Monday, October 18, 2010

Meres ASI Sampai Bali

Hari Sabtu kemaren jadwalnya BayuNdut imunisasi DPT + HIB yang ke-2. Skalian pingin tau berapa berat dan tingginya sekarang. Secara makin lama makin gak kuat gendong deh perasaan, hihihi.

Setelah ditimbang dan diukur, diketahui berat = 7.46kg, tinggi = 65.5cm. Usia BayuNdut waktu itu 9d to 5m. Klo diliat dari growth chart, masuk kategori atas yak... huehehehe!

Waktu nunggu antri pasien, kami duduk di samping bapak-ibu dengan 2 anak. Anak pertamanya laki2 uda gede, yang 1 lagi perempuan masih bayi, digendong dalam posisi tiduran. Klo dari posturnya sih anak bayinya kira2 lebih tua dari BayuNdut beberapa bulan, soale bulet banget. Si ibu terlihat sedang memperhatikan BayuNdut, yang melotot di dalem stroller. Emang BayuNdut menggemaskan, ada aja anak kecil yang nyamperin atau orang dewasa sekedar nunjuk2 ke arahnya, hihihi!

"Anaknya umur berapa, bu?", sang ibu tadi akhirnya membuka pembicaraan

"9 hari lagi 5 bulan. Anak ibu?"

"Anak saya 4.5 bulan"

"Oooh, beda dikit donk sama anak saya. Anak saya lahir 25 Mei. Anak ibu kapan?"

"1 Juni, iya cuma beda semingguan ya?"

"Iya" *agak surprise, soale tu anak gendut bulet ternyata malah lebih muda dari BayuNdut, kekekeke... "Anaknya berapa kg, bu?" *pasti skitar 8kg-an kali

"7,2kg... Anak Ibu?"

Heh??? Kok malah lebih ringan dari BayuNdut?

"Anak saya 7,46kg. Tapi kok anak ibu keliatannya gemuk banget ya? Anak saya malah langsingan, hehehe... Emang minumnya apa, bu?"

"Sufor merk ...."

Oooo pantes...

"Anak ibu minum apa tuh?" di saat yang bersamaan BayuNdut lagi nyusu ASIP di botol, jadi dia kira mungkin itu sufor merk tertentu, hehehe!

"Anak saya minum ASI, bu..." *bangga...

Gak lama kemudian giliran BayuNdut masuk untuk imunisasi. Hari itu BayuNdut pinter deh, pas disuntik cuma nangis dikit banget, gak sampe kejer... malah bisa dibilang gak nangis. Mungkin cuma kaget. Abis itu langsung ceria tuh, kaya gak ada apa2. Ini uda berlangsung berkali2 dari sejak awal imunisasi, gak pernah nangis sampe jejeritan. Coba bandingin klo disodorin nenen... nangisnya uda kaya mo disembelih, wkwkwkwkwk!

Dokternya sempet nanya, BayuNdut uda bisa tengkurep belum? Uda donk! Bolak-balik? Ho-oh... Oooo cepet ya, soalnya biasanya lancar tengkurep umur 6 bulan... Waaa, bangga lagi deh Bundanya, hehehe!

Emang ya, setelah jadi emak2, gak ada yang lebih membanggakan selain punya anak yang sehat. Apalagi itu semua diperoleh dengan perjuangan dan pengorbanan. Sampe dengan saat ini BayuNdut alhamdulillah masih ASI eksklusif. Target bisa lulus ASIX 6 bulan. Klo bisa setaon bagus, 2 taon lebih bagus lagi. Setelah gabung dengan milis asiforbaby, gw jadi makin ngerti pentingnya ASI bagi bayi dan makin semangat untuk memberikannya. Walaupun gw punya kekurangan sebagai working mom yang gak bisa 100% ngasuh anak, tapi gw tetep ingin memberikan yang terbaik!

Untuk itu gw berusaha sekuat tenaga terus menyuplai stok ASIP di kulkas. Walaupun itu artinya harus merah ASI secara teratur... soale BayuNdut susah nenen, gw rela lah tengah malem topless merah ASIP sampe masuk angin, kekeke! Atau merah di toilet kantor yang cuma ada 3 bilik jadi harus antri dan gak boleh lama. Juga harus pinter2 curi waktu biar gak bentrok sama meeting, dan klo bisa sih jangan terlalu sering :D

Begitu juga waktu gw outing ke Bali, bawa baju cuma 3 lembar, sisanya perlengkapan merah ASI. Ya cooler box, cooler bag, botol, plastik, corong, blue ice. Ribet banget dah.

Pas di Bali juga gw yang heboh sendiri mo meres ASI. Mana gw pan satu2nya emak di team, yang lain klo gak bapak2, ya masih pada single. Jadi pada gak ngerti betapa pentingnya meres ASI itu klo gak mau PD bengkak dan bikin demam, hehehe.

Waktu mo berangkat jam 4 pagi, gw uda meres di rumah. Sampe di bandara, gak mungkin meres lagi karena sibuk check-in dsb. Gw uda perkirakan, pokoke maksimal tiap 6 jam sekali kudu meres soale klo gak PD bisa bengkak. Sampe Bali gw uda gelisah, soale uda jam 10-an masih belum ada kesempatan untuk meres. PD rasanya mulai nyut2an, sedangkan kami masih di perjalanan menuju Bedugul. Akhirnya karena gak tahan, masih di dalam bus yang sedang melaju, gw pasang breast cover... dan mulai meres, wakakaka!

Sengaja gw ambil posisi duduk paling belakang pojok, biar gak keliatan sedang melakukan "aktivitas". Sayang meresnya gak maksimal, soale jalannya guncang2, gw takut ASI-nya tumpah. Jadi baru 120ml dari PD kanan, gw stop meres.

Untung gak lama kemudian bus stop di tempat jualan snack. Anak2 berhamburan beli makanan atau pipis. Gw tadinya mo meres juga di toilet. Tapi ternyata toiletnya jorok dan bau, batal deh. Gw milih meres di bus. Kan bus-nya brenti dan anak2 lagi pada di luar.

Eh baru juga berapa menit meres, anak2 pada naik bus lagi. Gak bisa lanjut deh. Yang ada malah diledekin, katanya klo pegel mo pada bantuin meres, wkwkwkwk!

Begitulah kegiatan meres berlangsung setiap berhenti di tempat wisata. Pokoke tiap liat toilet nganggur serasa nemu situs berharga... langsung ngacir n ngilang ke dalem situ, wakakakaka!

Meres di toilet basah tanpa ada tempat duduk dan gantungan baju juga jadi tantangan tersendiri. Angkat kaos sampe lewat dada. Cooler bag di bahu kiri, tas jalan di bahu kanan. Tangan kiri megang botol, tangan kanan meres PD kanan dengan posisi berdiri. Trus gantian begitu selama 30 menit.... Toilet digedor orang beberapa kali, gw cuek aja. Karena toiletnya gak ber-AC, jadi gw banjir keringet di dalem. Keluar toilet kaya orang abis mandi, hahaha! Dan karena uda berlama2 di dalem, gw bayar goceng lah daripada disambit sama yang jaga :D

Hasilnya... ada ASIP bus, ASIP Tampak Siring, ASIP Candi Kuning, ASIP Tanah Lot, ASIP Jimbaran, ASIP Hotel.... hahahahaha!

Selain repot meresnya, sebenernya gw juga khawatir dengan kelangsungan ASIP gw. Jangan sampe deh gw uda berpeluh keringat meres, eh ASIP-nya basi... soale kan gw lebih banyak di luar daripada di hotel. Tiba di Bali langsung jalan2 sampe tengah malem baru sampe hotel.

Untunglah... sepertinya Tuhan memberi berkat dan restu atas perjuangan seorang ibu... sepanjang hari Bali hujan, cuaca super duper adem. Keadaan cooler bag + blue ice tetep beku, ASIP gw pun aman.

Sampe di hotel ktemu kendala lagi. Di kamar emang ada kulkas, tapi kecil... dan untuk freezernya bener2 kecil, mana bisa bekuin semua blue ice yang gw bawa? Gw uda coba request titip blue ice di pantry, tapi gak boleh. Akhirnya gw bagi2 blue ice trus titip ke kulkas temen2 gw yang laen. Besok paginya... gak semua blue ice beku loh... gw jadi khawatir kira2 bisa tahan berapa lama di perjalanan esok harinya? :(

Untung lagiii... besokannya ujan. Acara jalan2 ke pantai cancel, ganti shopping2 aja... Aman deh ASIP gw tetep dingin... Sampe rumah, sebelum turun2in semua barang, hal yang gw lakukan adalah ngecek keadaan ASIP... alhamdulillah bbrp blue ice masih beku, ASIP masih dingin. Gw coba cicipin, rasanya masih fresh, gak apek, gak bau. Thanks GOD! Langsung deh gw pindahin 17 kantong ASIP total skitar 1,7liter ke dalam botol kaca, trus simpen di freezer rumah.

Yah... begitulah... perjuangan meres ASI di Bali. Gw seneng bisa tetep melaksanakan kewajiban seorang Bunda untuk BayuNdut di rumah. Walaupun sempet digedor orang karena kelamaan di toilet, ampir ketinggalan bus, di-BBM temen yang protes karena masih asik aja meres di salah satu toilet Tanah Lot padahal uda pada mo cabut makan di Jimbaran, hahaha!

Makasih juga buat temen2 yang mau bantuin megang botol ASI di bus untuk dipindahin ke kantong plastik... trus pada mo buka lapak, katanya jualan susu kacang... *abis mirip sih, hahahaha!

Moga2 tulisan ini bisa menginspirasi bunda2 lainnya untuk terus berjuang memberikan ASI bagi buah hati tercinta.

Skali lagi, Hidup ASI!

2 comments:

limmy mama radhika-rania said...

salut sus.
lu hebat bgt deh.
kalo gue udah beberapa kali bolos outing kantor dengan alasan masih menyusui. hahaha

Pucca said...

gua jadi inget gua kadang bete kalo lagi kebelet ada yang lama di toilet karna merah asi hihihi.. mestinya gua dikasih goceng gua pasti gak jadi bete haha..