Monday, February 07, 2011

Bayu dan Gigi Baru

Beberapa minggu lalu ada kejadian cukup mengesalkan, lucu, juga seru.

Berawal dari rewelnya Bayu di malam hari. Biasanya kan klo tengah malem jadwalnya nyusu, Bayu paling cuma bolak-balik gelisah. Klo susunya agak telat dateng, baru deh mulai nangis. Tapi cukup dipangku, kasih susu sambil tepok2 pantat, balik lagi deh ke alam mimpi.

Entah kenapa 2 hari berturut2 aksi malemnya itu bikin heboh. Gak mau die klo cuma dapet treatment standard. Jadi kudu ada tambahan gendong2, bahkan klo matanya uda keburu melek mau gak mau artinya ngajak main deeeeh!

Emang sih dia bisa ngamuk gitu juga ada penyebabnya. AC di kamar lagi problem. Biasa stel suhu 25C uda paling pas. Kali ini kaya gak pake AC. Panas, pengep. Uda panggil teknisi AC untuk benerin, eh gak langsung beres tuh malemnya. Jadi ngamuk lagi lah si Bayu, wkwkwkwk!

Dasar suster gw ember, berita soal Bayu ngamuk2 tengah malem sempet nyampe ke telinga nyak babe, yang ada malah bikin mereka tambah khawatir. Mending klo cuma khawatir yg biasa2 aja. Ini sampe merembet ke hal-hal mistis di luar nalar. Jadi mereka curiga klo kamar Bayu, yang kamar baru dibangun, jangan2 ada "pengganggu" tidak kasat mata.

Jelas2 aja gw menolak teori nyeleneh ini!

Emang sih, kita tidak bisa menutup kemungkinan adanya hal2 seperti itu. Tapi maksud gw, sebelum panggil dukun, sembur2 air, taro sesajen, dsb... coba diliat dulu fakta yang lebih masuk akal. Seperti soal AC. Ditambah keadaan Bayu yang emang belum sembuh bener dari batuk pilek (batpil) - soal batpil ini ada lagi ceritanya yang lebih konyol, tapi nanti lah klo ada waktu gw buat di postingan terpisah, hehehe!. Semua itu memungkinkan sekali bikin Bayu jadi rewel di tengah malem.

Jadilah gw eyel2an sama nyak di BBM yang berujung pada ngambeknya nyak gak mo ngomong sama gw! Wakakakak!

Biasanya pan klo Bayu lagi di rumah gw seharian, nyak bakalan bawel tiap saat di BBM sekedar nanya: Bayu lagi ngapain? Maem apa? Uda mandi belum... Nah hari Kamis kemaren pas libur sincia, pas Bayu di rumah gw, nyak sama sekali sepiiiiiiiiiiiii... gak ada 1 huruf pun nyenggol di BBM. Hahahahahaha!!!

Denger2 cerita dari suster, sebelum "insiden" perang dingin itu, nyak gw sempet curhat ke suster... katanya...

"Dasar anak sekarang susah banget diajak ngerti. Klo soal kesehatan, makanan, aku setuju di internet banyak ilmunya. Tapi klo soal seperti ini kan gak ada pembahasan ilmiahnya. Cuma kita orangtua yang lebih pengalaman yang ngerti gituan. Tapi si Susy nih gak mau denger omonganku! Tau ah, tserah aja dia maunya apa!"

Hi-hi-hi...

Rabu malem sebelum Bayu bobo di rumah, suster sempet bilang nih... katanya Bayu mo tumbuh gigi. Di atas 1, di bawah ada juga tapi blum keliatan berapa.

O ya? Hmmm... wondering, jangan2 itu juga yang bikin dia rewel belakangan ini. Tapi gw masih belum bisa menyimpulkan sih.

Kamis pagi pas libur Sincia, gw rencananya pingin jalan2 ke rumah Mbak Lina yang sekarang uda pindah ke Cawang. Mayan lah refreshing daripada bosen gak ngapa2in. Tapi koook, gw liat si Undud (BayuNdut) lemeeesszzz yaaaaa?! Yang biasanya jam 4.30 pagi uda pecicilan, ini sampe jam 6 masih nyenyek bobo. Begitu bangun juga matanya kuyuuuu gak bergairah. Gw pegang kepalanya... kok agak anget?!

Sampe makan pagi masih keliatan lemes tapi belum panas. Karena bawaannya ngantuk, dia bobo lagi. Bukan kebiasaannya tuh uda bangunnya siang kok masih pingin bobo. Bangun tidur trus mandi... baru deh makin kerasa klo badannya anget mulai dari ujung rambut sampe ujung kaki. Ukur suhu dengan agak deg2an... 38.5C! Waduh!!

Batal deh acara jalan2nya...

Mulai buka2 lagi arsip di milis Sehat tentang penanganan demam dan tanya2 Limmy, my grand suhu dalam urusan merawat anak, hehehehe! Di atas 38C uda harus dikasih obat turun panas. Soale bukan sumeng lagi... uda PANAS!

Abis minum Tempra, lemes lagi, bobo lagi... Tapi bangun bobo masih mau maem, malah gak banyak nolak... mungkin lemes kali ya, disodorin makan pasrah aja, wkwkwkwk!

Mbak Lina dateng sama Mas Duto n Iting. Ternyata Iting ngamuk begitu tau Dek Bayu gak jadi main ke rumahnya... uda ngarep2 ya, Mbak?! Hehehehe!

Sama Mbak Lina diingetin untuk banyak dikasih minum. Iya ya, saking agak paniknya sampe lupa perhatiin nih kayanya Bayu gak minum sebanyak biasanya. Apalagi uda kenyang pasti tambah males. Akhirnya sesi makan sore di-skip, diganti minum ASI aja sebanyak2nya. Mandi sore diganti waslap air hangat trus balurin parutan bawang merah + minyak telon.

Sampe Mbak Lina pulang, si Undud masiy anget ajaaaah! Suhunya naik turun antara 37-38.5C. Tiap dikasih Tempra, turun... langsung ceria main2... eh gak lama kemudian naik, trus rewel lagi... Hadooooh, gimana gak senewen gw???!!!

Saran dari Limmy skin to skin contact antara Bayu n ortunya. So, BayuNdut gw bugilin sisain pampers, gw suruh Ayah buka baju (atasan doank) dan peluk BayuNdut. Biar lebih "afdol", gw juga ikutan topless dey melukin dari belakang. Jadi three some dg gaya hotdog critana, wakakakakakaka!

BayuNdut dipeluk membabibuta gitu malah tambah jejeritan. Justru efeknya bagus biar keringetan. Tapi Ayah kayanya gak tegaan deh. Belom juga 5 menit, bilang "udah2" muluuuu, gw jadi keliatan lebih sadis soale teteeeep gak mo lepasin pelukan walaupun anak uda meronta2 kek cacing kepanasan, jiaakaakakkaak!

Skin to skin contact gag berhasil. Sedangkan waktu uda merambat makin malam... tinggal cara terakhir... Tidur dg suhu 26-27C biar keluar keringet. Gw temenin Bayu bobo, klo Ayah pasti gak betah ber-sauna di dalem. Gw cuma khawatir Bayu jadi tambah rewel soale dia biasa di AC dingin antara 22-25C. Gpp lah, yg penting cepet sembuh.

Bisa dibilang sepanjang malem itu gw gak tidur. Tiap 1-2 jam sekali Bayu rewel minta susu. Terakhir pas bangun pagi, gw pegang baju dan kepalanya basah kuyup. Padahal uda pake kaos tipis, celana pendek, gak pake kaos kaki, gak selimutan. Tapi bersamaan dengan itu, suhu tubuhnya juga mulai turun. Alhamdulillaaaaaah!!

Itu hari Jumat, yang seharusnya gw ngantor. Tapi karena agak2 khawatir, gw ijin deh utk ngawasin perkembangan BayuNdut seharian. Selain itu, klo BayuNdut dibawa ke rumah eyangnya, wadoooooh bisa tambah gawat deeeeeh paniknya mereka liat cucu kesayangan "cuma" anget 37C. Bisa2 disuruh rawat inap kaleee, wakakakaka!

Pagi2 langsung sarapan, trus pas mandi sengaja direndem air hangat. Suhunya sempet naik lagi jadi 38C. Trus kasih Tempra lagi. Sejak itu... alhamdulillah berangsur2 normal sampai malamnya...

Sabtu paginya... gw liat giginya uda nongol 1, hahahahahaha! Klo BayuNdut uda bisa ngomong, mungkin dia akan bilang,"Legaaaaaaaaaaaa!!!" Hahahaha!

Tapi BunBay masiy was2 neeeeh... Secara pas ngelongok2 ke gusinya, terlihat bakalan ada... 2 calon gigi di bawah... dan 3 di atas! ALAMAK!!!

Setidaknya uda pengalaman lah bagaimana home treatment untuk anak panas. Suster juga uda praktek langsung supaya gak cemas. Tinggal eyangnya kudu di-training neh pelan2. Gw sih gak bilang klo kemaren sempet panas. Tapi gw kasih tau -iya, perang dinginnya berakhir kok setelah Sabtu BayuNdut sembuh, kita mampir ke rumah Eyang, hehehehehe!- klo BayuNdut rewel karena mo numbuh gigi, bisa jadi nantinya akan anget soale skalinya mo tumbuh banyak.

Lha baru denger AKAN anget aja uda langsung parno si nyak... Apalagi klo beneran ngalamin kek gw yaaak?! Qi-qi-qi...

Jadi klo boleh sharing home treatment untuk anak panas.... Tips menurunkan suhu anak dengan cara alami...
1. BBM-an sama Limmy, wakakakakakaka! Tq banget nih sama mama jempolan yang 1 ini, selalu siap sedia tiap diajak curhat soal anak ;)

2. Browsing internet, ubek2 arsip milis. Ini harusnya gak boleh dilakukan pas kejadian. Sebaiknya kita tau sebelumnya, jadi pas kejadian gak panicdotcom!

3. Ukur suhu tiap 4 jam sekali, klo uda 38C ke atas, kasih obat turun panas (maks hanya boleh 5x dikasih obat). Sambil terus diobservasi anaknya. Klo masih ceria, demen makan, mau minum, harusnya gak usah khawatir.

4. Pakaikan baju tipis lengan pendek, celana pendek, no kaos kaki, no selimut. Biarkan panas suhu tubuhnya keluar. Klo dibungkus malah jadi terkungkung dan menimbulkan reaksi tubuh untuk lebih panas lagi. Jadinya malah kejang deh T_T

5. Parut bawang merah, kasih minyak telon, balurkan ke punggung, perut dan telapak kaki anak.

6. Kompres air hangat di dahi, lipatan paha, lipatan ketiak. Niy kudu tunggu anak tidur, klo bangun mah dijamin dilempar tuh kompres, wkwkwkwk!


7. Banyakin minum air, paling baik kasih ASI.

8. Skin to skin contact sekitar 10 menit.

9. Tidur dengan suhu ruangan 26-27C.

10. Bugilin, rendem air hangat.

11. Stay calm, dont be panic... panic won't heal ur child.

Ok deeeh, itu aja tips dari gw, seorang bunda yang belum pengalaman banyak ngurus anak. Masih harus belajar. Moga2 bisa bantu bunda2 yang lain ya ;)

*Tips tambahan yang non ilmiah niy... terserah mo percaya or gak, klo anak rewel, taburin garem di pojok2 ruangan. Ambil bawang-cabai-dino bengle, tancepin di sapu lidi, taro sapu lidinya di pojok ruangan. Tumbuk dino bengle, taro di ubun2 kepala anak, balik kuping kanan-kiri, telapak kaki-kanan kiri. KATANYA bisa mencegah anak melihat hal2 yang sebaiknya tidak diliat. Hope That Helps ya!

No comments: