Sunday, March 28, 2010

Mind Your Own Business!

Duh di usia kehamilan tua ini, badan gw pada pegel2 semua. Gara2nya posisi tidur... kan gak boleh telentang, lagian klo telentang pinggang pada sakit semua... Jadi tidurnya miring. Kebanyakan miring ke kiri, leher sakit... ke kanan, punggung sakit. Tengah malem kebangun cuma buat guling2 doank. Rasanya pingin nangis... Akhirnya jam 5 subuh gw putuskan utk bangun, trus binun mo ngapain... ya ngeblog aja lah :p

Kemaren gw pergi shopping ke Mangdu sama Nyunyu n nyak. Shopping utk 2 kebutuhan. Pertama urusan bisnis (nanti lah gw crita klo uda terwujud, hehehe). Kedua urusan perlengkapan buat menyambut pangeran cilik, alias Bayu (yang ini juga gw crita nanti aja, hahahaha!).

Nah yang mo gw critain tuh hal yang lain lagi...

Kan sekarang rumah Dahlia lagi direnov. Dasar babe gw heboh, cucu blom lahir uda sibuk buat persiapan ini-itu. Yang pasang gazebo lah buat tempat Bayu disuapin makan. Lebarin jalan setapak di taman buat Bayu maen mobil2an... Aih-aih...

Gara2 renovasi ini, ternyata banyak tetangga yang sirik lho!! Ini diketahui dari percakapan babe dengan tukang kayu pada saat makan. Babe nawarin si tukang kayu (sebut aja TK) utk ikutan makan di meja yang sama. Uda kebiasaan bagi babe bergaul dengan orang dari semua kalangan. Mo tukang kayu, tukang pijit, tukang kebon, tukang ojek, satpam, pembantu, jendral, komandan... semua sama... semua diajak ngobrol, makan bareng...

"Kang, makan... istri saya masak bandeng isi... cocol sambel, enak banget"

"Makasih, pak... saya uda makan..."

"Saya mah lebih suka makanan yang sederhana seperti ini, rasanya lebih enak"

"Yah klo bapak mah... mo makan apa aja enak, soalnya banyak duit. Klo orang seperti saya uda biasa makan seperti itu, pinginnya yang enak2 tapi gak ada duitnya..."

"Ah siapa yang banyak duit... saya biasa aja kok, pak"

"Pak, orang2 sini juga tau bapak duitnya banyak. Buktinya, dari 1 kompleks, yang punya mobil mewah berderet cuma bapak. Padahal bapak gak pernah ketauan kerja dimana"


Buset, berderet mobil mewah... perasaan cuma ada 2 mobil buatan Jepang yang umum ditemuin sliwar-sliwer di jalanan (uda jadi mobil sejuta umat kaleee)... malah ada yang taon lampau...

"Emang saya pengangguran, pak", babe mencoba menetralisir keadaan dengan sedikit becanda...

"Bapak pengangguran yang banyak duitnya. Orang2 sini juga pada heran kok bapak gak kerja tapi banyak duitnya. Kan banyak yang menyelidiki bapak"

"Menyelidiki saya?"

"Iya, mau tau kerja bapak apa, kok gak pernah keluar tapi banyak duit..."


Ya ampyun, jangan2 dikira babe gw pake ilmu apa kali ya biar banyak duit...

"Ooooo... gitu ya..."

Merasa malas menanggapi, babe gw buru2 kelarin makan trus naek ke atas, ninggalin itu tukang. Babe gw cuek, nyak gw geregetan... dia coba jelasin ke si tukang.

"Pak, ngapain sih orang2 mo tau urusan orang lain. Suami saya kerja apa, emang penting buat situ?"

"Gak sih, bu... cuma kan aneh aja orang gak ngapain2, cuma di rumah tapi banyak duitnya."

"Bapak pikirannya jangan picik. Emang jaman sekarang kerja harus pergi ke kantor? Buat apa dateng ke kantor klo hasilnya gak seberapa? Suami saya uda pensiun, tapi masih banyak kenalan. Dia kerja gak perlu ke kantor. Cukup di rumah, di depan laptop, connect internet dan handphone. Main saham, valas, buatin program orang. Hasilnya lebih gede dari orang kerja kantoran. Apa perlu saya jelasin ke semua orang? Dijelasin juga percuma, gak bakalan ngerti soalnya orang sini pada picik pikirannya."


Nyak mulai nyolot...

"Oooo..."

"Rejeki itu uda ada yang ngatur, pak. Ngapain kita urusin orang lain? Malah harusnya bersyukur klo orang lain diberi rejeki lebih, bisa bagi2 ke kita... Kaya sekarang bapak dipanggil utk kerjain renovasi rumah ini, kan bagi2 rejeki buat bapak"

"Iya, saya juga heran... kenapa rumah masih bagus dibongkar2? Emang bapak-ibu hidup berapa lama lagi sih? Paling lama umur 80, ini rumah juga masih awet"


ASTAGANAGA... nih orang hebat banget uda bisa prediksi umur ngelebihin Tuhan!

"Ya ampuun paaak... itu lah bedanya pemikiran kita sama bapak. Klo kita, mikirnya bukan diri sendiri pak... Masih ada anak, cucu... Emang klo kita uda mati ini rumah mo dibawa ke liang kubur? Ya gak kan? Pastinya diwarisin ke penerus kita. Makanya kita uda pikirin dari sekarang, mo ada cucu, mo kasih yang terbaik. Tapi apa perlu saya lapor ke orang2? Ngapain?"

... nyak jelasin panjang lebar... dan terus berlanjut...

"Pak, kita sih dari mo punya anak semua uda direncanain. Kita gak mau punya banyak anak tapi gak bisa ngurus. Anak satu yang penting jadi. Sekarang anak saya uda gede, mandiri, uda nikah, suami-istri sama2 kerja, hasilnya lebih dari cukup... bentar lagi mo ngelahirin anak pertamanya. Apalagi yang kita pusingin pak? Kita mah kerja kerasnya uda dari dulu2, sekarang tinggal nikmatin hidup. Saya kerja jadi pegawai negri juga cuma untuk cari kesibukan biar gak bosen di rumah. Semua uda tinggal buat cucu pak, buat kita2 sendiri mah uda lebih dari cukup. Tapi sekali lagi, apa perlu kita cerita2 ke orang2? Saya heran, perasaan kita gak pernah ngomongin orang, gak pernah usil, tapi orang lain ada aja pemikirannya aneh2..."

Si bapak cuma manggut2... tapi gw yakin manggut2nya masih dengan kepala bebel...

Karena kesel, akhirnya nyak-babe gak jadi make tukang itu utk nerusin renov. Klo dipikir2 keterlaluan gak sih? Apa coba urusannya orang mikirin orang lain? Mikir diri sendiri aja gak abis2. Kenapa gak dipake utk meningkatkan mutu yang ujung2nya juga meningkatkan taraf hidup pribadi. Sibuk kasak-kusuk, abisin waktu... emang ada untungnya?

Tapi begitulah masyarakat Indonesia. Karena sifat yang seperti itu makanya kita gak maju2. Bawaannya negatif dan sirik mulu ke orang lain. Bukannya bersyukur...

Gw uda pernah bilang ke ortu gw waktu mereka pindah rumah... lingkungan yang mereka tempati sekarang sepertinya kurang bagus. Karena itu gw sebenernya prefer mereka pindah ke kompleks gw. Bukan karena mo merasa elit atau apa... ya liat sendiri kan kejadiannya? Padahal ortu gw itu uda berusaha membaur dg masyarakat sekitar krn gak mau dibilang sombong. Tapi semakin keliatan deket, eh malah semakin diselidikin. Aneh kan?

Mungkin ada baiknya kita hidup sendiri2 kali... Bullshit dengan yang namanya gotong royong dan kekeluargaan, klo pada akhirnya baik2 cuma pas ada maunya (yang perlu biaya tambahan biar ditombokin babe gw). Emang uda saatnya kita hidup individualis kali. Mo ngapain juga urusan masing2.

Kadang prinsip orang bule ada benernya...

Mind Your Own Business, pliiiiiiiiissssss!!!

1 comment:

Anonymous said...

kalo kata orang sini mah...KAYPOOOH!!! hahahahhahaha....