Wednesday, February 10, 2010

Curhat Sahabat

Jam 1/2 8 nih. Tapi gw blom mandi, masih nonton di depan tipi sambil nyedot susu Ul**ra. Nti jam 9 gw dijemput temen yang kebetulan sama2 mo ke kantor client. Cuma butuh waktu 10 menit, kami akan tiba di sana. Gitu juga klo pulang... Misal jam 5 cabut, jam 5.15 uda selonjoran di atas sofa, makan jus alpukat buatan sendiri sambil nonton tipi. Jam 6 dijemput Nyunyu, dinner dilanjut nonton di "rumah" tetangga alias mol. Kekekeke!

Tinggal di apato emang enak. Saving waktu banget, kemana2 deket, dikelilingi banyak fasilitas. Tapi somehow, gw merasa lebih nyaman tinggal di rumah yang sesungguhnya di Depok. Walaupun jarak menuju ke sana butuh perjuangan... tapi begitu sampe, bener2 feels at home lah. Baru mo masuk pintu aja, uda disambut sama taman dengan rerumputan menghijau... Sampe di dalem, tengok ke belakang rumah... taman lagi, yang walaupun kagak ada poon-nya, tapi rasanya segeeeeerrrr!! Suasananya tenang, bebas polusi, yang kayanya gak bakalan dapet di bagian kota Jakarta manapun.

Halah, ini kok jadi ngalor-ngidul ngomongin rumah... honestly, gw kangen pingin pulang. Tiap minggu gw pulang sih. Tapi belakangan wiken gak sempet dinikmati. Kami berdua super sibuk ngurusin ruko. Rumah cuma jadi tempat transit doank. Seninnya uda tergopoh2 lagi ke apato. Nti malem ah, klo gak capek... gw mo ajak Nyunyu pulang ke Depok... my home sweet home ;)

Lega rasanya numpahin uneg2 soal kangennya diriku pada rumah... hihihihi... Sekarang baru kita ngomong sesuai topik yang tertera di judul postingan ini. Moga2 yang baca blm pada kebosenan, kekekekeke!

Waktu hari Minggu gw lagi berkutat sama laporan keuangan ruko yang kagak balance2, tiba2 salah seorang sohib nge-ping YM di BB.

"Lagi ngapain lo? Sibuk gak?"

Karena gw lagi mumet, gw gak sadar... selang 30 menit kemudian ketika gw rehat sejenak, gw tengok BB... eh ada yang nge-ping. Mo gw bales, tapi gw liat dia uda sign-out.

Hmmm... menurut gw ada yang aneh. Temen gw ini baru merit, baru pulang dari honeymoon... kok wiken2 gini malah onlen? Klo gw mah dulu, waktu masih hot2nya jadi penganten baru... tiada hari tanpa... hahahaha... tau sendiri lah... boro2 sempet mikirin onlen n nyari2 temen buat chatting, hihihi!

Keesokan harinya di kantor, gw lagi ngamuk urusan kerjaan (gw uda ceritain di blog), dan sempet tertuang dalam status FB... temen gw ini manggil lagi di YM. Dia nanya, kenapa kok gw ngomel2 mulu, hi3... Yah setelah gw jelasin, eh gantian dia yang curhat. Biasanya klo gw mumet, dia bakalan ngadem2in. Tapi kali ini, dia malah mo numpahin uneg2 juga. Kayanya sih dia uda overload banget, mungkin gak butuh nasihat, cuma butuh "tempat sampah". Ya oke lah... sini gw tampung, toh tugas gw hanya cukup mendengarkan.

Selesai di YM... gw cerita ke temen gw satu lagi. Kebetulan kami bertiga emang sohib deket, jadi yang uda diceritain ke gw pasti temen gw yang itu tau juga. Setelah diskusi... sepertinya temen yang lagi ada problem ini perlu diajak ngobrol santai deh. Mungkin klo ktemu bertiga bisa lebih plong curhatnya. Tadinya mo ktemu di apato gw, tapi kan ada Nyunyu... akhirnya kami sepakat ktemuan di kafe Bintang Digebuk (minjem istilah Anung nih, wakakakaka!) di salah satu mol deket apato gw.

Gw gak bisa ceritain detail isi curhatan sahabat gw. Intinya sih... dia baru merit, tapi gak hepi. Dia emang terbiasa mandiri banget. Bukan tipe cewek yang harus merit karena dikejer2 umur. Kami bertiga emang setipe sih. Sama2 tomboy, career oriented, gak mo depend too much sama cowok. Dia lebih senior dr gw, gw di tengah2, sedangkan 1 lagi paling junior. Gw lebih dulu merit, baru si senior, yang junior belum... meski uda punya pacar dan pacarnya ngajak merit, masih mikir2 aja tuh :))

Kebanyakan cewek jaman sekarang, atau rata2 temen yang gw kenal deh... mereka gak terobsesi sama merit lho. Jangan salah, mereka cantik2, pinter2, karir mantap, punya cowok... tapi klo ditanya: kapan merit? Jawabnya mah santaaaaaaai... ada yang mo jalan2 keliling Europe dulu, ada yang mau S2 dulu, ada yang mo cari kerja lebih mapan dulu... Merit? Kapan-kapaaaaaaaaaaan... Haesh!

Balik lagi ke soal temen gw yang lebih senior. Sebelum merit, dia banyak tanya sama gw tentang kehidupan pernikahan. Mulai dari soal sex, sikap pasangan, juga mengatur keuangan. Dia, yang karena terbiasa mandiri, takut untuk berkomitmen penuh dengan pasangan dalam kehidupan rumah tangga. Yang biasanya pegang duit sendiri, mutusin apa2 sendiri, kali ini harus memikirkan pandangan orang lain juga.

Gw berusaha "meluruskan" pandangan extreme-nya dg mengatakan bahwa kehidupan pernikahan gak seburuk itu kok. Malah klo yang gw alamin sendiri, gw merasa lebih hepi setelah merit. Lebih fokus berkarir karena uda punya tujuan. Rejeki lebih lancar... Semua normal lah, klo gak mo dibilang terlalu sempurna. At least yang dulu pernah gw takuti, ternyata gak jadi kenyataan tho?!

Nah, tapi nasehat2 gw dulu seolah2 berbanding terbalik dg yang dia alami. Setelah merit, dia baru nemuin bahwa... hmmm... gimana yang ngomongnya... things dont work as she expected before. Dia sampe bilang... let's see... klo getting worse, dia siap divorce. Waks! Gitu tuh, cewek terlalu macho, terlalu biasa mikir rasional, jadi klo bikin decision yang straight to the point aja. Feeling is not included at all!

Dia dan si junior bilang, kayanya dari sekian cerita soal pernikahan, yang mereka denger hepi2 aja tuh cuma gw doank.

Lha?

Gw sih... klo gw gimana ya? Gw merasa enjoy aja dengan pernikahan yang gw jalanin. Bukan berarti gak pernah ada masalah sama sekali. Gw sebagai wanita, suami gw sebagai laki2, pasti lah punya pola pemikiran yang berbeda2. Gw juga tipe perfeksionis, tipe ngatur orang... tapi begitu merit ya ada yang harus di-adjust. Kan sehebat2 wanita, klo di rumah tetep aja kepala keluarga adalah suami. Biar gak terlalu njelimet, bagi gw sih asal bukan masalah prinsip, let go aja laaaah. Gak usah berharap segala sesuatu berjalan sesuai keinginan. Even mungkin kita lebih bener dari pasangan. Tapi klo uda merit bukan soal lebih bener atau salah, menang atau kalah. Apa artinya klo kita lebih bener atau kita menang, tapi pasangan kita kesel? Sama aja kan gak enak?

Balik seperti sebelum merit aja. Semua dijalanin tanpa beban. Tiap orang punya gaya dan selera yang unik. Gak mungkin kan merubah sifat orang supaya bisa seperti yang kita inginkan?

Tapi klo kasus temen gw emang agak njelimet sih. Soalnya uda bawa2 keluarga juga. Palingan gw cuma bisa kasih solusi. Mo lepas dari campur tangan keluarga? Tinggal jauh dari mereka. Biar hidup susah, yang penting mandiri, orang lain gak punya hak atau kuasa utk ikutan ngatur. Klo sanggupnya beli rumah di pelosok/pinggiran Jakarta, why not? Jauh, capek, macet? Klo belum dijalanin mah gak usah ngomong. Semua butuh perjuangan. Sometimes kita gak bisa merengkuh segala hal sekaligus. Step by step.

Terakhir ngomongin soal cerai... well, my marriage is not perfect also... adalah kerikil2 kecil, berantem2 ringan sampe berat. Tapi gak pernah terlintas sedikit pun kata cerai. Menurut gw, cerai itu belum tentu menyelesaikan masalah. Masalah untuk dihadapi, bukan untuk dihindari. Masalah juga yang membuat kita lebih dewasa. Harus diusahakan dulu. Jangan belum apa2 uda mo lari ke ending. Klo emang uda bener2 mentok dan cerai adalah keputusan terbaik, ya apa boleh buat. Tapi klo belom apa2 uda kepikiran cerai... waduh! Nanganin project seberat apa pun bisa tahan bertahun2... masa pernikahan sendiri baru hitungan hari uda langsung nyerah. Hehehehehe!

Emang sih gw baru 3 tahun merit, rasanya kok jadi sok pengalaman banget. Bukan bermaksud menggurui. Gw pun bukan penyelamat pernikahan. Gw lebih memandang ke sahabat gw, daripada pernikahannya, atau suaminya, atau keluarganya. Gw hanya mencegah dia membuat keputusan berdasarkan emosi sesaat yang nantinya akan disesali sendiri (ngemeeeeng, sendirinya klo lagi emosi? eits, tapi itu kan soal kerjaan... laiiin, kekekeke!). Gw ajak dia utk berpikir lebih easy going. Soale dia stress banget sampe cek ke dokter takut brain cancer, hahahahaha! Turunin lah standard... kebiasaan jadi PM di kantor jangan dibawa2 ke rumah. Jangan terlalu expect banyak dari suami. Suami tuh bukan anak buah lu di kantor, jeeeeuuuung! Hahahahaaaaa! Suami itu partner, punya gaya sendiri, kebiasaan2 yang mungkin aneh di mata kita... apa pun itu, hargai lah... Klo ada yang cacat2 dikit... tapi bukan prinsip? Merem ajeeee! Kekeekekeke!

Jadikan pernikahan itu hal yang simple. Do not expect too much!

6 comments:

Anung said...

eh ada anung disebut.. *nongol kalo ada yang manggil* wkwkwk..

tante.. teteup aja...... married itu menghilangkan kemerdekaan!! udah itu... mahal pula :P

Belzy said...

setuju banget sus ama pendapat lo. Emang sih kejelekan (kalo bisa dibilang kejelekan yah) cewe2 yang meridnya uda dalam kondisi mandiri kelamaan (aka di atas 30 an) tuh ya uda terbiasa mandiri banget.

Gue juga sempet ngalamin sus, gue merid baru setaonan kurang (mei nti baru setaon) dan gue merid pun umur gue uda 32 jadi yang biasa apa2 ngurus ndiri skarang jadi ngerasa aduh gue kok sangat2 tidak produktif banget yah (apalagi setelah merid gue bener2 di rumah ga kerja), trus jadi yang berasa biasanya mutusin apa2 ndiri, sekarang apa2 mesti ngomong ke misua, diskusiin dulu...halah kayaknya ribet banget deh.

Cumaaaa ya itu hidup pernikahan itu ya ga cuma ngomong cinta tapi komitmen n understanding, dan dibawa easy going aja. Dan kalo dipikir2 lagi hidup berdua itu jauh lebi baik dibanding sendiri, dan ada orang yang bisa ngertiin, tempat curhat, kalo temen kan kadang ada saatnya kita ga bisa ganggu mereka yah.

Aduh, maap yak sus malah gue ikutan crita di sini hehehehe....:)

Arman said...

apa sih kafe bintang digebuk itu? gak paham gua. hehehe.

btw keliatannya problem temen lu itu udah dia ketahui dari sebelum married kan ya? soalnya kan masalah keluarga... trus kenapa tetep married? apa gak diomongin dulu sebelum mutusin married?

sori jadi banyak tanya, soalnya bingung komennya... tapi ya lu gak bisa terlalu cerita juga sih ya.. hahahhaa.

Pucca said...

enaknya jadi cewe tuh yang gak terlalu mandiri, jadi bisa minta jemput, bisa manja2, tapi tetep punya duit sendiri hahaha..
kalo udah kebiasaan terlalu mendiri emang jadinya rada ego, biasalah 3 bulan pertama katanya kan percobaan..

eh sus apakah ini temen lu yang baru merit kemaren itu? yang namanya s***** itu?

luvly7 said...

Hmm, gue sendiri sebagai yang menikah paling duluan diantara 2 sahabat gue yang lain. Kalo liat curhat2an gue, pastinya temen2 gue pada takut merit. Tapi tambah kesini, gue belajar tambah banyak soal marriage life ini. Bener kalo ada yang liat elu sama mas adi as a good example of marriage life, seperti halnya Arman & Esther juga. Banyak temen2 yang keliatannya gag happy pas merit, dibandingkan waktu mereka sendiri dulu.

Well, sahabat, temen dan tong sampah sekaligus tempat curhat bisa jadi tempat buat belajar juga, what dos and don'ts nya ...

Semoga sahabat elu bisa menghadapi hidup pernikahannya lebih wise dan cepet kompak sama pasangannya ya cus ;)

@Arman : Starbuq kali man???

.:acen147:. said...

Soal kafe Bintang Digebuk buat Anung, Arman n Olla: iyaaah, jawaban Olla bener tuh. Gw smp skg sering minjem istilah Anung n selalu ketawa2 sendiri tiap ngucapinnya. Bisaan aja luh, Nung. Wakaakakaka!

@anung: merit ada enaknya juga kok... Kudu ngalamin dulu br bs ngerasain, nuuuung! Hihihi

@belzy: emang sih wanita 30-an tuh kaya di pelem2 Sex n The City. mandiri banget, tp kadang kesepian jg kan? Setelah merit, kangen sama masa2 merdekanya... Tp seneng juga punya "pelabuhan terakhir". Yang hoki klo dapet pasangan yang cocok. Apapun masalah yg lg dihadapi bs dselesaikan bersama. Klo yang gak... Hmmm... Bukan berarti g bisa, tp butuh extra effort.
Pokoke jgn cepet nyerah aja. Trs sbg cewek mgkn kt juga hrs kembali ke kodrat ya... Mandiri bagus sih, tp hrs ttp ada sisi feminin lah... Klo biasa ngatur, kali ini mau sedikit diatur :p

@arman: wkt pacaran g kliatan, man... Konfliknya justru pas merit. Biasalah menjelang persiapan kan suka beda2 pendapat ya. Tadinya pikir cm sebatas soal adat, tp kayanya... Hmmmm... Gak bs ngmg banyak deh he3

@viol: haaaaa, g bs ngmg sapa orgnya, viol... :p... Iyaaaa, cewek manja jg nyebelin... Cewek mandiri nakutin... Hahahaha... Serba salah ya jd cewek. Gw jg blg k tmn gw, skg mah masih masa penyesuaian, pasti ada lah ribut2. Cuma dia jg hrs lbh easy going, klo g stress sendiri kan?

@olla: waduh, perfect marriage apaan? Ha3! Klo ukurannya dliat dr frekuensi ribut, emang jarang banget ribut. Kesel2 dikit ada tp abis itu lupa. Mungkin krn gw n m adi uda pusing sm urusan ktr kali ya, jadi abis energi klo mo ribut lg d rumah, ha3! Mending klo ada yg g berkenan d hati tp hal2 sepele aja... Gw memilih diem. Bukan dipendem loh, dlepasin aja. Yah sindir dikit2. Dia ngomel? Kadang... Tp cuekin aja lama2 baek. Ha3!
Yg penting sih bkn mslh basic kaya kdrt, selingkuh ato boong d belakang... Dan 1 hal... Mgkn jgn ukur segala sesuatu dg uang. Rejeki mah bs dicari, yg penting g putus usaha ;)