Monday, April 05, 2010

Week 30: Mitoni (7 Bulanan)

Wiken minggu lalu bener2 padat. Tapi gw bersyukur karena walaupun masih berasa capek sampe sekarang, acara mitoni yang digelar keluarga gw akhirnya sukses terlaksana.

Mitoni... mungkin gak semua orang tau apa artinya. Artinya adalah perayaan usia kandungan 7 bulan bagi anak pertama. Perayaan ini sebenernya perayaan adat Jawa. Bukan hal yang wajib, tapi umumnya pasangan calon bapak-ibu pasti tidak ingin melewatkannya. Apalagi anak pertama, rasanya kan gimanaaa gitu... everything serba surprise, serba exciting :)

Sebenernya usia 7 bulan itu tepatnya jatuh pada tgl 16 Maret. Tapi berhubung keluarga Nyunyu kan tersebar dimana2, dan untuk mengumpulkan semuanya harus dicari waktu yang pas. Kebetulan wiken kemaren adalah long wiken, jadi tepat banget utk gelar acara. Maka kami pun mempersiapkan segala halnya dari jauh2 hari untuk melaksanakan acara mitoni tgl 3 April kemaren.

Mami-papi uda berangkat dari Jogja sejak tgl 31 Maret. Mereka singgah dulu ke Subang, mengunjungi tempat Mbak Lina n Mas Duto sekeluarga. Tanggal 1 April, mami papi dijemput ke rumah gw di Pesona, Depok. Sayangnya Mbak Lina n Mas Duto gak bisa ikut acara mitoni, karena mendadak ada panggilan dinas untuk Mas Duto. Jadi dengan berat hati, kami merelakan mereka pulang lagi ke Subang. Sebagai wakil, ditunjuk Tarin untuk ikutan nginep, sekalian bantu2 Tante Susy, katanya... hehehehe.

Tanggal 2 April malem, giliran Mbak Dina dan Mbak Ita yang sampai di rumah Pesona. Mbak Ita juga hampir aja gak bisa ikutan acara mitoni karena tiba2 ada acara lamaran adik iparnya. Untung acaranya dimajuin jadi 2 April pagi, jadi 2 April malem bisa dijemput ke Depok, dan tgl 3 April bisa seharian ikut acara mitoni keluarga gw.

Rupa2nya tgl 3 April ini tgl baik kali yaaa, soale semua orang MENDADAK punya acara... padahal gw uda nyiapin jauh2 hari lhooo... tapi harus ngalah sama acara2 lain yg lebih penting... hiks... Gak pa-pa lah, yang penting kiriman doanya sehingga acara bener2 sukses... moga2 sampe nanti lahiran juga akan lancar dan sukses. AMIN :)

O iya, mitoni ini hampir aja dirusak oleh "acara" lain yang gak kalah pentingnya. Apa coba? Acara PEMADAMAN LISTRIK secara bergantian! Jadi pas pagi2 orang lagi pada sibuk beberes, eh tiba2 ada orang dateng bawa2 selebaran. Kirain mah apaan, gak taunya... pengumuman klo bakal ada pemadaman listrik dari jam 8-11 siang. Acara gw sih tgl 11 siang. Tapi tau sendiri kan klo sampe molor gimana? Lagian pagi2 orang mo dandan, check sound system, persiapan catering... semua butuh LISTRIK. Ya ampyuuun... napa gak kemaren2 aja sih mati listriknya, pas lagi gak ngapa2in.

Untung lah gw punya babe gaul yang kenal sama banyak orang di sana-sini. Kebetulan dia kenal sama salah satu pejabat di instansi PLN, jadi minta supaya ditunda dulu lah... secara lagi mo ada hajat gitu loooh! Akhirnya pemadaman diundur jadi besokan harinya. Fiuuuh... bikin sutris ajaaah!

Setiap prosesi dalam perayaan mitoni mengandung simbol yang memiliki makna2 khusus. Gw sendiri sebagai orang Jawa tadinya gak terlalu paham. Baru setelah ngejalanin ngerti deh. Dan gw rasa banyak orang yang kurang paham juga... jadi agak2 menarik utk disimak satu per satu. Gw akan menjelaskan urutannya :)

Oh iya, selama prosesi ini gw dirias pake konde segala. Sebenernya gw gak PD lho, secara gw tuh lagi bulet2nya, trus dikonde... aduh... kaya bakpaoooo berambut. Tarin aja bilang klo Tante Susy bulet bangeeeeeeet!!! Wkwkwkwkwkwk!

Uda gitu gw dipakein kemben dan kain untuk siraman. Kain yang cuma pake karet gitu... Untuk nutupin punggungnya dipakein ronce melati. Yaaaaah... mirip lah dengan gentong berjalan... wkwkwkwkwkwk! Bodo lah, yang penting PD JAYA!!! :p

1. Sungkeman

Setelah dirias bak gentong berkepala bakpao, acara mitoni pun dimulai sekitar pukul 11. Ritual pertama adalah sungkeman. Urutan yang disungkem adalah suami-nyak babe-mami papi. Setelah gw sungkem suami, suami turun dari kursi untuk ikutan sungkem dengan para ortu. Di acara ini, agak2 mengharukan. Tapi gw tahan2in untuk gak nangis. Soale untuk sungkem aja uda perjuangan buat gw, jadi kagak usah ditambah pake nangis2 segala dah... Tapi gara2 nyak gw mulai terisak2 gitu, yaaaa... jadi ikutan terharu jugaaaaa... wkwkwkwkwkwkwk!



2. Siraman

Abis sungkeman, acara berikutnya adalah siraman. Nah untuk bangkit ini perlu perjuangan deeeeh... soale berat banget bangunnya, hihihi. Tapi uda berdiri, gw kembali menunjukkan "kegagahan", soale waktu disuruh jalan menuju siraman, gw ternyata jalannya kecepetan, sampe disuruh pelan2 sama MC-nya... Lha ini bumil gak mo kalah sama pasukan tentara yang lagi baris-berbaris... Abis emang uda bawaannya gitu sih, gimana donk? Hihihihi!

Siraman dilakukan sebanyak 7 kali oleh orang yang berbeda. Pertama oleh Nyunyu, my lovely hubby, dilanjut oleh nyak babe, mami papi, tante Vera (sepupu nyak) dan oma Siska (tante nyak).

Sebelum Nyunyu pertama kali nyiram, gw uda wanti2... awas lho nyiramnya dari bahu aja... jangan dari kepala. Secara gw uda didandanin, walaupun mirip bakpao berkonde, tapi kaaan better laaah daripada bakpao basah kuyup, wkwkwkwkwk!

Jadi disiram dari bahu trus turun ke perut... terutama perut biar dedenya berasa adeeeemmmm!

Siraman pertama rasanya sejuuuuk apalagi cuaca lagi panas2nyaaaa... Tapi berhubung tiap orang nyiram 3x... trus cuaca kok mulai mendung yaaaa, angin juga silir2... lama2 gw menggigil jugaaaa... hihihihi!




3. Belah Kelapa

Setelah menggigil disiram, acara selanjutnya adalah calon bapak membelah kelapa menggunakan golok. Klo pas dibelah airnya keluar muncrat, artinya cowok. Klo rembes, artinya cewek.

Nyunyu awalnya rada2 binun nentuin posisi kelapa utk dibelah. Trus pas belah rada2 ati2, jadinya malah aernya gak keluar hihihihi. Setelah berkali2 sih akhirnya keluar, tapi uda keburu rembes, walaupun pada akhirnya muncrat... Pas ditanya MC-nya... air rembes ato muncraaat... Berhubung uda pada tau anak gw cowok, jadi pada kompak jawabnya MUNCRAAAT!! Wakakakakaak!



4. Pecah Telor

Acara selanjutnya adalah ngegelundungin telor ayam kampung dari balik kemben dan kain gw. Telor itu akan meluncur ke bawah. Klo jatuh dan langsung pecah, artinya proses lahiran akan lancar. Tapi klo gak pecah, bakalan ada kesulitan...

Berhubung acaranya itu di belakang taman, jadi pas ngeluncurin telur dicari yang pas ada bebatuan, biar pecah gitu loooh, hahahaha!

Dan syukur lah emang pecah dengan suksesnya :p

5. Potong Tali

Setelah ngeluncurin telor, berikutnya adalah potong tali. Jadi tu tali diiket di sekeliling perut gw. Trus digunting sama Nyunyu... katanya MC sebagai simbol potong tali ari2... Klo ini sih gak ada kendala, sekali KRES... langsung kepotong :)

6. Minum Air Kelapa

Kelapa yang tadi dibelah, sisa airnya ditampung di dalem gelas, trus gw disuruh minum. Sayang airnya dikit banget, padahal gw haus... jadi gw nyeletuk... mau nambah doonk!... Eh diceletukin balik... nti beli es teler aja... HAHAHAHA!

7. Gelundungin Kelapa

Setelah berbasah2 ria, biar gak masuk angin gw ganti kemben dulu utk mengikuti acara selanjutnya, yaitu gelundungin kelapa.

Jadi kelapa itu dimasukin ke balik kemben n kain oleh Nyunyu, nti siap ditangkep oleh nyak n mami. Ini sebagai simbol aja klo pas lahiran nanti, para orangtua akan membantu ngerawat dede... digendong2, dinyanyiin lagu nina bobok.

Nah acara gelundungin kelapa ini sempet ribet deh. Soale si kelapa nyangkut di bra gw... Yah abisnya Nyunyu "ngobok2" gak pake diliat2 sih taro dimana... jadi bukannya meluncur ke bawah malah nyangkut di be-ha :))



8. Pantes2an 7 Kain dan Kebaya

Acara selanjutnya adalah pantes2an pilih kain dan kebaya sebanyak 7 kali. Setiap kali dipasang kain dan kebaya, MC akan bertanya ke para tamu undangan, "uda pantes beluuuum?" Sampai dengan kain dan kebaya ke-6 akan dijawab "beluuuuuuum"... Akhirnya pada kain dan kebaya ke-7, baru deh dibilang "panteeeesss"... fiuuuh... yah emang uda aturannya gitu, sih, hihihi... Tapi jangan khawatir sodara2, tidak seperti ke-6 kebaya sebelumnya, yang ke-7 ini muat koook!!!

Pssst, mo tau gak rahasianya? Yaaa, sebelum acara mitoni, kan uda cobain kebaya yang ke-7 dulu di salon. Walaupun itu sekitar 2 bulan yg lalu dan gw uda worry aja jangan2 nti gak muat lagi... Untunglah setelah 2 bulan, kebaya yang sama pas dicoba, masih muat dipake pas acara... Kikikikikik!

Sebenernya gw rada2 grogi... secara jadi tontonan banyak orang dengan posisi "nyaris bugil"... Mending klo body gw 53kg kaya dulu, lha iniiiii 70kg bowww! Temen gw aja sampe ternganga2 katanya liat gw buleeet bangeeeet! Kurang ajarnya, dipotret di hp katanya buat ditunjukin ke seluruh temen kantor lainnya... GUBRAG!!!... meluncur jatuh dah pasaran gw :))... Ilang semua "pangkat" gw, seperti maskot kebugaran, icon FF... ARGH!!!

Lagian itu kemben juga kurang ajar. Dikasih kemben untuk all size, ya namanya juga nyewa yaaa... Jadinya default megar2, kesannya gw menggelembung banget gitu... *Ah alesan aja, uda bulet masih nyalahin kemben, wakakakaka!




9. Ngangrem Ayam

Uda pilih2 baju, eh disuruh jadi ayam. Nyunyu jadi ayam jago yang jagain si babon (alias gw) yang lagi ngangremin telor.

Biar bener2 mirip ayam, Nyunyu diminta ber-"KUKURUYUUUUUUUUUUUK", yang kemudian dibales oleh gw dengen ber-"PETOK-PETOK-PETOOOOOOOK"!

Ampyuuun dah! Hihihihi.



10. Jualan Rujak dan Dawet

Abis jadi pragawati dadakan yang nyobain 7 kain dan kebaya, maka tugas selanjutnya adalah jualan rujak dan dawet. Sebelum jualan, rujaknya diuleg dulu secara simbolis. Yaaa, gw pilih cabenya, garemnya, gulanya... trus campur buah2nya... Setelah jadi "rujak", minta salah satu sesepuh utk cobain. Kali ini yang diminta nyoba adalah Oma Tuti (nyokapnya nyak).

Trus Oma ditanya... "gimana rujaknya, buuu?"

Si Oma dengan polosnya bilang... "kok asiiiin yaaaa?"

Haaaa, pada ketawa deh. Katanya beneran nih anaknya cowok, abis rujaknya aja asiiiin. Wakakakaaka! Ini gara2 Nyunyu sih, pake minta ditambahin garem, katanya kurang berasa. Eh jadinya malah keasinan, hihihihihi!

Setelah rujaknya jadi, dipejeng rujak beneran, yang tentunya disiapin sama vendor siiih. Selain rujak juga ada es dawet (cendol). Maka dibukalah acara jualan rujak dan cendol. Untuk membelinya pake uang dari genteng yang uda dibagiin sama panitia ke para tamu undangan. Para tamu pun berbaris nunggu antrian untuk beli rujak sama cendol...

Laris maniiiiiiiiiiiis :)




11. Potong Tumpeng

Abis jualan rujak, ritual berikut adalah potong tumpeng. Cara motongnya berturut2 adalah, pertama puncaknya dipotong, setelah itu tumpeng dibelah menjadi 4 bagian yang melambangkan agar jalan dede terbuka dan lancar dari berbagai penjuru.

Trus puncak tumpeng beserta lauk-pauknya diberikan pada sesepuh yang paling tua, yaitu Oma Tuti...



12. Makan Bersama

Potong tumpeng merupakan ritual terakhir dari keseluruhan acara Mitoni. Acara ditutup dengan makan2 bersama. Gw dan Nyunyu, sebagai tuan rumah mempersilahkan para tamu untuk makan, sekaligus memimpin rombongan untuk sama2 menuju prasmanan yang sudah tersedia di tenda luar depan rumah kami...



Nah giliran acara makan2 ini, lupa dah sama kondisi badan yang uda kaya gentong berkonde... Ambil makannya 2 piring dooonk... 1 nasi beserta lauk pauknya, 1 lagi d-crepes isi es krim (2 scoope)... teuteuuuup... WAKAKAKAKA!

Abis makan2, acara bebas deh... nyanyi2, joget2... yang berlangsung sampe sore... Fiuuuuhhh... capeeeekkkk... Tapi seneng...

Calon ayah-bunda :)


Ki-ka: Nyak, Babe, Bumil, Mami, Papi


Ki-ka: Tarindut, Bumil, Nyak, Mbak Ita, Mami


Ki-ka: Poppy, Bumil, Nyak, Tante Desty


Bareng temen kantor. Ki-ka: Agus, Bumil, Welly, Adit


Lucunya nih, si Bayu selama acara itu diem aja loh. Bener2 anteng, gak ada gerakan. Giliran hari ini, dimana emaknya mulai sibuk ngantor, dia aktif gerak2 dari pagi sampe malem.

Mungkin dia tau kali yaaa, pas mitoni itu dia lagi jadi selebritis, didoain sama banyak orang... jadinya agak2 jaim, hihihihihi...

Selamet 7 bulan di dalem kandungan mama ya, Nak... Semoga segala kebaikan yang didoakan oleh banyak orang dapat menjadi pegangan kamu dalam menjalani hidup nanti. Mommy n daddy love you so much... MUACH!

*puas-puaaaasss kaaaan liat gw kaya gentong berkonde? wkwkwkwkwwkwk!

11 comments:

Belzy said...

wahhhhh uda 7 bulan...cepet banget yah waktu berjalan, prasaan pertama kali gue baca blog elo, kayaknya elo baru2 hamil deh :). Niwei, congratulation yah sus, semoga smua2nya lancar ampe dede bayu lahir yah :).
Fotonya dong sus di posting, kayaknya acaranya seru yah :). Gue mo liat .... huehehehehheh :)

epi said...

sus... pengen liat donk bakpao berambut nyaaaa *ngabur sebelom di timpuk* =))

ehhh.. tp beneran gue pengen liat foto tante susi lg hamill... di postng donk poto naaa...

luvly7 said...

Keren ya Cuss ... selama ini gue cuman tau sepotong2 doang, thanks udah menyajikan acara mitoni lengkap, berikut sama arti dan maknanya :) sapa tau besok2 kebagian job jadi MC mitoni, pan gue dah ada panduannya nih ... hahahhaha

eh, kamu tetep cantik dan gag keliatan bengkak looh ... kebayang elu berasa berat dengan 70 kg itu, nah, gue kemaren gag hamil aja beratnya sampe 77.7 looh ... gileee bener yeeeee???

Gue rekor hamil 9 bulan si Timmy, beratnya sampe tembus ke 83.5 looh ... hahahahhaha :)

Sukses & sehat terus buat Baby Bayu, mom & dad yaaa :) lahiran di RS mana Cus?? Mo kado apa dari blogger??? ntar gue tinggal kerahin massa nih ... hahahhaha :D

Dessy said...

wah... manglingin deh elu dirias gitu hi3x...
selamat 7 bulan'an ya... sorry gua ga bisa dateng secara ada kejadian yang gua bilang di bbm itu hikz...

:)

Belzy said...

mo komen lagi ahhh setelah liat poto2nya :). Ternyata dirimu cantik yah sussss....beneran loh, abis slama ini ga perna liat foto2 mu sih :).

Beneran seru yah acara mitoni ini.....

Yenny - Fidel said...

Wah ayune Sus, sapa bilang kayak gentong berkonde, gua bilang malah cakep banget, gak keliatan gemuk mukanya.

Sus blm liat saya yg tampangnya ancur, ampe sodara ada yg bilang hamil anak cowo yah (berarti keliatan jeleknya kali yah)

Selamat yah dah 7 bulanan, tinggal menghitung minggu yah

.:acen147:. said...

@belzy: akhirnya poto2 di-upload sampe tengah malem tuh... demi memuaskan keingintahuan pembaca *halah, hahaha!
iya, acara mitoni seru sekaligus melelahkan. tapi kan cuma sekali seumur hidup, jadi tetep exciting :)

@epi: tuuh piii, akhirnya muncul juga kan penampakan gw hamil? abis gak PD sih pejeng2 poto lagi bulet (tumben ya? wkwkwkw)

@olla: waaah, biar afdol jadi MC acara mitoninya, kudu kursus bahasa Jawa dulu, laaa... wkwkwkw...

gw perasaan uda buleeet banget deh sekarang. wondering apakah bisa balik seperti dulu yaaa :p

kado dari blogger? wkwkwwk, apaan yaaa? huahahahaa... tserah deh apaan aja, dengan senang hati pasti gw terima. muach!

@dessy: sejak hamil gak pernah dandan des, sekalinya dandan sampe dikonde segala yak, wkwkwkkwk...

@yenny: maaci yaaa... jadi terharu masih ada yang bilang cantik *hiks...

emang sih kata yg ngerias, muka gw termasuk yang oke klo dibandingin kebanyakan ibu2 hamil pada ancur, apalagi klo anaknya cowok...

gw juga heran sih... pdhl dulu gw pake krim macem2, jerawat masih suka ada aja. lha skg gak pake apa2 malah gak jerawatan, kekekeke...

sekarang uda mo masuk 8 bulan, ya tinggal menghitung minggu ;)

angel said...

wah susiiiii gw baru liat poto nya...hihi lucu bgt lu sus bekonde.gw liat acaranya beginian di tipi pas kawinan nya lulu tobing itu loh..haha...congrats ya sus da menghitung minggu. smoga lancar selalu ya lahirannya. jgn lupa kabar2in klo da brojol.

btw itu si tarin uda gd bgt uda hampir setinggi elo, prasaan dulu masih anak2 aja. skrg da ky gadis

.:acen147:. said...

@angel: ooo, yang lu liat pasti acara siraman sebelum merit, disebutnya midodareni. klo gw siraman pas hamil, disebutnya mitoni... klo gw dulu pas merit gak pake disiram2, soale mo merit dg ringkas aja :)

iya, tarin emang uda gede. dulu pas gw merit, dia jadi pengiring penganten tingginya cuma sebahu gw... sekarang uda ampir ngelewatin gw lhoooo! :)

-mandayandalovetoriq- said...

seneng gue liat acara mitonan gini
soalnya gue ga pernah pake siy,
dulu aja pas merit ribet2 pake acara siraman
hnnaaahhhh...back to acara adat
gue makin yakin dan ga bakal lupa sama ibu MC itu, beneran dia yg dulu ngeriasin konde gue waktu merit, dan ngedampingin waktu acara injek telor pas gue merit, hihihii...
waktu dia lagi masang sanggul gue, huhuuuyyyy aroma napasnya, hehehe
harap maklum doi puasa
nah, baru deh yg bagian ngerias muka
si Bu Putri yg punya salon di Berland itu
what great pregnancy time ya Sus
enjoooyy....hehehhehe

.:acen147:. said...

@manda: gw justru pas merit gak pake disirem2, wkwkwkwkwk...

hwaaaa... untung gw pas dikonde gak sama si ibu itu, hihihi. tapi dia lucu sih pas nge-MC. jadi acaranya meriah gitu :)

tengkiu manda, selamat juga for ur 2nd pregnancy :)