Sunday, May 09, 2010

Week 36: Ngos-ngosan

Alooow uncle-uncle n aunty-aunty... Bayu mo update... Hihihi...

Emaknye dink yang update :)

Selasa besok masuk 36 week, 2 minggu lagi gw melahirkan... gile cepet banget ya waktu berlalu. Perasaan baru aja insem deh, eh bentar lagi Bayu coer (lahir)

Kan 2 minggu lalu gw bersama rombongan sapi rame2 cek ke dr Med di Siloam. Tyus, secara mengezutkan, dr Med bilang Bayu kecil nih. Sebenernya gak kecil, tp klo mo di-caesar, beratnya kudu ditambah. Kan caesar itu lahir lebih cepat dari normal, jadi kesian klo kekecilan.

Hyaaa, gara2 statement itu, berubahlah polah makan gw selama 2 minggu belakangan. Gw, yang sebelumnya makan dg porsi lebih banyak dibanding waktu diet, tambah dijejelin lagi dg makanan yang manis2 dan enak2. Tiap hari tiada lupa ice cream, juz alpukat, cucu kedele, cucu capi, buah2an... IH ampun deh! Sampe mo muntaaaaaaaaaaaah rasanya! Sumpah!

Ice cream n Harvest cake emang enak banget! Tapiiii... klo disuruh makan tiap hari... di saat pagi-siang-sore perut uda full... gimana tuh yak rasanya?! Brrrr!

Cuma mau gak mau gw tetep makan sih, soale klo gw emoh, yang melototin banyak, hihihi. Soal bentuk badan, masya olooo, jangan ditanya deh...

Pernah gw bercermin setelah mandi... Ketika gw mau mengoleskan lotion pada kaki... gw terhenyak... ya ampyuuun... kakikuuu....

KAKI MANUSIA ato KAKI GAJAAAAH?!?!?!?!

Kakina bukan bengkak sih, cuma montok2 bener yaaak! Pantesan selama ini Nyunyu bilang kaki gw terlihat "lezat" seperti swikeee... ternyata itu tho maksute? Huaaa!

Kaki gw kan emang uda berotot dari sebelum hamil. Betisnya juga agak gede soale gw suka treadmill. Nah skg, ototnya mungkin uda gak sekenceng dulu, tapi volumenya... Mwahahahahaha! Ya itu lah kenapa gw langsung tulis status kaki gajah di FB, wekekekeke!

Selain ukuran kaki (dan yang lainnya yang tak perlu disebutkan secara lebih terperinci di sini, hihihi) yang jadi jumbo, gw juga berasa lebih berat. Klo dulu gw masih bisa pecicilan, sekarang... hmmmm... Awalnya gw agak wondering, kenapa kok jadi lebih cepet capek, rasanya ngos2an gitu... kaya bawa beban berapa kg. Iya, gw tau gw lagi hamil... tapi kok bedanya signifikan banget.

Trus klo baru bangun tidur, masya oloooo, badan pada linu-linuuuuuuuuuuu, terutama pinggang ke bawah. Termasuk kaki (nih kaki jadi topik utama kayanya, hihihi).

Lucunya nih, suatu hari, gw BBM-an sama Limmy. Dia nanya, apa gw uda ngalamin kram kaki. Gw bilang, udah sih, tapi jarang banget... dan gw uda tau posisi mengembalikan otot yang kram tadi jadi lemes lagi. Bangga... Hahahaha!

EH... baru aja bangga2... malemnya gw KRAM! Huaduuuuh!

Biasa klo kram gw sih nyantai aja, diem, konsentrasi dengan posisi tertentu, lama2 kramnya ilang. Tapi kali ini kram hebooooh! Gak tahan banget sakitnya. Alhasil gw teriak2 n bangunin Nyunyu. Dengan mata sambil terpejam, Nyunyu bangun n mijitin kaki gw. Tapi bukannya tambah enak, malah tambah sakit. Jadinya si Nyunyu malah ketendang2 sama gw, hihihihi!

Ada kali 10 menitan bergulat melawan kram... Akhirnya ilang sih sakitnya... baru deh bisa tidur lagi...

Dua hari kemudian sejak kram heboh tengah malem itu... gw terserang kram lagi. Kali ini pagi2, pas baru bangun n kebetulan Nyunyu lagi mandi. Jadi gw tereak2 juga percuma gak ada yang bantu mijitin. Parahnya, yang kram kaki 2-2-nya. Huaaaa... pucet deh... Yah terpaksa bergulat melawan kram sendirian...

Keluhan kram uda gw sampein ke dr Med. Dia bilang, karena kurang lancar peredaran darah dan kurang kalsium. Dosis kalsium harus ditambah. Tapi gw kan uda minum kalsium 3x sehari... so sama dr Med disuruh combine dg Redoxon sehari sekali. Ok deh...

Trus klo masih kram, gimana cara atur posisinya biar lemes lagi?

Kata dr Med, caranya gini nih (uda gw praktekin dan manjur)...

Lurusin kaki, dengan telapak naik ke atas. Jadi telapaknya jangan ikut dilurusin atau malah dibengkokin ke bawah. Harus dinaikin ke atas. Dijamin, kramnya ilang perlahan. Walaupun sakiiiiiiiiiiiit banget, tapi berangsur2 pulih.

Itu tadi soal kaki. Keluhan lain yang gw alami adalah badan yang pada pegel2, linu2... sampe2... maaf... rasanya tulang mrs V juga jadi pada linu. Klo gw baca2 di internet sih, katanya karena si baby lagi cari jalan lahir ke bawah.

Mungkin pegel2 tadi juga disebabkan laptop besar yang harus gw tenteng2 tiap hari. Semua orang pada takjub loh, dalam keadaan hamil tua gw masih bawa2 laptop... dan gw nyantai aja. Tapi lama2 gak kuat juga. Apalagi klo seharian harus roadshow kemana2... beuuuh, bisa dijamin malemnya kaya orang encok.

Gw uda request laptop yang kecilan. Wong para lelaki yang kagak hamil aja dapet kok laptop kecil, masa gw uda buncit gini masih tega aja dikasih laptop gede.

Tapi ya, klo pun request gw di-approve, utk ngadain laptop kecil secepat kilat gak mungkin. Pasti butuh proses... lama lagi, keburu Bayu coer dah!

Jadi, dengan amat sangat terpaksa, gw pake laptop pribadi. Padahal tu laptop gw sayang2, pantang banget gw pake kerja (kerja kantoran maksute). Tapi yaaah... encok mengalahkan segalanya dah :p

Belum lagi klo mo tidur. Serba salah rasanya. Telentang gak recommended, lagian juga bikin tulang punggung sampe panggul sakit ruaaaaaaaaaar biasa. Jadinya harus miring. Bagusnya miring ke kiri kan ya? Tapi lama2 pegel... Ganti2an miring kanan. Tapi utk merubah posisi dari miring kiri ke kanan atau sebaliknya itu butuh perjuangan deh. Pasti pake tambahan "aw-aw-aw" karena nahan sakit, hihihihi. Trus klo uda pindah, tiba2 Bayu gelisah, nendang2 di dalem. Mungkin dia kegencet ato apa kali ya? Jadinya gw kudu balik lagi, tapi klo balik ke posisi semula pegel... jadi telentang bentar sambil elus2 perut, maksute bujukin Bayu biar ikutan pindah... baru deeeh bisa pindah dengan "damai"... Huehehehe!

Ditambaaah... keluhan beseeeeeeeeeeeer. Padahal uda stop minum lho dari beberapa jam sebelum tidur. Tapi pipis nih bandel. Klo kebelet, keluarnya dikit2. Nti pas tidur, kebelet lagi. Mana klo mo bangun tuh... beuuuuh... perjuangan lagi. Makanya seringnya milih nahan pipis daripada bangun... untung gak sampe ngompol yak, hihihihi!

So... dari semua keluhan di atas, gw gak tau deh... apakah itu karena gw makan berlebihan, jadinya tambah berat di badan... atau sebenernya Bayu nih yang tambah gede. Moga2 sih karena alesan ke-2 ya. Klo Bayu masih imut2 juga di dalem, ampun deh, gw pasrah... Kemana tuh makanan pada larinya? Hueeeee!

Yah at least harusnya Bayu uda 2.5kg laaaah. Masa sih masih 2.2kg aja? Tega bener kau, Naaaakkkk!

Untuk lebih memastikan, ayo deh kita cek ke Om dokter, oce!

Waktu ditimbang di klinik dr Med, weeew, berat gw cuma naek 1kg. Waduh, klo gw cuma naek sekilo, Bayu berapa nih? Masa gak naek? Padahal jalan aja uda kaya lari marathon rasanya... ngos2an gitu!

Tiba saatnya di-USG sama dr Med...

"Coba kita lihat yaaa berapa berat si dede", kata dr Med sambil menyiapkan token untuk USG dan mengoleskan lotion ke perut gw...

"Waduh...!", dr Med agak kaget gitu...

"Gimana, dok? Masih kecil ya? Harusnya sih uda gede...", tanya Nyunyu harap2 cemas.

"Iya, ini gede banget! Kamu makannya gimana coba?"

"Lha kata dokter suruh makan ice cream n cake Harvest?"

"Iyaaa, tapi jangan kebanyakan..."

"Tiap hari dijejelin, dok!"

"Pantesss, harusnya 2 hari sekali aja"
*yee dokter kagak ngomong* "Nih dedenya uda 3.1kg... kayanya lebih nih... bisa 3.2-3.3kg..."

"HAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA?!?!?!?!", gw n Nyunyu barengan kaget.

"Besok2 makannya direm ya. Ini mah uda lebih dari cukup. Jadi balapan sama ibunya"

Weleh-weleeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeh! Pantesan aja gw uda kaya pinguin jalannya (beneran deh, dengan perut buncit, miring kanan-kiri gitu, tinggal digelindingin, hihihi)... Ternyataaaa Bayu uda gede bangeeeet! Padahal cuma 2 minggu langsung naik sekilo. Yang berarti berat badan gw naik sekilo sukses buat Bayu semua. Huehehehe.

Yaaaa... tapi jadi kebalikan sama 2 minggu sebelumnya, kali ini gw harus rem2 makan. Klo gak, 2 minggu kemudian pas melahirkan si Bayu bisa naik sekilo lagi... Jadinya... 4kg?!

GUBRAG!

No comments: