur. Dan terus terang sekarang belum bisa bayar mahal :p... jadi yah kami gak expect yang pendidikan tinggi... bahkan yang belum pernah pegang komputer pun kami bimbing sampe dia pelan2 bisa menyesuaikan. Butuh kesabaran extra memang... yang penting dia gak nyerah aja, karena kami juga gak akan nyerah :)

O iya, nama usaha yang kami rintis saat ini adalah... HEPITRONIK, dengan "anak perusahaan" HEPICELL, di bawah naungan HEPIMANAGEMENT...

Sedang dipikirkan apakah ingin dikembangkan menjadi, misalnya... HEPINET... dan HEPIRESTO? Hahahahaha! Let's see lah... berandai2 boleh donk, anggep aja lagi ngimpi jorok!!! Hahahahaha!

Tapi asli, walaupun ribet dan masih skala kecil, ternyata mengelola bisnis sendiri asyik juga :)

5 comments:

sakuralady said...

wah.. gua demen banget ama semangat lo Sus.. emang super woman!!!
dulu daku juga jadi agent jualan pulsa pas kuliah.. ya tau lah untungnya cuman dikid, kalau diutangin.. garuk2 pala..
ya tapi lumayan lah, ada jadi ast lab and ngajar juga, jadi nambah langganan pribadi..
semoga sukseesss yaaa..

.:acen147:. said...

@willy: hahaha, mumpung masih usia produktif, wiiiil :p

wadooooh, gw keilangan calon agent nih, hahahaha! coba klo lu di jkt, pasti gw prospek :D

sebenernya untung kecil, yg penting prospek, wil... kan ada pepatah mengatakan: sedikit2, lama2 jadi bukit ;)

good luck for u too ;)

Arman said...

jadi ada hadiahnya gak nih sus karena tebakan gua bener? huaahahaha....

jadi subserver itu ok kok. temen gua ada yang juga bisnis itu dan hasilnya ok banget tuh...

.:acen147:. said...

@arman: hahaha, sayang gak gw buatin kuis. klo iya, lu dapet hadiah deh :p

emang sih, man... asal harga miring, service memuaskan, bisa ngambil ati langganan... lama2 hasilnya akan berbuah memuaskan... trus yaaah, harus ulet lah... dimana2 klo mo bisnis emang banyak tantangannya ;)

bebek said...

maju terus....SUSI,.....jia you!