Friday, October 08, 2010

Pengorbanan Diet

Ada yang lucu nih... tiap gw mulai program ngurusin badan, selalu deh...
1. berbarengan dengan acara outing, yang sama2 ke Bali... artinya gw bakalan jadi "kambing" lagi makan dedaonan sementara temen2 yg lain pada makan enak T_T
2. nemuin poto2 lama dengan potongan badan kurus, yang bikin nambah semangat jalanin program

Yang jelas siiiiiiiiiiiiih, setiap perjuangan butuh pengorbanan. Itu dia yang mo gw ceritain dimari.

Klo diliat dari judul postingan kali ini, pasti pada nyangka gw diet ketat ya? Sebenernya gak, gw tetep makan, tapi diatur. Soale program kali ini beda dg yang dulu. Dulu gw diet selain pingin kurus, juga karena mo sembuh dari kista. Sekarang gw gak bisa diet seketat dulu, karena gw masih kasih ASI.

Tapi tetep aja, klo mau hasil maksimal, pola makan harus diatur. Dan gw berprinsip, bahwa... ngurusin badan yang paling baik adalah, olahraga sambil berdiet. Jadi gak cuma olahraga tapi makan tetep kaya kuli, itu mah percuma, bisa2 besar pasak daripada tiang, hehehe. Atau sebaliknya, makan diirit gak olahraga sama sekali. Hasilnya sama aja boong. Klo pun bisa turun cepet, pasti naiknya juga cepet.

Soal latiannya gimana, itu dibahas di postingan lain aja ya...

Trus gimana donk model diet yang gw terapkan?

Paling inti adalah, gw kurangin karbohidrat. Makan lengkap pake nasi yang tadinya 3x sehari, gw ganti jadi 1x sehari aja. Pagi cukup susu/cereal + biskuit, siang makan lengkap (4 sehat 5 sempurna), malam dinner seperti biasa tapi tanpa nasi (jadi tetep ada sayur, lauk pauk, diutamakan yang non goreng)

Di sela2 jam makan, pasti ada cemilan. Tapi cemilannya dipilih. Jadi bye-bye roti BreadTalk, yang biasanya selalu gw beli minimal 2 utk snack time. Gantinya, biskuit rendah lemak rendah kalori atau buah.

Susu tetep, malah banyak variasinya... susu kedelai, susu sapi full cream (dulu kan yang susu diet tuh, sekarang gak), yoghurt.

Kenapa porsi susu gak dikurangin? Supaya ASI gw tetep bernutrisi. Apalagi susu juga mengandung banyak kalsium yang dibutuhkan bumil (ibu hamil) dan busui (ibu menyusui), supaya klo uda tua nanti tulangnya gak keropos.

Tapi siapa bilang gw tidak tergoda untuk melanggar aturan diet yang gw bikin sendiri? Gw kan masih manusia, yang punya napsu, sering khilaf, gak pernah puas... dan macem2 alesan deh yang bikin orang2 memaklumi klo sekali2 gw melanggar diet, hihihihi! Gw sih tetep berusaha... cuma sometimes seberat apapun usaha, pasti ada missed-nya.

Kaya contohnya kemaren...

Jadi, gw kan uda makan siang nih, pake nasi 3 sendok, lauk-sayur mayur-buah... lengkap lah. Tapi kok masih lapeeeer? Kebetulan gw n Ayah lagi cuti kantor, so kami memutuskan untuk ke Giant skalian beli perlengkapan mandi BayuNdut yang uda mo abis.

Kelar bayar di kasir, eeeh ngelewatin stand yang jualan jajanan pasar. Tadinya "pura2" gak liat. Dasar laper perut ditunjang laper mata, jadinya mampir deeeh. Apalagi liat tahu isi montok2 gitu... Akhirnya beli lah... tahu isi montok 3, sosis solo 1, kue ijo2 (apa sih namanya gak tau lah) 1 bungkus isi 6, wajik 1 *duh nulis ini aja bikin gw laper lagi nih, sialan... wkwkwkwk!

Niatnya sih mo dimakan pas di rumah. Belum juga sampe rumah, mampir lagi ke tukang bakso. Untung gw bisa ngerem2 tuh, beli sih bakso, tapi cuma makan tahu 1 n bakso sebutir, sisanya limpahin ke Ayah... Selameeeettttt :D

Makan bakso nanggung malah bikin perut bingung (perut bisa ya bingung? hihihi)... Akhirnya biar si perut gak penasaran, buka deeeh kue yang ijo2 isi 6 itu. Comot 1... perjalanan jauh yaaa (lebay, pdhl cuma 20 menit, hihihi)... comot lagi 1... Trus inget, eh jangan banyak2 ah, katanya diet? Hehehehehe!

Sampe di rumah, lupaaa (ah lupa apa lupaaa? wkwkwkwk), comot lagi kue ijo 1... jiaaaah, terus ajaaaa! Huehehehe.

Waktu gw keluarin cemilan, kebetulan ada Nyak yang baru pulang ngantor. Doi ngambil kue ijo-nya 1. Klo tahu isinya gak soale seantero dunia ini paham bener klo tahu pasti hak milik Ayah yang gak bisa diganggu-gugat, huehehehehe!

Berarti kan kue ijo-nya sisa 2. Tahu milik Ayah. "Harta" tersisa lainnya tinggal kue wajik. Nah itu gw juga doyan. Masalahnya, Nyak Babe juga doyan, dan klo gak diwanti2, bisa diembat juga tuh kue wajik gw. Jadi untuk mencegah hal itu terjadi, gw uda pesen sama Nyak... "ma, ini kue Susy ya... awas jangan dimakan lhoooo!"... Nyak ngangguk2...

Aman lah pikir gw... Eh tapi, Babe kan belom dikasih tau. Dia lagi keluar rumah yang gak jelas kapan pulangnya. Klo pembantu gak mungkin berani makan. Trus gimana donk caranya biar kue wajik gw gak diembat Babe?

Biasanya klo nge-cup makanan, biar gak diambil orang, tu makanan suka gw jilatin (jorok kaaan? daripada diludahin, mending dijilatin, wkwkwkwk). Tapi klo cuma dijilat kan gak keliatan bedanya, jadi... gw gigit... buat penanda klo itu uda dimakan orang... yang artinya uda milik orang itu... artinya lagi, gak boleh diembat... MWAHAHAHAHAHAHAH!

Waktu pun berlalu... saatnya tidur. Gw longok, kue wajik gw amaaan... soale Babe belum pulang, hihihi!

Kira2 jam 10 malem BayuNdut bangun minta cucu, dengan langkah sempoyongan gw keluar kamar, ambil ASIP yang uda diangetin. Sambil gak lupa nengokin status kue wajik... Masih ada... AMAN! SIP LAH!

Jam 12 malem... BayuNdut bangun... cucu timeee (ini gw sebenernya juga heran, anak gw umur 4 bulan kok masih bangun2 tiap 2 jam minta cucu ya, uda gitu klo malem minumnya ganas bener... bisa 140ml sekali minum... ya dibahas nanti deh ya hihihi)... Selain cucu time, gw berasa PD gw bengkak, berarti meres time juga... Sempoyongan keluar kamar ambil ASIP n botol kosong. Meres dengan mata terkantuk2... ayooo kamu bisaaaa!

Selesai meres, mata jadi gak ngantuk lagi... tapinya laper! Ngelongok ke meja makan, masih ada kue ijo 1, wajik 1. Dalam hati bertanya2... siapa yang makan kue ijo ya? Oooh, mungkin Nyak? Yo weis gpp, yang penting wajiknya masih ada.

Gw makan kue ijo 1. HAP! Nyam-nyam-nyam... tapi kok masih laper yaaaa? Pingiiin bangeeet makan kue wajik. Tapi kue wajik kan dari ketan dan manis... karbohidrat, gula, tengah malem... kayanya gak boleh deh... Tapi tadi juga uda terlanjur makan kue ijo, apa bedanya nambah kue wajik lagi?

Ya jangan dooonk, 1 kue uda cukup, itu pun harusnya gak boleh. Toleransi lah karena abis meres kan laper. Udaaah, sabar aja, kue wajiknya besok pagi aja itung2 sarapan.

Maka gw pun berlalu meninggalkan si kue wajik teronggok di meja makan. Sempet nengok sekali lagi... ragu2... pingin... tapi diet... tapi laper... tapi takut ndut... hihihi... SUDAHLAH... lupakan saja! Tinggal 4 jam lagi kan kukuasai si kue wajik, hohoho!

Pagi2 alarm idup, alias BayuNdut, bangun lagi... CUCU lageee... gile yah nih anak gw cucu maniak banget. Sehari bisa 800-1000ml... ada gak sih bayi 4 bulan minumnya segitu? Pasti ada lah ya, cuma gw aja tertakjub2, abis kadang baru sejam minum, uda bangun minta lagi :D

Jadi gw keluar kamar. Perut krucuk2... langsung gw inget... aaah, ada kue wajiiik... aaah uda pagiii... gw bisa makaaan... Tadinya mo nyamber kue dulu tapi inget anak uda nangis2 kelaperan, jadi ambil ASIP dulu, hihihihi!

Karena pagi2 buru2, jadi gw minta suster yang nyusuin BayuNdut, sementara gw siap2. Yang pertama gw serbu tentu lah... KUE WAJIK!

Ini kue uda gw impi2kan sejak kemaren sore, inilah saat yang tepat untuk menikmatinya. Bayangin donk, nahan keinginan dalam keadaan perut laper banget... pastinya makan dengan GAHAR, hoahahaha!

Pas gw sampe di meja makan... gw melongo... kue wajik kyuuh... RAIB!!!!

Masih dengan kebingungan sapa nih yang makan kue wajik gw? Eh gw liat Babe masuk... YAaaaaaaaaaaaAaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhHHHHHHHHHHHHHHHH

Ini maaah, sapa lageeee yang makaaaan??? MONSTER KUE WAJIiiiikkk!!!!

Huuuuuuuuuu hu hu...

"Pa, papa yang makan kue wajik ya?"

"Iye... emang napa?"

"Itu kan punya Susy... uda dieman2, digigit sebagai penanda itu punya Susy!..."

"Oooo, kamu tho yang gigit... Papa kirain kue gompal, ya skalian diabisin aja!"


GUBRAG!!!

Pokoke beliiiiiiiiin lagiiiiiiiiii... selosin kalo perlu!!!

*Trs di bagian mana ya dietnya? Rasanya antara judul sama isi postingan kagak matching... hihihi!

5 comments:

Pitshu said...

bunda photo before na donk ?! tampilin dulu.. nanti klo programnya udah kelar foto after na go go go...

.:acen147:. said...

Ckakakaka, nti abis dr Bali pit, pasti banyak poto2 (kaya waktu itu)

Pucca said...

salah lu sendiri sus, kue wajik aja disimpen2 lama.. lagian kalo mau aman bukannya taro di kamar ya haha..

bebek said...

jeaahhh nasip lu apes,.. kue udah digigit lu aja buat penanda "milik" bisa disabet bokap,...hihihihi

.:acen147:. said...

@viol: emang tuh, mana sampe dengan detik ini gw blum ngerasain kue wajik lagi *penasaran dot com T_T

@bebek: emang babe gw tuh kurang "peka" hahahaha!