Monday, March 07, 2011

Si Centil Belajar Dandan - Finish

I'm baaaaaaaackkkkkk!!

Temans, gw mo crita lagi niiiy pengalaman gw blajar make up session 2. Dari sejak belajar di session 1, gw uda ngerti lah dikit2 basic make up tuh gimana. Gag nyangka ya ternyata buat based aja bisa sampe berlapis2. Selama ini gw paling cuma pake moisturizer n bedak thok. Pas belajar baru tau banyak banget tetek bengeknya.

Nih buat bagi2 pengalaman, coba perhatikan bagian based make up berikut ini...

1. Primer
Semacam gel berbentuk bening. Fungsinya untuk membuat make up tahan lama, menghaluskan, dan mengecilkan pori2. Dipake di seluruh wajah, leher, kecuali mata dan bibir.

2. Concealer gelap
Bagi yang mukanya bertaburan bekas jerawat, boleh tuh ditutupin dengan concealer yang sewarna dg kulit.

3. Foundation
Ini mah uda pada tau kali yak? Macemnya ada yg krim, cair. Bagi yang kulitnya berminyak dan sensitif dg jerawat, better pake yg cair. Pilih yang warnanya sesuai dg warna kulit. Aplikasikan dengan menggunakan sponge sambil ditepuk2 merata ke seluruh wajah, leher, kecuali mata dan bibir.

4. Concealer terang
Klo yang ini khusus untuk bawah mata yang biasanya berwarna lebih hitam dan cekung. Aplikasinya di bawah mata tapi jangan sampe keluar dari sudut mata paling luar ya! Selain bawah mata, aplikasikan juga di kelopak mata supaya eye shadow bisa bertahan lebih lama. Bisa juga sih pake eye shadow base, cuma kadang suka ngegumpel tuh. Gw kayanya lebih cocok pake concealer terang ini.

5. Bedak tabur warna terang
Aplikasikan ini di bawah mata yang uda dikasih concealer terang tadi.

6. Bedak tabur warna gelap
Warnanya yang sesuai dg warna kulit ya, tapi lebih gelap dari bedak tabur warna terang yg untuk di bawah mata (point 5). Aplikasikan dengan menggunakan kuas bedak secara merata ke seluruh bagian wajah, leher, telinga, kecuali mata dan bibir.

7. Bedak padat warna terang
Aplikasikan ini di bawah mata dengan menggunakan sponge.

8. Bedak padat warna gelap
Warnanya lagi2 harus sesuai dg warna kulit dan lebih gelap dari bedak padat di point 7. Aplikasikan dengan menggunakan kuas bedak secara merata.

Sampe dengan point 8 itu BARU based make up. BAYANGKAN!!! Hahahaha!

Tapi untuk make up daily sih gw hanya akan praktekkan point 2, 4, dan 6. Soale klo dipraktekin semua rasanya berat banget tuh muka. Trus bisa berapa jam gw di gym cuma buat bedakan doank? *sekarang aja uda kesiangan mulu, hahahaha!

Palingan klo mo party aja tuh semua "perlengkapan perang" dikeluarkeun. Termasuk kuas2nya yang banyak amaaat macemnyaaa! *perlu gag bahas soal kuas juga? nti aja ya, qiqiqiqi!

Tahap selanjutnya adalah bagian mata, hyuk LANJUuuuttt!

1. Eye shadow
Ada 3 macem nih: matte (untuk daily), shiny (evening/party), powder (evening/party). Tapi bagi gw siy gag patokan yak. Klo warna shiny ada yg keren juga gw pake aja siang2 yg penting pilih2 warnanya asal gag bikin silauuuu!

2. Eye liner
Ada 3 macem juga: pensil, krim, cair. Gw sih biasa pake yang cair. Aplikasiinnya menyeluruh di bingkai mata atas, bawah, bagian dalemnya juga *niy yang bikin sampe nangis2 kekeke

3. Mascara
Uda pada jago kali ya pake ini? Selain bulu mata atas, bagian bawah juga jgn ketinggalan ;)

4. Bulu mata palsu
Haduh, ternyata susah yaaa pasang bulu mata palsu. Selama 3 jam belajar, bagian ini bisa 30min sendiri kali wkwkwkwk!

Lagi2 untuk daily make up sih gak gw pasang lengkap. Paling yang gw pake point no 1, 2, kadang2 3... soale mata gw tuh uda belo jadi semakin rame bagian itu semakin tambah "galak" aja keliatannya wkwkwkwk!

O iyaaa... ketinggalan bagian ALIS! Haahahaha, abisan gw kan gak pake alis2an, jadi lupa deh. Sedikit teori soal alis, pada saat ingin membentuknya dg pensil alis, gunakan kuas lalu perhatikan 3 titik:
a. pangkal alis (letakkan kuas di pangkal mata dalam sejajar dengan ujung hidung)
b. puncak alis (letakkan kuas di 1/3 mata pangkal mata luar ke cuping hidung)
c. ujung alis (letakkan kuas di pangkal mata luar ke cuping hidung)

Dari 3 titik itu, lukis deh alisnya. Mo alis lengkung natural, berarti puncak alisnya jgn tinggi2. Mo alis lengkung naik, berarti puncaknya harus tinggi. Klo gw sendiri waktu diukur2 titiknya uda pas sih, jadi gak usah dilukis2 lagi. Trus gw juga gak terlalu suka alis yg terlalu lengkung naik, soale mata gw bisa jadi keliatan tambah galak lagi, hahaha!

Kelar urusan mata, gantian sekarang bagian... shading, mareeee!

Ada 3 bagian shading nih yang diajarin, tapi secara muka gw uda keliatan tirus, jadi shadingnya juga yang tipis2 aja. Btw, setelah kurus ternyata baru ketauan lho klo muka gw bentuk daun sirih/segitiga. Selama ini gw kira muka gw tuh oval lho! Abis chubby cheeks bangeeed wkwkwkwk!

1. Shading tulang pipi hingga rahang
Ini bisa pake blush on warna kecoklatan. Caranya, pake kuas miring tarik garis dari kuping di bawah tulang pipi sampe ke pipi, trus turun ke bawah rahang. Nah area itu diisi dengan blush on kecoklatan. Klo bisa warnanya jangan terlalu gelep, bagusnya sih 1 tingkat lebih gelep dikit dari warna bedak yang uda diaplikasikan lebih dulu.

2. Shading hidung
Klo ini bisa pake eye shadow warna kecoklatan. Aplikasikan dg menggunakan kuas miring untuk shading hidung mulai dari pangkal dalam alis sampai ujung hidung, trus isi juga cuping hidung kanan-kiri. Trus bagian tengah2nya diisi dg eye shadow warna putih dengan menggunakan jari (biar hasilnya lebih natural).

3. Blush on
Pasti uda pada familiar. Cocol blush on pake kuas blush on (lebih kecil dari kuas bedak), aplikasikan di atas shading point 1, lebih tepatnya pas di tulang pipi. Arah sapuannya mulai dari kuping berhenti di ujung tulang pipi. Trus baurkan. Biar terkesan natural, boleh tambahin di bawah dagu, di kanan-kiri jidat.

Untuk daily make up, gw cuma pake point 3, hihihihi... itu pun gak berani terlalu banyak... takut disangka abis digampol sama suami, hahahahaha!

Terakhirrrr... penggunaan lipstik deeeh. Ini gag ada yg spesial... pertama kasih pelembab dulu, baru lipstiknya. Untuk dandanan evening/party, boleh deh aplikasikan shimer untuk final touch. Biar kliatan blink-blink gicuuuu!!!

Ini dia hasilnya...


Before... perasaan kek bangun tidur, kakakaka!



Aplikasi mata, liat gradasi warna birunya...



Pas melek... tadaaaa, mata gw jadi gede banged yak! *tuw bulmat bikin gateeel, SUMPEH!!




Hasil akhir untuk evening make up


Abis belajar evening make up, harusnya mata gw dihapus dulu tuh utk lanjut ke smokey eyes. Tapi karena buru2, gw hajar aja langsung. Uda gitu pas dikasih sample sama gurunya, eh eye shadow-nya pada rontok ke muka... warna abu2 tua... T_T ancur deeeeh jadiiinya... dibersihin dulu pake make up remover. Trus ditambel sulam... malah jadi tambah parah *maklum masih amatiiiirrr...

Hasilnyaaaa... yaaaa gak beda jauh lah kaya Syahrini, tinggal kasih wig rambut panjang, kakakakkaa *padahal mah kata laki gw kek abis ditonjok, wkwkwkwkwk!


Sebelas duabelas gak sama Syahrini? Hihihihi *bandingin sama yg evening, horor amad yaaa tuw mata :p

4 comments:

Pitshu said...

bagussss... hingga detik ini pitshu enggak berani coba warna lain, selain item untuk eye shadow wakakakak:)

katrin said...

keren, matanya tambah keliatan gede n cantek...

.:acen147:. said...

@pitshu: gw malah kebalik, blm pernah coba eye shadow item. baru kemaren combine biru n item, keren juga ;)

@katrin: maaaci darliiink ;)

wulan said...

oww ada potonya dsni :-D