Sunday, August 22, 2010

Full Time vs Working Mom

Waks, uda Minggu malem... besok Senin harus ngantor...

Perasaan baru ktemu Bayu sebentar, tau2 uda harus ninggalin lagi...

Sejak gw masuk kantor, langsung deh dihadapkan sama kerjaan. Kebetulan lagi ada POC di salah satu client yang basis bisnisnya adalah manufacture. Big one... yang punya produk mulai dari sabun-shampoo-odol, food n beverage, sampe genteng rumah. Sebenernya agak melenceng dari project2 sebelumnya yang banking. Entah lah, tau2 boss expansi ke manufacture juga. Lama2 sistemnya jadi ALuMaGuDa... Apa Lu Mau Gua aDa, wkwkwkwk!

Klo cuma masalah manufacture, kebetulan sebelum join company sekarang, gw ada pengalaman design ERP system untuk pabrik sepatu, kain, consumer goods. Jadi klo cuma "sekedar" design BI reporting, dikit2 masih inget lah flow-nya. Masalahnya yg bikin males, lokasinya itu looooh... Di CAKUNG! Alamaaaak, jauuuhnyaaaa! Dari rumah jauh amit2, dari kantor juga jauh ajubile. Uda gitu moaaaceeeet, poanaaaas... haesssh-haeesssh... rasanya mo nangis tiap berangkat *lebay, wkwkwkwk!

Awalnya gw nolak dg beribu alasan (kecuali alasan jauh itu, bisa digaplok sama boss, hihihi). Tapi berhubung semua resource uda occupied, trus gw juga baru libur panjang... ya mau gak mau dijalanin deh. Dengan 1 syarat, urusan transport harus beres. Gw gak mau bawa mobil, ogah berat... tapi gak mau juga ngangkot... jadi klo mau gw bener2 berangkat, kudu disiapin transport yang nyaman. Akhirnya gw dikasih voucher taxi segepok, huehehehehehe!

O iya, salah satu syarat lain yg gw ajukan, di tempat client harus ada kulkas, soale gw kan meres ASI. Walaupun uda pake blue ice, tapi cepet banget cairnya. Lagian gw bakalan kerja lembur, jadi harus ada jaminan ASI gw selamat! Untuk urusan itu, temen gw uda cek n ricek, katanya beres!

Jadilah Senin pagi gw berangkat ke Cakung. Awalnya sih dianter-jemput sama temen kantor, soale gw kan gak tau lokasi. Selanjutnya gw ber-taxi-ria. Argonya mahal2 banget, apalagi klo langsung pulang ke Depok. Tapi sebodo amat, toh bukan gw yang bayar, wkwkwkwk!

Sebelum gw punya anak, bawaan gw uda banyak. Ada tas laptop, tas kerja, kadang tas fitness. Sekarang uda ada anak, tambah lagi bawaan: COOLER BAG, yang isinya blue ice plus botol2 buat meres ASI. Untung gw terbiasa meres ASI pake tangan, klo gak kan kudu bawa breast pump, jadinya tambah ribet dan berat aja deh bawaan gw. Mulai besok gw mo bawa 1 botol meres aja, ASI-nya gw simpen di plastik... biar lebih ringan.

So, Senin pertama gw kerja, bawaannya kumplit:... belakang nggemblok tas laptop, tangan kanan njinjing cooler bag (klo kata temen2 gw, kulkas dibawa2, huehehe), tangan kiri bawa2 perlengkapan fitness. Serasa diusir dari rumah, ckakaakakak!

Jadwal aktivitas gw adl sbb:
6-7 am: fitness-cardio ringan
7-8 am: mandi, dandan, beberes
8-8.30 am: nyarap
8.30-9 am: meres ASI
9-dst: kerja

Jadwal meres ASI di tempat client biasanya 3-4x: jam 8am, 12.30pm, 3pm, 7pm. Sekali meres bisa dapet 150-200ml. Mayan deh buat stok seharian.

Berhubung kerjaan lagi padat2nya, paling cepet gw pulang jam 7 malem, sampe rumah jam 9.30 (soale dari Cakung balik ke kantor dulu, trus baru pulang ke rumah bareng Ayah). Jumat kemaren krn gw gak mau disuruh lembur Sabtu-Minggu, jadinya gw kerja sampe malem... Baru sampe rumah jam 11.30 malem... HUAAAAA!!!

Ibaratnya, berangkat kerja jam 5 pagi, Bayu masih bobo... pulang di atas jam 10 malem, Bayu uda bobo... hueeee!

Tapi gw gak khawatir, soale banyak yang jagain Bayu. Gw percaya sama baby sitter gw, lagian ada nyak babe. Jadi biar bisa fokus sama kerjaan, gw cuma nelpon sekali... itu pun belum tentu... kadang klo lagi bener2 sibuk, gw gak nelpon. Mungkin emang bener... bahwa gw bukan tipe emak2 sejati, wkwkwk!

Klo dipikir2, berat juga ya tugas sebagai working mom. Selain ngurusin kerjaan di kantor, juga punya tanggungjawab anak di rumah. Klo dulu2 waktu gw belum punya anak, apalagi belum merit, gw mah gak pernah komplen dikirim kemana aja. Ke luar kota, yang cuma pulau Jawa mah merem... luar pulau dan luar negri aja gw jabanin. Klo sekarang, baru juga denger mo ada POC di Bandung, gw uda menjerit: JANGAN GW YANG DIKIRIM LHOOOO!!! Wkwkwkwkwk!

Padahal yaaa, jauh di lubuk hati gw, gw masih mau "berpetualang" kerja luar kota. Tapi di bagian hati yang lain membisikkan: inget anak di rumah, nti susunya gimana?! Wkwkwkwk!

Mungkin enak klo bisa seharian di rumah. Anak-suami keurus, terjamin, bisa2 tambah gendut kali secara gw demen banget masak, hihihi. Taaaaaaaaappppiiiiiii... gw ogah kelamaan di rumah doank. Boseeeeeen, hahahaha! Gw kembali menemukan "kehidupan" setelah balik ke kantor, ktemu team, meeting dg client. Rasanya menggairahkan, gitu, hihihi.

Trus yaa, kelamaan di rumah ternyata bikin gw jadi pelupa berat. Waktu meeting ditanyain soal teknis, gw sampe terbata2 menyebut nama sebuah produk OLAP engine. Padahal katanya gw BI consultant, masa ditanya gituan aja sama client gak bisa jawab, wkwkwkwk! Lebih parah lagi pas ditanya: siapa nama direktur utama perusahaan ibu? Gw nge-hang! Ada kali 5 menit gw kagak bisa jawab. Sumpah, gw lupa nama orang yang selama ini ngegaji gw, mwaaaahahahaahahahah!

Parah-parah...

Moga2 pelan2 memori gw balik lagi seperti sedia kala. Gw gak bisa ngebayangin klo gw kelamaan di rumah, bisa2 gw lupa ingatan beneran kali, hahahaha!

Klo disuruh menimbang2 antara mo pilih mana, jadi full time or working mom? Hmmm... ada plus-minus nya. Klo jadi full time mom, pasti gw bisa puas banget ngurus anak gw. Bisa tau perkembangannya dari hari ke hari. Apalagi di golden age seperti sekarang. Tapiii... gw tidak menemukan "passion" bagi diri gw sendiri. Klo jadi working mom, selain punya penghasilan sendiri, gw merasa hidup jadi lebih berwarna. Tapiii... gw mungkin kehilangan banyak moment berharga bersama anak.

So?

Binun yak? Hihihi...

Klo urusan duit, jujur gw kerja bukan hanya karena soal uang. Ada suami yang cukup mapan... trus klo niat, bisa lah usaha sendiri di rumah. Tapi... tetep aja gw merasa ada sesuatu yang hilang, yang susah deh dijelaskan.

Apakah karena gw terlalu berambisi, sehingga lebih mementingkan karir ketimbang keluarga? Hmmm... gw gak setuju ah... Buktinya gw tetap mencurahkan kasih sayang, walaupun tidak semaksimal full time mom, tapi gw berusaha semampu gw...

Selain itu, sekarang ini gw kerja banting tulang juga demi masa depan anak. Biaya hidup dan pendidikan semakin mahal. Selain meringankan beban suami, gw juga mau memberikan yang terbaik bagi anak.

Klo gitu, jalanin aja lah... Entah sampai kapan... Mungkin sampai gw benar2 muak dan bosan... Tapi sering gw dengar, klo seseorang mencintai pekerjaannya, seberat apapun, dia tak kan pernah menyerah apalagi berhenti melakukannya

Hidup Working Mom lah... Hahahaha! :)

4 comments:

Pitshu said...

gpp di kirim ke Bandung Bunda, Bayu, Oma Opa dan Misua di bawa juga ama baby sitter na juga, di tanggung oleh perusahaan :) sekalian jalan2 hahahahah~
masih pitnes di pitnes pirst Bunda ?

evancelia-mom said...

Sipp hidup working mom , selama kita masih diberi berkat , kita harus berkarya terus , ayo mam gua dukung sesama working mam , kita wanita mmg multitask hahaha.. bentar lagi giliran gua nih kerja sambil meres asi wkwkwkwk

Yuliana-Fun said...

arrrghh betul2... gw juga ngerasa kalo merit, truz kalo suruh pilih jadi FTM atau tetap kerja? gw juga ga bisa milih.... bukan soal materi-nya, tapi soal apa yak..kayak tambahan semangat buat jalanin hidup... gw juga merasakan hal yang sama, meski gw blm merit dan belum punya baby.. cuman dah kepikiran aja kalo misal dah punya baby gimana... ngejelasinnya susah..ga tau gimana deskripsinya... ujung2nya orang mikirnya kita kerja hanya mo cari materi.. padahal ga cuman itu aja..ada yang lebih daripada itu.. duh...sus..gw jadi tau deh mo jawab apa kalo ditanya orang.. hehee :) semangat yak!

.:acen147:. said...

@pitshu: klo pun ditanggung company juga ogah pit... soale gw pasti gak bisa main2 sama anak... namanya kerjaan :p
pitness pirst masih dooonk... kan pingin kuyussss, hihihi

@lisa: mwahahaha... ho-oh nih, suka duka working mom... maju teruuus biar asep dapur ngebul :p

@fun: yaaaa, sometimes there's something money cant buy... but anything need money... jadi gimana, hahaha! yang penting kerja karena suka, hobi... jd gak ada unsur terpaksa... bonusnya ya gajian tiap bulan ;)