Friday, December 17, 2010

Resolusi 2011

Mumpung sempat, nulis blog dulu aaah ;)

Kali ini mo ngomongin Resolusi 2011... mumpung moment-nya pas niy, kan uda mo deket akhir taun. Minggu depan gw uda bakalan ngacir ke Jogja. Rencana berangkat tgl 23, balik tgl 29. Entah deh cuti gw bakal di-approve sama boss gak ya, soale masih ada pending kerjaan. Padahal uda berusaha maksimal untuk dikebuts, tetep aja gak selesai :(

Okeh, back to topic.

Resolusi 2011 gw adalah...

1. Bring My Body Back!!!

Seluruh dunia juga uda tau klo gw lagi program pelangsingan badan, hihihi. Target mo lebih kurus dari sebelum hamil. Tapi kurus yang beda. Klo dulu gw sempet 48kg tapi gak padet dan sering masuk angin, hihihi... Kali ini gw mo 50kg tapi padet sekel, terutama otot2 lengan, perut, paha kudu kenceng. Klo dulu figur yang gw idamkan adalah si Jojol alias Angelina Jolie, kali ini yg bikin gw ngiler malah saingannya si Jojol, sapa lagi klo bukan Jeung Jen-Ans alias Jenifer Anniston.

Klo dengan BB gw yg sekarang 58kg, gw kasih target 2.5 bulan untuk mencapai 50kg. Klo dulu mungkin gw dg PD bisa bilang 1.5-2 bulan juga bisa. Sekarang gak. Pertama karena gw masih ASI. Kedua, ya itu... gw gak mo asal langsing, gw mau yang padat, sekel, berotot.

Untuk mewujudkan resolusi point 1, gw telah bertekat bulat untuk tambah 10 session PT lagi. Jadi total gw ambil 30 session. Kenapa harus PT, kan gw bisa latian sendiri? Karena ya itu, gw mo lebih dari sekedar langsing. Dan gw uda merasakan manfaatnya PT sih, bentuk badan lebih bagus, struktur tulang tegap (tadinya gw agak bungkuk), stamina dan strength jauh meningkat.

Sayang duit? Emang... tapi daripada gw nodong buat paket2 perawatan tubuh yang mahal, mending gw pilih olahraga. Toh ini investasi jangka panjang, terutama buat kesehatan :)

Sejak gw rajin olahraga, belum pernah sakit nih. Padahal gw berangkat subuh, sampe rumah malem, urus kerjaan, anak, bisnis... rasanya gw malah lebih fit sekarang daripada sebelum hamil :)

Makanya gw gak akan bosen2 deh nganjurin temen2 untuk mulai olahraga. Efeknya bukan hanya untuk jangka pendek, nti deh klo uda tua baru berasa beda antara yang rajin olahraga dan yang gak pernah sama sekali. Apalagi buat cewek yang uda pernah hamil, melahirkan... resiko kena osteoporosis karena kehilangan banyak kalsium bisa diatasi dengan berolahraga. Olahraga, terutama latian beban bisa meningkatkan kepadatan tulang, lho! So, sebelum terlambat, ayo buruan mulai!!

2. Menyelesaikan project

Duh project ini dimulai sejak gw belum hamil boooowwwww... sampe sekarang anak uda hampir 7 bulan masih belum kelar2, wakakakaka! Banyak sih kendalanya. Big project, big risk. Walaupun tetep seneng karena ada project berarti dapet allowance tambahan, apalagi client nya deket sama tempat fitness *apa hubungannya ya, hahahaha!

Tapi sebenernya concern untuk menyelesaikan project adalah untuk KPI gw niiiy. Kan klo berlama2 dan melenceng dari target, KPI gw jadi merah di mata management. Walaupun banyak pertimbangan sih, soale kan project telat bukan salah gw dan team aja... banyaaak bangeeet faktornya. Client sendiri ada salah kok...

Untuk mewujudkan resolusi point 2 ini, gw kudu nambah team. Trus selain gw, ada lagi PM lain yang bantuin, jadi bakalan ada 2 big team yang akan kerja paralel, secara nih project scope-nya sampe ber-phase-phase kagak kelar2... huaaaa! Untuk urusan design (lagi2) masih jadi tanggungjawab gw. Padahal uda sempet cari outsource System Analyst, tapi gak ada progress... akhirnya gw tendang... konsekwensinya gw lagi deh yang terjun... cape deeeh... padahal uda ngarep lepas bebas dari urusan design, hiks :(

3. Meningkatkan bisnis

Ini sebenernya kelanjutan resolusi taon 2010 yang alhamdulillah telah terwujud dan masih akan berlangsung di taon 2011 nanti. Setelah gagal dengan bisnis pulsa, gw beralih dengan bisnis warnet, yang prospeknya ternyata sangat bagus.

Klo punya bisnis sendiri, yang penting harus mau terjun langsung. Walaupun untuk operasional sehari2 dipercayakan pada pegawai, tapi tiap wiken harus dikontrol. Apalagi urusan duit, gw mah paling nomor 1 deh. Pencatatan harus detil, rapih, terperinci. Mulai dari penjualan, pembelian, stok, laporan laba-rugi, semua harus lengkap, gw gak mo tercecer dimana2. Awalnya agak susah karena keteteran dengan kerjaan kantor. Tapi klo uda niat mo punya manajemen yang rapih, lama2 bisa kok.

Satu hal lagi, gw membedakan uang hasil bisnis dengan uang rumah tangga. Uang bisnis gak boleh diganggu-gugat. Keuntungan tiap bulan kudu disetor dan digembok di rekening terpisah. Dari situ akan lebih gampang memantau hasilnya apakah bisnis ini menguntungkan atau gak. Klo untung, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkannya, klo rugi, apa yang harus dibuat supaya jadi untung.

Itu juga alasan kenapa gw ngotot untuk tetap bekerja sambil menjalankan bisnis. Selain double income, bisnis itu ibarat anak bayi baru mau berkembang, masih perlu disokong, jadi klo bisa jangan digerogotin dengan urusan pribadi... biarlah pengeluaran pribadi tetap disupport dari hasil kerja kantoran :)

4. Bikin adek buat Bayu

Ini sebenernya bukan resolusi guuaaaaaaaaaaaaaa!!! Ih, gw mah maunya taon 2011 bercentil2 ria dengan badan baru yang 50kg dan berotot ityuuuuh!

Tapi ayah uda pingin nambah anak lagi, hiks-hiks... dan gw cuma dikasih waktu sampe bulan Maret... astapiruloooh itu mah artinya 2.5 bulan langsing, 0.5 bulan kemudian dihamilin dan genduuut lageeee!! Tegaaa!!!

Pertimbangan ayah make sense sih... secara melihat sejarah gw hamilnya syusyeeeeh, makanya programnya kudu dimulai lebih cepat, kan belum tentu langsung jadi. Tyus mengingat umur gw yang uda mo 35 *haesh!... jadi sepanjang taon depan bakalan fokus dengan program anak ke-2. Klo masih dikasih kemurahan rejeki sama Yang Di Atas, taon 2012 uda ada tuh adek Bayu...

Cuma gw uda bertekat niiiih, kehamilan kedua nanti gw akan benar2 pilih makanan yang sehat deh. Pokoke, sesuai dengan saran dr paporit gw, dr Med, sebulan cuma boleh naik sekilo. Tinggal gimana caranya supaya naiknya lari ke anak, bukan ke emaknya. Gw uda mulai browsing-browsing lhoooooo untuk dapetin tips n trick-nya... Katanya jangan banyak makan carbo, no ice, no manis2, no jajanan gak penting, no gorengan. Sayur-buah-protein banyakin... Hmmm, patut dicoba banget!

Tyus, selama hamil nanti, gw mo akan tetap olahraga. Tapi yang ringan. Soale kemaren gw liat di FF, pas ikut kelas Gently Flow, ada ibu2 hamil. Dan emang banyak ibu2 hamil yang tetap ikut kelas (terutama yoga), bahkan ada yang ambil PT untuk sekedar main dumble... Semua tujuannya biar nanti gak naik banyak. Halah, dasar perempuan, hahahaha!

Eniweiiii, gw jadi mikir nih, klo tau mo dihamilin lagi, buat apa ya gw menggebu2 nulis resolusi 2011 point 1... huhuhu!

Yah gpp deh, kan klo gw hamil dengan berat awal 50kg, tyus tiap bulan dimaintain naik cuma sekilo, abis lahiran berat gw cuma 59kg. Nurunin 9kg lagi mah... merem daaahhh *mencoba berpikir positip... :D



3 comments:

Farah said...

Dear Mba Susi,

salam kenal.. Aku salut semangatnya mba susi dalam urusan "bring my body back" :P .. For somehow mba jadi role model ku loh pas aku diet setelah naik 23 kilo saat menyusui anakku dari 73 turun ke 53.. *baca postingan mba susi yang body ajol* wkwkwkw.. thanks mba, u inspiring me! Semoga sukses penurunan yang kali ini, dan tetap semangat nyusuin bayu ya mba :)

evancelia-mom said...

Waah mau nambah adek buat bayu Sus, ayoo hahhaa jangan takut bb nambah , gw lahiran ini belum sebulan udah turun 13 kg , yg mana dulu aja sblm hamil mau nurunin 1kg aja susah wkwkwk abis begadang mulu sus, mana kena baby blues dan asi gua dikit hiks sampe depresi gw mikir asi yg kalo diperes cm dpt 60 cc,pdhl gw dah gaya ngumpulin botol asi biar nanti kalo dah kerja bisa nyetok asi, boro2 kepake hiks hiks.. dah minum obat lactamam, makan kuah2 huhuhu eh kok jd curhat wkwkwk...

.:acen147:. said...

@farah: waaah, salam kenal juga! seneng banget klo tulisan ku bisa jadi inspirasi. kok bisa sama ya, beratku pas hamil juga 73 lho. sekarang uda 55.7... utang 3kg lagi lah ke berat sblm hamil ;)... semangat juga yaaa!

@lisa: hebat amat luuu, sebulan langsung turun 13kg. gw uda begadang2 kagak turun banyak, paling cuma 9kg lah :).... tenang say, awalnya pasti ASI keluar dikit kok. lama2 juga deres... ayooo, kamu bisa!