Thursday, April 21, 2011

Dunia Kerja dan Bisnis

Lagi kesel. Mo marah gag tau sama siapa... Yang jelas ini jadi pelajaran klo next time kerjasama lagi dg outsource. Emang gag bisa disalahin vendor outsource-nya juga. Company gw aja yg keliwatan, orang uda kerja gag dibayar2. Tapi yang jadi getahnya di lapangan nih. Kerjaan terbengkalai. Dokumen2 dibawa tanpa sempat handover... progress merah alias mandek semua.

Mana gw tau sih klo outsource-nya gag bakalan balik. Katanya dipanggil ke kantor disuruh bantuin pre-sales sebentar. Gag taunya sampe 2 minggu kagak nongol T_T

Salah gw juga yang terlalu percaya dan sibuk ngurusin hal lain. Maklum lah, rencananya kan mo dual track. Phase 2 uda mulai development. Phase 3 mulai design dan berjalan paralel dg phase 2. Sementara gw ngurusin phase 2, gw percayakan design phase 3 sama outsource. Jalan lah dia sendiri nemuin user untuk grab requirement. Belum sempet gw copy dokumennya, dia keburu ditarik ke kantornya.

Alhasil sekarang gw mo lanjutin kerjaan dia juga binun mo mulai darimana. Satu2nya cara terakhir ya balik lagi ke user... pasti dikomplen karena mereka uda merasa kasih info ke team gw, sekarang kenapa nanya lagi... But that's the only way klo gag mo liat progress merah terus... I feel so stupiiiddd!!!!

Satu kekesalan kaya belum cukup aja, eh pake nambah2 lagi. System Analyst gw lagi cuti ikut ke luar negri sama suaminya. Seminggu bow! Jadilah gw sekarang terjebak pada lingkaran setan. Otak gw terbelah2... 1/2 harian gw ngelanjutin kerjaan outsource, 1/2 harian lagi mberesin kerjaan System Analyst. Emang nasib gw kali ya, dari dulu kerja dari hulu ke hilir. Kapan gw naek pangkat jadi boss neh, yang tinggal mrentah2... wong sampe sekarang masih nguli ajeee :(

Huffff, tapi di tengah2 kegondokan ini, gw masih bisa sedikit bersyukur lah. Sekarang gw gag bener2 single fighter. Selain gw, ada temen senior yang bisa diajak tuker pikiran. Dari dia juga gw belajar banyak. Klo dulu mungkin gw bisa panik dot com ditinggalin kerjaan tanpa dokumen secuil pun, sekarang gw sedikit tenang dan belajar berpikir nothing to loose... gag ada salahnya kan datengin user lagi? Bilang aja apa adanya... toh kita punya experience, harusnya nti gag bakalan bloon2 amat pas discuss sama user :)

Selain itu gw juga baru dapet bocoran nih. Katanya taun ini company bakalan bagi2 bonus dan harusnya sih ada kenaikan gaji. Waaaah, kaya hujan di tengah gurun pasir rasanya. Gpp deh gw misuh2 sekarang, bayangin aja cring-cring duit yang bakalan masuk ke rekening... mayaaan buat nambah2 beli alat makeup hahahahaha!

Sebenernya ada lagi cara jitu mengobati stress kerjaan kantor. Gw inget2 aja side job sekarang ini. Yap, selain kerja kantoran, masih ada usaha lain yg cukup bisa diandelin. Sampai dengan hari ini, HepiNet sudah berjalan sekitar 7 bulan. Dibandingkan dengan bisnis pulsa waktu itu, yang ini bener2 jauh lebih menjanjikan! Klo situasi ini berjalan lancar, bisa diperkirakan dalam 2 taon bisa BEP. Amin!

Just info, HepiNet diawali dengan 10 pc, trus lanjut 16, dan posisi terakhir sekarang ada 20 pc. Selain warnet dan game online, HepiNet juga jualan minuman dan print. Karyawannya cuma ada 2 orang plus 1 orang teknisi freelance. Pangsa pasarnya anak skolaan. Tiap hari alhamdulillah rame terus. Kecuali libur sekolah atau musim ujian, baru deh agak sepi :)

Anyway, bukan berarti ngejalanin bisnis sekaligus kerja kantoran semuanya serba enak dan lancar. Banyak banget perjuangannya, ya waktu, tenaga, uang. Jatuh bangun juga. Senin sampai Jumat berangkat kerja subuh pulang malem. Sabtu urus warnet. Bener2 free cuma Minggu.

Di kantor berurusan sama design, data, user... Di warnet ngurusin laporan stok, keuangan, gaji karyawan, pc2 bermasalah. Wadoooooh!!!!

Meskipun demikian, gw mencoba utk positive thinking aja. Bersyukur bahwa hingga saat ini masih diberi kesibukan, masih produktif, bisa kumpulin duit sebanyak2nya untuk masa depan nanti. Moga2 kerja keras di masa muda membawa kenikmatan di masa tua nanti ;)

Selain tetap optimis, salah satu kunci lancar berbisnis dan kerja kantoran adalah pinter2 bagi waktu. Klo di kantor ya jangan mikirin bisnis. Biarin aja tuh bisnis dijalanin sama orang kepercayaan. Biar kata di-ping2 sama karyawan yang nanya soal laporan stok, bilang aja sibuk lagi meeting... tunggu sampai hari Sabtu. Sebaliknya pas lagi di ruko, jangan bawa2 kerjaan kantor. Urusan kantor bisa nunggu hari Senin sampe Jumat :)

Trus faktor lain yang sangat penting adalah memiliki manajemen yang apik. Walaupun ini usaha keluarga, tetep harus profesional. Laporan dan dokumentasi jelas dan transparan. Klo Mas Adi yang ke ruko, ya dia langsung lapor ke gw... sebaliknya juga gitu... at the end masing2 tau status terakhir di lapangan. Belakangan sih lebih banyak Mas Adi yang ke ruko, soale klo wiken gw sibuk urusin Bayu... apalagi hamil sekarang, tambah2 males deh bawaannya pingin tidur mulu... hahahaha!

O iya, gag lupa... urusan duit hasil bisnis disimpan dalam rekening yang terpisah dari urusan rumah tangga. Jadi keliatan banget tuh usaha ini menguntungkan atau gak sih. Berapa rata2 income dari tiap jenis transaksi, apa expense terbesar, bagaimana trend dan seasonality-nya... pada saat kapan naik kapan pula turun... Lama2 gw bikinin BI-nya juga nih bisnis warnet gw, hahahaha!

Well, so far cara2 di atas sih sangat efektif dalam menjalankan dan memonitor bisnis.

Ada bagusnya juga pengalaman kerja di kantoran, jadi konsultan client2, manage project, ngatur resource... sekalian dipraktekin dalam bisnis sendiri, hehehehe!

Yak begitulah temans... gw rasa sekian dulu bincang2 seputar dunia kerja dan bisnis kali ini... Sebenernya 1 obsesi gw yang masih belum kesampean adalah... membuka Waroeng Iboe Soesy... lagi mo mulai kecil2an dengan catering... Doakan saja usaha ini benar2 terwujud yak! Amin!!

Btw, nih, buat yang pada penasaran sama penampakan bumil skg :p *hari ini Kartinian, pake baju kebaya... biar kata lagi kesel, poto dulu yaaaa!




2 comments:

Fun said...

hehehe yang penting tetep eksis yak sus.. :)

Cia said...

sukses terus yak buat bisnis dan karirnya Jeng Sus, one of the real kartini I know! :)