Wednesday, February 03, 2010

Is Money That Important?

Awal bulan uda cekak. Orang2 mah akhir bulan baru cekak, gw uda sejak awal bulan, wkwkwkwkwwk! Mana dapet pengumuman pasca gathering, bahwa tahun ini company gak akan ada kenaikan gaji. Sebagai kompensasinya bakalan dapet bonus 1-1.5x gaji... yang belum tau kapan diberikan.

Klo pun naik gaji, naiknya palingan gak seberapa. Mending mana, dapet bonus 1.5x gaji ato naik gaji yang cuma 3-3.5%? Ya mending naik gaji plus dapet bonus dooonk. Hahahahaha! Dasar rakus :p

Yang nyebelin kan sebelumnya company ngejer2 karyawan utk isi EE (Employee Evaluation), yang katanya akan dipakai sbg penilaian kenaikan gaji. Lha uda diisi, baru dapet pengumuman gak ada naik gaji. Gak matching niiiiy!!!

Padahal ya, klo diliat dari laporan keuangan company, kondisi company sekarang gak sedang tiarap kok. Malah cenderung naik. Para sales juga banyak yang achieve quota, bahkan sampe 400%. Divisi gw juga achieve. Rata2 achieve deh. Trus kenapa kok kita2 gak kebagian apa2? Mungkin karena mo mencapai target long-term kali... Yah itu mah urusan company lah... nasib rakyat kecil pegimaneeee?? :((

Gw masih cukup beruntung, karena selain dapet gaji juga dapet PAL (Project Allowance). Nilainya gak seberapa, tapi mayan lah buat nambah2 jajan n ongkos taxi. Yang sebelnya, soal PAL ini awalnya masih aja gak jelas. Apakah mo pake sistem lump-sum atau harian. Setelah digodok cukup alot, akhirnya disepakati pake sistem harian. Jadi, kami harus menulis activity apa aja yang sedang dikerjakan selama project. Dari jam brp sampe jam brp. Klo lembur, dapet tambahan lagi. Nilai PAL utk tiap role beda2. PM paling tinggi, tapi PM gak setiap hari stay di project krn harus keliling kemana2... jadi at the end, setelah dikumpulin, nilainya bisa jadi malah paling rendah... Nasib... nasib, wekekekeke!

PAL ini membawa dampak yang cukup positif buat anak2. Ya iyalah, sapa yang gak seneng dapet uang tambahan selain gaji. Soalnya konsultan seperti kami gak pernah dapet komisi seperti sales. Gak selalu juga dapet award krn patokan nerima award lebih sering berdasarkan quota achievement yg otomatis dimiliki hanya oleh sales. Jadi kehadiran PAL cukup menghibur lah :p

Tapi lama-kelamaan, tujuan PAL yang tadinya utk menambah semangat, malah jadi bumerang. Anak2 jadi agak2 money oriented. Segala sesuatu diukur oleh uang. Padahal, klo mo jujur nih, gak semua company menerapkan kebijaksanaan utk memberikan PAL. Contohnya waktu gw dulu kerja... boro2 dapet PAL. Lembur juga gak dibayar... Bener2 kerja dg penuh pengabdian dah :D. Gw rasa begitu juga yang dialami oleh temen2 yang dulunya kerja di company lain. Rata2 klo gw tanya: di company dulu dapet PAL? Pasti jawabnya: gak siy...

Klo dulu bisa pasrah gak dapet apa2, sekarang malah justru jadi syarat untuk melakukan apa2.

Ada problem di client... sebelum berangkat nanya dulu: ada PAL-nya gak?

Lembur bikin proposal... ujung2nya nanya: dapet PAL?

Bikin presentation... coba2 nego: boleh gak ngerjainnya di kantor X, biar dapet PAL seperti yang lain...

Training anak baru... nolak dg alesan: kan uda share knowledge, harusnya dibayar donk!

Hmmmm...

Gak salah siiiih... namanya juga nanyaaa... namanya juga usahaaaaaaa... Gw juga kadang melakukan hal yang sama :p :p

Tapi trus gw sadar lah, mungkin karena gw ikutan ngitung2 angka project kali ya... klo yang didapet itu gak seberapa. Jadi PAL itu bener2 ditujukan untuk yg kerja di project. Gak semua kerjaan ada PAL-nya, karena gak semua kerjaan itu project basis. Ada yang cuma maintain doank... yang duit maintenance tuh berapa siiih? Maksimum cuma 15% selama setahun. Jadi gak bisa disamain dengan nilai project.

Untung lah beberapa anak masih mo ngerti. Mereka cukup diterangin sekali, trus paham dan melaksanakan tugas dg baik. Biasanya yang masih bisa diatur tuh anak2 baru. Klo yang uda senior2 (termasuk gw, wkwkwkwwk) suka agak bandel... HAHAHAHA!

Nah gara2 PAL ini, kemaren sempet terjadi ribut besar lho...

Jadi awalnya karena PAL ini telat. Biasa lah baru start project, kan segala sesuatu biasanya belum settled banget. Banyak penyesuaian. Apalagi ada perubahan dari lump-sum jadi harian. Agak kagok. Ditambah, harus keliling minta tandatangan dari para atasan. Jadi makin telat aja deh.

Salah satu anggota team ternyata mulai gak suka dg keadaan ini. Gw juga sebenernya be-te sih. Uda tau lagi kering kerontang, eh pake telat2 segala. Tapi gw balik lagi berpikir, seandainya gw gak di project juga gw gak dapet PAL, jadi PAL mah jangan terlalu diarep deh. Yang penting management masih punya itikad baik, walaupun pelaksanaannya belum lancar.

Entah karena masalah PAL atau emang dia uda ada ancang2, akhirnya dia keluar di tengah project. Ini mah lumrah. Tiap orang punya hak mo keluar... dan klo uda berusaha ditahan, tetep aja keukeuh, berarti kan emang uda gak mau lagi... Yo weis, direlain aja.

Tapi yang bikin sebel, dia berusaha juga influence anak2 yang lain. Nakut2in klo ada yang gak beres dg management. Project gak dianggep, project terlalu banyak main politis, project ini lah, itu lah... Pokoke bikin semua anak pada kepikiran deh. Kebetulan juga gw lagi keliling2 di tempat lain, jadi gak bisa tiap hari supervise mereka. Wah, makin kacau deh. Hingga suatu hari, salah satu dari mereka ngadu ke gw. Dia cerita dg tampang khawatir... nanya kenapa PAL belum turun, apakah management ada masalah?

Waduh!!! Padahal itu PAL cuma telat gara2 sekretaris telat ngiderin tandatangan. Itupun uda confirmed klo akan dibayar akhir bulan January. Cuma rumor uda keburu beredar dengan masing2 opini yang berkembang. Gimana sih rasanya... orang uda lagi stress sama kerjaan, ditambah "bumbu" gak dibayar... makin panik donk?!

Gw berusaha jelasin keadaan yang sebenernya terjadi. Sumpah, gw gak nutup2in, klo emang ada masalah, pasti lah gw yang uda lari duluan. Wong ini gak ada apa2 kok... kenapa jadi khawatir berlebihan? Sudah lah, kita kerja aja yang bener, masalah PAL atau lainnya uda pasti dipikirkan sama management. Gw lah taruhannya, gw kan yang ngurusin begituan dan gw kan butuh duit juga...

Gara2 rumor yang beredar itu, ada loh anak buah gw yang mulai nyari2 kerjaan di luar. Wah kacau deh pokoke. Mbok yang orang tuh klo mo resign ya resign ajaaa... jangan buat "kerusuhan" alias jadi kompor buat yang masih adem ayem...

Gw pikir soal PAL uda selesai nih... ternyata, bagi orang itu belum... Kebetulan, dia masih ada kerjaan yang harus gw review. Tapi dengan berbagai alasan dia gak mo deliver kerjaannya. Waduh, susah nih. Akhirnya gw minta tolong boss yang turun tangan deh. Klo gw mungkin gak dianggep selevel sama dia. Walaupun gw PM, tapi gw kan gak se-senior dia, yang pengalaman kerjanya uda keliling ke luar negri. Apalah gw ini?

Akhirnya boss turun tangan langsung. Boss nagih kerjaannya untuk di-review.

Tau gak jawabannya...

"Untuk apa lu review? Emang lu ngerti apa yang mau direview? Apa untungnya buat gw?"

Hmmm... heibaaat... kaaaaaaan????? Sama boss aja jawabnya kaya gitu, apalagi klo gw yang minta? Kikikikiki...

Boss mulai naik pitam...

"Lho emang gak ada untungnya buat lu. Untungnya buat gw, karena itu hak gw utk me-review kerjaan lu!"

"Gw gak mo di-review klo belum selesai!"

"Ok, kapan lu bisa selesai?",
boss masih berusaha kalem... gw mah uda mulai panas kupingnye :d

"Lu kasih deadline donk"

"Sus, kapan deadline-nya?",
tanya boss ke gw

"Dua Feb", jawab gw dengan agak 1/2 mangkel... gw pikir nih orang gak sopan banget sih!

"Ya udah, gw minta tgl 2 Feb, lu uda selesai donk?", tanya boss ke orang itu

"Oke, gw selesein 2 Feb... mana PAL gw?"

OOo, tadi baru pemanasan, sekarang perangnya dimulaiiiiiiiiii!!!!

"Lho, PAL kan uda jelas akan dibayar akhir Jan... tanya si Susy, kan dia yang ngurusin?!"

"Selama ini gak ada yang kasih tau gw. PM juga diem2 aja!"

"Lu masalah gitu aja digede2in!"

"Eh boss, selama ini gw gak pernah ya ributin soal PAL. Gw diem aja. Apa yang jadi hak gw, gak diberikan, gw diem aja. Sekarang lu nuntut kewajiban gw, gantian gw nuntut hak gw donk!"

"Lho kan hak lu juga uda mo diberikan kok akhir bulan ini!"

"Gak jelas, PM gak pernah kasih tau gw!"


Duaaaarrrr!! Nama gw disebut2 sampe 2x... eh bukan nama gw dink... Jabatan gw... Sapa lagi PM di situ coba? Dengan nyebut jabatan instead of nama, berarti dia uda gak anggep gw as a friend. Bullshit lah selama ini kami selalu makan bareng, ketawa bareng, curhat bareng... semua gak dianggep sama dia.

Dan maaf yaaa, gw tuh gak pernah diem2 aja. Gw uda kabarin ke semua anggota soal status PAL ini. Lagian bukan gw kok yang sengaja menghambat. Level pertama PAL harus ditandatangan oleh gw, langsung gw tandatangan. Gak pernah gw bawa pulang trus gw simpen di lemari?!

Ya setelah statement dia di atas itu, giliran gw ngamuk lah!

"Maksut lo apa, PM diem2 aja? Kan gw uda tulis di email. Emang lu gak baca?"

"Apaan, pemberitahuannya juga uda terakhir, dan gak pernah lo ngomong langsung sama gw!"

"Eh, tolong ya, yang gw urusin itu banyak. Bukan cuma PAL, bukan cuma lu doank. Lu kan tau seminggu kemaren gw dimana? Gw ajak lu gak bisa. Trus kenapa gw harus nyamperin lu doank utk ngomongin PAL? Kaya gw lagi nganggur aja!!!"


Bener2 kesel tuh... kalimat terkasar yang pernah gw ucapin di depan anggota team. Dia pikir gw cewek gak bisa marah ya? Biar gw lagi hamil juga!!!!

"Ya tapi gak bisa gitu donk, lo sbg PM harusnya kasih update ke team"

"Lho, gw kan selalu update ke kalian. Tanpa gw kirim email juga kalian selalu gw ceritain masalahnya kenapa. Masa tiap detik harus gw ceritain lagi. Lo tuh ngomong seolah2 GW lah penyebab kalian semua telat dapet PAL! Padahal gw uda pontang-panting ngurusin itu. Mana ada sih PM yang segitunya? Coba liat PM lain, ada gak yang sibuk urusin PAL doank kaya gw???"

"Gw gak bilang lu menghambat?!"

"Lo gak bilang langsung, tapi secara tidak langsung seolah2 penyebabnya itu GW!"


Ih gw emosi banget deh... semua orang bisa liat kali muka gw merah kaya kepiting rebus. Muka boss juga marah... Wah heboh deh... Dan itu didengerin semua orang. Malu gak sih?!

Akhirnya, karena gak mo berlarut2, boss yang ngalah...

"Ya udah, sini gw bayarin PAL lu pake duit pribadi gw dulu... "

Boss keluarin duit dari dompetnya... Dibayar... pake dollar boooowwww!!! Akhir kejadian boss bilang, tadinya mo transfer lewat bank, tapi karena keburu kesel, boss bayar cash pake dollar, sekalian pamer, wakakakakakakakaka!!!!

Setelah dibayar, dibuat surat pernyataan klo PAL sudah diterima. Gw juga disuruh tanda tangan sebagai saksi. Bayangin dah, gw sendiri aja blom dapet PAL disuruh tanda tangan, kecipratan juga kagak. Wkwkwkwkwk!

Lucunyaaa, setelah PAL dibayar, dia langsung mau loh nunjukin kerjaannya utk di-review bersama.

Masya Oloooh... klo gitu artinya... harga diri dia ya seharga PAL itu donk?

Entah lah, tiap orang punya pemikiran berbeda2 kali ya. Gw juga butuh duit banget. Kalian tau sendiri kan? Beberapa postingan gw selalu bilang lagi bokek berat, butuh duit. Gw mah gak munafik lah... Gw juga sering kok ngeluh ke boss, soal gaji gak naek, soal PAL belum turun.

Tapi di luar itu semua, gw berusaha profesional lah. Memisahkan yang mana emang kewajiban, yang mana hak. Lagian bukannya gak ada sama sekali kok. Ada, cuma tertunda. Klo masih belum puas, ya silahkan keluar. Keluar juga dg cara baik2. Bukan dengan jadi provokator atau bersikap kurang ajar sama boss.

Yang gw sesalkan di luar semua itu adalah... cara dia memandang gw. Seolah2 cuma gara2 duit, gak ada tuh arti pertemanan. Dia cuma anggep gw sebagai PM, yang tugasnya harusnya gini-gitu... Dia gak liat lagi, selama ini sering jalan bareng... gw klo ke luar kota juga inget beli oleh2... Bukaaannnya gw minta di-respect ya sama dia. Gw juga gak gila hormat kok. Gw cuma mau dianggep temen dalam suka dan duka. Apalagi uda beberapa project kami jalan bareng. Mbok ya jangan egois. Ngertiin keadaan temen yang lagi hamil, susah ngadepin project, susah ngatur resource... Ini malah bikin rusuh...

Money is important... but... is money that important?... sampe harus ngorbanin segalanya??

6 comments:

sakuralady said...

gondok banget ya sus.. kalo orang jepang kebalekannya.. over loyal..
tabah ya.. pasti dedek jadi anak yang bener2 tough deh..

Arman said...

tapi kalo buat itu orang PAL nya ditalangin ama bos dulu apa gak bikin malah anak2 yang lain jadi iri ya? trus bisa jadi mereka mikir oh kudu diancem dulu nih bos baru PAL nya dikeluarin?

.:acen147:. said...

@willy: katanya dia biasa kerja sm bule yg profesional. Begitu join company yg skg dia anggep g becus management-nya. Tp cara dia nyampein jg hrsnya g gitu. Biar gmn pun hrs pake tata krama lah :(

@arman: anak2 lain untungnya gak gitu, man. Krn mrk tau PAL itu pasti turun, cuma agak telat krn mslh admin doank. Mslh PAL ini emang jd bumerang deh. Awalnya mo encourage team, tp malah jd pada money oriented gitu... Ya emang sih, sapa g butuh duit, he3

luvly7 said...

mestinya dia sangat dibutuhkan sampe boss bisa ngalah sama dia kali ya Sus?? Gue aja yang ngebayangin Bete + gondok abees, nah, gimana elu pas ngadepin tuh manusia???

Sejak saat itu elu jaga jarak dong ya ama 'temen' elu yang itu?? segitu 'matre' nya dia sampe2 elu ikutan ditunjuk2 :(

Belzy said...

duhhh.....dunia kerja emang gitu yah, keras kayak hutan rimba :(. Temen pun bisa jadi ga temen gara2 urusan duit :(....
Tapi colleague elo itu parah banget yah, ampe segitunya ke boss, bener kata lo sus, kalo pun mo resign, ya resign lah dengan baik2, toh waktu masuk juga dengan baik2, iya ga sih...

.:acen147:. said...

@olla: skg uda gak ngobrol lagi. ngomong juga seperlunya. tp dia bisa akrab loh sama temen2 gw yg lain... kaya tadi siang, dia nawarin lunch bareng sama yg lain... gw gak diajak... :p... perasaan sapaaa yang salah yak? hihihi...

@belzy: yah, begitulah sifat manusia beda2... pdhl klo dia ngomong baik2 juga bisa ya. gak usah pake ngotot gitu. kita kan gak tau in the future gimana, kenapa gak bina relationship baik2 aja :)