Tuesday, May 10, 2011

HepiNet Kebobolan

Lagi nganggur, Neng? Rajin amad nulis blog?

Hihihihi...

Abis suntuk gw... tiap hari kutak-kutik table mulu. Ato gag ngeladenin user yang minta rubah2 design. Ugh!

Ngeblog buat refreshing laaah... Jangan salah, gw kadang blogwalking loh. Tapi emang sebatas ke temen2 yg gw kenal aja. Trus gw gag ninggalin jejak alias silent alias gag komen. Bukannya somse, soale rata2 uda pada penuh komen, apa iya komen gw masih dibaca? Wkwkwkwk!

Ok back to topic... Sesuai judul nih... HepiNet kebobolan!!

Awalnya ada 1 pc yang dilaporin operator kok gag nyala2. Dasarnya gag peka, dikirain cuma sekedar kena virus. Dan karena gw n Mas Adi lagi rempong ngurusin ini-itu, gag sempet lah bongkar2. Ke warnet seminggu sekali itu pun cuma buat ambil setoran :p

Karena mikirnya virus doank, minta teknisi langganan utk ngecek. Ternyata laporan dari teknisi itu sungguh mengezutkan... Memory-nya ilang!

Padahal ya, tuw pc dalam keadaan digembok casing-nya. Kok bisa ya ilang? Sayang nih, dapet laporannya itu uda Minggu sore dan si teknisi juga uda buru2 mo balik jadi gag sempet investigasi lebih lanjut. Trus kami berdua uda keburu tepar jadi gag sempet action. Mikirnya ah cuma memory doank sebiji... gpp lah. Emang sih, pc yang jadi korban tuh posisinya gag ketangkep kamera cctv. Dan kebetulan juga tuw cctv sempet rusak.

Karena waktunya gag memungkinkan utk ngurusin warnet, diputuskan utk menunggu sampai Sabtu berikutnya untuk diberesin...

Eh ternyata, belum juga sampe Sabtu, hari Jumat sore dapet kabar lagi dari operator, salah satu pc gag nyala lagi. Dan begitu dibongkaaaar... tuw bukan cuma memory yang raib. Dalemannya 1 chip ilaaaaaangggg... huaaaaaaaaaaaaaaa T_T

Sebenernya dulu, pas Adi-nya Limmy bantuin gw "reformasi" warnet, gw uda pernah diingetin dia klo layout yg skg agak2 beresiko disikat maling. Soale pc2 diletakin di bawah meja dan meja2 itu bersekat. Jadi klo ada orang mo bongkar pc gag bakalan ketauan karena bisa berlindung di balik sekat di bawah meja.

Saran Adi pc ditaro di atas ato di luar sekat. Tapi itu berarti kudu ngerombak layout. Dan keliatannya jadi gag rapih karena ada yang nyembul2 di atas ato ngalangin jalan. Gw pikir, ah casingnya uda digembok ini... mana mungkin bisa bongkar. Klo pun mo bongkar kudu banyak waktu, pasti gag keburu deh malingnya.

Eh ndilalahnyaaaa... ramalan si Adi terbukti tuh. Ya iya laaaah, dia uda buka warnet berapa abad yang lalu, pastinya uda pengalaman. Nah gw baru anak kemaren sore kok ngeyel, wkwkwkwkwk!

Sabtu kemaren, Mas Adi langsung meluncur ke warnet. Langkah pertama adalah mindahin cctv di lantai 4 yang gag kepake utk ditaro di lantai 2. Jadi sekarang semua pc keliatan. Langkah kedua, ngerubah layout.

Design awal, gw sih maunya pc ditaro di atas biar lebih rapih. Tapi itu berarti kudu manggil tukang. Dan setelah di-uji-coba, klo pc ditaro di atas, kabelnya gag nyampe... weleh malah repot.

Rubah design, ganti jadi di bawah tapi di luar sekat. Nah ini berarti kudu ngebolongin sekatnya. Kudu pake tukang lagi. Uda janjian sama tukang bisanya baru Senin. Waduh, gw gag bakalan bisa nyenyak tidur lah klo Senin baru dikerjain. Tau2 nambah lagi pc yang kebobolan, AMIT2!!

Akhirnya dapet ide, tuw sekat gag usah dibolongin gede2an... cukup dibolongin selobang kecil pake bor... asal muat kabel lewat aja. Klo gitu mah, gag usah pake tukang. Modal bor, kerjain aja sendiri, beres dah!!! Ya panggil orang lah 1 utk bantuin biar cepet kelar... soale mayan juga pan ada 20 pc kudu digarap ;)

Setelah hampir seharian berkutat di warnet, hasilnya... tadaaaaa!!




Dengan layout seperti ini, keliatan banget kan klo ada maling mo bongkar pc?

Selain bongkar layout, untuk lebih aman lagi, sekarang warnet gw menerapkan aturan baru. Bagi yang mo main kudu wajib taro tas/jaket di locker. Trus, untuk double gardan, tambah karyawan shift malam deh.

Jadinyaaaa... makin tambah banyak expense, berkurang income... belum lagi kerugian dari 2 pc dibobol itu... senilai... ah... gag tega nyebutinnya T_T

Yah anggep aja lah lagi buang sial. Mungkin kemaren2 kurang amal kali yeee... Ah padahal uda amal mulu ah... bayar tagihan sampah, setoran RT/RW, yang paling nyebelin setoran keamanan... percuma gw bayar toh tetep aja gw kemalingan... :((

4 comments:

Pitshu said...

beli casing yang bisa di gembok :D

Fun said...

nah udah digembok kok bisa kebobolan sus? iya sich dengan model begitu, jadinya keliatan klo mo bongkar PC... moga2 ga ada kejadian aneh lage yak

Dessy said...

wah... ada2 aza kalau mau maling yach... digembok aza bisa dibongkar :(

semoga dapat gantinya yang lebih lagi sus................

amin...

.:acen147:. said...

@pitshu: uda, piiit...

@fun n desi : amiiin, tq fun n des ;)