Tuesday, January 25, 2011

Bayu is 8 Months Old - Tim Saring Experiment

Hari ini BayuNdut tepat berumur 8 bulan, lhoooo!!!

Anakku yang satu itu makin lucuuu aja. Bikin gemes, ngangenin, pingin gendong, cium... arrrggghhh!

BayuNdut uda bisa apa aja?

Makin atraktif dengan aktivitas gulang-gulingnya. Tapi blom bisa merangkak nih. Posisinya uda kek mo merangkak, tapi pantat doank yg naik. Dadanya kudu dibantu angkat baru deeeeh maju 1 rangkak, hehehe!

Trus lagi belajar duduk, uda mulai steady walau gak bisa lama. Sebenernya klo dia mau diem bisa tahan lama tanpa disangga. Tapi karena dia selalu gerak ke sana-sini, kanan-kiri, depan-blakang, jadinya roboh lagi deh, wkwkwkwk!

Ngoceh dengan huruf vokal tanpa bisa dimengerti... Aaaaacawamacawabaacamaawaawaaa... Buburudluwdulwuwuwuuuu... Abruabruabruwuwuwhbrucuwuw... hihihihiihi *lha klo ini emaknya yang ngikik2

Ngikutin gaya orang. Kita ngejulurin lidah, dia ikut2an. Kita ber-decak2, dia jugaaa... Kita main pok ame2 dg tangan bertepuk2, dia juga angkat2 tangan.

Ambil-lempaaaaaaaaaaaaaaar! Gitu deh reaksinya tiap dikasih mainan. Apapun mo dicomot. Pas dikasih, lempaaar ke lantai. Klo mainannya gak buru2 diambilin, dia bakalan nungging2 mo ambil ke bawah atau ngeliat ke arah kita dg tatapan mata seolah2 berkata "ambilin dooonk, pliiiiiiiiiiiiiiihiiihihihiiiissszzzz!" Begitu diambilin, langsung LEMPAR lageeee! Cape deeeeeh!!

Sekarang bukan cuma mainan yang mo dilempar, ya remote tv, ya blekberi, ya gelas, ya mangkok... smua deeeh T_T

Sejak umur 6 bulan BayuNdut uda mulai makan solid. Gw banyak contek ilmu dari mama RaRa alias Limmy nih, trus baca2 milis ASIforbaby, browsing2, liat2 resep makanan... macem2 lha! Pokoke prinsip dasar yang gw pegang teguh, selain ASI, adalah... menyediakan menu makanan rumahan! Jadi sampai dengan detik ini, gw boleh berbangga hati karena BayuNdut belum tersentuh makanan instan sedikitpun ;)

Agak refot siiiy, apalagi gw kan working mom. Tapi tidak ada yang tidak mungkin. Awalnya yang perlu gw "training" adalah nyak. Karena beliau adalah "wakil" gw selama di kantor. Walaupun nyak juga masih kerja, tapi kan berangkat lebih siang dan pulang lebih cepat. Malah belakangan nyak kok lebih sering gak masuk kantor ya? Alesannya siy gak enak badan, padahal mah mo main tuuuh sama BayuNdut, wakakaka!

Selain wakil, gw juga punya asisten, yaitu suster gw. Untung deh gw punya suster gak sok tau walaupun lebih pengalaman. Jadi dia mah nurut aja apa kata gw, pokoke asal perintahnya jelas, hasilnya gak akan melenceng.

Bulan pertama mengenalkan BayuNdut pada makanan padat adalah bubur ASI, yaitu Gasol + ASI. Selanjutnya variasi dengan buah, lalu sayur.

Mulai masuk bulan ke-7, kuantitas dan kualitas makan ditingkatkan, yaitu tim saring. Dua minggu pertama tim saring + sayur + kaldu (baik ayam maupun daging). Memasuki minggu ke-3 dan 4 mulai pengenalan daging cincang (ayam dan daging). Sumber karbo gw pake beras merah organik. Kenapa beras merah, karena lebih bergizi, lebih berserat, banyak mengandung mineral yang kurang didapat dari ASI, seperti zat besi. Zat besi juga diperoleh dari daging cincang. Variasi lain untuk sumber karbo adalah kentang, jagung manis. Untuk sayuran, gw pake yang aman2 dari reaksi alergi, seperti kabocha, zuchinni, tomat, buncis. Untuk kacang2an, gw pake kacang merah dan kacang polong. Untuk protein nabati dan hewani, gw pake tahu, tempe, daging cincang.

Semua gw tumplek blek jadi 1. Pokoke dalam 1 porsi tim saring harus mengandung komposisi seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral. Porsi makan tim saringnya 2x, yaitu siang dan sore. Untuk memperlancar pencernaan dan pengenalan cita rasa, tambah lagi frekuensi makan pagi dengan gasol + buah. Jadi total makan 3x sehari. Sisanya ASI, dan kadang diselingi jus.

BayuNdut doyan makan?

Sebenernya tuh anak doyan. Soale untuk suapan 1-5 dia akan makan dengan lahap. Selanjutnya baru deeeh mulai rewel, kudu diajak jalan2 dulu, becanda... lama2 abis siiiy. Mungkin karena rasanya anyep ya? Kan gw gak pake gula/garam sampe dia berumur 1 tahun. Ada sih rasa2 gurih dan manis yang alami dari sumber makanan itu sendiri. Tapi mungkin kurang "mengigit", hihihihi! Gpp ya, naaak... sabaaar, 4 bulan lagi kamu bisa makan enak. Saat itu BunBay akan lebih menggila dengan experimen makananmu. Ada soto ayam kampung, sop daging kacang merah, semur ceker ayam, bla-bla-bla.... kamu pasti LAHAP! *gw jadi ngiler sendiri mbayanginnya, hahahaha!

Yang gw suka dari experimen tim saring ini adalah, sebanyak apapun gw berikan, dengan komposisi nilai gizi yang gw tau jelas, gw gak takut anak gw malnutrisi atau malah obesitas! Semua terlihat dengan jelas dari tekstur poop-nya, yang bisa 2-3x dalam sehari. Lembut, kuning, lancar jaya lah! Begitu juga dengan tingkah polahnya yang aktif, serta pancaran sinar matanya yang bercahaya, menunjukkan sisi kecerdasan anak2 *lebay deh gw, wakakaka!

Minggu kemaren BayuNdut sempet agak sumeng2 dikit. Gara2nya gw ajak berenang di kolam karet di rumah. Kan gw dan Mas Adi sengaja tuh cuti hari Jumat biar bisa main2 sama BayuNdut. Trus iseng deh buka kolam karet yang uda lama dibeli tapi gak pernah diisi angin, wkwkwkwk!

Ternyata BayuNdut seneng banget main sampe mo tengkurep di dasar kolam dan alhasil keminum beberapa teguk air mentah sampe akhirnya muntah2 dan BunBay - yang kebagian jagain BayuNdut - diomelin Ayah deh, wakakakaka!

Nah abis main di kolam2 itu, besokannya BayuNdut agak sumeng2. Selama ini riwayat sakit BayuNdut cuma 2x, yaitu pas sakit kuning dan pas ketularang batpil sama Ayah. Untuk yang sakit kuning treatment penyinaran + ASI di RS. Yang sakit batpil cuma dijemur, sedot ingus, dan ASI sebanyak2nya. Maka untuk sakit sumeng2 ini, walau gak sampe panik, sempet agak was2 siiiy. Abis gak pengalaman anak sakit.

Tanya lagi sama mama RaRa, sementara nyak babe uda ribut aja suruh bawa ke dokter, haesssh!!! Untung deh tetep bersiteguh dengan home treatment aja. Lagian anaknya masih pecicilan gitu, minum juga kuat. Cuma makan agak rewel dan mo bobo juga bangun2 mulu minta susu.

Esokan harinya... uda sehat dan kembali ceriaaaaaa!

Emang deh, anak ASI + MPASI homemade terbukti sehat dan kuat... kek Samson, wkwkwkwkwk!

4 comments:

Pitshu said...

kok enggak ada photo na :)
photo na Bayu bukan photo Bunda-nya yah ^^

.:acen147:. said...

potona ada di fb... tapi krn modem mati jd pake inet client jd g bs buka fb jd... wkwkwkwkwkwk!

Yuliana-Fun said...

wuah jd byk belajar nih dari susi... *suhu* :)

.:acen147:. said...

Ni suhu jg blajar dr grand suhu per-anak-an, yaitu mama RaRa aka Limmy wkwkwkwk