Monday, June 13, 2011

Bayu's 1st Bday

Hollaaaa!

Akhirnya gw ngeblog juga ya? Perasaan uda lama pingin update tapi banyak halangannya. Minggu lalu gw disibukkan dengan penyelesaian design phase 3. Minggu ini bakalan sibuk lagi ngelobi sana-sini untuk eksekusinya. Kok pake lobi2-an sih? Iyaaa, soale phase 3 berjalan paralel dg phase 2, jadi team gw yg resmi ngerjain project ini uda full buat phase 2... Jadilah gw kudu nge-lobi team dari project lain yang mau bantuin. Dan susahnya nih, sebelumnya ada kejadian gag ngenakin soal tarik2an resource, jadi kudu pinter2 nego lah... klo pake cara maksa bisa2 dicuekin, jadi kudu pake pendekatan personal, hehehe!

Yah padahal semua team ini masih di bawah gw, tapi bukan berarti gw bisa seenaknya merintah2 orang. Ditambah insiden sebelumnya yg terjadi di masa gw cuti hamil, beberapa dari mereka seolah2 "anti" dengerin project gw yg 1 ini :p :p

Untunglah sejauh ini semua masih berjalan lancar. Gw berterimakasih pada semua pihak yang mau bantuin. Terbukti memang tidak selamanya leadership bisa berjalan dg sifat tegas dan keras. Soale yg dihadapi bukan mesin, jadi kudu ada personal touch lah ;)

Okeh, apa aja yg ketinggalan? Banyak deeeeh!!! Gw tulis yang penting aja ya...

Pertama soal ultah Bayu tgl 28 Mei kemaren. Sebenernya ultahnya tgl 25 Mei, tapi perayaannya tgl 28 pas hari Sabtu. Pesta diadain di KFC Plaza Pondok Indah. Sengaja pilih tempat di tengah2 kota. Gak terlalu jauh dari rumah, juga gak terlalu jauh dari temen2 yang lain. Klo pesta di Depok, temen2 pada kejauhan. Klo di pusat kota, sodara2 kejauhan... repot kan? Wkwkwkwk!

Awalnya rada binun sih persiapannya. Maklum aja, ini kan pesta anak pertama yang diadain kami selaku orangtua. Apalagi dunia gw tuh gak pernah bersentuhan sama sekali deh sama dunia anak2. Lingkungan pergaulan gw juga jarang2 bergaul sama ibu2... kebanyakan bapak2, wkwkwkwk! Tapi syukur lah, cari info secuil2 dari sana sini... bisa juga gw ngadain pesta ultah anak umur setaon. Horeee!

Soal pemilihan tema, tadinya mo tokoh2 dari Baby TV kaya Tully, Pitch and Potch, Kenny and Gorry, Snowie, kupu2 ciri khas Baby TV... tapi kok susah ya? Terutama pas mo beli goodie bag... kagak ada tuh kartun model begituan. Jadi lah dipilih tema yang umum. Dan ini tema agak2 titipan ayahnya deh, yaitu tema F1, kekekek!

Untuk goodie bags, klo temanya bener2 F1 kesannya serius amat, jadi dipilih gambar mobil2an yang lebih kartun. Itu pun kudu pesen, soale kebanyakan kartun Mini-Micky, Donald-Dessy, atau princess atau tokoh2 hero yang lebih cocok untuk anak lebih gede. Urusan isinya goodie bags, tanpa diminta, nyak gw uda langsung mengajukan diri tuh. Ih dia mah emang demen ke pasar sih... apalagi belanja

Untuk kue, gw dapet bocoran dari temen2 blog nih... salah satunya Yulian, yang rekomen Olanos Cake untuk kue ultah bertema cantik. Setelah gw browsing lebih lanjut, ternyata banyak ya blogger yang kreatip2 nih pada bisnis kue. Selain Shinta dg Olanos, ada Amey (ini gw uda tau sih, sayang lu jauh Mey, kekeke), trus Angel di Spore, Esther di Amrik, dan kayanya ada lagi bbrp yang gw kurang kenal... Lha kemana aja sih lu, Sus? Kekekekeke... maklum, gw emang jarang BW niiiih :)

Klo yang bisnis olshop... wah ini lebih banyak lagi ya, wakakaka! Sayang gw jarang belanja di olshop, apalagi untuk kebutuhan baby, tanpa gw belanja, nyak gw uda duluan ngeborong di pasar Tanah Abang ato Jatinegara... yah namanya juga hobiiii
dieee... hihihi. Sedangkan urusan maenan, itu kedemenan laki gw. Dia yang suka hunting di olshop mainan anak... adaaaa aja yang dibeli.

Sebagi seorang bunda, bisa dibilang tugas gw cuma sebagai penyedia susu nih. Apalagi setelah Bayu disapih, ASI gw uda kagak berproduksi lagi... jadi tugas gw cuma... apa ya? Hmmm, makanan Bayu, seringnya nyak yg hobi masakin. Urusan susu? Rame2 tinggal kapan pas habis ya beli. Urusan main? Tuuu juga banyaaaak banget yang ajak Bayu main, mulai dari eyangnya, suster, pembantu, temen2 di lingkungan rumah, ayahnya... gw juga sih, tapi klo gw lagi pergi gak khawatir ninggalin anak karena dia gak bakalan sendirian apalagi kesepian, kekeke... So? Yaaaah anggep aja gw emak2 paling beruntung yaaaaa?! Hahahahaha!

Balik lagi ke soal pesta. Waaah, gak nyangka ternyata acaranya meriah bangeeet! Walaupun banyak yg pada telat dateng, tapi sebagian besar ngumpul pas di acara utama. Bayu sendiri keliatannya enjoy. Walaupun untuk anak seumurannya palingan blum ngerti tuh acara buat dirinya. Apalagi jam2 segitu jam2 dia bobok, jadinya belakangan agak2 cranky... ngantuk bundaa, mo bobok!! Alhasil temen2 yg lain pada seru2an main games, rebutan candy dari pinata, bagi2 goodie bags... Bayu malah asik nyucu di gendongan sambil merem melek, hihihihi!

Acara akhir ya poto2 doonk... sayang yah sampe sekarang belum jadi tuh poto2 n video-nya. Padahal gw uda gag sabar mejengin di blog n FB, apalagi banyak banget pose2 gw di sono *lha yang ultah Bayu yang begaya emaknya, wakakaka!

Trus Bayu sekarang uda bisa apa?

Bayu makin lucuuuuuuuu, makin mandiri dan berani. Emang dari awal gw uda melatih dia untuk membiasakan diri kenal banyak orang selain keluarganya. Klo ditinggal di rumah eyang, temen2nya banyak, klo diajak ke rumah sodara sepupu2nya banyak. Sebagai anak cowok harus berani... malah bisa dibilang dia agak galak deh, buktinya pas ultah kemaren berhasil bikin kakak umur 2 taon nangis gara2 balonnya direbut sama Bayu, wakakakaka! *nurunin sapa ya, qiqiqi!

Bayu uda bisa berdiri sendiri dari duduk-jongkok-berdiri-jongkok-duduk lagi. Tuh tanpa pegangan apa2. Kadang lucu liat tingkahnya, kaya lagi nyanyi: kepalaaa-pundak-lutut-kaki-lutut-kaki... hihihihi! Klo untuk jalan, masih ditetah2. Dia juga kurang PD kayanya. Klo gak ada pegangan blm berani melangkah. Tapi klo dipegangin, widih, bisa sampe ngejar n nendang2 bola, hahahaha!

Boboknya uda lama gak sama ayah bunda, ini juga salah satu cara gw melatih dia untuk mandiri. Walaupun masih ditemenin suster sih... tapi pernah beberapa kali dia terbangun sendiri tanpa ada siapapun di sampingnya. Reaksinya yaaa tereak2 manggilin orang, wkwkwkwk!

Urusan susu, uda gak ASI lagi. Gw berjuang sampe dia umur setaon, walaupun gak bisa 100% sih, makin hari produksi ASI makin seret karena kehamilan. Tapi syukurlah hari2 terakhirnya dia masih merasakan ASI. Setelah setahun, gw beralih ke susu U*tra cair putih. Untung dia langsung doyan tuh. Buat bonus, seminggu sekali gw sodorin yang coklat, waaah ini lebih doyan lagi :)

Untuk makanan, gw bersyukur hingga detik sekarang Bayu belum pernah disodorin makanan instan. Pernah nyobain biskuit buat melatihnya kunyah2. Tapi dia gak begitu doyan. Klo makanan alami sih apa aja disikat. Buah2an, sayuran, daging, ikan, udang, telur. Belum lagi cemilannya, bisa bubur kacang hijau, puding, jus buah...

Setelah umur setahun, gw agak "bermurah hati" dengan menambahkan sedikiiiiiiiit gulgar ke dalam makanannya. Ternyata dia jadi lebih lahap, hehehe! Tapi untuk urusan goreng-menggoreng, gw tetep saklek pake olive oil atau minyak jagung... trus gw bener2 pilih makanan yg banyak nilai gizinya, bukan sekedar enak dan mengenyangkan. Pokoke yang terbaik lah ;)

Berat badan Bayu berkisar 9-10kg, gw gak tau deh yang bener yang mana. Klo ditimbang di timbangan yang satu sekitar 9.5kg-an... pindah timbangan bisa 10kg-an... wkwkwkwk!

Walau gak terlalu gemuk, Bayu lumayan tinggi *keliatannya, ato perasaan gw doank? wkwkwkw... trus alhamdulillah, Bayu amat sangat sehat dan jarang sakit. Klo sakit paling idung meler dikit, batuk dikit2, badan anget. Semua diatasi dengan home treatment tanpa pernah dikasih obat2an apalagi antibiotik. Total batpil gak sampe 5x deh sampe sekarang. Moga2 akan tetap sehat dan kuat ya, nak ;)

Giginya uda 6, blum nambah lagi nih... tapi itu aja uda membuat dia hobi gigitin pundak ato paha orang pas digendong ato diajak maen2... dasar badung :p

Apalagi ya???

Ooohh... ocehannya sekarang lebih bermakna... kadang ya-yah-yaaaah *mungkin ayah... ti-ti-ti *mungkin manggilin nama pembantu gw, si Siti... nen-nen-neeeen *apa mungkin minta nenen? gak bangeeet deeeh, Bayu itu anak botooool paling emoh disodorin nenen, wakakaka!

Kapan yaaa kira2 Bayu berceloteh "bundaaaaaaaaaaaaaaaaa"? Hihihi, harus lebih sabar...

Oo iya ada lagi 1 cerita ketinggalan nih *padahal uda panjang yak? :p :p

Kemaren2 sempet berdiskusi soal pendidikan Bayu. Betapa biaya pendidikan itu mahal banget ya nantinya? Makanya dari sekarang uda disiapin sih investasi pendidikan untuk Bayu (dan nanti adiknya). Itu bekal untuk kuliah, sedangkan untuk TK sampe SMA, Insya Allah masih bisa mengandalkan gaji kami sebagai orangtua.

Pinginnya sih kasih yang terbaik buat anak, klo bisa sekolah yang bergengsi dan mahal. Tapi, balik lagi liat nanti pada kemampuan. Dimana pun dia bersekolah, yang penting dia harus pintar, serius, benar2 niat menjalankannya... sekali lagi prinsip kami sebagai orangtua bukan mengutamakan hasil akhir, tapi proses dan perjuangannya.

Happy 1st Bday, my dear son... may the next years ahead bring you to success and happiness... We love you!

*poto-poto nyusuuuuulllll!

No comments: