Wednesday, March 17, 2010

Week 28: We've Got The Name!

Alow-aloowwww... Selasa kemaren gak berasa lho uda week 28, artinya usia kehamilan gw uda 7 bulan!

Seperti kebanyakan adat Jawa, kami juga akan menggelar acara mitoni atau 7 bulanan untuk keluarga. Mengingat waktunya yang agak2 susah utk mengumpulkan keluarga besar - terutama keluarga Mas Adi yang terpencar2 -, acara mitoni ini akan digelar di awal bulan April nanti :)

Klo kata orang2 tua, sebelum 7 bulan gw dilarang belanja keperluan bayi. Pamali! Jadinya sampe sekarang gw emang belom beli apa2, hihihihi! Sabtu kemaren pas lagi jalan2 di Plaza Indonesia, gw sempet mampir ke Mother Care. Liat baju2 bayi lucu banget yah! Jadi ngiler pengen beli. Kan gw uda tau jenis kelamin anak gw, harusnya gak bakalan keliru klo gw milih di section Baby Boy. Trus, gw juga liat ranjang baby, stroller, tempat mandi baby, car seat buat baby, dudukan makan buat baby. Wah jadi pingin mborooooooooooong!

Tapi trus inget2 soal pamali tadi, jadi diurungkan deh niatnya. Lagian di Mother Care itu mahal2 yaaah, masa untuk ranjang baby yg bagus harganya 18 juta T_T... Duh-duh, bisa2 yang lain gak kebeli gara2 beli ranjang doank. Mending ditunda lah, cari2 tempat lain yang masuk budget :D

Alhasil, dari yang nepsong belanja, jadinya keluar dari Mother Care cuma beli krim stretch mark doank. Kikikiki... Nanti deh ajak nyak belanja, kan dia juga uda survey2 tuh. Lagian klo bawa nyak bisa sekalian nawar sampe gila, hahahaha!

Klo soal daftar keperluan baby yang harus dibeli, gw uda punya sih. Boleh nyontek dari forum Weddingku. Pan ibu2 di situ lebih pengalaman. Trus mereka juga rasanya lebih heboh ya. Dari sejak awal kehamilan uda nyicil2. Klo gw mah boro2. Kayanya gw kok santai sekali!! Namanya juga mama funkeh, mikirnya rada beda dari kebanyakan ibu2 lainnya... Huehehehehe!

O iya, selain kebutuhan baby, gw uda mulai survey RS utk melahirkan. Berhubung dokter Setyabudi adanya di Tangerang, jadi gw bakalan melahirkan di sana. Repot ya? Abis gimana donk, uda keburu jatuh cinta sama dokternya, gak mo pindah ke lain hati. Hihihi. Rencana gw akan melahirkan di RS Siloam Gleanagles Tangerang. Pemeriksaan berikutnya gw akan ke sana, sekalian mo nanya2 lebih detail.

Segala macam persiapan bukan hanya dilakukan oleh gw n Nyunyu. Yang ikutan heboh tentunya ortu gw. Sekarang ini mereka sedang renov rumah Dahlia. Lha padahal kan baru selesai dibangun yak, kok uda direnov aja? Ternyata mereka lagi nyiapin gazebo di taman atas... katanya buat nanti Bayu makan kudu ada tempat yang nyaman untuk nyuapinnya... Trus di taman bawah juga uda disiapin jalan setapak... katanya biar nti Bayu bisa maen mobil2an ato sepeda2an... Rasanya belum cukup heboh, sekarang ortu gw lagi pusing mikirin mo naro ranjang baby dimana yaaa, soalnya semua kamar di rumah Dahlia di-design minimalis dan uda full dengan ranjang dan lemari.

Gw jadi kebayang, kayanya nanti gw gak perlu heboh2 beli ini-itu deh... Pasti ortu gw yang bakalan lebih heboh duluan. Tau2 uda ada aja perlengkapannya. Klo gak direm2 soal pamali tadi juga mereka uda mborong dari kapan tau, kali :p

O iya, ngomong2 soal persiapan, yang gak kalah bikin heboh sebenernya soal nama. Kan gw uda pernah cerita ya... dari jauh2 hari babe gw uda nyiapin 2 nama untuk baby boy n girl. Itu nama datengnya dari wangsit, bahkan dari sebelum gw hamil babe gw uda dikasih petunjuk. Klo diinget2, kata babe gw nih... dia dapetin "penerawangan" itu di hari ke-9 bulan puasa. Sedangkan gw insem itu hari ke-15 (2 minggu sebelum Lebaran)... trus ketauan hamilnya pas selesai libur Lebaran.

Setelah di-USG 5.5 bulan baru ketauan klo jenis kelamin dede adalah cowok, jadi yang dipake nama Bayu Baskoro. Belakangnya tserah mo pake nama apa, tugas gw n Mas Adi yang mikirin.

Pinginnya sih nama yang unik tapi mengandung makna berarti. Klo uda ada nama Jawa, mo ditambahin nama berbau Europe dan klo bisa ada juga nama yang menandakan gabungan dari nama kami berdua.

Awalnya Bayu Baskoro Sandi Sebastian, dimana Sandi itu singkatan dari Susy and Adi

Tapi Sandi gak terlalu punya makna ya...

Trus muter2 deh cari nama susah banget...

Bayu Baskoro Sandi Leonidas, secara lahirnya kan taon Macan... tapi Leon itu kan Singa ya, bukan macan. Klo macan Tiger... Masa mo pake nama Tiger Wood, nti kaya pemain golf yang lagi kena kasus itu loh... Jangan ah! Hahahaahaha!

Bayu Baskoro Sandi Salvatore, cukup keren... tapi kayanya terlalu latin2 gitu... nti orang bingung lagi nih anak aslinya orang mana sih, hhiihihihi!

Pencarian nama yang cocok ternyata gak mudah ya. Terbukti sampe berbulan2 lamanya kami belum ktemu2 juga tuh. Babe gw uda ribut aja... uda pake diitung2 segala pake primbon Jawa, hihihihi!

Akhirnya, setelah tiap malem muter2 browsing di inet, kami nemuin nama yang memenuhi semua kriteria. Dan nama tersebut adalah...

BAYU BASKORO SATYA SEBASTIAN

... dimana...

BAYU = angin = mudah membawa diri

BASKORO = terang = pintar

SATYA = setia = tulus hati = juga representasi nama gw (Susiyani SETIOwaty) dan Mas Adi (Oktavia Adi PraSETYA)

SEBASTIAN = yang diagungkan, seperti raja

Jadi klo digabung bisa diartikan... Raja yang pintar, mudah membawa diri, setia dan tulus hati.

Nama itu juga diambil dari 3 bahasa, yaitu Jawa, Sansekerta, dan Eropa.

Cocok lah dengan semua kriteria yang kami inginkan.

Setelah dapet nama, bukan berarti langsung dipake gitu aja. Kami juga menghitungnya dengan menggunakan buku primbon Jawa.

Caranya, semua huruf dikonversi dengan angka, lalu dijumlahkan. Hasilnya dibagi 6, lalu diliat berapa sisa pembaginya. Untuk nama Bayu Baskoro Satya Sebastian, sisa pembaginya adalah 4. Lalu diliat bagaimana sifatnya... ternyata adalah... Satria yang berjiwa besar dan tulus hati (ada nama Jawanya utk angka 0-5, tapi gw lupa).

Wah, bisa cocok ya arti nama seperti yang gw jelaskan di atas dengan sifat yang ada di buku primbon Jawa. Untung artinya bagus ya, soale ada juga yang artinya jelek, contohnya 0... artinya Satria yang banyak pengorbanan, tapi hasilnya sia2 dan tidak dihargai orang. Weleh, klo sampe dapet angka itu, kudu rombak lagi deh namanya... padahal mikirnya uda berbulan2, kekekeke!

Sebenernya mo percaya gak percaya sih, hahahahahaha! Tapi ya itu buku uda ada sejak jaman eyang2 gw dulu n dipake buat itung2an segala macem, kekekeke! Waktu gw n Mas Adi mo merit juga pake diitung2 nama, tgl dan jam lahir, dsb... malah kali ini yang ngitung adalah mami, alhamdulillah hasilnya bagus... nomor 1, artinya... banyak rejeki. AMIIIIIN!

Trus karena berencana caesar, juga uda diitung kira2 tanggal berapa, wetonnya apa, jam berapa utk waktu lahirannya. Klo bisa sih hari Kamis (sama seperti gw n Mas Adi), antara jam 9 - 12 siang, soale artinya bakalan banyak rejeki. Hahahaha!

Sejak namanya ditemukan, rasanya sekarang lebih plong. Semua ikut andil, semua kebagian plus nama itu bener2 memiliki makna.

Ada yang bilang... apalah arti sebuah nama... Kenyataannya... penting juga ya, klo gak mah gak bakalan heboh nyarinya... hahahaha!

10 comments:

Yenny - Fidel n Feo said...

Namanya bagus Sus, ada Jawa dan Eropa nya, trus ada representasi dari nama lue dan suami lagi.
Ntar panggilan kecilnya apa Sus.

Met belanja Sus, belanja barang2 baby bener2 hal yang paling asyik.
Sekarang aja tiap belanja, pasti nyosornya ke corner baby dulu, buat sendiri mah belakangan deh.

Pucca said...

BBSS donk sus tapi bagus kok gua lebih suka ini daripada sandi hehehe..
mungkin ortu lu heboh banget karna lu kan anak satu2nya sus, mereka kan kepengen pegang baby lagi, udah berapa taon tuh sejak lu baby hehehe...

Selvi said...

namanya juga anak pertama dan cucu pertama pasti pada heboh deh. belanja ini belanja itu.

dulu juga gua begitu excited, belanja melulu dan dibelanjain orang. hehehe.

tapi skrg anak kedua, siapa yg mau belanjain lagi? hehehe. trus masih ada barang baby bekas kokonya jadi irit.

gua juga lebih suka nama sebastian daripada sandi.

Anonymous said...

bagus namanya sus... mengingatkan gua sama raja-diraja jaman dulu...
jadi panggilannya apa? bayu?

nattever said...

namanya macho sekali sus, cowok pisan! hehehehe....sip dah...\panggilnya bayu apa setya apa bastian tuh? hehe..

emang paling napsu kalo blanja barang2 baby sus, mendingan ditemenin nyak deh, kalo sendiri bisa gak mau pulang sebelon dompet kering deh hehe..

.:acen147:. said...

@yenny: panggilan kecilnya sih mungkin Bayu ya... tapi klo babe punya panggilan unik sendiri, yaitu Ki Gending... hahaha!

@pucca: hahaha, uda 33 taon sejak gw bebi, pastinya uda banyak lupa gimana cara ngerawat bebi :p

@selvi: emang anak pertama pasti lebih excited rasanya ya... apalagi gw anak tunggal, jadi ortu gw bener2 heboh dg kehadiran cucunya ini hehehe... klo anak kedua uda umum dapet lungsuran dari kakaknya :p

@dessy: namanya eksotis ya, des... wakakaka... panggilannya Bayu... tapi bokap gw punya panggilan Ki Gending ;)

@nat: klo gw belanja sama nyak kayanya bakalan ttp kering... tp yg kering dompet nyak bukan gw... wakakkakakaa! abis ortu gw tuh lebih heboh dari gw... gw mah masih santai aja :p

luvly7 said...

Bayu sama Sebastian tuh cowok banget namanya ... heheheheh

Inisialnya BBSS yaa???

mmmm, Blackberry SourSally kalo buat gue ... hahahhaha

can't wait to see baby Bayu ;)

-mandayandalove2T- said...

biar kata orang Jawa, tapi gw baru tau cara ngitung nama Si..hahahah thanks yaaaa

Pitshu said...

panjang amat mom namanya sampe 4 kata :)

.:acen147:. said...

@olla: kirain BBSS tuh Bobo Bareng Susiyani Setiowaty, wkaaakakakaka! Baby Bayu also cannot wait to see his aunty Olla ;)

@manda: tiap angka 0-5 ada artinya, Manda... tapi gw lupa... klo gak salah 0 disia2kan/disepelekan orang, 1 banyak rejeki, 2 (lupa), 3 calon pemimpin, 4 berjiwa besar, 5 (lupa juga, hahaha!)

@pitshu: iya, suka yang panjang2 sih :))