Tuesday, February 23, 2010

"Kapan Lo Cuti Hamil?"

Kemaren sore harusnya gw "menyeret" boss meeting dengan client terkait dengan review deliverables bangsa X yang menyebalkan. Tapi berhubung gak ada perkembangan berarti dari bangsa X, con-call isinya cuma ribut tanpa solusi, klo mereka uda mentok tiba2 susah diajak meeting... jadinya apa yang mo di-review sama client?

Gw rasanya kaya maen kucing2an nih sama client, soale tiap dicari jadinya ngeles mulu. Kadang gw berpikir, kok gw jadi gak propesional begini? Abis bukan maksut hati menghindar. Tapi masa sih lu mo nyodorin kepala gitu aja utk digantung? Padahal bukan salah lu juga... Klo pun gw "nekat" menghadapi client, apa jawaban yang bisa gw berikan pada mereka?

"Bagaimana progressnya, Mbak?"

"Saya masih menunggu kabar dari mereka, Pak. Kami sih tetap melakukan komunikasi dan saya selalu push mereka utk bisa memberikan deliverables yang sesuai scope dan deadline..."

"Kapan mereka datang?"

"Itu masih menunggu hasil kesepakatan diantara kami..."


Nah... tinggal di-repeat deh pertanyaan dan jawabannya sama :))... Jawaban diplomatis yang membuat gw sendiri muak. Rasanya jawaban2 nggantung tsb membuat kapasitas gw sebagai konsultan langsung terjun bebas...

Makanya gw males nih berurusan sama bangsa X. Mereka di-hire bukannya utk meringankan kerjaan gw, malah jadi bikin pusing! Mending gw jalan sendiri, hasilnya lebih keliatan... kaya di project2 sebelumnya, memasuki bulan ke-sekian seperti saat ini mah gw uda bisa show macem2 ke client... Gak mandek kaya gini.

Akhirnya, alih2 meeting dan review bersama client, gw malah nongkrong sama boss di kafe Magenta OPP. Rencananya sih mo con-call sama bangsa X jam 5, klo uda ada keputusan baru besoknya maju ngadepin client.

Cari tempat paling strategis di pojokan yang bisa nyolok laptop. Trus open internet connection... mulai lah kami membalas email2 yang bikin pala mumet seharian. Abis itu baru ngomongin soal design sistem.

Boss nanya, nti kira2 design gw akan seperti apa. Dia minta gw gambarin di bukunya. Gw pun mulai mencorat-coret. Baru juga beberapa menit menerangkan, si boss uda kepuyengan sendiri. Dia baru ngeh kali ya, scope project ini gak main2 lho. Jangan disamain sama project sebelumnya yang gak nyampe 1/10-nya kaleee, wkwkwkwkwkwk. Secara bisnis dan teknis, masalah yang dihadapin sekarang jauh lebih kompleks.

Dari sisi teknis, selain data yang besar juga harus di-adjust secara manual disana-sini. Trus glanurality datanya juga beda2, yang klo selama ini report dibuat secara manual sih gak masalah. Tapi klo uda dibuatin sistem, kan lu pusing designnya?! Blum lagi strategi memisahkan laporan2 high level dan detail level, gimana caranya biar sama2 cepet diakses alias gak mengganggu performance.

Sampe saat ini pun gw sakit kepala klo mikirin design teknisnya. Masih untung klo dibantu secara bisnis. Lha ini, Business Analyst-nya baru aja resign. Jadi gw kudu nyari2 referensi sendiri. Gw uda punya System Analyst, tapi dia masih baru banget di bidang banking dan BI. Jadi utk urusan design bisa dibilang 70-80% masih jadi tanggung jawab gw.

Makanya wasting time banget kan klo gw masih mikirin urusan sama bangsa X? Kaya scope project ini cuma seputar konsultasi sama bangsa X. Padahal setelah itu deployment dan control-nya ada di bawah kendali team gw.

Kira2 habis 10 halaman gw panjang lebar jelasin ke boss. Makin lama mukanya makin panik. Kayanya dia kali ini bener2 baru sadar bahwa project ini gak main2, kekekeke! Ya gw sih emang sebagai PM yg tanggung jawab terhadap project. But at the end, gw bukan pihak yang bisa decide dan juga bukan pihak yang harus menanggung resiko... pihak yang paling bertanggungjawab ya boss gw sendiri.

Dari jauh2 hari gw uda bilang... jangan cabut resource gw, cepet cari ganti Business Analyst yang resign, dan cari pengganti gw selama cuti hamil. Tapi kadang boss susah dengerin. Mungkin karena dia juga sibuk sama urusan lain, bukannya sengaja gak mo dengerin... Dia pastilah dapet pressure dari mana2 juga...

Sekarang dia uda menyadari situasi yang sesungguhnya, baru deh... dia panik... Dia bilang, dia akan segera cari orang pengganti gw. Dan sebelum gw cuti, gw akan di-tandem sama orang itu utk ikutin kegiatan gw selama sebulan penuh. Gw harus transfer knowledge...

"Kapan lo cuti hamil?"

"Akhir May or awal Juni"

"Berapa lama lo cuti hamil?"

"Ya normally buat semua ibu2 ya... 3 bulan donk...!"

"Mungkin gak?..."

"Apanya yang mungkin? Lo minta gw cuti kurang dari 3 bulan gitu?"


Doi nyengir2...
"Nti ada kompensasinya..."

"Sori yeee, biar dikata gw dijanjiin gaji 10x lipet juga gw prefer bersama baby gw daripada ngurusin kerjaan!"


"Iyeee-iyeee... klo emang uda hak lo, gw ngerti kok", masih dengan tetap tersenyum2 tanpa merasa bersalah...

Huuu... DASAR!

5 comments:

Belzy said...

sus, tiap baca postingan elo soal kerjaan, kayaknya boss elo enak yah orangnya, uda kayak temen aja. Biasanya kan namanya boss angker2 tuh. Tapi elo bedua malah kayak temen aja :).
Enak yah punya bos gitu.
Boss elo kelabakan kali tuh elo mo cuti hamil :))

Selvi said...

sus, tau nga dari awal gua hamil aja bos gua udah menyiapkan asisten 2 buat nanti gantiin tugas gua padahal tuga gua nga berat-berat amat (nga kayak kerjaan elo deh).

cuti di kantor gua cuma 2 bulan, dan kalo mau sebulan juga boleh dengan sogokan tentunya. hehehe. betul juga biar kata disogok, mending urus baby dulu tapi kalo sogokannya gede, gimana?

.:acen147:. said...

@belzy: dari hampir 11 tahun pengalaman gw kerja, gw emang baru kali ini nemuin boss yang bs diajak sbg "temen". kami sering ribut, berantem, kadang malah curhat sama orang lain mengenai kekesalan gw thd dia dan juga sebaliknya... tapi ujung2nya bisa back to normal lagi wekekekekekekek. ada enaknya, ada juga gak enaknya... namanya dunia kerja, pasti lah ada suka dukanya ya... tapi yang membuat gw bertahan lama dalam suatu pekerjaan salah satunya adalah atasan gw ;)... boss gw kelabakan klo gw cuti hamil, gitu juga pas dia sakit gw yang kelabakan, hahaha!

@selvi: mungkin klo boss gw yang punya company, dia akan melakukan hal yang sama. tapi rekrut orang baru gak segampang itu... biasalah... klo soal investasi kan company mikirnya suka lama, lain halnya klo nagih duit, wakakakaka!

klo sogokan gede... gak ah... apa yang bisa gantiin moment2 lu bersama anak lu? bahkan banyak wanita yang merelakan pekerjaannya demi menjadi FTM. klo gw masih 50-50 lah, makanya sepanjang yang 50 itu gw dapatkan, akan gw manfaatkan bener2 ;)

Anonymous said...

apa yang bisa gantiin moment2 lu bersama anak lu? bahkan banyak wanita yang merelakan pekerjaannya demi menjadi FTM. klo gw masih 50-50 lah, makanya sepanjang yang 50 itu gw dapatkan, akan gw manfaatkan bener2 ;)

>> setuju!

salam kenal ya...

.:acen147:. said...

@ndutyke: hi juga, salam kenal ;)