Friday, March 18, 2011

Bayu is (Almost) 10 Months

Waaah, uda lama gag update soal pangeran cilikku. Emaknya rempong kebanyakan acara. Pas 9 bulan bukannya posting soal anak malah sibuk dandan. Belum juga puas explorasi dandan, eh terkezut2 dg kehamilan... jadi lupa deh sama ci ndundud satu ituw.. hihihi!

Ya mumpung ada waktu luang, gw update dikit deh sang seleb kecil di keluarga (gimana gag seleb, tiap kehadirannya selalu disambut dg rebutan gendong dan cium, wekekeke!)

Bayu yang sekarang semakin keliatan "dewasa"... taelah, baru 10 bulan kok dibilang dewasa, qiqiqiqi. Maksute dewasa anak bayi gitu lho. Klo dulu pan cuma bisa bobo nangis pipis pupup... trus struktur muka dan badannya cuma bulet2 gempal belum ada bentuk nyata bakalan mirip sapa (salah tuh, dari dulu sampe sekarang pada bilang mirip Ayahnya, huehehehe!)

Klo sekarang, Bayu uda gag segemuk dulu. Padahal makan uda mulai 5x sehari dan minum susu tetep kenceng ajah. Mungkin karena semakin aktif bergerak. Jaga Bayu 5 menit bisa disamakan dg jalan santai di tritmil 10 menit. Sama2 capeknya dan kringetnya, wakakaka!

Bayu uda bisa apa?

Weleh-weleeeh... sebenernya gag terlalu bisa macem2 tapi banyak aja polahnya. Dia sih uda bisa duduk sendiri dari posisi tiduran. Caranya pinter deh. Dari posisi telentang, dia bakalan berguling jadi tengkurep. Trus onggong2, trus merangkak mundur, trus duduk. Pertama kali ngeliatnya, gw takjub! Hahahaha! Yang jelas gag ada yg ajarin cara begitu, mungkin ini insting baby ya. Cuma dia belum terlatih insting lainnya. Seperti misalnya, pas dia merangkak mundur tuw gag tau klo pantatnya uda mepet ke pinggir ranjang. Jadi bikin emaknya jumpalitan sampe ikutan bangun duduk soale tuw kejadian di tengah pagi buta yang gw pikir dia akan bangun dengan ritual biasa: melek, clingak-clinguk, either nangis atau ktawa, qiqiqiqi!

Kemajuan, nak... 4 jempol dari Bunda buatmu *tapi bukan buat dikenyot ya, haesh! wkwkwkkwkwk!

Bisa yang lain adalah, merangkak 1-3 step. Sebenernya dia uda bisa merangkak lebih jauh dari itu. Gw taunya dari "pancingan" mainan yang gw sodorin di depannya. Awalnya gw taro 1 step di depannya, dia bisa ambil *gampil, Bunda... gag ada yang lebih menantang??

Oke, biar lebih banyak olah tubuh, gw jauhin lagi 2 step, masih ketawa2... 3 step, ugh usaha dikit... dapet dooonk... 4 step muka mulai cemberut *niy Bunda maksute apa siy?

5 step... menatap wajah Bunda dg sedikit marah

6 step seterusnya... nangis... kesel!! *Bundaaaa, beli mainan sendiri donk masa mo ngerebut punyakuuuuwwww???!!

Hahahahaha!

Selain melatihnya untuk merangkak, gw juga ajarin merambat. Masa emaknya biasa akrobat di gym, anaknya cuma bisa duduk *pikiran ambisius, hahahahaa!

Caranya, lagi2 pake mainan. Kali ini gw taro di atas sofa. Awalnya dia cuma bisa menggapai2 dg tangan mungilnya tanpa ada inisiatif untuk bangkit. Jadi gw angkat dia pelan2, trus ajarin pegang sofa sambil meraih mainannya. Wah dia girang bukan main. Mainannya dilupakan, dia malah lebih suka menyapu pemandangan di sekeliling, seolah2 berkata: horeee, aku ternyata tinggi juga yaaaaa! :p :p

Selain di sofa, gw praktekkan cara tadi di dalam box tidurnya. Awalnya harus dipegangin karena kakinya belum kuat. Lama2 gag usah dipegangin, walau masih standby di belakangnya... akhir2 ini dia uda mulai bisa bangun sendiri ;)

Proses merangkak-berdiri-merambat ini belum terlalu lancar sih. Yang penting harus sering2 dilatih biar otot2nya kuat menopang tubuhnya. Yang jagain juga kudu extra sabar dan hati2, soale ya itu... anak sekecil Bayu cuma taunya mau bergerak tanpa sadar bahaya2 di sekitarnya. Saking aktifnya dia belum ngerti klo gerakan2 tertentu malah bikin kesleo, wkwkwkwk!

Perkembangan lain dari seorang mahluk mungil bernama Bayu adalah, dia mulai pinter ngoceh. Yang suka latah babe gw tuh... pas Bayu bilang "yeeee-yeee-yeeeeee"... babe gw nyamber, katanya "iki piyeeee-iki piyeeee-iki piyeeee" trus SMS gw klo Bayu uda bisa ngomong "iki piye" lhooo *lha itu mah eyang kung-nya yang translate sendiri wakakakaka!

Trus pas Bayu ngoceh "dhee-dheee-deeeeeeeh", eh bisaannya si eyang kung nyamber lagi "Bayu klo mo minta dede sama Bunda noooh, jangan sama Eyang, gag bisa kasih dede... Bunda yang bisa!!" Gubrag! *tuw kejadian sebelum ketauan klo gw hamil, wkwkwkwk!

Bayu juga uda pinter ngenalin orang. Dia bakalan ngambek sampe nangis klo digendong sama orang yang belom dikenal. Tapi manja abis sama orang2 yang biasa main sama dia, apalagi yang dia tau sama siapa dia bisa extra manja *eyang utiiiiiii!!!! hahahaha!

Klo soal makan... naaah, ini pengalaman seru banget. Sampe sekarang belum berhasil tuh nyuapin Bayu di high chair. Padahal hadiah dari temen2 blogger uda terpasang dg manis di ruang tengah *tengkiuuu preeends, muaaach! Jadi klo mo nyuapin Bayu kudu digendong diajak jalan2, dialihkan perhatiannya. Sementara dia asyik ngeliatin burung-pesawat-kupu2 dengan melongo, nah di saat itulah paling tepat masukin makanan ke mulutnya wakakaka!

Itu cara gag bagus sih... tapi sampe skg blum nemuin cara lain, hikz! Apalagi pas Bayu sakit batpil, makannya syusyeeeeeh. Mo mangap aja uda bersyukur rasanya. Apalagi sekarang Bunda makin banyak nambah2 variasi dan frekuensi makan... pusing deh suster gw tiap nyuapin, hahahaha!

Untuk jenis makanannya, tetep yang homemade. Tapi uda beralih dari bubur saring ke bubur kasar. Pas Bayu batuk, buburnya agak dilembutin lagi karena dia GTM (Gerakan Tutup Mulut) teruuuussss... gag enak nelen kali yaaa!

Ngomongin soal makanan homemade, kemaren sempet experimen bikin biskuit baby buatan sendiri. Berhasil sih... tapi pas dicobain hambaaar... ya iya laaah, wong gag ditambah apa2. Pas disodorin ke Bayu, disangka mainan tuh, cuma dibanting2 trus diremek2 *gag tau ya klo emaknya bikin smp kringetan... T_T

Jadi gw rencana mo pake biskuit bayi dari pabrik aja lah. Sedikit longgar aturan gpp, toh kasihnya cuma seminggu 2 kali pas cemilan time :p

Apalagi yaaa...

O iya, sebelum ketinggalan... Bayu uda punya 6 gigi! Hahahaha, lucu deh soale biasanya kan liat dia senyum dengan gusi ompongnya, eh sekalinya numbuh berentet 6... jadi makin maniiiiissss deeeeh senyumannyaaaa hahahahaha!

Udah, itu aja...

Ini ada video waktu netah dia jalan. Lebih tepatnya membopong dia bergerak dari 1 lantai ubin ke lantai ubin berikutnya, kali yeeee :p :p

Rata Penuh

4 comments:

Yuliana-Fun said...

hehehehe lucunya lage belajar jalan yak hehe :)

Pitshu said...

bayu umur 1thn lebih nanti udah ada dd lagi yeahhh~ :)

.:acen147:. said...

@fun: belajar jalan gag resmi... secara bedirinya aja blom mantep, wkwkwkwk! ayo fun, rajin bikin biar punya mainan baru hahahaha!

@pitshu: amiiiiiiiiin, moga2 lancar yaaaak. doain ;)

Arcen said...

Hi bunda bayu..lam knal yahh..ak secret admire dirimu nih..hehe
Ak nemu blogmu wkt googling ttg kista. Trs ketagihan deh baca smua postingan2 mulai dr yg 1st anniversary ampe yg ini :)
Akhirnya ga isa nahan diri ngasi komen nih soal tingkah2 bayu rada mirip2 ponakan semata wayangku :p
Oia,knapa bunda bayu lebih prefer ke susu UHT drpd sufor ya??