Sunday, May 08, 2011

"Berapa Gaji Lo?"

Seorang sobat lama tiba2 mem-broadcast pesan melalui BBM. Isinya adalah tawaran pekerjaan dengan jabatan sebagai Project Manager. Urgently Required!

Gw, yang lagi suntuk sama kerjaan serba dobel-tripel, dengan spontan membalas BBM-nya.

"Berapa gaji?"

Dan dibalas sama sobat tadi...

"Kirim dulu CV baru ngomongin gaji"

"Lu pan uda tau track record gw..."

"Lho emang lu minat?"

"Klo tawarannya bagus, why not?"

"Beuh, company gw mana sanggup nggaji lo?"

"Jiah, blum juga dicoba, uda nge-black list gw"

"Emang sekarang berapa gaji lo?"

Hahahahahaha, ujung2nya malah nanya gw balik :p :p

Sebenernya ni sobat gw lama dari kantor lama. Dulu dia senior sekaligus supervisor sekaligus Project Manager. Seiring dengan berjalannya waktu, karir gw naik dari semula sebagai junior programmer akhirnya Project Manager (PM). Trus kami pun masing2 keluar dari company lama dan sekarang berkarir di company yang berbeda. Di company sekarang, gw memulai karir sebagai junior consultant... agak mundur dari jabatan terakhir, karena company ini lebih besar dengan project2 lebih besar. Berbekal experience sebelumnya, tidak butuh waktu lama akhirnya gw kembali dipercaya menjadi PM.

Sedangkan temen gw melanjutkan jabatan PM dan denger2 sekarang dia uda PMO (monitoring project, yang berarti supervisor para PM).

Dulu waktu gw masih jadi juniornya, dia tau lah gaji gw se-per-berapa-nya gaji dia. Tapi sejak jabatan kami sama, masing2 seolah2 menyimpan rapat soal gaji sebagai suatu kode etik yang tidak tertulis namun dijaga kerahasiaannya dengan sebaik2nya. Apalagi dulu kan masih 1 company, rasanya gag etis aja klo tau gaji trus nti timbul iri2an dan mempengaruhi performance kerja :)

Lepas dari company lama, dia masih suka tuh nanya2 soal gaji gw. Tapi gw sering main "tebak2 buah manggis", hahahahahaha! Padahal uda gag sekantor ya, kok masih rahasia2an? Hmmm yaaaaah, mungkin ini adalah salah satu pride seseorang di dunia kerja yaaaa :)

Kadang gaji memang tidak mencerminkan skill, tapi tidak bisa dipungkiri nilai itu menandakan penghargaan company terhadap kita. Banyak yang lebih pinter dan pengalaman, tapi kenapa gajinya lebih kecil? Itu juga tergantung dari nego awal. Yang pinter biasanya justru gag PD, yang biasa2 aja amit2 sombongnya :p... tapi itulah strategi. Artinya orang pinter belum tentu pandai berstrategi, sedangkan orang berstrategi biasanya pandai bernegosiasi ;)

Makanya pas interview kudu pinter ngecap dikit. Pernah sekalinya ke-PD-an ngecap, seorang manager yang interview gw malah bilang, "Sepertinya skill yang Anda miliki melebihi requirement company kami. Seharusnya posisi Anda bukan sekedar PM, melainkan mulai memikirkan bagaimana me-manage suatu business unit, memiliki blue print, dan mengelola resource... Sayangnya posisi itu belum ada yang kosong di sini..."

Nah lho?! Entah dia ngomong gitu untuk memuji dengan tulus atau sekedar menolak dengan halus setelah melihat berapa minimum salary yang gw tulis di form? Wkwkwkwkwk! Padahal SUMPAH, gw nulis masih dalam range. Dan klo dibandingin sama kandidat2 yang ngelamar jaman sekarang, mereka mintanya pada UEDAN-UEDAaaaaan!!! Hihihi! Tapi itu lah, klo kita yakin sama skill kita, jangan pernah ragu patok harga tinggi. Klo terlalu diskon justru malah dikira skill kita pas2an. Serba salah kan?! :p

Oh iya, meskipun menurut gw, gaji gw masih masuk dalam range (gag uedan-ueadanaaaan)... entah darimana asalnya, kebanyakan pada mengira gaji gw gede :))

Mungkin karena mereka melihat beberapa asset yang pernah gw miliki. Padahal, semua itu gw peroleh dari hasil nabung bertahun2. Emang sekalinya punya, barangnya keliatan dan besar dan sepertinya mahal. Tapi kan gak sekali jebret beli langsung ada duitnya. Dibandingkan orang lain, gw emang gag banyak beli tas, baju, sepatu, gonta-ganti gadget... walaupun kadang beli, tapi gag segitunya ngikutin trend lah. Gw juga gag pernah jalan2 ke LN, klo pun pernah itu bisa diitung dg jari dan yang deket2 aja... boro2 keliling Europe ato ziarah sampe ke Mesir sono... keliling Pulau Jawa aja uda seneng, wkwkwkwk!

Gw sisihkan gaji gw untuk sesuatu yang lebih besar yang walaupun butuh waktu bertahun2, tapi ada nilainya. Nah giliran uda kebeli, mikirnya gw tajir amat ya bisa beli... secara cash pula, hahahahaha! Gag tau pada untuk bisa beli itu gw gag dapet warisan, gag dapet jatah, tapi bercucur keringet berangkat pagi pulang malem tiap hari ;)

Tapi yang nganggep gw bergaji gede lebih gw hargai dibanding nganggep gw banyak duit karena ortu gw kaya!!

Hmmmm... Untuk yang satu ini mungkin perlu penjelasan dikit. Ortu gw emang masih produktif, duit mereka ada lah... jauh lebih ada daripada gw. Beberapa kali juga gw dapet fasilitas, dan gw bersyukur karenanya. Tapiiii... untuk kehidupan rumah tangga, ngelahirin anak, gedein anak, bayar pajak, cicilan rumah, apato, kartu kredit, gaji pembantu, suster... itu murni gag ada campur tangan ortu. Kami 100% mandiri. Kami gag pernah minta sama ortu, kecuali mereka yang mo kasih, itu lain cerita. Dan sekarang pun, dalam memberikan sesuatu, semuanya atas nama cucu... bukan ke gw lagi, hehehe!

Jadi gaji gw berapa?

Niy juga yang jadi pertanyaan temen gw tadi. Lucu deh, pertanyaannya tiap taun soal gaji seolah2 naik level... Dari yang...

Uda 5 juta belum? >> waktu masih jadi anak buahnya

Uda di atas 5 juta? >> mulai selevel

Uda 2 digit? >> pindah company

Nilainya di bawah ato atas-nya tengah2? >> beberapa taon sebelumnya

Uda kepala berapa? >> pertanyaan terakhir

Dia selalu berdalih nanya gitu bukan mo tau gaji gw, tapi sekedar mo tau aja berapa pasaran dengan jabatan itu sekarang. Padahal gw selalu bilang lho, PM di suatu company bisa beda dengan company lain. Tergantung juga project yang ditanganin. Blum lagi kebijakan company... ada yang cukup baik dengan memberikan tambahan project allowance, lembur, bonus... ada juga yang pelit gag kasih apa2 selain gaji! Jadi bisa aja gaji gw kecil tapi plus-plus-plus-plus, eh jadi lebih gede dari boss gw *ih ini pernah lho kejadian, sampe boss gw "protes", padahal pan gag sering2 yak, hahahaha!

Tapi teuteuuuup aja dia kayanya gag puas klo blum dapet ancer2 dari gw. Jadi untung "menenangkan" hatinya, gw jawab laaaah...

Tapi biasanya jawaban gw... ngambang2 gitu deeeeeh... atau asal ngecap... yang jelas bikin dia tambah penasaran pastinya...

HAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAHA!!!! ;) :p ^^v

3 comments:

Fun said...

hahahahaha jadi berapa gajimu sus? hehee :) penasaran juga.. :)
dulu ada mantan punya gaji double digit, gw dah kebayang wuaaah banyak juga duitnya yak..bisa buat beli apa2 juga bisa. tapi ketika di tahap dimana gw ngerasain angka itu, kok ga bisa buat beli apa2 yak? hahahaha mank semakin tinggi pendapatan, semakin banyak maunya yak? hehe :)

Arman said...

hauahhaah gua mau nulis yang sama ama fun.. jadi berapa gaji lu sus? kepo abis. huahahaha

.:acen147:. said...

@fun dan arman: hahahahaha, biarlah itu menjadi rahasia antara gw dan company saja, wakakakaka! gw juga klo jawab temen gw asli ngecap. klo lagi "sombong", gw kasih ancer2 tinggi. klo lagi berasa "miskin" dan butuh dikasianin, gw kasih ancer2 rendah. suka2 gw lah, wkwkwkwk!

emang kebutuhan jaman sekarang uda beda yaaa... dulu gw menganggap gaji 5 juta uda fantastis. sekarang dengan banyaknya cicilan ini itu, weleh angka segitu apa artinya? tapi semua balik lagi ke cara kita megang duit sih. yang penting bukan berapa income, tapi berapa yang bisa di-saving *sok bijak =))