Monday, March 21, 2011

Meet The Doctor Again

Setelah hampir 10 bulan berlalu, akhirnya gw "jalan2" lagi ke Tangerang. Kaya dejavu deh. Pagi2 siap2, mampir ke rumah nyak numpang nyarap, trus jalan lewat tol JORR... menyusuri kota Tangerang yang padat dan panas... betapa perjuangan, wkwkwkwk!

Tapi bagi kami sih yang seperti itu uda biasa. Dibawa enjoy aja, kaya misalnya sebelum mikirin macet dan susahnya kesana, kami lebih suka membayangkan wisata kuliner yang bisa dihampiri sepulang dari dokter. Trus klo di-compare sama perjuangan pertama, yang tiap 1-2 minggu harus bolak-balik berobat kista, kok klo cuma disuruh sebulan sekali "nengok" dedek, gag berasa berat lagi yaaa... Malah seneng :)

Kenapa sih gag ke dokter yang lain aja yang deket, yang lebih top, yang lebih bagus, yang... yang... yang... Wellll susah yaaaa, seperti yang gw uda pernah sebut sebelumnya... cocok2an kali yaaa... uda percaya dan sreg aja gitu. Dan karena gw uda pernah dipegang 3 dokter sebelumnya gag seyakin dg yang ini... sooo??? :p

Singkat cerita akhirnya sampailah gw ke ruang klinik dr Med Setyabudi Sasongko (again). Dapet giliran pasien no 7. Kira2 30 menit kemudian dipanggil masuk...

Buka pintu dengan expresi cengar-cengir... sementara si dokter agak berkerut2, kayanya dia lupa2 inget deh. Gw salamin dia...

"Pasti dokter lupa!"

"Gag" *sambil buka2 arsip gw yang tebel secara tuw arsip dari sejak gw berkista sampe mbrojolin Bayu kekekeke

Gw masih senyum2...

"Ini yang hamil taon lalu kan? Kenapa kamu sekarang? PASTI HAMIL LAGI!"

Cengegesan

"Bener ya? Kamu hamil lagi ya??"

"Iya dok, hehehehe"

"Emang uda berapa bulan umur anakmu?"

"10 bulan, dok"

"Trus uda telat brp hari nih? Trakhir kapan mens?"

"Terakhir mens 10 Feb, telat uda 8 hari sampai dg hari ini"

Dokter langsung catet info2 tadi sambil dia puter2 kalender kehamilan, yang gw sebenernya uda punya versi flash-nya di laptop, jadi gw uda tau kapan due-date-nya wkwkwkwk!

"Ok, ini HPL kira2 bulan November, tapi bisa lebih cepat karena kamu dulu sesar"

"Tgl brp dok?", tanya Mas Adi

"Sekitar tgl 6 November, bisa maju lagi"

Tuh kan bener, waktu itu gw cek di kalender versi gw juga sekitar 5-16 Nov hehehehe!

Setelah itu gw disuruh berbaring utk diperiksa USG. Ini dejavu lagi rasanya. Soale uda 10 bulan gag berakrabria dg USG, eh sekarang ktemu lagi, hihihihi!

Dokter kemudian menekan2 token USG sementara matanya memicing2 ke arah monitor. Puter2 sekian detik kayanya gag nemu2. Gw jadi ikut micing2in mata juga, kaya yang tau itu isinya apa di depan layar monitor selain warna gelap tanpa petunjuk apa2 wkwkwkwk!

"Nah, ktemu!"

"Mana, dok, mana???", gw sama Mas Adi sampe bareng2 nanya

"Ini lhooo, panjang2..."

"Panjang2 apanya dok? Gag keliatan", gw masih micing2in mata gag keliatan apa2 ah perasaan

"Ini uda keliatan jelas kok... dengan ini dinyatakan SAH, kamu hamil... usia berapa tuh tadi? 5 masuk 6 minggu"

"Yang mana sih dok yang panjang2?", kali ini giliran Mas Adi melotot2-micing2in mata gentian...

Dokter lantas nge-print hasilnya... trus ambil pulpen, trus dikurek2...

"Niiiiiihhhh!!!!"


My new junior

Oooo

Selanjutnya sesi tanya jawab soal makanan yang harus dipantang, gimana caranya biar gag terlalu gemuk, apa masih boleh ASI, olahraga apa yang boleh, boleh gendong2 anak gag... berikut penjelasannya

Makanan yang harus dipantang: kambing, nanas, nangka, duren, bakar2an, mentah2. Karena uda gag ada kista n myom (Thx God), gw boleh minum susu kedelai. Panduannya adalah memilih salah satu antara mo susu hamil atau susu kedelai, jangan dua2nya. Dan karena gw merasa susu hamil bikin gendut, gw milih susu kedelai plus susu ultra plain yang low fat hi calcium.

Cara supaya berat badan gag terlalu melonjak sih sebenernya dari waktu pertama hamil uda dikasihtau sama dr Med. Cuma gw aja yg bandel, dan bawaan emang laper mulu, jadi semua nasehat gw abaikan (dulu, skg kapok, wkwkwkwk). Jadi yang terpenting adalah menjaga pola makan sehat persis seperti yang uda gw terapin skg. Makan 5x sekali dg komposisi nutrisi yang seimbang. Boleh tambah tapi perbanyak dg buah2an dan sayur2an. Kan orang hamil cuma butuh 100 kalori tambahan (setara dg 1 potong kecil daging atau 2 buah apel) selama trimetster awal, dan 300 kalori tambahan utk trimester berikut2nya.

Usahakan makan sebelum jam 6 sore. Setelah itu harus STOP! *niy dokter ngomong part ini dg muka serius, wkwkwkwk! Klo laper boleh nambah buah2an dan sayuran.

Berat badan ibu yang pada awal hamil normal, hanya boleh naik 9-12kg. Hindari yang manis2, lemak2 berlebihan karena yg kaya gitu larinya cuma ke emaknya, anaknya mah gag dapet. Tapi perbanyak protein, sayur, buah, makanan sehat, larinya bakalan ke anak, emaknya dijamin tetep langsing... amiiin!

Soal ASI? Wah gw beruntung deh ktemu dsog yang pro-ASI, wkwkwkwkwk! Katanya boleh terus lanjut ASI sampe habis sendiri... Trus dokter nanya gimana keadaan anak yg sekarang (Bayu). Gw kasih liat potonya, kata si dokter lucu. Ditanya lagi: gag sering sakit kan? Wong vitamin dan obat2nya bagus sejak masa kehamilan... Gw jawab: gag, dok... klo sakit cuma batuk pilek dikasih ASI juga sembuh... Bagus-bagus, katanya... :)

Klo soal OR, dokter juga boleh2 aja asal gag boleh yang berat2. Jalan ringan, sepeda statis ringan, berenang sangat dianjurkan... Gag nanya sih klo angkat beban ringan... secara gw masih lakuin tuw sampe skg. Saking ringannya cuma 5-10kg, gw malah jadi kebanyakan bengong trus ngantuk, wkwkwkwkwk! Gw rasa gpp lah, gw kan tau tubuh gw sendiri. Dan yang gw latih gag fokus di perut samsek. Gw cuma main tangan, chest, kaki. Tujuannya bukan supaya tetep berotot, tapi relaksasi biar gag kaku... biar gag gampang cedera, biar terbiasa karena nanti toh gw kemana2 akan bawa beban yg berat di perut, hehehehe!

Sedangkan klo soal gendong, kata dokter gag boleh gendong sambil berdiri. Klo gendong pangku/duduk boleh. Karena sebenernya rahim gw blm kuat (belum setaon sejak sesar), jadi jaga2 aja... Dokter gag tau ya gw biasa angkat beban minim 15kg di gym? Wakakakaka! Yo weis ikutin ajah... terutama part yang jangan sampe ketendang2

Terakhir sebenernya mo ditanyain sama Mas Adi. Tapi sebelum nanya, uda diingetin duluan...

"Jangan berhubungan dulu ya!"

Ih nih kalimat "sakti" banget deh hahahaha! Yang langsung disamber sama Mas Adi...

"Sampe berapa lama, dok?"

"Sebulan aja, tahan gag?", dokternya senyum2

"Klo saya sih tahan, dok... tau nih yang di samping", kata gw sambil lirik2 Mas Adi... :p :p

"Ah, sebulan mah keciiiilllll", timpal Mas Adi sumringah *dibanding hamil pertama 9 bulan yak? wakakakakaka!

Kenapa yg sekarang cuma sebulan? Karena posisi janin yg sekarang bagus tuh, gag di bawah (klo dulu kan plasenta previa). Jadi gw bisa banget lahir normal... but let's see ke depannya gimana ;)

Udah deh gitu aja hasil "kencan" sama dokter Sabtu kemaren. O iya, gw juga disuruh cek lab utk TORCH... Mayan menguras kantong... Klo ditotal... jasa dokter 150rb plus obat2an 600rb plus tes lab 881rb... jadi...

*pengsan dulu

4 comments:

Yuliana-Fun said...

aaarghhh senengnya.. doain gw ga diganggu tamu yak awal bulan ini hehehehe :) biar kita bisa barengan hahaha :)

Pitshu said...

huahh bayu baru 10bln udah ada dd lagi, congratzzzzz, di tunggu photo2 hamil na lagi :D

.:acen147:. said...

@fun: hyuuuuk, seru deh klo kita bisa bareeeng ;)

@pitshu: amiiin... klo skg lebih PD utk poto2 hamil, soale bawaannya mo dandan mulu wkwkwkwk

Unknown said...

ci pernah kista jg ya