Friday, February 12, 2010

Bumil Sehat

Pagi teman-temaaan... Hari ini daku uda nongkrong di FF. Gak nge-gym kok... cuma duduk sambil makan biskuit, minum susu, nonton tipi, dan... ngeblog. Hehehe!

Mending gw ikut Mas Adi pagian deh, trus nongkrong di FF. Nti jam 9 kurang tinggal naek taxi ke tempat client. Daripada klo berangkat siang dari apato, naek taxi... bangkrut lama kelamaan, kekekeke!

O iya, terakhir dicek, tali puser dede masih di bawah aja nih... Gw tanya apa gw perlu senam khusus atau dipijet kali atau apa lah? Dokter melarang semuanya. Senam hamil itu kontradiksi bagi yang tali pusernya di bawah. Pijet, nti malah ngebelit usus. Gw justru disaranin gak boleh terlalu capek, gak boleh angkat berat2 dan yang masih teuteuuuppp... larangan keras utk berhubungan... :p

Untuk urusan makanan, frekuensi makan gw lama kelamaan uda gak seheboh dulu. Gw uda mulai bisa ngurangin kebiasaan nyemil. Pagi sarapan sih kudu, tanpa disuruh juga perut uda kasih alarm minta diisi, kekeke. Siang makan lengkap. Sore... jarang ngemil... bisa dibilang gak pernah. Agak maleman, dinner - itu pun kadang cuma makan roti.

Beda banget sama dulu waktu baru hamil, kayanya gw kok kalap banget sama makanan. Sekarang kenapa gak ya? Bukannya katanya makin besar usia janin, makin rakus emaknya? Kok gw kebalik? Terakhir aja berat gw cuma naek 2kg. Padahal sebelum2nya bisa 3kg. Jadi parno niy... kekekeke... Serba salah ya, kebanyakan makan gak baek, kurang napsu makan jadi kepikiran sendiri... Huehehehehe!

Gw pernah ktemu sama istri temen gw yang baru melahirkan. Komentar dia: Si Susy hamil kok gak gendut ya? Gak kaya gw dulu waktu hamil, uda kaya bola berjalan.

Weeeew? Padahal gw uda naek 12kg (sekarang 65kg boww!)

Walaupun uda gak pernah lagi terbangun tengah malam untuk ngemil, Mas Adi tetep stok makanan in case gw kelaperan tiba2. Malem2 pun kadang dia masakin nasi n goreng telor, takut gw (ato anaknya kale, kekekeke) kelaperan, bangun tengah malem ngoprek kulkas, hihihi. Pagi2, dia juga yang nyiapin sarapan. Rasanya masih belum cukup, ternyata dia diem2 "nyusupin" bekel dalam tas laptop gw.

Pernah nih, gw lagi miting di client, pas ngeluarin laptop... eh gw surprise sendiri ternyata di dalemnya uda ada biskuit n susu ultra. Malunya lagi, pas gw keluarin satu per satu, gw diledekin deh sama client, kata mereka: waaah, gak usah repot2, bu Susy... sampe bawain makanan buat kita2...

Hahahahahahaa!

Yaaah, yang dibawa juga makanan bayi, pak... masa mo rebutan sama anak saya, kekekeke... dasar bumil-bumiiiillll!

Entah karena asupan gizi yang sangat terpenuhi atau apa, selama hamil emang gw malah jarang sakit (alhamdulillah!). Klo dulu waktu kurus banget, yang 50kg itu loh, bawaannya letoy mulu. Malah pernah kena thypus n pas dicek darah, ada indikasi kurang gizi. Wakakakakak! Klo sekarang rasanya gw kelebihan gizi. Bayangin aja, vitamin dari dokter banyak amat. Pagi2 minum kalsium, siang2 minum vitamin utk perkembangan otak dan hati bayi, sore minum vitamin penambah darah utk emaknye, malem minum vitamin lipofood utk emaknye juga.

Tapi dr Med wanti2 supaya gak minum vitamin tambahan di luar vitamin yang dia berikan. Termasuk mengurangi minum susu2 bumil yang mengandung "terlalu banyak" vitamin. Katanya, nti anaknya over dan hiperaktif. Ikutin aja saran dia... klo mo anak cerdas, minum lah susu kedelai. Klo sari kacang hijau? Bagus juga. Buah2an, sayur2an, jus2an? Bagus banget. Tapi semua harus tanpa gula! Gubrag, mana enak yak? Gw pernah direbusin sari kacang ijo kagak pake gula... Beuh, aneh bin ajaib rasanya.

Gw juga kadang nyemil jus alpukat, makan es krim... biar dede gede di dalem... dan emang gw nya pingin juga, wekekekeke. Tapi gak sering2 lah. Klo pas ngiler aje, hehehe!

Moga2 gw dan dede akan selalu sehat sampe saat delivery nanti ya, deeek! Soale gw agak khawatir juga nih. Selama gw project, sekeliling gw sakit thypus semua. Diawali dari boss, trus satu per satu anak buah gw tumbang. Klo gak thypus, DBD... trus ada yang kena virus, entah apa namanya, yang bikin dia bentol2 n panas tinggi... halah-halah... Sampe saat ini pun masih ada yang sakit tapi masih tetep ngantor karena dikejar deadline. Pokoke gw uda agak2 cemas nularin ke gw. Waktu gw sakit batuk aja lama banget sembuhnya, soale gak boleh minum obat apa2. Apalagi klo sakit sampe berat gitu, wah, jangan sampe deeeeeh!!!! *ketok2 meja 3x

Dede makin besar, moga2 makin kuat. Sekarang hampir tiap saat gw merasakan tendangan2nya. Mas Adi pun pernah ngerasain pas dia nempelin tangannya di perut, dia surprise sendiri, hahahaaha! Jadi gak sabar pingin USG 4D lagi nih. Pingin tau, dede skg seperti apa ya. Tambah ndut gak (klo emaknya jangan ditanyaaaaa)? Terakhir dicek ke dokter sih, emaknya uda naik 12kg, dedenya baru 700gr T_T... Mas Adi malah bilang: tenang, kamu masih punya spare banyak, paling nti pas lahiran beratmu 72kg... Waaaakkkkssss! (klo boss gw bilang, paling total gw naek 18kg... gak supan bikin prediktif analysis kok berdasarkan berat bumil, kekekeke!)

Ah bodo lah soal berat badan... yang penting sehat-sehat-sehat... demi anakku, aku harus sehat! :)

6 comments:

angel said...

nti bulan2 terakir kehamilan bs lbh dasyat lg loh sus naiknya..gw dl yg tiap bln naik ga sampe sekilo pas di bln terakhir berat bdn cpt bgt naeknya. total naik 13kg gw. mumpung elo lg ga rakus ya dijaga aja kali ya tp ttp yg bergizi utk si dd.terlalu gd serem jg ga sih ky baby di mdn adakan lahir 8kg..hahaha..

.:acen147:. said...

@angel: buset, gw aja blm lahiran uda mo naek 13 kg T_T... gak rakus apaan yak... barusan makan di tomy roma's... ayam bbq segede paha gw :))...

haduh angel, moga2 dede 3kg-an aja dah beratnya :p

luvly7 said...

Wakakakkaka .... udah gue yang megang rekor naik BB paling dahsyat yaa?? total naik 25 kg waktu hamil Tim dan 28 kg waktu Nick ... gubrak!! Baby gue mah waktu keluar cuman 3 kiloan, sisanya jadi daging buat maknya ... hahahhahaha

cus, kata orang2 tua, mending baby gede di luar daripada didalem, ntar susah keluarnya lagii :p gue salah satu contoh baby yang lahir cuman 2 kiloan, trus berkembang terus sampe sekarang :p

Amit2, elu kudu sehat2 dan gag boleh sakit cus, mending makan semua makanan sehat, dan stay away dari yang sakit2 ... gag boleh sakit loh si bumil, bisa pengaruh ke baby diperut ... amit2!! *kalo sakit pilek2 doang mah gpp bumil ;)*

Waaah ... mas Adi bikin ngiri deeeh, memanjakan yayang yang lg melendung dengan makanan karya sendiri ... so swiiiiiitt!!
*sampaikan salamkuh padanya yaaa ... pletaak!!! --> disambit bumil dah gue :p*

Sehat2 terus ya Cuss ... kapan brojolna???

-mandayandalovetoriq- said...

@Luvly: naek 25 masi kalah ama gue La, gw sampe 28kg waktu Toriq, heheheh

btw Sus, apa aja vitaminnya? boleh contek gak?
hehehhehe

.:acen147:. said...

@olla: ya lu naek BB ada hasilnya, la... dulu gw gendut kagak menghasilkan apa2, wkwkwkw... klo skg mah rela dah mo naek brp kg juga...

haesssh, kirim2 salam doank... sama makanan kek gitu, wakakakaa!

@manda: nih gw uda catet...
- waktu triwulan pertama, obatnya ada 3: preabor (penguat rahim), lesichol (otak & hati janin), lipofood (vitamin termasuk mengandung asam folat)

- pas triwulan kedua, obatnya jadi 4: vossecal (kalsium), lesichol, natabion (penambah darah), lipofood.

dikaw dikasih obat apa, manda?

-mandayandalovetoriq- said...

Sus, thx ya contekan vitaminnya
gw ngerasa ga pd ni dgn hamil k2 ini, takut "kurang" asupan buat bayinya, soalnya gw klo di rumah males makan, heraaaan....apalagi dokter cm kasi resep dhupaston(penguat janin) sama folamil (fit. asam folat) doang, huhuhuh :)) thanks yaa