Tuesday, May 31, 2011

Bentuk Peduli

Lagi agak2 bengong setelah seharian sibuk miting dan kerja... kepala agak penat, hati agak mengganjal...

Klo kepala penat bisa hilang begitu jam menunjukkan angka 5 (alias pulang tenggo wkwkwkwk)... tapi soal hati? Hmmm...

Akhir2 ini ada seseorang yang kelihatannya butuh bantuan dalam bentuk materi. Sayangnya, meskipun dia sudah meminta2, memohon2 kesana kemari, bantuan itu tidak didapat (setidaknya dari gw, moga2 ada orang lain yang bisa bantu). Hari gini bicara soal materi bukan perkara mudah. Jangankan gw yang pas2an antara income dan kebutuhan... lha yang orang kaya raya aja mikir tho klo mo hibahin sesuatu, walaupun statusnya "minjem".

Bukannya gak peduli, angkuh, sombong, pelit, seperti yang dituduhkan orang itu kepada kami... lha tapi emang sebenernya kita2 niy sama2 gag punya duit lebih kok... mo diapain?

Coba klo dihitung2 lagi, dari gw pribadi nih... pengeluaran tiap bulan: cicilan rumah, cicilan apato (oke lah itu bisa dicover dari uang sewa), bayar air-listrik-telpon, belanja bulanan, kebutuhan anak: susu-pampers-buah2an-imunisasi-dll, gaji karyawan: suster-pembantu, setoran ke ortu, blm klo tiba saatnya bayar pajak ini-itu, ada yang sakit... laaah... macem2 deh pokoke sampai kadang2 di bulan tertentu gag ada yang tersisa untuk nabung.

Ditambah sekarang gw lagi hamil kedua, biaya extra untuk cek ke dokter, obat2an, vitamin, trus kudu nabung juga untuk persiapan melahirkan nanti.

Banyak kan?

Klo pun seandainya gw sekeluarga mampu untuk beli ini itu, ngadain syukuran di event tertentu, itu semua karena perencanaan jauh2 hari sebelumnya. Pake acara nabung, ngirit/nunda belanja yang gag penting... demi mencapai tujuan yang diinginkan. Pokoke semua pake perhitungan, mikir jangka puanjaaaaang, apakah memang gw sanggup menanggung semua biaya itu nantinya?

Jadi bukan tiba2 kepingin sesuatu trus tiba2 beli... baru belakangan mikir, kok duit gw abis (atau minus klo belinya pake ngutang)?

Gw sih lebih baik menunda, klo seandainya gw rasa gw belum mampu, daripada maksain dan nantinya gw sendiri yang repot... gag pernah terbersit setitik pun jika hal buruk itu terjadi akan ada orang yang mau mengulurkan bantuan... hare gene geto lhooo... Apalagi ngarepin sahabat/sodara... ujung2nya bisa bales budi, gag enak... ngarepin ortu, klo masih mampu, klo gag?!

Tapi bukannya gw gag ada peduli sedikitpun terhadap orang yang lagi kesusahan ya. Cuma bentuknya beda. Gw berpikir, daripada gw kasih ikannya, kenapa gw gag kasih kailnya?

Ngerti kan?

Dan itu sungguh2 gw lakukan, bukan cuma teori. Walaupun hasilnya gag instan, butuh proses lama, soale kan susah ya jaman sekarang...

Itu kan suatu bentuk peduli ya... secara gw gag bisa kasih materi. Bentuk peduli yang lain juga bisa disampaikan dalam doa, support... walaupun gag nyata dan gag perlu lapor tho klo kita uda doain orang tsb?

Tapi yang dipeduliin itu gag ngerasa... masih tetap mengatakan kami tidak peduli!

Jadi gimana donk... heheheheeeee...

Ya sutra lah... itu saja... mungkin gw juga ada salah kali... lewat tulisan ini gw gag minta dukungan kok... jadi mohon yang komen netral2 aja ya :)

2 comments:

Pitshu said...

OOT: Bunda maap, kmrn tak datang ke Ultah na Bayu, dikira 28 Juni, secara dari FB event na baru nonggol 2 hari sebelum hari-nya hiks.. maap ㅠㅠ

.:acen147:. said...

it's ok, pitshu... masa sih baru nongolnya 2 hari sblm hari H? soale gw invite seminggu sblmnya sih... apa pas kirim ke lu ada yg ngadat? :d