Sunday, May 02, 2010

When You Are in That Position

Hari Jumat, ketika gw sedang bercengkrama bersama 2 "janda" lainnya yang lakinya sama2 lembur seperti Nyunyu... tiba2 BB gw bergetar... nomor yang tidak gw kenal...

"Selamat malam, Bu Susy..."

Lha dia kenal nama gw?

"Iya, sapa niiih?"

"Saya I, Bu..." dia menyebutkan namanya... yang ternyata adalah anak buah gw yang uda 2 hari belakangan gak masuk kantor.

"Bu, saya mau ijin, untuk seterusnya gak masuk kantor, karena penyakit saya harus diterapi yang saya gak tau sampai kapan. Saya mau pulang kampung, Bu... saya di sini sebatang kara", suaranya hampir menangis...

Gw dapet info klo anak ini punya penyakit saraf yang kambuhan. Terakhir dia gak masuk karena tiba2 terjatuh dari mikrolet. Gw uda feeling klo penyakitnya ini agak2 serius, perlu perawatan lebih intensif. Sedangkan dia di Jakarta sebatangkara. Gw hampir yakin klo dia bakalan balik ke kampung sampai dengan waktu yang tidak bisa ditentukan. Jadi... gw juga gak kaget begitu denger dia mengajukan resign.

"Sekarang kamu dimana? Kapan kamu dijemput keluarga?"

"Saya sekarang di kost, bu. Belum tau kapan bisa dijemput. Tapi saya akan tetap commit utk menyelesaikan kerjaan saya di kampung, Bu. Saya gak minta bayaran, itu sebagai ungkapan terima kasih saya telah diberi kesempatan bekerja dan belajar selama ini..."

"Wah, sudah jangan pikirkan kerjaan dulu. Sekarang harusnya kamu fokus dg kesembuhan kamu..."

"Iya, Bu... tapi saya takut Ibu akan berpikir saya tidak commit di project. Saya membawa nama jelek bagi almamater saya...", nadanya semakin terisak2...

Deg... gw kaget... orang lagi sakit, masih sempet2nya mikirin gw klo marah... Emang sih, pada saat di-interview, gw berkali2 menekankan soal komitmen dalam project. Apalagi sama anak baru fresh grad. Mereka direkrut tanpa skill berarti dengan harga murah. Ikutan project, belajar. Nti uda merasa pinter dikit, cari2 kesempatan lagi di luar. Begitu ditawarin gaji yang selisihnya gak seberapa lebih besar, langsung cabut. Meninggalkan kerjaan begitu aja, tanpa memikirkan tanggung jawab.

Bagi gw, hak setiap orang untuk cabut, jadi kutu loncat, or whatever lah istilahnya. Tapi alangkah baiknya klo bekerja disertai dengan tanggungjawab. Karena uda terlalu sering ngadepin polah anak fresh grad yang masuk sebentar trus keluar *capek nyari gantinya, tiap interview gw selalu menekankan betapa pentingnya komitmen. Menjaga nama baik sendiri, almamater, dan menghargai niat baik perusahaan mau menerima dan memberi kesempatan untuk belajar dan bekerja.

Gw juga uda kasih gambaran, klo di project itu berat. Pressure dari atasan yang ngasih kerjaan dg deadline tertentu, tingkah polah client yang berubah2 request, mengejar ketinggalan dari rekan2 yang uda lebih dulu masuk. Pulang malem terus, kerjaan dibawa pulang ke rumah, wiken masih harus belajar... Hufff! I know bcos I have been there ;)

Klo hanya uang yang dikejar, gak sampe 3 bulan pasti keluar, apalagi disertai iming2 gaji di luaran yang lebih besar.Tapi, keluar sebelum project, selain lari dari tanggungjawab, secara knowledge gak akan menghasilkan apa2 bagi diri sendiri. Karena di project itu belajar. Ibarat sekolah, belum saatnya lulus uda mangkir... ya gak dapet sertifikat. Makanya akan beda banget orang yang bisa bertahan dalam project dari awal sampai akhir, secara skill akan lebih berpengalaman, secara mental lebih tahan banting :D

Gw juga tekankan, bahwa gw gak nyari orang pinter. Tapi orang yang mau belajar sampai kapan pun, yang gak cepat menyerah, dan mau bekerjasama. Buat apa pinter klo gak tanggungjawab? Buat apa pinter klo gak bisa sharing dengan orang lain?

Nah mungkin, kata2 gw di atas bener2 tertanam dalam benaknya, sehingga pada saat dia keluar sebelum project, dia takut gw akan menganggap dia gak commit, gak tanggungjawab, gak profesional.

Selain berkata2, gw juga termasuk yang tegas dalam bertindak. Bagi sebagian orang, kerja di konsultan mungkin waktunya flexible. Apalagi kami gak di kantor. Datang, pulang gak ada aturan yang mengikat. Tapi klo itu project gw, dari awal gw sudah tekankan pada team, datang jam 9, pulang paling cepat jam 5. Walaupun tidak ada aturan tertulis yang mengharuskan demikian, tapi menjaga image di depan client amat sangat penting. Client pasti akan sangat khawatir klo orang2 di project datang dan pulang seenaknya... kapan projectnya kelar?

Makanya, gw sempat kasih SP ke salah satu anggota team, yang datangnya di atas jam 10 tapi pulangnya selalu tenggo. Padahal gw uda mencoba sedikit flexible, klo gak bisa dateng jam 9, mbok ya pulangnya jangan tenggo. Tapi nih anak uda berkali2 dikasih kesempatan gak berubah2 juga. Mending klo kerjaannya beres... ini banyak yang pending. Akhirnya, gw kasih limit... 3x dia datang di atas jam 9, lebih baik dia balik ke kantor aja... gak usah ikutan project gw. Karena kehadiran dia dibayar, untuk itu harus ikut aturan... mau bebas, ya di kantor aja...

Balik lagi ke kasus anak buah gw yang sakit. Setelah selesai ngomong di telpon, gw cerita ke temen gw yang 2 "janda" tadi. Gw bilang...

"Gile ye, lagi sakit parah masih sempet2nya mikirin gw... takut gw marah... wkwkwkwkwk!"

"Iye lu, ternyata klo di kantor lebih galak dari gw, ya?", kata temen yang dulunya mantan supervisor gw di kantor lama, tapi trus kami sama2 keluar dan sekarang punya posisi sama di kantor yang berbeda.

"Hahahaha, lu gak tau ya... di kantor pada takut semua lagi sama Susy. Cuma gw aja nih berani sebut dia sebagai Siluman Macan", temen gw satunya lagi, yang juga anak buah gw di kantor, terbahak2 memberikan penjelasan...

"Eh, tapi bener loooh... lu ya... klo uda sampai pada posisi seperti kita, mau gak mau harus seperti itu. Harus tegas. Klo gak, keriting tau ngatur anak buah yang pada seenaknya", bela temen gw yang sepertinya sama2 ditakutin di kantornya, wkwkwkwk!

"Yaaah... lu bayangin deh... ngatur 15 orang anak buah, dengan tingkah polahnya yang macam2, ada yang lebih senior, ada yang pinter tapi galak, ada yang uda gak pinter males pula. Blum ngadepin boss yang suka nyuruh anak buah tanpa ngomong2 dulu... alias di-by pass... Blum ngadepin client yang super duper demanding, principal dodol yang gak support...", curhat gw dengan mata menerawang...

Klo dipikir2... waktu posisi gw dulu masih jadi junior programmer atau anggota team project aja, rasanya gak punya beban apa2 selain beban kerjaan pribadi. Sesekali ngadepin client, tapi lebih sering di-backup sama leader.

Gw juga gak ditakutin sama siapapun... malah seringnya gw takut dianggep gak perform...

Sekarang... dilimpahin segambreng anak buah... lama2 puyeng juga... Mana beberapa kali nih gw ngalamin anak buah sakit trus resign. Ada juga yang punya masalah keluarga, dibawa2 ke kantor, sampe kantor bengooong doank kerjanya... akhirnya resign juga.

Klo di project, dikejer2 client nanyain target project... Balik kantor, dikejer2 boss nanyain kapan bisa nagih, ada project baru gak? Gak masuk kantor juga percuma, pastinya telpon berdering2. Tiap hari kerjaan miting dan miting. Kelar miting utk 1 project, berlanjut miting utk project lain.

Beuh... gimana lama2 gw gak berubah jadi Siluman Macan :p

"Sus, anak lu nanti jangan kerja di IT deh...", nasihat seorang teman yang lagi mumet sama kerjaan...

"Wah, gw mana bisa ngelarang apa maunya anak gw? Tserah dia lah mo jadi apa..."

"Emang sih, tapi kan bisa diarahkan... doktrin halus, gitu... Suruh jadi enterpreneur aja kaliii..."

"Lu pikir usaha sendiri gampang? Ada plus minus lah..."

"Iya, tapi coba deh liat, mana ada orang kantoran jadi orang kaya? Orang kaya itu yang punya usaha sendiri!"

"Emang siiiy... tapi tserah dia laaah, apapun gw support yang penting positip... Hmmm... asal jangan jadi artis deh, wkwkwkwk!"

"Lho napa emang jadi artis? Kan enak, banyak duit?"

"Tapi gw serem ah... kawin-cere-bunting di luar nikah-narkoba... Haesh!"

"Hahahahaha, itu kan tergantung orangnya..."

"Iya siy, pokoke jangan sampe gitu deh!"


Amit-amit jabang bayi *sambil elus2 perut 3x

No comments: