Tuesday, February 09, 2010

Klo Bumil Marah...

Dengan hati panas dan tangan bergetar, gw tulis baris demi baris kalimat dalam BB...

To: boss
Subject: Mengundurkan Diri Sebagai PM
Date: Feb 8, 2010
Body:

Pak,

Gw merasa percuma jadi PM klo gw gak bisa ngatur resource gw. Gw kasih mereka kerjaan, tapi mereka ngerjain yang lain. Di satu sisi, deadline jalan terus tanpa ada progress.

Gw gak tahan dikejar2 client tapi gak disupport sama team sendiri... Sedangkan klo project sampe telat, ini menyangkut performance gw juga.

So, klo gw gak dikasih wewenang untuk atur resource gw (yang tinggal sebagian karena ada yang resign dan juga sakit), gw resign aja deh jadi PM.

Regards,

Susy


Klik Send... maka terkirim lah email singkat tersebut... Tinggal tunggu reaksinya...

Mungkin gw membuat keputusan berdasarkan emosi... tapi itu sudah gw pikirkan sejak lama... tepatnya sejak resource gw dicabut buat keperluan macem2, terutamanya bantu2 kerjaan pre-sales. Klo gw gak dikejer2 deadline sih oke lah, pasti gw bantu. Kenyataannya, tiap hari gw ditagih client... di satu sisi progress utk tiap task tetep aja 0%. Pusing gak sih?

Baru aja minggu lalu gw jelasin ke boss bahwa ada bbrp task yang menuntut deadline dalam waktu dekat ini, siapa aja PIC-nya, berapa progress-nya. Jadi gw gak lagi main2 klo gw nuntut resource gw di-freeze dari kerjaan di luar project.

Dasarnya si boss, kayanya peringatan gw gak digubris. Gw uda serasa penggembala domba yang selalu was2 salah satu domba gw bakalan diincer srigala. Satu domba gw pegangin, eh itu srigala ngendep2 di balik poon n nyergap domba yang lain. Cape deeeee!

Nah kemaren pagi, gw dapet email dari salah seorang sales mengenai kelanjutan assessment di salah satu prospek. Mpppfff, gw mah tau dah ujung2nya pasti kudu POC, proposal, tetek bengek... Langsung gw kirim email ke boss klo team gw lagi ada kerjaan, tolong jangan diganggu dulu...

Baru selesai kirim email yang itu, eh tiba2 salah satu anak buah gw SMS, dia bilang harus ke kantor client yang lain utk unwizing... GUBRAG dah!!!!

Marah besar deh gw... gw gak marah sama anak buah gw, gw marah sama yang ngasih perintah. Serasa gw PM invisible kali yaaaa, gak dianggep padahal uda koar2 sampe mulut berbusa2 n capek ati... Makanya gw langsung kirim email di atas. Gw pikir, klo sampe gak ada perubahan dari sejak email itu dikirim, gw mo langsung ngajuin percepatan cuti hamil... selama itu gw akan cari2 kerjaan di luar sampe habis melahirkan. Karena gw cukup tau diri, lagi dalam keadaan hamil, mana ada sih company yg mo nerima gw? Mau juga setelah melahirkan. Tapi nyari kerjaan kan gak gampang, jadi selama cuti itu waktu yang tepat deh utk nyari2. Klo uda dapet, gw akan resign.

Setelah email itu dikirim, salah satu temen - yang ngajak anak buah gw utk unwizing -, langsung telp. Tapi telpnya gw reject. Dia BBM gw, minta maaf... dia kira boss or someone else uda kasih tau klo hari itu ada unwizing, dan dia cuma mo pinjem anak buah gw 1/2 hari. Enak aja pinjem2 1/2 hari. Tiap kali pinjem juga bilangnya cuma 1/2 hari, tapi kenyataannya jadi seharian, akhirnya kerjaan kepending lagi. Besoknya gw mo miting, jadi gw uda susun rencana persiapan menghadapinya... tapi gak ada yang peduli kan? Malah sibuk sama urusan lain!!

Gw fwd aja isi email mengundurkan diri itu ke dia. Langsung kelabakan deh, katanya mo balikin anak buah gw lagi. Gw gak peduli...

Gak lama setelah itu, boss BBM gw... dia juga minta maaf, katanya siang nanti mo balikin anak buah gw 100% akan di-freeze. Dia akan cari orang lain utk ngerjain hal itu, klo perlu dia yang akan turun tangan langsung... Lagi2 gw jawab, gw gak peduli. Gw mo percepat cuti hamil. Bodo amat bakalan gimana tuh project, klo semua orang gak peduli, kenapa gw juga harus peduli?

Intinya, gw ngamuk lah hari itu :(

Akhirnya boss nelp anak buah gw yang lagi ada di tengah2 miting unwizing. Boss minta anak buah gw balik ke pangkuan gw... Nyonyah lagi marah, katanya... kekekekekeke! Maka di tengah siang bolong itu, anak buah gw cari taxi di daerah Senin menuju Sudirman... Dia datang menemui gw dengan muka pucat... padahal gw sendiri mah lagi ketawa2. Yah gw kan marahnya cuma sama boss, bukan sama yang lain :p

O iya, gw juga dapet coklat dari temen gw yang merasa bersalah uda ngajak anak gw unwizing...

Hmmmm... ternyata harus gitu dulu ya, baru pada mo dengerin... baru pada baek2in...

Mungkin gw dianggap menakutkan bagi temen2 yang lain... even bagi boss juga. Tapi, gw merasa udah melakukan hal yang benar. Jauh2 hari sebelum itu, sebelum deadline uda mulai mepet, gw amat sangat supportive. Bahkan turun tangan sendiri setiap dikasih tugas yang multi-assignment. Tapi kan ada limitnya donk. Mo sampe kapan project gw jadi priority nomor sekian. Klo emang gak penting, ya udah di-drop aja projectnya. Atau klo merasa gw terlalu kaku dg deadline, cari aja deh PM lain yang fleksibel. Yang gak bisa ngapa2in, kerjanya cuma merintah n marah2 sama anak buah... Ada tuh contohnya... PM model begitu malah lebih didenger sama boss, gak ada yang berani kutak-kutik anak buahnya. Sebaliknya, anak buah gak ada yang betah, pada mo pindah ke project gw... client juga pada benci krn keliatan banget PM kok gayanya kaya mandor... Kekekeke... Coba pilih mana?

Gw emang galak, but somehow, anak buah bilang mereka sayang gw, kekekekeke! Yang kemaren disuruh unwizing juga bilang makasih uda dilepasin dari kerjaan gak jelas. Dia lebih suka di project karena bisa belajar lebih banyak dan lebih fokus. Ya, gw kan pernah juga jadi yang paling junior... paling pusing klo disuruh atasan ke sana kemari gak jelas. Deadline tetep, kerjaan gak ada yang kelar.

Akan halnya boss, setelah kejadian heboh di pagi hari, sorenya ngajakin meeting. Ya pas meeting sih uda gak tensi tinggi lagi. Uda ketawa2. Malah salah satu temen gw ada yang nyeritain soal
Mimpi Jorok yang gw alami. Tuh saking gw concern sama kerjaan, sampe2 kebawa ke alam bawah sadar gw. Padahal yaaa, gw mah mo tidur ya tidur aja, uda gak mikirin kerjaan. Tapi bisa mimpi aneh begitu.

Boss sampe ketawa terpingkal2 begitu diceritain mimpi gw...

Emang tuh boss... kadang gw benciiii banget sama dia... tapi yaaah, sejauh ini dia boss yang lumayan baik sih. Cuma klo uda kepuyengan sama banyaknya kerjaan yang harus dia handle, dia bakalan jadi menyebalkan! Satu2nya cara utk mengembalikan dia ke "jalan yang benar" mungkin harus protes seperti yang gw lakukan.

Sumpah, gw gak suka model ngancem2 ato gertak seperti itu. Bagi gw kaya anak kecil banget. Tapi kadang2 uda keabisan cara utk sekedar minta didengar... terpaksa deh hal itu dilakukan. Toh buat kebaikan bersama juga :)

2 comments:

Anonymous said...

takuuuuuutt!!!
syerem juga yaa kalo si nyonyah maraah :p

btw, besok2 tinggal pencet kirim imel lagi kalo mo minta cuti tambahan or gaji tambahan Cus ... gue yakin dikasih deh, daripada si nyonya berotak cemerlang dan bertangan dingin lagi' loyal pada kumpeni kabur ke kantor orang laen ;p hahahhahahahhaa

*haiiizzz ... lagi2 gue iri akan kepandaian dan kemampuan elu :p*

.:acen147:. said...

@olla: waaakakakaka, gw emang galak yak... Hi3. Klo gak gitu abis lah project mandek, la.
Ah klo kseringan kumplen, esensinya bisa ilang laaa... Kudu pake strategi biar tepat sasaran ;)